Surganya Wisata Indonesia

Menawannya 40 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat

0
Menawannya 40 Tempat Wisata di Padang Sumatera Barat
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Padang – Kota Padang merupakan kota terbesar yang berada di pantai barat pulau Sumatera. Kota Padang sekaligus menjadi ibukota provinsi Sumatera Barat, Indonesia. Kota ini menjadi pintu gerbang Indonesia dari Samudra Hindia.

Banyak potensi alam yang dapat digali dan diberdayakan di kota Padang ini. Potensi alam ini berupa hasil tambang seperti batu bara, emas, perak, tembaga, nikel, batu gamping, dan sebagainya. Namun, ancaman bencana juga dapat mengancam daerah ini kapan saja. Hal ini dikarenakan Padang memiliki banyak pegunungan serta lempengan yang siap menggoyang bumi minang ini kapan saja.

Padang memiliki banyak tempat wisata menarik, baik yang sudah terekspos maupun yang masih belum terlalu banyak dikenal masyarakat luas. Kota dengan makanan khas rendang ini menyediakan berbagai tempat wisata di Padang Sumatera Barat yang siap untuk anda kunjungi. Berikut pemaparannya;

Lobang Jepang

lobang-jepang
by instagram @balqisfavorit

Objek wisata Padang Panjang yang akan kami perkenalkan kepada anda pertama kalinya adalah Goa Jepang. Tempat wisata yang satu ini terletak di Bukittinggi. Wisata Padang Bukittinggi ini menjadi salah satu tempat wisata unik yang sering dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara yang ingin melihat langsung bangunan bersejarah ini.

Disebut lobang Jepang, karena bangunan ini merupakan tempat peninggalan masa penjajahan Jepang yang berada di bukittinggi. Tempat ini pada masa itu merupakan tempat penjara sekaligus markas pertahanan penjajah Jepang yang didirikan pada tahun 1942-1945. Pada saat Jepang menjajah ini, Jepang membangun tempat ini dengan sistem romusa atau kerja paksa.

Jika anda baru pertama kali memasuki kawasan tempat wisata di Padang dan sekitarnya ini dan anda takut nyasar, ada baiknya jika anda menyewa jasa guide yang siap membantu anda. Lobang Jepang memiliki luas area sekitar 2 hektar di dalamnya. Anda akan dituntun dengan menuruni tangga yang telah dibangun. Setiap lorong yang yang dibangun memberikan fungsinya masing-masing sesuai dengan kebutuhan mereka pada waktu itu.

Kunjungi :  Uniknya Kolam Hijau Lumut Pantai Batu Bengkung Malang

Janjang Seribu Great Wall of Koto Gadang

janjang-seribu-great-wall-of-koto-gadang
by instagram @shafirayasminn

Untuk tempat wisata Padang Sumatera Barat selanjutnya yaitu Janjang Seribu Great Wall of Koto gadang. Janjang seribu bersebelahan denganLokasi Goa atau Lubang Jepang. Janjang seribu merupakan tembok besar China milik Sumatera Barat. Para wisatawan yang mampir ke SumBar jarang melewatkan moment untuk mampir ke objek wisata ini.

Saat anda akan mengunjungi tempat ini, pastikan stamina anda dalam keadaan baik. Karena di sini akan banyak menguras tenaga anda. Jangan lupa pula untuk membawa bekal minuman apabila anda haus saat harus melewati setiap tangga karena jaraknya sekitar 1 kilometer.

Sekilas pemandangan di tempat wisata ini mirip dengan Green Cayon di US. Bagaimana tidak, pemandangan yang ada di sini sangat menakjubkan, dimana enomena alam berupa panangkatan lempeng yang luar biasa disertai dengan patahan menjulang berbentuk bukit ini merupakan fenomena gologi yang sangat menakjubkan.

Karena lokasinya sangat dekat dengan Lobang Jepang, pergi ke kota Bukit tinggi dengan mengunjungi 2 tempat wisata di Padang Pariaman sekaligus merupakan hal yang sangat mengasyikan dan sayang untuk terlewatkan.

Jam Gadang

jam-gadang
by instagram @dimaswprayoga

Lagi-lagi tempat wisata selanjutnya masih di kawasan Bukit Tinggi, Padang. Di sini ada tempat wisata yang bernama Jam Gadang yang merupakan ikon wisata di Sumatera Barat yang sayang untuk dilewatkan.

Jam ini sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda sehingga tempat wisata ini memiliki nilai sejarah tinggi. Jam Gadang ini memiliki luas 13 x 4 meter dan tinggi 26 meter yang terdiri atas beberapa tingkat. Bagian paling atas merupakan tempat penyimpanan bandul jam yang pada tahun 2007 silam sempat patah akibat gempa besar yang melanda kawasan Sumatera Barat termasuk Bukit Tinggi sendiri.

Kunjungi :  Ngetrip Cantik ke Pantai Bolu Bolu Malang Jatim

Hal unik lainnya pada jam Gadang ini adalah setiap hurufnya bertuliskan huruf romawi, namun pada angka empat yang harusnya di tulis ‘IV’ namun pada jam gadang ini berulisnya ‘IIII’. Tentunya ini bukan menjadi hal yang lazim. Di sekitar tempat Jam Gadang, anda bisa menjumpai Pasar Bukit Tinggi yang menjual barang dengan harga murah meriah. Terlebih lagi jika anda pintar dalam menawar. Bahkan anda bisa memborong banyak barang yang anda sukai di pasar ini.

Pesona Kepulauan Mentawai

pesona-kepulauan-mentawai
by instagram @ryzone

Tempat wisata di Padang Sidempuan yang satu ini sudah sangat terkenal bahkan sudah terkenal dikalangan wisatawan mancanegara. Tempat ini bernama Pesona Kepulauan Mentawai. Kabupaten Mentawai sudah sangat terkenal dengan pesona alam yang sangat menarik.

Pesona pantai yang ada di sini menjadi favorit para pecinta selancar. Tercatat kurang lebih 400 titik surfing dapat anda temui di kepulauan Mentawai, mulai dari ombak sedang hingga ombak yang sangat menantang para peselancar dunia. Desa Bosua adalah salah satu desa ang menjadi tujuan bagi para peselancar. Ombaknya mencapai 3 meter sehingga cocok untuk yang suka menantang adrenalin. Tetapi anda tetap harus berhati-hati karena pantainya agak berkarang. Untuk sampai ke sini bisa ditempuh dengan menggunakan speedboat dari Ibukota Kabupaten yaitu Tuapejat yang memakan waktu 4 jam perjalanan.

Pulau Nyang-Nyang yang ada di Desa Katurei, Mentawai juga memiliki ombak besar yaitu sekitar 4 meter. Selain itu ada juga pulau Karamajat yang masih terdapat di desa katurai yang memiliki ombak sekitar 2-4 meter.

Bagi anda yang menginginkan ombak rendah dengan hamparan pasir putih yang meluas, disertai keadaan air laut yang jernih maka pulau Siruso dan Pantai Bulasat adalah tempat yang cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga. Selain objek wisata Padang Sidempuan berupa pantai, pesona Mentawai menyediakan objek Wisata Trekking ke hutan pedalaman tropis yang masih sangat alami dengan satwanya yang hidup di alam bebas. Sementara keadaan masyarakatnya masih sangat kental dan mempertahankan budaya-budaya yang diterapkan di desanya, seperti Desa Madobak, Desa Ugai, dan Desa Matotonan.

Kunjungi :  32 Tempat Wisata Kuliner di Kota Solo Jawa Tengah

Berminat untuk ke sana? Untuk menuu ke sana dapat diakses dengan menggunakan kapal motor atau ferry yang masih melayani penyeberangan dari Padang ke Mentawai. Bagi anda yang memiliki budget lebih, anda bisa menyewa pesawat kecil seperti Tiger Air atau SMAC ke Tuapejat di Pulau di Pulau Sipora dari Bandara Internasional Minangkabau.

Bukit Langkisau

bukit-langkisau
by instagram @tekimmatadi

Beranjak ke pesisir Selatan, di sana ada sebuah objek wisata Padang panjang sumbar yang terkenal dengan keindahan pantainya yang berada di Painan. Nach, untuk menikmati keindahannya secara menyeluruh, anda dapat menikmatinya dengan menaiki Bukit Langkisau.

Bukit Langkisau merupakan salah satu objek wisata di Sumatera Barat yang sangat diminati banyak wisatawan untuk melihat pesona pantai sekaligus menyaksikan keadaan daerah sekitar secara keseluruhan. Di tempat wisata ini tersedia fasilitas bagi para pengunjung seperti paralayang dan flying fox. Pemandangan pantai akan terlihat lebih bagus lagi saat sore hari, karena air laut terlihat seperti berwarna kuning oleh tenggelamnya matahari.

Demikianlah ke-5 wisata Padang Kota yang sayang untuk di lewatkan. Kedepannya akan diulas lagi seputar Wisata Kuliner di Pandang. Yaps, kiranya artikel ini dapat menjadi acuan anda dalam menentukan tempat berlibur yang menarik di Padang.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */