23 Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya

0

Tempat Wisata di Pekalongan dan Sekitarnya – Berbicara mengenai kota Pekalongan, salah satu identitas yang dimilikinya adalah Batik. Yup, kota Pekalongan merupakan kota dengan industri batik terbesar dan paling banyak di Indonesia. Tak heran, kabupaten pekalongan seringkali disebut sebagai kota Batik. Gelar sebagai kota Batik ini bahkan sudah dikenal hingga ke mancanegara lho, dimana Pekalongan memiliki gelar sebagai World’s City of Batik. Selain khas dengan batiknya, Pekalongan juga ternyata punya banyak wisata pekalongan yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Bagi anda yang belum menentukan destinasi untuk tempat travelling, Pekalongan bisa banget nih jadi destinasi wisata anda berikutnya. Memangnya ada apa saja sih tempat wisata di Pekalongan Jawa Tengah? Let’s check this out:

Museum Batik

museum-batik
by instagram @inggastyawisesa

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa Pekalongan ini memang kotanya Batik.Tak heran, Museum Batik menjadi salah satu landmark pariwisata Pekalongan yang wajib untuk dikunjungi saat melakukan wisata di pekalongan. Museum Batik resmi didirikan pada tahun 2006, dimana di dalamnya terdapat koleksi batik yang jumlahnya mencapai ribuan. Ada banyak jenis kain Batik yang dipamerkan disini, dari mulai batik Cirebon, Rembang, Batang, Kalimantan, Banten, Madura, Papua, dan tentunya batik Pekalongan. Tak hanya memamerkan kain batik dengan beragam motif khasnya, di Museum Batik ini juga memperlihatkan beragam hal yang terkait dengan proses pembuatannya.

International Batik Center

international-batik-center
by instagram @aryadimas_

Masih berbicara tentang tempat wisata pekalongan dengan ciri khasnya yakni batik.Berbeda dengan Museum Batik, International Batik Center ini merupakan sebuah pusat belanja batik terbesar di Pekalongan.Disini ada beragam jenis kerajinan dengan nuansa batik yang sangat menarik.Disini juga ada banyak tempat wisata kuliner pekalongan yang khas dan harus anda coba.Untuk itu bagi yang ingin membeli buah tangan khas Pekalongan, bisa banget datang ke International Batik Center di Jalan Ahmad Yani, Wiradesa, Pekalongan.

Gunung Kendalisodo

Selain bisa belanja batik sepuasnya, tempat wisata di Kabupaten Pekalongan juga menyuguhkan sensasi wisata alam yang menarik dan menantang. Bagi travelers yang suka mendaki, Gunung Kendalisodo sangat cocok untuk memuaskan hasrat mendaki anda. Gunung ini tingginya hanya sekitar 1.695 meter diatas permukaan laut, sehingga bisa juga menjadi spot mendaki bagi pemula yang ingin mencoba hiking. Berlokasi di kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, gunung ini tak hanya menjadi tempat wisata kota pekalongan saja, namun juga banyak digunakan sebagai tempat melakukan ritual adat tertentu oleh masyarakat setempat.

Gunung Rogojembangan

gunung-rogojembangan
by instagram @muhammadrifqi20

Selain gunung Kendalisodo, Pekalongan juga punya gunung indah lainnya yang bisa menjadi spot hiking obyek wisata pekalongan yakni Gunung Rogojembangan. Memiliki tinggi sekitar 2.117 meter diatas permukaan laut, gunung Rogojembangan menawarkan panorama alam yang sangat menakjubkan.Hamparan hijaunya alam Pekalongan bisa dilihat keindahannya dari puncak gunung Rogojembangan ini.Selain pemandangan di puncak, wisata alam pekalongan yang satu ini juga memiliki keindahan lainnya yakni Curug Muncar yang dapat ditemui saat perjalanan menuju puncak Rogojembangan, tepatnya di ketinggian 1.249 meter diatas permukaan laut.

Kunjungi :  Cerita Legenda, Villa dan Hotel di Jalan Ciung Wanara Bandung

Pantai Pasir Kencana

pantai-pasir-kencana
by instagram @agnsh

Di objek wisata di pekalongan juga ada nih destinasi pantai indah yang bisa dikunjungi saat liburan yakni pantai Pasir Kencana. Pantai Pasir Kencana merupakan pantai dengan panorama indah, terutama saat sore menjelang.Dengan ditemani hembusan angin khas pantai, tempat nongkrong yang asik, serta pemandangan matahari terbenam yang sangat epic, tentunya menjadi momen liburan yang sangat menyenangkan. Fasilitas di kawasan pantai Pasir Kencana juga sudah sangat lengkap, seperti ada mushola, toilet, kamar mandi, tempat makan, taman untuk piknik dan bersantai, dan fasilitas lainnya yang bisa membuat pengunjung semakin betah berlama-lama dberada pada tempat wisata menarik di pekalongan yang satu ini. Untuk bisa tiba di pantai Pasir Kencana ini jarak yang harus ditempuh hanya sekitar 4,5 km saja dari pusat kota Pekalongan.

Pantai Slamaran

pantai-slamaran
by instagram @@mahdypu_

Berlokasi tak jauh dari pantai Pasir Kencana, adalah pantai Slamaran yang tak kalah indahnya dengan pantai Pasir Kencana.Pantai ini sangat khas dengan deretan batu-batu memanjang yang membuat pemandangan pantai semakin mempesona.Waktu yang pas untuk berkunjung ke pantai Slamaran ini adalah ketika sore hari, dimana perpaduan antara indahnya hamparan laut biru ditambah dengan keindahan sunset tentunya menjadi pemandangan yang tak terlupakan.

Curug Bajing

curug-bajing
by instagram @takkanggita_

Berada di desa Telogo Parkis kecamatan Petungkriyono, Pekalongan, Curug Bajing merupakan salah satu wisata pekalongan yang selalu ramai saat musim liburan tiba.Disini terdapat panorama curug alami yang penuh pesona keindahan.Berbeda dengan air terjun pada umumnya, Curug Bajing ini terdiri dari beberapa tingkat air sehingga semakin membuatnya tampak indah. Berada di Curug Bajing sangat tidak lengkap jika tidak mencoba berenang di airnya, karena kesegaran airnya yang jernih serta suara gemuruh deburan air terjun di Curug Bajing pastinya bisa membuat kita semakin fresh dan rileks.

Desa Wisata Lolong

desa-wisata-lolong
by instagram @d.nadaa

Untuk yang ingin merefresh diri dari kepadatan aktivitas perkotaan, melalui peta wisata pekalongan adalah sebuah destinasi yang cocok untuk jadi destinasi liburan agar bisa lebih rileks.Suasana desa yang sejuk dengan panorama hijaunya yang sangat mempesona bisa anda dapatkan di desa wisata Lolong.Tak hanya itu, bagi penggemar olahraga ekstrim, desa wisata Lolong juga punya spot rafting yang seru dan menantang. Dengan melakukan rafting sambil menyusuri sungai Singkarang yang membelah desa Lolong, anda pastinya akan semakin dibuat terpesona dengan panorama sepanjang sungai yang masih alami dan menentramkan.

Kunjungi :  Wisata Negeri Diatas Awan Puncak B29 Lumajang

Pantai Depok

pantai-depok
by instagram @fahrulgt

Bukan di Depok Jawa Barat, pantai Depok yang satu ini justru merupakan salah satu wisata pekalongan dan sekitarnya.Berada di desa Depok, kecamatan Siwalan Pekalongan, pantai Depok ini menawarkan suasana khas pantai yang romantis.Deretan pohon kelapa yang berjejer di sekitar pantai ini kian membuat keindahan pantai Depok semakin maksimal.Belum lagi dengan panorama sunsetnya yang sangat sempurna ketika langit cerah, bisa menambah suasana tentram plus romantis di pantai Depok ini.

Linggo Asri

linggo-asri
by instagram @tavedmogerz

Nah untuk yang sedang mencari destinasi family trip di tempat wisata pekalongan jateng, Linggo Asri bisa jadi pilihan tepat. Disini ada banyak pilihan rekreasi keluarga yang lengkap, seperti bumi perkemahan, outbond, kolam renang, mini zoo, tracking hutan, hingga arung jeram yang menantang. Cocok banget deh untuk jadi destinasi outing bersama keluarga, teman kantor, tempat malam keakraban kampus, atau bisa juga tempat kemah bareng sahabat. Linggo Asri ini juga menawarkan panorama khas perbukitan yang masih sangat asri dan penuh pesona.Berada di ketinggian sekitar 700 meter diatas permukaan laut, Linggo Asri ini menawarkan pemandangan indah plus pengalaman seru yang tak terlupakan. Di akhir pekan, ada banyak rombongan kantor maupun keluarga yang menghabiskan akhir pekan mereka dengan mencoba berbagai jenis tantangan outdoor di tempat ini.

Kebun Teh Pagaliran

Hawa sejuk yang menyegarkan memang sangat khas ditemui di kebun teh. Sama halnya dengan destinasi tempat wisata di pekalongan jateng yakni argowisata kebun teh Pagaliran. Berlokasi di desa Pagilaran, Batang (sekitar 40 km dari pusat kota Pekalongan), kebun teh Pagilaran ini menyuguhkan panorama hamparan kebun teh yang sangat khas. Hawa sejuk serta hamparan tanaman teh yang berundak-undak tentunya menjadi pemandangan yang sangat epic dan bisa jadi latar berfoto terbaik. Ini adalah tempat yang tepat untuk menambah koleksi foto instagram kamu!

Bukit Pawuluhan

bukit-pawuluhan
by instagram @camploes_

Masih seputar wisata alam di objek wisata pekalongan, bukit Pawuluhan merupakan objek wisata perbukitan yang menawarkan pemandangan alam yang sempurna. Dari ketinggian bukit Pawuluhan ini, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Pekalongan yang membentang luas. Bagi anda yang hobi fotografi dan suka mengabadikan landscape khas alam, bukit Pewuluhan ini bisa juga jadi spot hunting foto yang pas untuk dikunjungi.

Curug Bidadari Jolotigi

curug-bidadari-jolotigi
by instagram @jamludd

Wisata yang ada di pekalongan berikutnya adalah Curug Bidadari Jolotigi. Berlokasi di desa Purbo Jolotigi, Kecamatan Talun, Pekalongan, objek wisata satu ini menawarkan panorama curug yang khas dan eksotis.Di Curug Bidadari Jolotigi ini terdapat 5 aliran air yang indah dan berbentuk seperti kolam renang, sehingga banyak pula yang menyebutnya sebagai Curug Batu Dinding Kolam Lima.Destinasi wisata alam satu ini juga sangat cocok untuk jadi tempat hunting foto karena keindahan panorama sekitarnya.

Kunjungi :  Ramainya Camping di Pantai Ngetun Tepus Gunung Kidul

Wisata Hutan Mangrove

hutan-mangrove-pekalongan
by instagram @frank_jaja

Berada di Pekalongan, objek wisata alamnya memang sangatlah lengkap. Tak hanya pantai, gunung, dan curug, di Pekalongan juga ada lho spot hutan Mangrove yang bisa dikunjungi.Hutan Mangrove Pekalongan ini awalnya merupakan tempat tambak udang yang dikelola oleh pemerintah Pekalongan, yang kemudian diubah menjadi hutan bakau atau mangrove dengan tujuan untuk menahan abrasi air di daerah tersebut.Karena keindahan deretan pohon mangrove yang tertata rapi yang membuat pemandangan hutan mangrove kian penuh pesona, tak heran hutan mangrove ini kemudian menjadi ramai sebagai tempat wisata.

Sego Megono, Tauto

sego-megono
by instagram @sheprasetya
bukit-pawuluhan
Bukit Pawuluhan Photo by @explorepekalongan
curug-kuwung-indah
Curug Kuwung Indah Photo by @explorepekalongan
desa-pringsurat
Desa Pringsurat Photo by @explorepekalongan
mangrove-park
Mangrove Park Photo by @explorepekalongan
perkemahan-linggo-asri
Perkemahan Linggo Asri Photo by @explorepekalongan
puncak-tugu
Puncak Tugu Photo by @explorepekalongan
sungai-sikarang
Sungai Sinkarang photo by @explorepekalongan
taman-memorabilia
Taman Memorabilia Photo by @explorepekalongan

Puas menjelajahi wisata alamnya, selanjutnya anda bisa langsung mencicipi kuliner khas Pekalongan Sego Megono.Sego Megono merupakan sajian kuliner khas Pekalongan yang terdiri dari olahan nangka muda, parutan kelapa, dan tentu saja sego dalam bahasa Jawa yang berarti nasi. Selain Sego Megono, kuliner khas Pekalongan yang unik lainnya adalah Tauto. Jenis makanan satu ini merupakan sajian makanan yang mirip seperti soto, hanya saja ditambah dengan bumbu tauco, irisan daging, jeroan, dan kuah khas yang lezat.

Nah itulah tadi beberapa rekomendasi objek wisata di Pekalongan yang bisa menjadi referensi travelling anda. Seru kan liburan di Pekalongan? Tak hanya Bali, Bandung, Jakarta, dan kota-kota besar lainnya yang punya banyak destinasi tempat liburan.Buktinya saja sekarang kita tahu bahwa ternyata Pekalongan punya destinasi wisata yang sangat lengkap, dari mulai wisata pantai di pekalongan, pegunungan, bukit, kebun teh, tempat camping, arung jeram, wisata budaya, sejarah, hingga wisata kuliner khasnya juga lengkap tersedia di Pekalongan ini. Terakhir, sebagai tips untuk anda yang ingin melakukan trip ke tempat wisata di Pekalongan Jateng, jangan lupa untuk membawa google maps sebagai panduan wisata agar tidak tersesat. Bagi yang baru pertama kali ke Pekalongan, tak perlu khawatir tersesat karena dengan panduan peta wisata, plus keramahan warga Pekalongan, pastinya berada di Pekalongan tidak akan terasa seperti di tanah asing antah berantah. Yuk ke Pekalongan dan rasakan sensasi liburan menyenangkan yang tak terlupakan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */