Surganya Wisata Indonesia

24 Tempat Wisata di Pangandaran Paling Hits Saat Ini

1

Tempat Wisata di Pangandaran – Jawa Barat merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang punya beragam pesona wisatanya. Salah satu destinasi wisata di Jawa Barat yang banyak menjadi favorit berada di kawasan Pangandaran. Pangandaran sendiri merupakan sebuah kawasan kabupaten dengan ibu kota kabupatennya yakni Parigi. Dengan melihat dari segi geografisnya, kawasan kabupaten Pangandaran ini memang memiliki banyak potensi wisata alam yang menakjubkan. Tak heran, kawasan kabupaten Pangandaran ini juga masuk dalam objek wisata yang paling direkomendasikan di pulau Jawa.

tempat wisata di pangandaran
by instagram @gallantdevanainggolan

Apa ciri khas utama yang ditemui di kabupaten Pangandaran ini? Pantai Pangandaran merupakan objek wisata Pangandaran yang paling populer di kabupaten tersebut, sekaligus menjadi ikon wisatanya. Namun tahukah anda, ternyata di kabupaten Pangandaran ini masih banyak lho pesona objek wisata lainnya yang tidak kalah indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja? Nah untuk yang berencana akan pergi liburan ke Pangandaran dan belum tahu objek wisata apa saja yang akan disinggahi, dibawah ini ada beberapa rekomendasi wisata favorit di Pangandaran yang bisa dikunjungi:

Pantai Pangandaran

pantai-pangandaran
by instagram @septianhadisaputra

Objek wisata satu ini merupakan objek wisata yang paling wajib dikunjungi saat berada di Pangandaran. Berada di pantai Pangandaran, pengunjung pastinya akan dibuat kagum dengan keindahan pasir putihnya, serta pemandangan saat sunsetnya. Keindahan yang dimiliki Pantai Pangandaran bahkan sudah banyak diakui oleh pelancong mancanegara. Tak heran, saat musim liburan tiba pantai ini selalu penuh sesak oleh wisatawan. Untuk dapat menikmati keindahan pantai Pangandaran sekaligus menikmati ragam fasilitas watersport dan fasilitas wisata lainnya, sudah banyak juga paket wisata Pangandaran yang bisa membuat liburan semakin menyenangkan.

Pantai Batu Karas

pantai-batu-karas
by instagram @just_faried

Tidak jauh dari kawasan Pantai Pangandaran, ada pula pantai indah lainnya yang dapat dijumpai yakni Pantai Batu Karas. Bagi wisatawan yang ingin menikmati beach shopping, atau berwisata menyusuri pulau cantik di tempat wisata di Pangandaran terbaru, bisa juga berkunjung ke Pantai Batu Karas yang lokasinya hanya sekitar 34 km dari pantai Pangandaran. Berbeda dengan pantai Pangandaran yang cenderung padat oleh pengunjung, di Pantai Batu Karas ini pengunjung akan merasakan suasana pantai yang tenang dan tentunya akan semakin membuat betah berlama-lama di pantai eksotis ini. Aktivitas wisata yang biasa di lakukan di pantai Batu Karas ini adalah surfing, sun-bathing, atau bisa juga bersantai menyaksikan golden sunset yang mempesona ketika senja menjelang. Ciri khas lain yang dapat ditemui di pantai ini juga terletak pada warna pasirnya yang cenderung hitam keabuan.

Pangandaran Waterpark

pangandaran-waterpark
by instagram @budiyana25

tempat wisata Pangandaran yang satu ini tergolong objek wisata baru di Pangandaran. Meski demikian, fasilitas wisata yang ada di Pangandaran Waterpark ini cukup lengkap dan cocok untuk menjadi destinasi liburan bersama keluarga. Dengan membayar tiket masuk sebesar 10 ribu hingga 25 ribu/ orang, pengunjung sudah bisa menikmati beragam fasilitas menarik disana, seperti kolam renang, ATV, taman bermain, dan lain sebagainya.

Kunjungi :  Jelajah 5 Tempat Wisata di Bali yang Wajib Dikunjungi

Santirah River Tubing

santirah-river-tubing
by instagram @sanihardiansyah07

Bagi pecinta olahraga ekstrim, Santirah River Tubing bisa menjadi objek wisata Pangandaran yang cocok untuk dikunjungi. Berada di Santirah River Tubing ini, pengunjung akan merasakan sensasi seru bermain arung jeram tanpa perahu, melainkan menggunakan tube atau ban besar. Sambil menggunakan ban ini, pengunjung akan diajak untuk menyusuri aliran sungai dengan suguhan panorama sekitarnya yang sangat eksotis. Lantas, bagaimana dengan jaminan keamanannya? Tak perlu khawatir karena ketika akan melakukan river tubing di Santirah ini, pengunjung akan ditemani guide yang berpengalaman serta kebutuhan safety gear yang lengkap.

Green Valley Citumang

green-valley-citumang
by instagram @mytrip_myadvntr

Green Valley Citumang merupakan tempat wisata alam di Pangandaran berupa tempat pemandian alam yang begitu mempesona. Citumang adalah sebuah nama sungai, dimana keindahan sungai ini terletak dari lokasinya yang membelah hutan jati. Tak heran ketika berada di Citumang ini pengunjung pastinya akan dibuat kagum dengan pemandangan yang apik antara aliran sungai berwarna hijau kebiruan dengan deretan pohon pinus menjulang. Belum lagi dengan pemandangan relief tebing yang akan ditemui di sepanjang pinggiran sungai Citumang.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Barat Lainnya : 

23 Tempat Wisata di Sukabumi yang Mempesona Wisatawan
Explore 36 Tempat Wisata di Kuningan Rekomended
20 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Instagramable

Green Canyon

green-canyon-pangandaran
by instagram @pergidulu

Green Canyon merupakan nama sebuah ngarai yang terbentuk akibat adanya erosi tanah dari aliran sungai Cijulang selama jutaan tahun. Bentuk ngarai Green Canyon sangatlah menakjubkan, dengan arsitektur alamnya yang meskipun terbentuk secara alami namun terlihat seperti sebuah karya seni kelas atas yang sangat epic. Nama dari Green Canyon sendiri terinspirasi dari warna airnya yang memang berwarna hijau pekat. Untuk menikmati panorama epic dari ngarai Green Canyon ini, pengunjung bisa menikmatinya sambil naik sampan atau perahu, berenang, atau bisa juga melakukan aktivitas lain seperti memancing, panjat tebing, dan yang lainnya. Wisata green canyon Pangandaran ini merupakan andalannya wisata Pangandaran setelah pantai Pangandaran. Objek wisata ini sendiri berlokasi di Desa Kertayasa, Cijulang, yakni sekitar 31 km dari pantai Pangandaran.

Pantai Lembah Putri

pantai-lembah-putri
by instagram @taopik

objek wisata di Pangandaran yang satu ini cocok untuk para photographer yang mencari spot alam yang unik dan indah. Pantai Lembah Putri memang menawarkan keindahan pantai yang khas dibandingkan dengan pantai lainya. Selain menjadi latar foto yang bagus, pengunjung juga bisa sekaligus menikmati beragam aktivitas wisata lainnya di Pantai Lembah Putri ini, seperti gantole, memancing, camping, dan yang lainnya.

Kunjungi :  Mitos dan Lokasi Wisata Pantai Carita Anyer Banten

Curug Bojong

curug-bojong
by instagram @hasansandp

Curug Bojong dalam bahasa sunda yang berarti air terjun Bojong merupakan salah satu wisata Pangandaran dan sekitarnya. Berada di Curug Bojong ini, pengunjung akan menikmati keindahan panorama air terjun yang sangat epic dengan aliran sungai yang begitu menyegarkan. Untuk bisa tiba di curug Bojong ini, pengunjung tinggal menempuh jarak kurang lebih 6km dari Pangandaran.

Saung Muara

Bagi yang tengah mencari wisata alam Pangandaran lengkap untuk family trip, tempat satu ini sangat direkomendasikan untuk dikunjungi. Di Saung Muara ini, terdapat banyak fasilitas wisata seru yang dapat dinikmati bersama keluarga, misalnya spot camping, gazebo, dan yang lainnya. Selain itu, di Saung Muara ini pengunjung juga dapat menyaksikan secara langsung kesibukan para nelayan yang mencari ikan. Ketika senja tiba, Saung Muara akan terlihat semakin epic dengan pemandangan sunset dari pantainya.

Gua Sumur Mudal

Gua Sumur Mudal ini juga termasuk dalam salah satu tempat wisata di Pangandaran Jawa Barat yang disukai para pecinta alam. Ketika berada di Gua Sumur Mudal ini, pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan menakjubkan dari arsitektur alami gua yang real dan sangat mempesona. Ciri khas dari Gua ini sendiri adalah terletak pada mata air yang ada di Gua Sumur sendiri, dimana mata air tersebut bentuknya mirip sebuah sumur dengan air yang mudal atau meluap.

Pantai Keusik Luhur

pantai-keusik-luhur
by instagram @willymomos

Ada lagi wisata populer Pangandaran yang tak kalah populer dengan tempat wisata menarik di Pangandaran green canyon yakni pantai Keusik Luhur. Nama dari pantai ini sendiri diambil dari kata Keusik yang berarti pasir, dan luhur yang berarti Tinggi. Bukan tanpa alasan, maksud dari nama Keusik Luhur ini merupakan perumpamaan dari kondisi pantai itu sendiri, dimana di pantai Keusik Luhur memang pantainya memiliki arus ombak yang cukup besar menghantam tebing karang. Hal inilah yang membuat pasirnya seakan terangkat tinggi ke atas batu karang, sehingga dinamakanlah pantai Keusik Luhur.

Pantai Karapyak

pantai-karapyak
by instagram @hammockan_seru

Dari peta wisata Pangandaran, pantai Karapyak merupakan sebuah objek wisata yang berada di Desa Bagolo, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran yang berada sekitar 20 kilo dari Pangandaran. Berbeda halnya dengan pantai di kabupaten Pangandaran lainnya yang cenderung panas dan penuh pengunjung, pantai Karapyak ini menyuguhkan sensasi liburan di pantai yang berbeda yakni suasana pantai yang sejuk dan masih tergolong pantai perawan atau belum banyak disinggahi para pelancong. Namun tidak perlu khawatir karena meskipun sepi, pantai wisata Pangandaran punya pemandangan pantai yang sangat epic dengan suguhan pasir putih membentang di garis pantai yang memanjang sejauh 5 km.

Kunjungi :  Promo dan Harga Tiket Marcopolo Waterpark Adventure Serpong

Pantai Karang Nini

pantai-karang-nini
by instagram @novtj

Satu lagi wisata populer Pangandaran selain tempat wisata Pangandaran green canyon dan objek wisata lainnya diatas yakni Pantai Karang Nini. Pantai ini berlokasi tak jauh dari Pantai Karapyak, tepatnya di Desa Emplak, Kalipucang, Kabupaten Pangandaran. Mengapa dinamakan Karang Nini? Hal ini karena di pantai tersebut terdapat sebuah karang yang berbentuk seperti sesosok nenek atau dalam bahasa sunda berarti nini yang sedang termenung. Hal inilah yang menjadi latar belakang dari nama pantai itu sendiri.

Pantai Batu Hiu

pantai-batu-hiu
by instagram @go_indonesiaku

Pantai Batu Hiu juga memiliki panorama pantai tak kalah indahnya dengan wisata pantai Pangandaran yang lainnya. Berjarak sekitar 14 km ke arah selatan dari pantai Pangandaran, tempat wisata di kabupaten Pangandaran batu hiu ini menyuguhkan panorama pantai yang bahkan diklaim sebagai Tanah Lot nya Jawa Barat. Sementara itu, nama Batu Hiu sendiri diambil karena di pantai ini terdapat sebuah batu besar menjorok ke lautan yang bentuknya mirip sirip hiu. Untuk dapat melihat bentuk batu ini secara utuh, pengunjung bisa menyaksikannya dari atas bukit di kawasan tersebut.

Pantai Madasari

pantai-madasari
by instagram @visit_madasari

Pangandaran memang dikenal sebagai kawasan yang punya banyak spot pantai yang indah, seperti salah satunya Pantai Madasari. Pantai satu ini memiliki nama lain Bulak Benda, dimana lokasinya sendiri berada di Desa Masawah, Cimerak, Kabupaten Pangandran. Berada di Pantai Madasari, sangat cocok untuk para pelancong yang ingin rileks melepas penat. Dengan menyaksikan secara langsung suguhan alam nan menakjubkan dari pantai Madasari yang berpadu epic dengan gugusan karang-karang disekitarnya, tentunya dapat menjadi obat untuk menenangkan jiwa. Pantai ini juga masih tergolong sepi, sehingga berada di pantai Madasari memang akan sengat membantu untuk membuat kita menjadi lebih rileks.

pantai-barat
Photo today by @diahekatiwi taken at Pantai Barat
curug-pananjung
by instagram @@ocvitria
parigi
Parigi by instagram @nurlitadewi.f

Dari objek tempat wisata di Pangandaran yang sudah dipaparkan tersebut diatas, dapat dilihat bahwa Kabupaten Pangandaran memang terbukti punya banyak objek wisata alam seru yang direkomendasikan untuk dikunjungi saat musim libur tiba. Selain bervariasi, tiket masuk pantai Pangandaran juga tentunya sangat terjangkau dan akses untuk menuju ke beragam objek wisatanya pun tidak sulit. Dengan membawa kendaraan pribadi, maka beragam objek wisata seru di kabupaten Pangandaran ini bisa dikunjungi sekaligus untuk membuat momen liburan semakin seru.

1 Comment
  1. Dede Imas Karwati says

    Citomang menurut saya yang paling keren tempatnya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */