Surganya Wisata Indonesia

Istimewanya 38 Tempat Wisata di Purbalingga Paling Terkenal

1
Istimewanya 38 Tempat Wisata di Purbalingga Paling Terkenal
5 (100%) 1 vote

Tempat Wisata di Purbalingga – Purbalingga yang masuk dalam kawasan wisata Jawa Tengah ini ternyata menyimpan banyak tempat wisata menarik untuk anda kunjungi. Mulai dari wisata buatan, wisata alam, wisata religi, hingga desa wisata. Dan berikut adalah destinasi tempat wisata di Purbalingga Jawa Tengah yang team tempatwisataindonesia.id ulas untuk anda :

Owabong Purbalingga

owabong-purbalingga
by instagram @owabong

Owabong merupakan tempat wisata di Indonesia yang menjadi icon dari kota Purbalingga. Buat kamu yang berkunjung ke Purbalingga dan sekitarnya jangan lupa untuk mampir ke wisata yang satu ini. Terdapat beberapa wahana air yang populer seperti Kolam renang olympic, waterboom, ember tumpah, kolam arus dan masih banyak lagi.

Lokasi : Desa Bojongsari, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga

Tiket :

  • Hari Biasa |Rp. 20.000
  • Akhir Pekan | Rp. 25.000

Curug Nini Purbalingga

curug-nini-purbalingga
by instagram @ini_ragil

Selain owabong yang dijadikan landmark, Kota Purbalingga ternyata juga dikenal dengan sebutan kota seribu curug. Di kota ini memang terdapat curug yang indah dan salah satunya adalah Curug Nini yang berada di Kecamatan Mrebet. Curug Nini ini beralirkan dari Sungai Pingen pemisah antara desa Pagerandong dan desa Cipaku.

Lokasinya pun beraada jauh di dalam hutan. Jadi untuk menuju ke objek wisata di Purbalingga ini anda harus berjalan kaki. Yah, Curug Nini memang tidak terlalu tinggi. Akan tetapi keindahan alam di sekitarnya mampu menarik banyak wisatawan. Apalagi kalau anda datang disaat musim bunga, kemekarannya akan menambah keindahan Air Terjun Nini.

Lokasi : Desa Cipaku, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga

Curug Tempuran Purbalingga

curug-tempuran-purbalingga
by instagram @robbyywardana

Air terjun yang satu ini masih dalam satu jalur dengan Curug Nini. Tak kalah indah soal pemandangan, di Curug Tempuran juga terdapat kolam yang biasa wisatawan gunakan untuk mandi sekaligus penghilang rasa lelah selama perjalanan.

Lokasi : Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

Rekomendasi 11 Tempat Wisata Terbaik di Cilacap Jawa Tengah
26 Tempat Wisata di Batang Jawa Tengah yang Mempesona
18 Tempat Wisata di Pemalang Jawa Tengah Rekomended

Curug Tuntong Laut Purbalingga

Objek wisata Purbalingga yang satu ini masih sepi akan wisatawan. Buat anda yang mau mencharge energi bisa berkunjung ke Curug Tuntong Laut ini. Suasana alamnya yang asri dan sepi cocok buat menenangkan diri.

Lokasi : Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga

Curug Ciputut Purbalingga

curug-ciputut
by instagram @robbyywardana

Curug yang tidak kering meskipun musim kemarau tiba ini bisa anda jelajahi buat anda yang mempunyai jiwa petualang. Selain pemandangannya yang begitu indah, untuk menuju ke lokasi ini dibutuhkan kesiapan diri karena medannya yang sulit.

Lokasi : Desa Serayu Larangan, Kecamatan Mrebet, Kabupaten Purbalingga

Agrowisata Lembah Asri Purbalingga

agrowisata-lembah-asri-purbalingga
by instagram @acilzo

Agrowisata Lembah Asri yang menjadi penghubung antar beberapa obyek wisata seperti Owabong, Gua Lawa dan lainnya ini memiliki panorama yang indah khas pegunungan. Udara yang sejuk, hawa yang dingin dan pemandangan yang hijau terbentang disini. Bukan hanya itu saja, di lokasi ini anda juga dapat melakukan kegiatan atau sekedar melihat-lihat seperti Kebun Stowberry, Kebun Sayur, Paket Outbound dan lain sebagainya.

Kunjungi :  Rumah Kamera Magelang, Wisata Sensasi "Galeri Seni"

Lokasi : Desa Serang, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Curug Sumba Purbalingga

curug-sumba-purbalingga
by instagram @bastianfebri

Curug Sumba menjadi obyek wisata di Purbalingga yang kami rekomendasikan untuk anda. Selain lokasinya yang berdekatan dengan Pusat Kota. Curug yang satu ini juga memiliki kolam berwarna biru yang indah untuk mandi atau sekedar foto-foto selfie. Yah, walaupun lokasi ini indah dan menarik, namun disini masih terlihat sepi akan wisatawan. Jadi nikmatilah seperti halnya dunia milik sendiri.

Lokasi : Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Curug Silintang Purbalingga

curug-silintang-purbalingga-1
by instagram @@aam_riyanto

Objek wisata di Purbalingga yang unik dan menaik ini terbentuk secara alami sejak ribuan tahun yang lalu. Air terjun dengan ketinggian 40 M ini dipercaya sebagai tempat turunnya bidadari dari langit oleh masyarakat sekitar.

Tidak berbeda dengan air terjun lainnya yang ada di Purbalingga, Curug Silintang ini memiliki dua tingkatan yang masing-masingnya terdapat kolam untuk mandi wisatawan. Dan adapun keunikan lain yang akan anda jumpai sesampai di Curug ini adalah adanya bukit piramida

Lokasi : Desa Tlahab, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga

Igir Wringin Purbalingga

igir-wringin-purbalingga
by instagram @agustoblo94

Tempat Wisata di Purbalingga yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota seperti Banjarnegara, Purwokerto, Jepara dan sekitarnya. Menawarkan rumah pohon, di tempat ini  anda dapat melihat Kota Purbalingga secara indah dan utuh dari ketinggian. Dan kalau anda benar-benar mau menikmati liburan kami anjurkan dataang di weekday bukan di weekend. Karena kalau pada akhir pekan, tempat ini terlalu ramai pengunjung dan bisa jadi anda tidak nyaman saat menikmati pemandangan yang ada.

Lokasi : Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Pemandian Situ Tirta Marta

pemandian-situ-tirta
by instagram [email protected]

Tak mau kalah dengan Umbul Ponggok Sidomukti Klaten dan Kolam Sendang Magelang, Purbalingga juga memiliki spot foto di bawah permukaan air di Tirta Mata. Tergolong terbaru dalam jajaran tempat wisata di Purbalingga. Untuk saat ini masih dikembangkan oleh Kelompok Sadar Wisata daerah sekitar.

Lokasi : Desa Karangcegak, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Mendaki Gunung Slamet

pendakian-gunung-slamet-2
by instagram @nastahsa

Buat anda petualang sejati, belum lengkap rasanya kalau belum menjajaki Gunung Slamet ini. Berlokasikan di 5 kabupaten yaitu Purbalingga, Banyumas, Brebes, Tegal dan Pemalang. Gunung Slamet merupakan gunung tertinggi ke-2 di Pulau Jawa setelah Sunung Semeru. Ketinggiannya mencapai 3.428 MDPL.

Meskipun terkenal akan sulitnya medan menuju puncak. Namun keindahan alam di atas sana menjadi pemicu banyaknya wisatawan menjadikan Gunung Slamet ini sebagai tujuan utama pendakian dibandingkan gunung-gunung lainnya disekitar.

Museum Uang Purbalingga

museum-uang-purbalingga
by instagram @asihaw

Museum Uang ini menjadi tempat wisata di Purbalingga yang menarik untuk dikunjungi karena koleksi-koleksinya. Berwisata sambil belajar sejarah mata uang dapat anda lakukan disini. Koleksi di museum ini pun cukup lengkap, mulai dari uang-uang Indonesia pada zaman dahulu, uang negara lain hingga uang super kuno pada zaman Kerajaan Majapahit.

Kunjungi :  Pemandian Air Panas Candi Umbul Cuma Bayar 3000 Saja

Lokasi : Jalan Kutasari Kabupaten Purbalingga

Goa Lawa Purbalingga

goa-lawa-purbalingga
by instagram @supriyadi_1272

Dari namanya saja sudah bisa ditebak. Gua Lawa adalah gua yang memiliki ribuan penghuni kelelawar di dalamnya. Lawa / Lowo merupakan bahasa jawa yang dalam indonesianya berarti Kelelawar. Selain di Trenggalek yang terkenal akan Gua Lowo ini, di Purbalingga juga ada.

Meskipun berbeda dengan Gua pada umumnya karena pembentukannya dari pendinginan lava. Gua yang tidak memiliki stalakmit dan stalaktit ini memiliki panjang -+ 1 KM. Dan tak heran juga kalau disekitar lokasi tercium bau tidak sedap dari kotoran kelelawar.

Bukan hanya itu saja, di Gua Lawa ini ternyata ada 16 Gua lainnya seperti : Gola Angin, Goa Pos, Goa Lawang Kereta, Goa Dada Lawa, Goa Batu Semar, Goa Batu Keris, Goa Rahayu, Goa Naga, Goa Langgar, Goa Danau, Goa Lorong Panembahan dan lain sebagainya.

Lokasi : Desa Siwarak, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga.

Tiket :

  • Hari Biasa | Rp. 7.000
  • Akhir Pekan | Rp. 8.000
  • Hari Natal dan Tahun Baru | Rp. 15.000

Puncak Sendaren Purbalingga

puncak-sendaren-purbalingga
by instagram @ariffaniln

Wisata di Purbalingga yang baru dibuka 5 bulan ini kini ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah. Menyajikan pemandangan alam yang eksotik dari atas pohon menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Yah, meskipun untuk menuju lokasi dibutuhkan satu jam perjalanan dengan jalan kaki melewati jalan setapak serta semak belukar disampingnya, rupanya hal tersebut tidak menyurutkan minat dari para wisatawan.

Lokasi : Dusun Karang Gedang, Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Tiket : Rp. 5.000

Sungai Watu Mujur Purbalingga

sungai-watu-mujur-purbalingga
by instagram @saptobudianto

Kalau anda berkunjung ke Purbalingga maka jangan lewatkan objek wisata di Purbalingga yang satu ini. Pesona alam yang eksotik, rimbunnya pohon dan indahnya dinding-dinding batu menjadi daya tarik sekaligus ciri khas dari Sungai Watu Mujur. Dijamin betah berlama-lama kalau anda sudah berkunjung kesini.

Dan buat anda penggila selfi, jangan lupa bawa kamera anti air untuk mengambil spot spot tidak biasa dari sudut Sungai ini. Selain berenang, dilokasi ini juga terdapat warung-warung pengganjal perut lapar. Jadi anda tidak perlu repot-repot lagi membawa bekal dari rumah.

Lokasi : Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Tiket : Rp. 7.000

Sungai Klawing Purbalingga

sungai-klawing-purbalingga
by instagram @dewa_muji

Sungai Klawing menjadi objek wisata di Purbalingga yang terkenal akan jernih dan derasnya air. Buat anda yang memiliki nyali tinggi, coba deh rafting di sungai ini. Olahraga yang memacu adrenaline dan tenaga ekstra ini bisa anda nikmati dengan pemandangan yang indah disekitar Sungai Klawing.

Dengan biaya terjangkau serta fasilitas yang lengkap akan anda dapatkan dalam satu paket. Mulai dari air mineral, welcome drink, snak, makan, transportasi lokal, refreshment kelapa muda saat rafting dan perlengkapan rafting lainnya yang mencakup asuransi saat rafting

Kunjungi :  Air Terjun Kali Pancur, Masterpiece Alam yang Mempesona

Tiket : Rp. 150.000 – 350.000

Bukit Watu Geong

bukit-watu-geong
by instagram @_elys07

Purbalingga memang tempatnya orang petualang. Selain Gunung Slamet, buat anda pecinta alam ada baiknya coba jelajah juga Bukit Batu Geong ini. Pemandangan yang asri dan indahnya sunset akan menjadi sesuatu yang tidak akan pernah kamu lupakan nantinya.

Tiket : Rp. 5.000

Lokasi : Desa Gunungwelud, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Taman Reptil Sanggaluri Park

taman-reptil-sanggaluri-park
by instagram @ayanoviana

Selain wisata alam di Purbalingga, di daerah ini juga memiliki Taman Reptil yang bisa anda kunjungi sebagai destinasi rekreasi sekaligus edukasi. Memiliki banyak koleksi reptil baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Semuanya lengkap disini, cocok buat wisata keluarga kalau anda sedang berada di Purbalingga.

Lokasi : Desa Kutasari, Kecamatan Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Tiket :

  • Hari Biasa | RP. 10.000
  • Akhir Pekan | Rp. 15.000

Bumi Perkemahan Munjuluhur

Bumi Perkemahan Munjuluhur

Lokasi yang luas serta fasilitas yang memadai menjadikan Bumi Perkemahan Munjuluhur ini rekomendasi untuk kegiatan Outdoor. Menampung lebih dari  +- 10.000 orang atau -+ 2500 tenda menjadikan tempat ini seringkali dijadikan event besar seperti Jambore. Jadi, kalau anda berdomisili di sekitar Purbalingga dan mau melakukan kegiatan ourdoor, silakan gunakan Bumi Perkemahan Munjuluhur ini.

Lokasi : Desa Karangbanjar, Kecamatan Bojongsari, Kabupaten Purbalingga

Kolam Renang Walik Purbalingga

kolam-renang-walik-purbalingga
by instagram @kaze.kun

Memang tidak banyak yang mengenali tempat wisata di Purbalingga yang satu ini. Meskipun kalah jauh dengan Owabong, tempat ini sebenarnya merupakan kolam renang tertua yang ada di Purbalingga.

Yah, memang bukan untuk semua kalangan. Kolam renang ini ditujukan hanya untuk anak-anak. Selain itu juga terdapat hal lain yang menarik dari tempat ini seperti patung-patung binatang, burung hantu, dan faasilitas lain sebagai pendukung.

Lokasi : Desa Dusun Walik, Desa Kutasari, Kabupaten Purbalingga

Museum Jenderal Soedirman

museum-jenderal-soedirman
by instagram @faridathallah03

Museum yang menjadi wisata sejarah di Purbalingga ini berisikan replika rumah beserta isi-isinya seperti lemari, kursi lampu minyak dan lain-lain ini. Dulunya sengaja dibangun sebagai pengingat atau wujud pengenangan atas jasa Jendral Soedirman untuk Negeri kita tercinta.

Lokasi : Desa Rembang, Kecamatan Rembang, Kabupaten Purbalingga

Purbasari Pancuran Mas

purbasari-pancuran-mas
by instagram @pandu_wiraatmaja

Berarea lebih dari 6 Hektar, tempat ini mengusung konsep wisata edukasi dan menggabungkan wisata alam dengan wisata buatan dengan berbagai wahana modern. Mulai dari Goa Akuarium yang memiliki banyak koleksi hewan laut layaknya Sea World sampai dengan wahan permainan anak semuanya lengkap disini. Jadi kalau mau berwisata keluarga di Purbalingga selain ke owabong, anda bisa berkunjung ke Purbasari Pancuran Mas ini.

Lokasi : Desa Purbayasa, Kecamatan Padamara, Kabupaten Purbalingga

Tiket : Rp. 10.000

Tempat Wisata di Purbalingga Lainnya

jembatan-cinta-pring-wulung
Jembatan Cinta Pring Wulung di desa Panusupan by instagram @danikaizen
rest-area-serang
Rest Area Serang by instagram @windi.falupy
jembatan-pelangi
Rumah Pelangi by instagram @sucii_i
rumah-kurcaci
Loc: Kampung Kurcaci, Desa Brobahan, Serang by instagram @faudyfahmi –
alun-alun-purbalingga
by instagram @diky_ramadhani
lembah-asri-serang
Loc: Lembah Asri, Serang by instagram @leninurh
gunung-lompong
Loc : puncak gunung lompong, pratin ,karangreja, purbalingga , jateng . by instagram @agusz_bramasta

Itu dia tempat wisata di Purbalingga yang bisa dijadikan sebagai referensi anda saat berwisata nantinya. Jangan lupa siapkan bekal tenaga dan saku yang cukup. Meskipun tergolong wisata murah, untuk perjalanan dari destinasi satu ke destinasi lain membutuhkan waktu tersendiri.

1 Comment
  1. paket wisata dieng says

    makasih buat info nya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */