Surganya Wisata Indonesia

36 Tempat Wisata Terkenal di Ponorogo dan Sekitarnya

0

Tempat Wisata di Ponorogo dan Sekitarnya – Ponorogo merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur, berbicara mengenai daerah ini tentunya sudah taka sing lagi dengan kebudayaannya yang sudah mendunia ini bukan? Ya benar sekali, salah satu kebudayaan khas asli dari daerah Indonesia yaitu Reog Ponorogo. Sempat menjadi perbincangan hangat duniakarena kesenian daerah ini sempat di kalim oleh Negara lan, namun akhirnya hak milik kebudayaan ini memang asli dari Indonesia dan bukan dari Negara tetangga yang menjiplak. Resmi menjadi budaya asli yang turun-temurun diwariskan oleh nenek moyang, kesenian ini mulai naik daun kembali di kalangan masyarakat. Selain terkenal dengan Reog Ponorogo nya tersebut, ternyata kabupaten Ponorogo memiliki banyak tempat wisata menarik yang bisa dikunjungi loh. Sebagian besar wilayah ponorogo yang merupakan daerah gunungdan perbukitan ini menjadikan kebanyakan wisata yang ada adalah wisata alam. Wisata Ponorogo ini mungkin belum begitu booming di kalangan wisatawan asing dan bahkan wisatawan dalam negeri, namun Anda perlu tahu sebagai bahan referensi dan pertimbangan liburan yang akan datang. Penasaran dengan wisata apa saja sih yang ada di kabupaten ini? Dalam artikel kali ini akan memberikan berbagai wisata kabupaten Ponorogo yang bisa andakunjungi baik bersama teman-teman, ataupun bersama dengan keluarga.

Gunung Bayangkaki Ponorogo

gunung-bayangkaki
by instagram @bettytiana1595

Gunung ini menjadi tempat wisata terkenal di Ponorogo yang pertama yang wajib untuk anda kunjungi ketika berada di Ponorogo Jawa Timur. Wisata ini akan sangat cocok untuk anda yang memiliki hobi traveling memanjat gunung. Memiliki empat puncak yaitu puncak puncak ijo, puncak tuo, puncak tumpak, dan puncak gentong. Dari keempat puncak tersebut Anda akan menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa.

Gunung Pringgitan Ponorogo

gunung-pringgitan
by instagram @ajiirwanto

Berlokasi di kecamatan Slahung, kabupaten Ponorogo, Jawa Timur ini akan memberikan keindaha luar biasa yang akan memanjakan mata anda ketika sudah berada di puncaknya. Pemandangan luar biasa dari puncak gunung pada saat malam hari ketika melihat ke arah bawah akan membuat anda terpesona akan keindahan pemandangan kerlap-kerlip lampu dari kota Ponorogo. Sedangkan ketika mengadap ke atas atau kea rah langit Anda akan disuguhkan pemandangan bintang-bintang yang sangatlah menawan. Pastinya pemandangan dari atas pundcak gunungyang satu ini akan memperlihatkan landscape pesona alam Ponorogo yang snagatlah menawan dan membuat Anda menjadi susah lupa wisata di Ponorogo yang satu ini. Tentunya pastikan Anda menggunakan pakaian tebal yang bisa menjaga suhu tubuh anda tetap hangat terjaga.

Gunung Gajah Ponorogo

gunung-gajah
by instagram @anakkemarinsore9____

Berlokasi di kecamatan Sambit, Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, memiliki ketinggian 1000 mdpl. Cukup landai untuk ukuran sebuah gunung, dan memang gunung ini sangat cocok untuk Anda yang merupakan pemula dalam hal mendaki gunung. Puncak dari gunung ini tidak susah untuk dicapai alias sangat mudah. Untuk menuju puncak gunung sudah disediakan jalan setapak kecil untuk akses perjalanan. Dan bahkan jalan setapak ini bisa dilalui oleh sepeda motor loh. Tempat wisata Ponorogo ini akan sangat indah ketika anda mendapati cuaca cerah. Setelah bermalam di arel puncak gunung, Anda bisa melihat pemandangan sunrise yang sangat menawan dilihat dari ketinggian. Matahari terasa begitu dekat dengan cahayanya yang memantul cerah berwarna orange. Pemandanga ini akan membuat anda benar-benar jatuh cinta pada pesona alam dari tempat wisata malam di Ponorogo yang sangat menawan.

Kunjungi :  23 Tempat Wisata di Bekasi yang Cocok Dikunjungi Bersama Keluarga

Air Terjun Widodaren Ponorogo

air-terjun-widodaren
by instagram @deafebri

Berlokasi di desa Bulu Lor, Kecamatan Jambon, Kabupaten poorogo Jawa Timur. Hanya memerlukan perjalanan selama 30 menit jika ditempuh dari alun-alun Ponorogo dengan arah tujuan kea rah barat. Lokasi air terjun ini dapat dikatakan sangatlah eksotis karena air terjun ini memiliki suasana asri yang sangatlah sejuk dengan pemandangan hijau di areal air terjun yang akan menyejukan hati dan pikiran kita ketika sesampainya di lokasi. Skses untuk menuju ke lokasi ini sangatlah mudah, Anda bisa memarkirkan kendaraan bermotor Anda di area parkir yang sudah disediakan dan jaraknya tak jauh dari lokasi air terjun. Yang jelas, wisata alam Ponorogo ini tak boleh terlewatkan dan wajib untuk anda kunjungi.

Air Terjun Pletuk Ponorogo

air-terjun-pletuk
by instagram @galihagungpriyambodo

Berlokasi di dusun Kranggan, desa Jurug, kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki ketinggian setinggi 30 meter dengan aliran air yang sangat deras sampai menciptakan buih-buih air ketika air terjun sampai ke bagian sungai. Suara air yang begitu deras menjadikan suasana alam sekitar lokasi air terjun menjadi sangat asri dan sejuk. Sanagt ccok untuk anda yang ingin menenangkan pikiran sejenak dari stressnya pekerjaan yang mengusik pikiran anda setiap hari. Tentunya Anda akan sangat betah untuk berlama-lama berada di lokasi air terjun ini. Berada di ketinggian 460 mdpl, tentuya air yang di alirkan dari mata air peguungan sangat sejuk dan dingin. Tempat wisata Ponorogo jatim ini jangan sampai anda lewatkan ya.

Air Terjun Sunggah Ponorogo

air-terjun-sunggah
by instagram @lynk2_laely

Air terjun yang merupakan bagian dari Tempat wisata di Ngrayun Ponorogo ini memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter, wah cukup tinggi juga ya? Mengalir dengan aliran air yang sangat deras dan terjun bebas kea rah bebatuan di bawahnya menjadikan cipratan air terasa walaupun lokasi anda berada cukup jauh dari aliran air terjun. Selain itu suara nada aliran air manjadikan Anda akan merasakan suasana asri yang hanya bisa di dapatkan di Ponorogo. Karena berasal dari mata air langsung dari pegunungan, maka tak heran jika Anda menyentuh air akan terasa sangat dingin dan menyejukan.

Kunjungi :  Lokasi dan Tiket Wisata Kuliner Pantai Depok

Air Terjun Toyomerto Ponorogo

air-terjun-toyomerto
by instagram @sholikah_k

Air terjun yang satu ini masuk ke dalam daftar tempat wisata di Ponorogo Jawa Timur dengan aliran air terjun yang sangatlah eksotis. Berlokasi di dusun Toyomerto, desa Pupus, Kecamatan Ngebel. Air terjun ini memiliki dua tingkatan yang masing-masing memiliki ketinggian 25 meter dan 30 meter pada tiap tingkatan. Namun akses untuk sampai menuju ke lokasi wisata Ponorogo yang satu ini sangatlah susah. Setidaknya Anda harus melewati jalan curam licin, menanjak, berkelak-kelok, dengan tebing curam, dan tentu harus sangat berhati-hati dalma menempuh perjalanan menuju ke lokasi. Namun setelah sampai di lokasi air terjun sebanding dengan apa yang telah kita lewati kok. Keperawanan lokasi air terjun ini menjadikan Anda merasakan kesegaran yang seutuhnya.

Air Terjun Cuban Lawe Ponorogo

air-terjun-cuban-lawe
by instagram @lilisherdiana

Wisata alam Ponorogo yang satu ini berlokasi di desa Krisik, Kecamatan Pudak. Lokasinya masih jarang dan bahkan belum banyak terjamah oleh para pecinta traveler sekalipun. Hal ini di karenakan letaknya yang berada di dalam hutan rimba salah satu gunung yang ada di Ponorogo. Air terjun ini berasal dari mata air lereng gunung wilis yang sangatlah jernih dan sangatlah dingin pastinya.untuk menuju ke lokasi air terjun ini Anda bisa menyewa seorang tour guide yang akan membantu menempuh perjalanan sampai ke lokasi dengan aman tanpa tersesat.

Kali Kenyang Ponorogo

Aliran sungai ini menjadi sangatlah terkenal karena air sungai yang mengalir dari lereng gunung wilis sampai ke sungai Madiun ini terdapat banyak sekali ikan yang merupakan best spot memancing oleh banyak warga sekitar. Ketika Anda akan mengunjungi air terjun, pastikan untuk ikut serta sejenak menikmati keseruan memancing ikan di sungai ini bersama dengan warga sekitar.

Telaga Ngebel Ponorogo

telaga-ngebel
by instagram @ifunkf

Telaga atau yang lebih akrab dikenal sebagai danau ini berada di gunung Wilis dengan ketinggian 734 mdpl. Air yang berada di ketinggian ini memiliki warna biru nan jernih yang akan menghipnotis Anda dan terlarut dalam suasana sejuk, segar nan damai dan pastinya betah menikmati suasana alam yang sungguh asri. Hanya ditempuh dengan waktu 45 menit dari kota Ponorogo ke arah kecamatan Nebel tepatnya terletak di bagian utara kebupaten Ponorogo. Warga sekitar desa sering melakukan ritual kepercayaan yang dilakukan pada tangga satu muharram di telaga ini sebagai peringatan dari grebeg sura. Hal yang biasa dilakukan adalah memanjatkan doa bersama .

Kunjungi :  Keindahan Pantai Ayah Kebumen yang Selalu Ramai Pengunjung

Goa Lowo Ponorogo

Berjarak kurang lebihnya 25 km dari pusat kota Ponorogo, goa ini menjadi bagian wisata Ponorogo dan sekitarnya yang begitu eksotis keberadaannya. Namun goa ini cukup sepi karena akses untuk menuju ke lokasi goa ini memang cukup sulit terlebih lagi ketika musim penghujan karena jalanan yang di tempuh becek, licin , sulit, serta sangat terjal. Namun hal ini tentunya tak akan mengurangi tekad untuk mengeksplor Ponorogo lebih dlaam bukan? Tentunya semuanya akan terbayarkan ketika sampai ke lokasi goa yang satu ini.

Pengrajin Reog

pengrajin-reog-ponorogo
by instagram @dhani_qq

Tentunya Anda jangan sampai terlewatkan untuk melihat secara langsung proses pembuatan ikon dari Ponorogo yaitu Reog Ponorogo. Desa pengrajin Reog berada di desa Carat Sumoroto, Kecamatan Kauman. Selain melihat secara langsung, Anda juga sekaligus bisa belajar mengenai sejarah dan asal muasal Reog Ponorogoyang akan menambah pengetahuan dan pengalaman Anda.

Tentunya tak hanya ada sebelas saja wisata seru dan menantang yang ada di Ponorogo. Masih banyak lagi wisata lainya yang tak sempat diberikan detail informasi. Setelah jauh-jauh sampai ke Ponorogo tentunya jangan samapi lewatkan wisata kuliner Ponorogo yang akan membuat lidah bergetar merasakan nikmatnya citarasa kuliner khas Ponorogo. Wisata alam Ponorogo sangat kaya dan benar-benar memberikan keindahan yang luar biasa. Berikut ini merupakan beberapa wisata Ponorogo lain yang juga bisa anda kunjungi yaitu: Kintamani Waterpark Ponorogo, Gita Waterpark Ponorogo, wisata Ziarah Ponorogo, Taman Wisata Nembang Ponorogo, Kedung Khentus, Pemandian Air Panas Tirto Ponorogo, Rimba Wisata Kucur, Tanah Goyang Pundak Ponorogo, Kedung Gamping Ponorogo, Watu putih Ponorogo, Bukit Pare Ponorogo, Watu Semaur Ponorogo, Beji Sirah Keteng Ponorogo.

Wah banyak juga yan ternyata wisata Ponorogo yang bisa di eksplor. Tentunya manfaatkan waktu liburan Anda untuk melakukan liburan yang seru dan menyenangkan sekaligus mendapatka pengalaman baru yang membekas. Sebelum menyusun planning berlibur ada baiknya untuk memiliki peta wisata Ponorogo yang bisa dengan mudah di dapatkan untuk menyusun planning liburan yang akan dilakukan bersama dengan teman-teman. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat sekaligus dapat memberikan inspirasi untuk Anda. Selamat berlibur, dan kami tunggu kedatangannya di Ponorogo.z

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */