Surganya Wisata Indonesia

8 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan

0
8 Tempat Wisata di Palembang Sumatera Selatan
Nilai Artikel Ini

Tempat wisata di Palembang – Palembang adalah salah satu kota di negara Indonesia yang terletak di pulau Sumatera dan menjadi ibukota provinsi Sumatera Selatan. Kota palembang merupakan kota terbesar kedua di pulau Sumatera.

Palembang terkenal dengan makanan khas pempeknya yang memiliki rasa yang lezat. Selain makanan pempek yag menjadi ciri khasnya, Kota Palembang juga memiliki tempat wisata unik yang sayang untuk dilewatkan.

Berikut daftar tempat wisata kota Palembang :

Jembatan Ampera

sungai-musi
by instagram @ampera.bridge

Siapa yang belum dengar nama Jembatan Ampera? Jembatan Ampera sepertinya sudah menjadi ikon kota Palembang. Begitu mendengar namanya saja, anda sudah pasti bisa menebak jembatan ini berada di Palembang.

Jembatan Ampera adalah jembatan yang dibangun pada tahun 1962 dan yang luar biasa lagi adalah jembatan megah ini dibangun hanya dalam jangka 3 tahun pengerjaannya. Jembatan Ampera menghubungkan Seberang Hulu dan Seberang Hilir yang dipisahkan oleh sungai Musi.

Bagi anda yang ingin mencari oleh-oleh khas Kota Palembang, anda dapat dengan mudah membelinya karena sekitar 50 meter dari jembatan Ampera terdapat sebuah pasar yang menjadi pusat berbagai souvenir. Bagi anda yang juga ingin menjajal makanan khas Palembang secara langsung, di sini juga dijadikan tempat wisata kuliner di Palembang yang siap memanjakan lidah anda.

Sungai Musi

jembatan-ampera
by instagram @ampera.bridge

Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Sumatera dengan panjang sekitar 750 KM. Sungai ini membelah kota Palembang menjadi dua bagian yang dulunya merupakan sarana transportasi utama di Kota Palembang. Pada bagian tepi sungai Musi dibuat objek wisata di Palembang, seperti restoran terapung, kampung Arab, dan Benteng Kuto Besak.

Anda dapat menikmati keindahan sungai Musi sambil menyantap hidangan lezat yang tersedia di restoran apung tepi sungai ini.

Benteng Kuto Besak

benteng-kuto-besak
by instagram @tengkuliaariska

Tempat wisata di Palembang Sumatera Selatan yang satu ini merupakan bangunan kebanggaan kota Palembang. Benteng Kuto Besak berdiri kokoh dengan bahan material berupa batu. Benteng ini merupakan saksi peninggalan perjuangan pahlawan melawan penjajah di Palembang.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru Jogja

Dari Benteng Kuto Besak anda dapat melihat banyaknya kapal yang berlayar di sungai Musi. Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Palembang Kota yang menjadi ikon unik dengan menampilkan keindahan alam, khususnya pada sore hari menjelang matahari tenggelam.

Taman Hutan Wisata Punti Kayu

taman-hutan-wisata-punti-kayu
by instagram @nialahistina

Sesuai dengan namanya “Taman Hutan Wisata Punti Kayu”, taman ini merupakan obyek wisata di Palembang yang menampilkan suasana hutan alami. Bahkan taman hutan wisata ini merupakan satu-satunya Hutan wisata di Kota Palembang.

Lokasi Taman hutan wisata Punti Kayu ini berlokasi sekitar 7 kilometer dari pusat kota Palembang. Tempat ini menjadi salah satu wisata Palembang Kota menarik yang sayang untuk dilewatkan. Taman Hutan ini memiliki tanah seluas 50 hektar, taman ini memiliki fasilitas lengkap yang disertai dengan tersedianya penangkaran buaya dan kebun bintang.

Di samping itu, tempat ini juga menyediakan fasilitas berenang, bermain perahu, berpiknik, dan bermain di taman. Hal menarik lagi yang membuat tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan yaitu melihat aktrasi gajah dan mencoba menunggangi kuda secara langsung. Taman Hutan Wisata Punti Kayu ini merupakian hutan pinus kota paling besar di Indonesia.

Untuk dapat masuk ke taman Hutan Wisata Punti Kayu ini, anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000,-. Waktu buka dari jam 09.00 pagi sampai jam 16.00 sore.

Taman Kambang Iwak

taman-kambang-iwak
by instagram @gyzkaarte

Tempat ini menjadi salah satu tempat bersejarah di Palembang. Hal ini dikarenakan tempat ini merupakan peninggalan sejarah sejak penjajahan zaman Belanda. Dulunya, Taman Kambang Iwak ini dibuat sebagai tempat rekreasi keluarga besar Belanda yang tinggal di sekitar Taman Kambang Iwak. Dan sekarang tempat ini menjadi salah satu tempat wisata Palembang dan sekitarnya yang banyak disukai para pengunjung. Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan bangunan sambil menemani anak bermain, karena di taman ini tersedia berbagai fasilitas permainan seru untuk anak-anak.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Di halaman sekitar di bangun kolam dengan panjang lebih dari 800 meter. Banyak penduduk setempat yang memanfaatkan tempat ini sebagai wadah untuk lari (jogging) di pagi hari. Ditambah lagi dengan tersedianya banyak restoran yang menyediakan beragam menu makanan atau minuman yang siap untuk anda nikmati bersama keluarga atau teman sebagai tempat bersantai.

Air Terjun Lematang Indah

air-terjun-lematang-indah
by instagram @saddiqeskhatab

Di Palembang terdapat air terjun yang sangat indah yang diberi nama Air Terjun Lematang Indah. Air terjun ini terletak di kota Pagar Alam dan menjadi salah satu tempat wisata menarik di kota Palembang.

ir terjun ini memiliki ketinggan sekitar 40 meter. Walaupun tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan air terjun di daerah lainnya, namun air terjun Lematang Indah ini memiliki pemandangan yang sangat asri sehingga sangat menyejukan mata. Para pengunjung akan dibuat kagum dengan kenampakan alam yang ada di sini.

Selain itu, anda akan mendapati pemandangan alami disaat anda sedang berjalan menuju air terjun Lematang Indah. Anda akan dibuat seperti menyatu dengan alam dan tidak akan merasa bosan untuk berlama-lama menikmati kesegaran udara dan airnya yang jernih.

Saat musim hujan, anda harus lebih berhati-hati saat mengunjungi tempat ini karena tangga yang ada di sini menjadi sangat licin saat terkena air hujan. Untuk masuk ke tempat wisata yang satu ini, anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 4.000,- untuk setiap orangnya.

Gelora Sriwijaya

gelora-sriwijaya
by instagram @momalula

Tempat wisata di Palembang selanjutnya yang akan kami perkenalkan kepada anda adalah Gelora Sriwijaya. Gelora Sriwijaya merupakan bangunan kebanggaan kota Palembang.

Diberi nama Gelora Sriwijaya karena tempat ini menyuguhkan sebuah stadion sepak bola terbesar di Indonesia yang menduduki peringkat ketiga yang mampu menampung 40.000 orang.

Kunjungi :  Berwisata Keluarga di Pantai Kartini Jepara Jateng

Tidak hanya itu saja, selain terkenal dengan bangunan stadion yang besar, stadion ini diakui sebagai bangunan stadion berkelas internasional. Saat ini tempat stadion megah ini digunakan oleh Sriwijaya FC sebagai markas sekaligus tempat pertandingan sepak bola. Karena mampu menampung banyak orang dan memiliki ukuran yang luas, tempat ini juga sering digunakan sebagai tempat acara-acara tertentu lainnya.

Masjid Agung Sultan Mahmud Bahruddin

Masjid Agung Sultan Mahmud Bahruddin merupakan mesjid terbesar di kota Palembang. Masjid ini menjadi tempat ibadah sekaligus tempat wisata bagi para pengunjung yang ingin datang langsung melihat bangunan megah di masjid ini. Bagaimana tidak, bangunan masjid ini dirancang oleh gabungan arsitektur dari Eropa, China, dan Indonesia. Saya jamin anda akan terkagum dibuat keindahan bangunan masjid ini dan kenyamanan tempat ini.

Di dekat Masjid Agung Sultan Mahmud Bahruddin ini ada 2 bangunan pasar yang menjual berbagai macam souvenir, kain tenun, kerajinan kayu, maupun makanan atau cemilan khas palembang yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh untuk kerabat anda.

Tempat wisata di Palembang terbaru yang rasanya sayang untuk dilewatkan apabila anda sedang berada di kota Palembang. Tertarik dan penasaran untuk menjajal salah satu atau semua tempat wisata yang ada di kota Palembang ini? Anda dapat menikmati dan menghabiskan masa liburan anda bersama keluarga tercinta.

Selain kedelapan yang diulas tadi, adapun tempat wisata di Palembang Pulau Kemaro yang sangat sayang kalau tidak dikunjungi. Memiliki kisah cinta yang tragis, wisata Palembang Pulau Kemaro semakin kesini justru banyak wisatawan yang tertarik untuk berkunjung. Apa saja destinasi wisata di pulau tersebut, dan bagaimana kisah cintanya ? Langsung TKP saja, supaya penasaran hehe.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */