Surganya Wisata Indonesia

34 Tempat Wisata Baru di Pasuruan Jawa Timur

0
34 Tempat Wisata Baru di Pasuruan Jawa Timur
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Pasuruan Jawa Timur – Jika berbicara mengenai Jawa Timur, pastinya tak akan lepas dari berbagai wisata yang terhampar meluas di setiap daerahnya. Berbagai wisata ini berbeda-beda mulai dari wisata alam, wisata hiburan, wisata taman bermain anak, wisata alam air terjun, wisata alam pegunungan dan masih banyak lagi jenis wisata yang semuanya sangat seru untuk dikunjungi. Salah satu kabupaten yang kaya akan destinasi wisata adalah kabupaten Pasuruan. Pada dasarnya Pasuruan ini terbagi menjadi dua bagian yaitu kota Pasuruan dan kabupaten Pasuruan. Hal ini yang menjadikan Pasuruan begitu luas untuk di eksplor wisatanya. Sekilas info bagi Anda yang belum tahu tentang Pasuruan ya, daerah ini merupakan daerah yang menyimpan pemandangan alam yang amat sangat menarik dan indah tentunya. Berbagai wisata Pasuruan Jawa Timur yang ada akan membuat Anda terkesan. So? Tunggu apa lagi? Pastikan liburan kali ini datang dan kunjungi sendiri berbagai wisata Kabupaten Pasuruan yang keren ini ya.

Bagi yang penasaran dengan berbagai destinasi wisata yang ada di Pasuruan, berikut ini merupakan Wisata di Pasuruan yang wajib untuk anda kunjungi. Simak dengan baik dan jangan sampai terlewat oke?

Pantai Lekok

pantai-lekok
by instagram @abdullathif631

Diawali dengan wisata Pasuruan pantai Lekok, merupakan pantai dengan pemandangan yang sangat eksotis. Pantai Lekok ini juga menyajikan keunikan lain, yakni banyaknya pertunjukan rakyat yang membuat wisatawan menjadi betah berlama-lama di pantai ini. Di pantai ini juga terdapat olahraga khas nelayan yang di gelar tiap tahun yang diberi nama ski lot. Jika Anda datang di waktu yang tepat, maka Anda bisa menikmati berbagai kesenian rakyat tersebut dan berbagi keseruan dengan wisatawan lain serta masyarakat setempat.

Pantai Penunggul

Pantai ini terkenal karena hutan bakaunya yang indah. Dipantai yang terletak di desa penunggul, Nguling, Pasuruan ini merupakan pantai pesisir yang merupakan batas wilayah kabupaten Pasuruan dengan kabupaten Probolinggo. Pemerintah sedang membenahi utan bakau di pantai ini sehingga akan siap menjadi salah satu tempat wisata pantai di Pasuruan Jawa Timur yang siap menarik banyak wisatawan pada tahun 2018 nanti.

Pemandian Alam Banyu Biru

pemandian-alam-banyu-biru
by instagram @fian_zld31

Wisata Pasuruan banyu biru adalah tempat melepas lelah yang tepat bagi anda yang lelah beraktifitas sepanjang hari. Suasananya yang teduh dengan pohon rindang yang terjaga dan ikan sengkaring yang masih dilestarikan karena dikeramatkan membuat tempat ini sangat nyaman untuk beristirahat sejenak. Wisata banyu biru Pasuruan ini sudah dikenal sejak jaman belanda dan sampai saat ini wisatawan dari eropa masih tertarik untuk mengunjungi pemandian sejuk ini.

Kunjungi :  Wisata Kota Lama Semarang, Wisata Sejarah "Miniatur Belanda"

Candi Gunung Gangsir

candi-gunung-gangsir
by instagram @pemandian-alam-banyu-biru

Selain candi Jawi, ada juga candi Gunung Gangsir atau biasa disebut juga candi Kebon Candi yang lokasinya berada di desa Kebon Candi, Gunung Gangsir, Beji, Pasuruan. Gangsir sendiri merupakan kata dalam bahasa jawa yang berarti menggali karena konon dulu ada orang yang menggali gunung yang merupakan candi ini untuk mengambil berbagai benda berharga yang ada di dalam candi.

Candi Jawi

candi-jawi
by instagram @zazilaintaniarahmah

Candi terkenal ini dibangun pada abad ke 13 yaitu masa pemerintahan kertanegara yang merupakan raja terakhir yang memerintah kerajaan singasari. Letak candi Jawi ada di desa tretes, Pandaan, Prigen yang hanya membutuhkan waktu tempuh 40 menit dari kota Surabaya. Candi yang memiliki arsitektur unik perpaduan hindu dan budha ini memiliki puncak berupa stupa yang dibangun dengan batuan andesit. Tempat wisata Pasuruan murah ini dapat anda kunjungi bagi anda yang menyukai wisata budaya dan sejarah.

Danau Ranu Grati

danau-ranu-grati
by instagram @xsanurs

Danau dengan luas 107 hektar ini merupakan danau yang memiliki pemandangan indah karena berlatar belakang gunung Tengger yang terkenal. Anda hanya perlu melakukan perjalanan selama kurang lebih 30 menit dari kota Pasuruan untuk dapat menjangkau danau indah ini. Suasananya yang tenang cocok bagi anda yang ingin melarikan diri sejenak dari rutinitas kerja yang padat.

Tretes

tretes
by instagram @kijanglawu

Tretes merupakan sebuah kawasan wisata alam yang berada di kaki gunung Welirang dan gunung Arjuna. Tidak heran kawasan tretes perigen ini memiliki udara yang sejuk. Kawasan wisata ini merupakan kawasan wisata perigen Pasuruan yang terkenal dan paling sering dikunjungi oleh wisatawan. Pemandangannya yang indah dan udaranya yang sejuk merupakan keunggulan utama yang menjadikan tempat ini terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Taman Safari Perigen

taman-safari-perigen
by instagram @tamansafariprigen

Selain tretes, perigen juga memiliki taman safari yang terkenal. Dikenal sebagai taman safari II, salah satu tempat wisata baru di Pasuruan yang terkenal ini sangat menarik dikunjungi. Mengambil konsep yang sama dengan taman safari I, anda dapat mengelilingi taman safari prigen dengan mobil pribadi atau bus wisata dan melihat secara langsung hewan-hewan yang dilepas bebas di kawasan ini. Udaranya yang sejuk karena berada di lereng gunung Arjuna pada ketinggian 800 mdpl, tempat ini menjadi salah satu tempat yang nyaman untuk anda kunjungi bersama keluarga di waktu liburan.

Air Terjun Coban Waru

air-terjun-coban-waru
by instagram @hendryprawara

Memiliki ketinggian 25 meter air terjun ini memiliki sisi eksotisme tersendiri yang menarik banyak wisatawan datang berkunjung. Lokasi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin melepaskan penat dari berbagai aktifitas keseharian yang snagat menjemukan. Mendengar suara aliran air dengan udara yang sejuk akan menghilangkan stress Anda sejenak dan menenagkan pikiran.

Kunjungi :  Lokasi dan Sejarah Candi Kalasan yang Ramai Wisatawan

Air Terjun Coban Cemoro Gading

Air terjun ini menjadi air terjun tertinggi di sekitar kawasan Nongkojajar. Walaupun air terjun ini cukup tinggi, namun air terjun ini aman karena debit air atau aliran airnya tak begitu deras. Bermain air sambil menikmati pemandangan alam sekitar air terjun menjadikan Anda betah berlama-lama di kawasan tempat wisata alam di Pasuruan yang satu ini.

Air Terjun Sumber Nyonya

air-terjun-sumber-nyonya
by instagram @karinprahardian

Tempat wisata di Pasuruan terbaru yang satu ini merupakan wisata yang menyajikan keindahan air terjun yang jarang di temui di tempat lain. Air tetjun sumber nyonya ini memiliki aliran air yang deras namun tidak langsung masuk kedalam tanah melainkan langsung jatuh menimpa bebatuan dibawahnya sehingga air terjun ini dapat di katakana aman untuk Anda yang ingin lebih dekat menikmati derasnya aliran air terjun. Mengapa aman? Karena tak ada tempat yang dalam di sekitar air terjun sehingga bermain-main air di sekitar air terjun sangat aman.

Air Terjun Gumandar

air-terjun-gumandar
by instagram @achmaedt_27

Air terjun ini menjadi wisata alam Pasuruan yang unik karena air terjun aliran ait terjun ini langsung jatuh ke dalam tanah, kemudian diserap oleh tanah dan muncul aliran di tempat yang berbeda yang berada di daerah sekitar pemukiman warga. Air terjun ini memiliki aliran debit air yang cukup deras dengan air yang sangat segar. Sesampainya di air terjun ini, Anda diperbolehkan bermain-main air di tepian sungai. Akses jalan menuju air terjun yang cukup mudah menjadikan banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati suasana dan pesona keindahan alam yang ada di sekitar air terjun Gumandar.

Bukit flora

bukit-flora
by instagram @anandadrs_

Bukit flora menjadi wisata Pasuruan jatim yang tak boleh terlewatkan oleh Anda. Berlokasi di sekitar kawasan Nongkojar tepatnya 3 km dari desa Tutur, kecamatan Tutur. Letak ketinggian tempat ini yaitu berada pada 700 meter di atas permukaan laut yang menjadikan bukit flora memiliki suasana yang segar dan sejuk. Sangat cocok untuk anda yang ingin refreshing dan relaks dengan melihat keindahan aneka macam bunga yang ada di bukit ini. Selain menikmati keindahan bunga, Anda juga bisa melakukan out bond di lokasi bukit ini. Keseruanakan terjalin dan menghasilkan pengalaman indah tak terlupakan ketika mengunjungi wista yang satu ini.

Candido Argo Herbal

Berlokasi di desa Tutur, kecamatan Tutur, wisata ini di khususkan bagi Anda yang menyukai keindahan bunga-bunga yang beraneka macam. Objek wisata Pasuruan ini sudah ada dan berdiri sejak tahun 1997. Yang menjadi unggulan di candido Agro Herbal ini adalah bunga krisan dengan aneka macam warna yang sangatlah elok. Selain bunga krisan, ada juga bunga calla lily, gerbera, anthurium andreanum, serta leather leaf.

Kunjungi :  Asyiknya Main Cave Tubing di Goa Pindul Gunung Kidul

Kebun Raya Purwodadi

kebun-raya-purwodadi
by instagram @mochamadfarabi

Wisata Pasuruan ini mengambil konsep alam. Kebun raya purwodadi merupakan pusat observasi pertanian LIPI yang memiliki luas 85 hektar. Jika anda mengunjungi kebun raya ini, anda akan mendapati koleksi tumbuhan yang beraneka ragam. Ada lebih dari 10.000 jenis tumbuhan yang ada di kebun raya yang didirikan oleh Dr. Lourens Gehard Marinus Baas Becking pada 30 januari 1941 ini. Ada berbagai jenis tamanan polong-polongan, anggrek, bambu, paku, palem, dan lain sebagainya. Selain melihat berbagai koleksi tanaman, anda juga bisa berjalan-jalan sembari menikmati kesejukan alam di kebun raya ini.

Perkebunan Apel krisna

Perkebunan apel krisna merupakan salah satu agrowisata yang ada di kabupaten pasruan yang menarik untuk anda kunjungi. Lokasinya berada di desa andono sari, tutur, kabupaten Pasuruan. Dengan berkendara sejauh 40 km dari kota Pasuruan, anda sudah dapat menjangkau kebun apel ini. Wisatawan diperbolehkan berkeliling di kebun apel ini setelah membayar tiket masuk dengan harga yang telah ditentukan.

Bhakti Alam

bhakti-alam
by instagram @apridhona

Wisata bhakti alam Pasuruan merupakan wisata buah yang memiliki luas 60 hektar. Ada berbagai jenis tanaman buah yang dapat anda temukan, kurang lebih 15 jenis buah dapat anda temukan di tempat wisata ini. Buah-buah tersebut diantaranya adalah mangga, durian, buah naga, jeruk, kelengkeng, melon, semangka, dan masih banyak lagi lainnya. Namun sayangnya anda tidak diperbolehkan untuk memetik langsung buah yang ada di kebun ini.

Dari beberapa tempat wisata di daerah Pasuruan Jawa Timur di atas masih belum semuanya loh, masih ada berbagai wisata lainnya yang menarik untuk dikunjungi seperti wisata air terjun Coban Baung, air terjun Rambut Moyo, air terjun Kakek Bodo, air terjun Putuk Truno, air terjun Alap-alap, air terjun Tundo Pitu, Saygon Waterpark dan masih banyak lagi. Memang benar jika kebanyakan wisata Pasuruan ini adalah wisata yang menyatu dengan keindahan alam. Namun tak menjadikan wisata yang ada tersebut menjadi sepi, justru banyak sekali wisatawa yang datang berkunjung untuk menikmati kesejukkan aneka wisata tersebut. Jika Anda berkunjung ke Pasuruan pastikan juga untuk menikmati wisata kuliner Pasuruan Jawa Timur yang memiliki cita rasa yang sangat menggugah selera. Setelah mengetahui berbagai destinasi wisata di atas, pastikan liburan kali ini berkunjung ke Pasuruan ya.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */