Surganya Wisata Indonesia

Explore 27 Tempat Wisata di Pekanbaru dan Sekitarnya

0
Explore 27 Tempat Wisata di Pekanbaru dan Sekitarnya
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Pekanbaru – Pekanbaru merupakan ibukota provinsi Riau yang menjadi salah satu provinsi negara Indonesia. Pekanbaru merupakan kota terbesar di Riau yang terkenal dengan kota perdagangan dan jasa. Kota ini mengalami tingkat pertumbuhan, migrasi, dan urbanisasi yang cukup tinggi.

Sama seperti kota-kota besar lainnya, Pekanbaru memiliki satu bandar udara internasional yang diberi nama Sultan Syarif Kasim II. Selain itu Pekanbaru juga memiliki terminal bus antar kota dan antar provinsi yang bernama Bandar Raya Payung Sekaki, dan ditambah dengan dua pelabuhan di sungai Siak, yaitu Pelabuhan Pelita Pantai dan Pelabuhan Sungai Duku.

Pekanbaru tak hanya dikenal sebagai kota perdagangan dan jasa saja, namun kota ini juga terkenal sebagai daerah yang memiliki banyak tempat wisata di Pekanbaru dan sekitarnya yang menampakan keindahannya, walaupun wisata yang ada di Pekanbaru tidak begitu ramai pengunjung seperti wisata di Bali, wisata Jogja, dan wisata Raja Ampat yang memang sudah sangat terkenal di kalangan masyarakat domestik dan mancanegara.

Walaupun pengunjung yang datang tidak seramai di wisata lainnya, akan tetapi anda jangan berkecil hati dulu, karena banyak sekali objek wisata Pekanbaru yang dapat membuat anda terpesona dengan keindahannya. Bahkan keindahan tempat wisata Pekanbaru Indonesia mampu bersaing dengan tempat wisata terkenal lainnya.

Bagi anda yang belum mengetahui tempat wisata terkenal di Pekanbaru, berikut akan kami paparkan beberapa tempat wisata di Pekanbaru berserta penjelasannya;

Taman Ria Putri Kaca Mayang

taman-ria-putri-kaca-mayang
by instagram @annisathaib_

Wisata Pekanbaru Riau pertama bernama Taman Ria Putri Kaca Mayang. Taman Ria ini berada di pusat kota Pekanbaru, yang beralamat di jalan Sudirman, tepatnya di seberang kantor walikota Pekanbaru. Taman Ria Putri Kaca Mayang ini mudah dijangkau dengan menggunakan transportasi umum karena letaknya yang strategis, yaitu berada di jantung kota Pekanbaru. Tak heran bila tempat ini menjadi tempat yang selalu ramai oleh para pengunjung yang datang bersama keluarga mereka, khususnya pada hari-hari libur.

Kunjungi :  Eksotiknya Karang dan Pemandangan Alam Pantai Sidem Tulungagung

Pengunjung yang datang dan selalu memadati taman ria ini ada yang berasal dari penduduk kota Pekanbaru dan banyak pula pengunjung yang datang berasal dari luar kota. Karena keindahan serta kelengkapan fasilitas hiburannya, mereka rela datang jauh-jauh untuk menghabiskan masa berliburnya di sini.

Tempat wisata terbaru di Pekanbaru ini memiliki berbagai fasilitas hiburan menarik yang siap membawa anda dan keluarga menjadi lebih bersemangat menikmati masa liburan. Fasilitas hiburan tersebut berupa kolam renang, komedi putar, bombom car, dan masih banyak lagi permainan tertentu yang mengasyikan dan menyenangkan. Anda dan keluarga akan selalu tersenyum karena terbawa suasana bahagia.

Harga tiket yang harus dikeluarkan untuk dapat memasuki tempat ini senilai Rp. 5.000,- untuk tarif orang dewasa, sedangkan anak-anak dikenakan biaya sebesar Rp. 3.000,-. (harga belum termasuk biaya saat anda mengikuti fasilitas hiburan yang tersedia).

Air Terjun Guruh Gemurai

air-terjun-guruh-gemurai
by instagram @mriconurhidayat

Tempat wisata alam di Pekanbaru berikutnya yang cukup populer di Pekanbaru yaitu Air Terjun yang diberi nama Air Terjun Guruh Gemurai. Tempat wisata berikut ini banyak dikunjungi oleh wisata lokal maupun luar daerah, terutama pada saat liburan. Dinamakan Guruh Gemurai karena air terjun ini mencurahkan keindahan airnya secara bergemuruh.

Keistimewaan air terjun ini yang membuat tempat ini sering didatangi oleh para pengunjung lokal dan luar kota yaitu lokasi yang mudah dijangkau dan aman. Namun anda akan sedikit lelah dibuatnya untuk sampai di air terjun ini, yaitu anda harus mendaki jalan karena kawasan ini termasuk kawasan berbukit yang sesekali akan menjumpai jalan berbelok.

Akan tetapi anda tidak perlu khawatir, rasa lelah anda saat mendaki jalan akan terbayar setelah tiba di air terjun Guruh Gemurai ini.

Kunjungi :  Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga

Anjungan Seni Idrus Tintin

anjungan-seni-idrus-tintin
by instagram @guztyrahayu

Tempat wisata di Pekanbaru selanjutnya adalah Anjungan Seni Idrus Tintin yang terletak di Arena Purna MTQ atau yang sekarang lebih dikenal dengan nama Bandar Serai. Akan tetapi warga sekitar tetap menyebutnya sebagai MTQ.
Bangunan MTQ terletak di jalan Jenderal Sudirman, yang lokasinya tidak terlalu jauh dari Bandara Sultan Syarif Kasim II. Jika anda ingin pergi ke tempat Anjungan Seni Idrus Tintin ini, dari bandara anda naik Bus TransMetro dan turun di halte seberang MTQ.

Hal yang mengagumkan dari tempat wisata ini adalah bangunan yang terlihat megah untuk tempat pertunjukan seni. Arsitektur bangunannya sangat terkenal dengan desain budaya melayu Riau.

Desa Wisata Okura

desa-wisata-okura
by instagram @nyenhariani

Yang berikutnya yaitu Desa Wisata Okura yang dipersiapkan sedemikian rupa sebagai wisata alam Pekanbaru. Kawasan Okura terkenal dengan kawasan pertanian karena keadaan tanah yang subur yang menjadi sandaran mata pencaharian penduduk sekitar. Diliat dari sudut pandang pertanian inilah yang membuat tempat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan untuk berkunjung ke tempat ini.

Okura terpilih menjadi salah satu tempat wisata Pekanbaru, karena lokasinya sangat strategis, yaitu dekat dengan kelurahan yang berada di pinggir kota Pekanbaru, dan berbatasan dengan beberapa kabupaten di Riau. Selain itu, keluraan Okura mudah dijangkau, baik dengan menggunakan kendaraan darat maupun laut.

Sungai Kampar

sungai-kampar
by instagram @disra

Sungai Kampar merupakan salah satu obyek wisata di Pekanbaru. Yang membuat tempat wisata ini unik adalah keadaan gelombang pasang surut (ombak) yang dapat digunakan untuk berselancar. Mungkin selama ini yang kita tau berselancar hanya dilakukan di area pantai. Namun di sungai ini para pecinta olaraga selancar dapat berbaur dengan ombak di sini.

Kunjungi :  22 Tempat Wisata Menarik di Jambi yang Terkenal

Rasanya sayang sekali untuk dilewatkan jika anda penyuka selancar dan berada di sungai Kampar ini tidak menjajal sensasi ombaknya yang menggulung. Ombak yang mengeluarkan suara merdu dengan sambutan gulungan ombak yang bisa naik setinggi 4 sampai dengan 6 meter mampu memberikan tantang tersendiri bagi anda. Alamat objek wisata Sungai Kampar ini berlokasi di Desa Teluk Meranti, sebelah timur laut Pekanbaru.

Riau Fantasi Pekanbaru

riau-fantasi-pekanbaru
by instagram @novanofriyanti

Riau Fantasi Pekanbaru merupakan tempat rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Tempat ini berada di jalan Labersa atau lokasinya sekitar 45 menit dari pusat kota Pekanbaru. Lokasinya dibuat seperti taman yang dikenal dengan nama Labersa Water and Theme Park yang memiliki lahan seluas 6,5 hektar. Seperti namanya, tempat ini dibagi menjadi wahana kering dan wahana basah.

Pada area wahana kering ( themepark) tersedia kereta wisata, wave blaster, sky tower, merry go round, bumper car, dan lain sebagainya. Sementara di area wahana basah ( waterpark) tersedia berbagai wahana permainan air seperti vertikal slide, adventure slide, adult pool, baby pool, sepeda air, flying fox, bungee trampoline, dan lain-lain. Tak ketinggalan di sini tersedia free wifi sehingga anda tidak perlu khawatir kehilangan sinyal saat berada di sini.

Oleh karena tempat wisata ini sangat menarik serta memiliki berbagai fasilitas yang telah tersedia dan siap menghibur para pengunjung, sehingga tempat ini layak direkomendasikan sebagai tempat wisata yang sangat cocok untuk anda nikmati bersama keluarga.

Itulah ke 6 tempat wisata di Pekanbaru yang wajib untuk dikunjungi. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua. Selamat berlibur dan nikmati keindahan tempat wisata yang tersedia di Pekanbaru.
Tambahan lagi buat anda yang mau berkunjung ke tempat wisata malam di Pekanbaru sekaligus wisata Kuliner Pekanbaru seperti di cafe, warung kopi, dan lain-lain.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */