Rekomended 17 Tempat Wisata di Palu Sulawesi Tengah

0

Tempat Wisata di Palu – Palu merupakan ibu kota provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Palu merupakan sebuah kota yang terletak di Sulawesi Tengah yang berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Kabupaten Sigi, dan Kabupaten Parigi Moutong. Kota ini merupakan kota yang memiliki jumlah penduduk terbanyak no 2 di Pulau Sulawesi setelah Provinsi Sulawesi Selatan.

Kota ini terdiri dari 5 dimensi yang berupa, lembah, sungai, lautan, pegunungan, dan teluk. Kota Palu dilewati oleh garis khatulistiwa. Oleh sebab itulah kota Palu terkenal dengan tempat wisatanya yang sangat menarik.

Pada artikel kali ini kami akan mengajak anda berkeliling mengitari tempat wisata bagus di Palu.

Pantai Talise

pantai-talise
by instagram @masyitha_ariesta

Sebagai tempat wisata terbaik di Pontianak yang pertama adalah Pantai Talise. Pantai Talise adalah salah satu pantai terpopuler di Kota Palu. Pantai ini sangat mudah dijangkau karena terletak di tengah kota Palu dengan akses jalan yang sudah bagus. Selain itu datang ke sini tidak dipungut biaya. Tapi sebaiknya datang di sore atau pagi hari untuk melihat pemandangan pantai karena udara di pagi dan sore hari masih sangat segar dengan cuaca yang tidak panas.

Pusentasi

pusentasi
by instagram @kabutipis

Tempat wisata alam di Palu selanjutnya bernama Pusentasi. Dinamai Pusentasi karena memiliki arti pusar air laut atau air sumur laut, yang mana diambil dari bahasa Kaili.Tempat wisata yang satu ini berlokasi di Desa Towale, yaitu sekitar 12 km dari kota Palu.

Pusentasi merupakan sebuah panorama yang menampilkan sebuah Goa yang masih terhubung dengan laut melalui beberapa saluran yang tersembunyi. Sumur air laut ini letaknya di daratan, tapi yang buat unik adalah airnya yang terasa asin dan jernih seperti air laut. Ditambah pula dengan ikan-ikan yang hidup di sumur ini sehingga nampak lebih indah. Berkunjung ke wisata kota Palu ini dapat melihat langsung ikan-ikan yang berenang dalam sumur ini.

Kunjungi :  Spot Hits Wisata Alam Ranto Canyon Brebes

Gunung Gawalise

gunung-gawalise
by instagram @instardigram

Obyek wisata Palu yang satu ini sedikit menguji nyali anda. bagaimana tidak, gunung yang berada di kota Palu ini yang diberi nama Gunung Gawalise memiliki ketinggian sekitar 2.023 di atas permukaan air laut. Menariknya tempat wisata ini berdiri di kawasan hutan tropis dan dihuni oleh suku Da’a, sub etnis suku Kaili.

Suku ini tersebar di beberapa desa yang berada di kawasan gunung Gawalise. Banyak pengunjung yang datang ke sini untuk melihat keadaan alam sekitar melalui puncak gunung ini. Selain itu, tempat ini kerap dijadikan sebagai tempat pendakian dan sekaligus tempat observasi bagi para ilmuwan yang ingin meneliti flora dan fauna. Salah satu jenis flora yang dapat anda temukan di daerah wisata Palu ini adalah bunga abadi (edelweiss) atau dalam nama latin disebut anaphalis javanica.

Cagar Alam Morowali

cagar-alam-morowali
by instagram @dhimazdhimz

Taman nasional Cagar Alam Morowali yang masuk dalam wisata Palu Sulteng ini terdiri dari pulau-pulau yang terdapat di kawasan teluk, kawasan dataran rendah, dan daerah pegunungan dengan ketinggian mencapai 2.421 m. Di kawasan ini hidup masyarakat tradisonal dari suku Wana yang masih benar-benar tradisional dan belum mengenal kehidupan modern. Pekerjaan mereka adalah berburu dan melakukan perladangan berpindah.

Pada kawasan Cagar Alam Morowali, terdapat sejumlah binatang yang tinggal disini seperti anoa, burung maleo, babi rusa, dan sejumlah kelelawar terkecil di dunia.

Jembatan Palu

jembatan-palu
by instagram @amar_jabir

Jembatan Palu merupakan sebuah landmark yang sekaligus menjadi ikon utama kota Palu. Jembatan ini membentang di atas teluk Talise yang tepatnya berada di kelurahan Besusu dan Lere. Jembatan yang menghubungkan kecamatan Palu Barat dan Palu Timur ini menjadi salah satu tempat wisata bagi para pengunjung. Wisatawan yang akan melintasi jembatan ini biasanya menyempatkan waktu sejenak untuk menikmati keindahan kota melalui atas jembatan.

Kunjungi :  Yuk Ngetrip ke Pulau Sempu Malang Jawa Timur

Jembatan Kuning Talise akan terlihat lebih cantik jika dilihat dari malam hari, karena pada waktu ini gemerlap lampu kota Palu akan semakin nampak jelas terlihat. Landmark sekaligus tempat wisata di Palu Sulawesi Tengah ini diresmikan pada tahun 2006 oleh presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Kepulauan Togean

kepulauan-togean
by instagram @yuniantiiii

Wisata Palu Sulawesi lain yang sangat diminati para pengunjung adalah Kepulauan Togean yang terletak di Poso Sulawesi, Kecamatan Tojo UnaUna. Untuk dapat menempuh perjalanan ini, anda harus menempuh perjalanan selama 4 jam dengan menggunakan jalan darat dan akan dilanjutkan dengan naik perahu.

Objek wisata yang satu ini menyuguhkan pemandangan eksotis, dimana keadaan alam bawah laut yang dihuni oleh berbagai karang tropis mulai dari ukuran kecil sampai jumbo hingga banyaknya spesies ikan hias dan kepiting kenari yang hidup di alam bebas.

Bagi anda yang menyukai kegiatan menyelam, anda bisa mengambil paket wisata Palu karena tempat ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat rekreasi anda. Keindahan alam bawah laut serta keadaan air jernih yang bersih membuat suasana bawah laut akan sangat menyenangkan hati.

Pulau Kadidiri

pulau-kadidiri
by instagram @jellyisnotagaragar

Memang keindahan tempat wisata yang ada di Kota Palu tidak dapat dipungkiri lagi. Terlebih lagi keadaan Pulau Kadidiri ini yang tak bosan dipandang mata. Pulau yang satu ini merupakan salah satu pulau yang menjadi favorit wisatawan. Tempat ini tidak jauh dari Wakai yang merupakan pusat kunjungan wisata di kepulauan Togean.

Pulau ini menghadirkan pesona pantai yang sangat bagus dan sangat cocok untuk kegiatan menyelam serta snorkeling. Selain sebagai kegiatan menyelam dan snorkeling, anda dapat menyaksikan deretan kepiting karang yang hidup di deretan batu karang terjal di sebelah barat pantai. Bagi anda yang ingin berlama-lama di Pulau Kadidiri, anda dapat menginap di penginapan yang menawarkan harga sangat murah.

Kunjungi :  Curug Silawe, Wisata Air Terjun Recomended di Magelang

Air Terjun Saluopa

air-terjun-saluopa
by instagram @chendrykurnia

Yang berikut ini menghadirkan suasana menarik hati adalah air terjun Saluopa. Tempat wisata air terjun ini berada di kawasan hutan dekat Tentena, dimana pada kawasan ini terdapat sejumlah jeram, air terjun, dan beberapa kolam yang berair jernih sejernih kristal.

Air terjun ini bertingkat 2 susun serta menghadirkan pemandangan air terjun yang sangat indah. Air terjun ini terletak 12 kilometer dari Tentena. Peta wisata Palu untuk dapat sampai ke Air Terjun Saluopa ini, anda harus menempuh perjalanan dengan berkendara untuk selanjutnya dengan berjalan kaki menyusuri kawasan hutan sejauh 3 km.

Museum Sulawesi Tengah

museum-sulawesi-tengah
by instagram @fathiyahamy

Museum Sulawesi Tengah masuk dalam lingkup tempat wisata di Kota Palu. Banyak wisatawan yang datang ke sini untuk melihat benda-benda yang tersimpan di museum ini.

Di tempat ini terdapat koleksi gajah purba. Pengunjung juga akan mendapat informasi langsung tentang bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah zaman dahulu meramu, membuat kain dari kulit, dan sebagainya.

Tempat ini selalu di datangi oleh para pengunjung dari berbagai tempat. Bagi anda yang penasaran dengan tempat ini, silahkan datang langsung untuk menyaksikan benda-benda yang ada di sini.

Itulah tadi 9 tempat wisata di Palu Sulawesi Tengah. Semoga informasi yang kami berikan dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita semua.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */