29 Tempat Wisata di Pati yang Paling Bersejarah

0

Tempat Wisata di Pati – Masalah wisata, Kabupaten Pati memang tidak begitu tersohor seperti beberapa daerah di Indonesia. Namun, bukan berarti bahwa tidak ada tampat atau daerah menarik yang bisa dikunjungi oleh para turis di kota ini. Nyatanya, kota yang dijuluki dengan berbagai nama tersebut ternyata mempunyai wisata Pati yang sangat menarik dan tentunya sayang untuk dilewatkan. Apabila anda mengunjungi salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini, maka jangan anda lewatkan beberapa wisata disini.

Apa saja wisata yang bisa anda pilih di Kabupaten Pati? Untuk informasi lebih jelasnya, simak ulasan dari tempatwisataindonesia.id berikut ini :

Makam Syekh Mutamakkin

Makam Syekh Mutamakkin berada di Desa Kajen, Kecamatan Mergoyoso, Kabupaten Pati. Beliau adalah salah satu ulama yang cukup berpengaruh di Nusantara. Sehingga bukan hal yang aneh apabila makamnya dijadikan tempat wisata religi di Pati. Setiap bulannya, ada sekitar 500 ribu pengunjung datang ke tempat tersebut untuk berziarah ke tempat wisata yang paling sering dikunjungi di daerah Pati tersebut. Daya tarik utama dari makam Syekh Mutamakkin ini ialah sejarah, legenda, mitos yang berkembang dalam masyarakat tentang makam tersebut. Anda bisa memasukannya dalam daftar tempat wisata di Pati Jawa Tengah anda ketika berkunjung kesana.

Makam Syekh Jangkung Saridin

Selain makam Syekh Mutamakkin, ada pula makam lain yang juga cukup sering dikunjungi. Inilah makam Syekh Jangkung Saridin. Lokasi makamnya ada di Dukuh Landoh, Desa Kayen, Kecamatan Kayen, Kabupaten Pati. Anda bisa menjadikan tempat ini masuk daftar tempat wisata yang harus dikunjugi saat anda ke Pati.

Berbicara mengenai Syekh Jangkung Saridin itu sendiri, beliau adalah sosok wali asal Pato Selatan yang cukup terkenal dan menjadi topik pembicaraan di banyak kalangan. Sehingga tidak heran apabila banyak orang yang ingin berkunjung ke makamnya untuk berziarah dan memahami sejarahnya. Setiap tahunnya, ada lebih dari 200 ribu pengunjung yang datang ke wisata kota Pati ini.

Juwana Water Fantasy (JWF)

juana-water-fantasy
by instagram @ridho.indy

Apabila anda liburan ke Pati bersama dengan keluarga, Juwana Water Fantasy (JWF) adalah pilihan tempat wisata Pati yang paling tepat. Ini adalah sebuah tempat yang menyajikan berbagai wahana waterboom dan wahana lain yang bisa dunikmati oleh semua anggota keluarga. Beberapa wahana seperti kolam air, kolam tumpah, flying fox dan lainnya akan memanjakan anda dan keluarga.

Beada di Desa Bumimulyo, Kecamatan Batangan, Pati ini hanya memiliki tiket masuk sekitar 20 hingga 25 ribu saja. Tentu saja, harga tiket masuk yang cukup terjangkau ini akan membuat anda semua bisa dapatkan sebuah tempat wisata keluarga yang wajib dikunjungi ketika anda datang ke Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Wisata Industri di PT. Dua Kelinci

wisata-industri-di-pt-dua-kelinci
by instagram @febrina_dwi_haryani

Bagi anda yang ingin tahu bagaimana PT Dua Kelinci memproduksi berbagai macam camilan kacang, anda bisa lakukan wisata industri di PT Dua Kelinci. Memang, Pati terkenal dengan pabrik kacangnya. Karena itulah anda bisa datang ke salah satu pabrik yang membuka wisata industri untuk umum. Dengan begitu anda bisa dapatkan banyak info bagaimana proses pembuatan kacang kemasan yang biasa kita santap.

Kunjungi :  Candi Pawon, Candi Mungil dengan Lubang Anginnya

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

Keindahan 13 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah
Ini Dia 13 Tempat Wisata Menarik di Grobogan Jawa Tengah
Rekomendasi 16 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah
16 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik

Desa Wisata Pemancingan Talun

desa-wisata-pemancingan-talun
by instagram @adinugroho096

Berlokasi di Desa Talun, Kecamatan Kayen, anda bisa temukan sebuah wisata di Pati bernama Desa Wisata Pemancingan Talun. Dalam hal ini, sebuah desa diubah menjadi tempat pemancingan dengan rumah makan sederhana. Konsep ini nyatanya cukup banyak menyita perhatian orang sehingga desa ini menjadi salah satu tempat yang sebaiknya dikunjungi ketika anda berada di Pati. Jadi, nantinya anda bisa nikmati makanan sambil lakukan aktivitas mancing yang sangat menyenangkan. Tidak ada salahnya anda datang kesini untuk merasakan sensasi sebuah desa pemancingan.

Waduk Gunung Rowo

waduk-gunung-rowo
by instagram @ulin.arjunanuha

Untuk anda yang ingin mengunjungi salah satu peninggalan Belanda, Waduk Gunung Rowo ini adalah tempatnya. Berlokasi di Desa Situluhur, Kecamatan Gembong, Pati, anda bisa melihat sebuah waduk peninggalan penjajahan Belanda. Semua pengunjung yang datang ke tempat wisata kota Pati ini akan dapatkan sebuah pemandangan yang indah. Hamparan waduk yang dipadu dengan hijaunya pegunungan sekitarnya akan sangat merilekskan mata anda. Tidak heran apabila wisata ini menjadi salah satu wisata favorit yang ada di daerah Pati, Jawa Tengah. Setiap tahunnya, terhitung puluhan ribu pengunjung datang untuk melihat waduk yang satu ini.

Pintu Gerbang Majapahit

pintu-gerbang-majapahit
by instagram @denmas_itok

Ada pula wisata di Pati Jawa Tengah lain yang jangan sampai anda lewatlan saat berandang ke Kabupaten Pati. Inilah Pintu Gerbang Majapahit. Bagi anda yang ingin melihat langsung bagaimana peninggalan sejarah dari zaman Kerajaan Majapahit, anda bisa langsung datang ke Dukuh Relonde, Desa Muktiharjo, Kecematan Margorejo, Kabupaten Pati. Banyak yang percaya jika pintu tersebut adalah peninggalan dari putra Sunam Muria di zaman Majapahit. Sekitar 20 ribu pengunjung datang mengunjungi tempat wisata ini tiap tahunnya.

Tempat wisata yang menempati urutan ke-7 yang paling populer di Pati ini memang akan menghadirkan sebuah wisata sejarah yang bisa menambah pengalaman berwisata anda. Anda bisa bisa tahu tentang legenda atau mitos yang berkembang dari pintu gerbang yang satu ini.

Akan tetapi, ada sebagian pihak yang menyakngsikan bahwa pintu gerbang tersebut adalah peninggalan dari zaman Kerajaan Majapahit. Hal ini disebabkan karena belum dilakukannya uji karbon terhadap pintu gerbang tersebut.

Kunjungi :  21 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri

Tidak kalan menarik untuk dikunjungi, ada pula Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri sebagai obyek wisata Kabupaten Pati. Banyak masyarakat yang percaya jika petilasan ini adalah yang pertama kali dibangun. Tentu saja, untsur mistis dan berbagai mitos yang ada membuat petilasan yang satu ini menjadi cukup populer di kalangan para wisatawan. Untuk anda yang penasaran dengan aura mistis yang ada di petilasan tersebut, tidak ada salahnya langsung berkunjung ke Dukuh Kemiri, Desa Sarirejo, Kecamatan Pati Kota.

Dari haisl survei, tempat yang satu ini termasuk dalam wisata cukup banyak dikunjungi. Terbukti, Petilasan Kadipaten Pati Genuk Kemiri berada di peringkat 8 sebagai tempaf wisata paling banyak dikunjungi.

Haul Sunan Prawoto

Makam Sunan Prawoto atau dikenal juga dengan Raden Bagus Mukmin yang memiliki ejaan China Muk Ming berada di Desa Prawoto, Kecamatan Sukolilo, Pati. Untuk anda yang ingin datang ke tempat wisata ini, lokasinya berdekatan dengan Kabupaten Grobogan dan Kudus.

Salah satu hal yang sangat menarik dari tempat wisata di Pati Jawa Tengah ini adalah dilaksanakannya haul. Sehingga bukan hanya sebagai tempat orang untuk berziarah, banyak wisatwan yang ingin menyaksikan kebudayaan lain, maka datang saja langsung saat acara haul digelar.

Setiap tahunnya, haul Sunan Prawoto ini banyak dikunjungi para wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara ingin mentaksikan setiap prosesi haul yang dilaksanakan. Dalam kurun waktu satu tahun, sekitar 15 ribu orang datang ke prosesi haul yang diadakan tersebut.

Lomban, Sedekah Laut Tayu

Anda ingin melihat acara budaya lainnya di Pati? Jika iya, makaam anda langsung datang saja ke kabupaten ini ketika sedekah laut Tayu yang juga dikenal dengan sebutan Lomban dilakukan. Anda bisa melihat bagaimana prosesi larung berbagai macam sesaji yang ditujukan kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Biasanya, Lomban akan dilaksakan pada bulan Syawal setelah Idul Fitri tepatnya saat lebaran ketupat. Jadi, bagi anda yang ingin melihat semua prosesi yang ada, datang saja ke Desa Tayu saat lebaran ketupat dan lihat bagaimana lomban ini dilakukan.

Goa Pancur

goa-pancur
by instagram @faizalvin19

Berada di Desa Jimbaran, Kecamatan Kayen, wisata Goa Pancur bisa menjadi obyek wisata Pati yang cukup menarik saat berlibur ke Pati. Apalagi agenda susur goanya yang cukup terkenal. Di tempat ini, nantinya anda bisa menyusuri goa hingga kedalaman belasan kilometer. Tentu saja, bagi para pecinta alam hal yang satu ini jelas jangan sampai terlewatkan sebab pengalaman menyusuri goa jelas akan menjadi salah satu pengalaman langka.

Bagi anda yang baru pertama kali lakukan penyusuran, mengetahui bagaimana medan di Goa Pancur menjadi hal utama yang wajib diketahui. Dengan begitu anda bisa mengukur apakah nantinya anda bisa melakukannya atau tidak.

Kunjungi :  Snorkeling di Pantai Sadranan Wonosari Gunung Kidul

Waterboom Sendang Sani

Ingin rasakan sensasi wisata air lain di Pati? Anda bisa langsung datang ke Waterboom Sendang Sani. Di tempat ini anda bisa temukan berbagai wahana air yang sangat menarik untuk dikunjungi. Anda bisa berwisata dengan keluarga di tempat wisata yang lokasinya ada di Dukuh Sani, Desa Tamansari, Kecamatan Tlogowungu. Ada sekitar 12 ribu orang datang ke tempat ini untuk liburan.

Sedekah laut Juwana

Bukan hanya lambon di Desa Tayu saja yang bsia menjadi salah satu daya tarik Pati. Ada pula sedekah laut Juwana yang dilakukan di pelabuhan Juwana. Hampir sama dengan lomban, pada prosesi ini nantinya sesaji akan dilarung ke laut dengan harapan warga akan dapatkan keselamatan dan kemakmuran. Setidaknya ada 9 ribu orang datang ke wisata Pati Jawa Tengah yang satu ini.

Goa Wareh

goa-wareh
by instagram @umam_pasopati

Goa Wareh menjadi objek wisata lain yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi di daerah Pati. Objek wisata ini ada di sekitar pegunungan Kapur Utara yang lokasinya di Desa Kedumulyo, Kecamatan Sukolilo, Pati. Dipercaya sebagai tempat bersemedinya Semar, salah satu tokoh Punakawan dalam wayang, cerita mistis pun mentelimuti gua yang satu ini. Namun justru inilah hal yang menjadi salah satu daya tarik dari Gua Wareh. Banyak pengunjung yang penasaran dengan cerita yang beredar membuat tempat ini dikunjungi orang.

Air Terjun Grenjengan Sewu

air-terjun-grenjengan-sewu
by instagram @ahmad_burhanuddin.co.id

Air terjun Grenjengan Sewu menjadi tempat wisata Pati lainnya. Berlokasi di Desa Jrahi, Kecamatan Gunungwungkal, lokasinya ada di pegunungan Muria dan dekat dengan Vihara Saddhagiri. Ketinggian aur terjun yang capai 75 meter dan lebarnya hingga sampai dua meter membuat objek wisata ini sangat indah dan memukau.

Ada sekitar 8,7 ribu pengunjung setiap tahun, dan hal ini menempatkan objek wisata alam tersebug sebagai wisata posisi ke-15 di Pati yang banyak dikunjungi wisatawan. Sayangnya, jalan menuju lokasi sangat jauh dari ousat kota. Sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Pati sehingga anda butuh sekitar 1 jam lebih perjalanan melewati jalan yang terjal.

Kebun Kopi Jolong

kebun-kopi-jolong
by instagram @okkyoktaviano

Inilah Kebun Kopi Jolong sebagai sentra penghasil kopi terbesar yang ada di Desa Jolong, Kecamatan Gembong. Sangat alami dan jauh dari polusi udara menjadi hal yang akan anda temukan di tempat wisata Pati dan sekitarnya ini. Ditambah dengan adanya bangunan peninggalan Belanda yang cukup angker membuat makin banyak orang ingin datang ke wisata yang tiap tahunnya dikunjungi lebih dari 7 ribu orang tersebut.

Jadi, itulah berbagai macam Tempat wisata di Pati yang dapat anda kunjungi ketika anda ada di Pati. Berbagai pilihan wisata bisa anda pilih. Anda cukup sesuaikan saja dengan keinginan anda.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */