28 Daftar Tempat Wisata di Pacitan yang Wajib Dikunjungi

0

Tempat Wisata di Pacitan Jawa Timur – Kabupaten Pacitan adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Timur. Kabupaten Pacitan terletak di sebelah barat daya dari Provinsi Jawa Timur. Dengan ibukota kabupaten yang terletak di Pacitan, Kabupaten Pacitan berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri di sebelah barat, Kabupaten Trenggalek di sebelah timur, Kabupaten Ponorogo di sebelah utara dan Samudera Hindia di sebelah selatan. Kabupaten Pacitan tidak hanya terkenal sebagai tanah kelahiran dari Presiden ke-6 Indonesia yaitu Susilo Bambang Yudhoyono, tetapi juga karena wisata Pacitan yang memiliki potensi yang besar untuk memajukan daerah tersebut. Objek wisata Pacitan jatim sangat bervariasi, dari mulai wisata yang bernuansa alam, budaya, religi dan sejarah. Dan, di bawah ini ada beberapa tempat wisata di Pacitan dan Sekitarnya yang tidak boleh terlewatkan ketika mengunjung Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Pantai Banyu Tibo

pantai-banyu-tibo
by instagram @sabdabersabda

Karena letaknya yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sebelah selatan, tidak dipungkiri jika wisata pantai Pacitan menjadi salah satu destinasi favorit pengunjung. Wisata Pacitan Banyu Tibo merupakan sebuah pantai yang memiliki air terjun. Seperti namanya Banyu Tibo yang dalam bahasa Jawa diartikan sebagai air terjun, wisata alam Pacitan ini menyuguhkan keindahan pantai berpasir putih yang dikelilingi tebing dengan air terjun. Hal yang menarik dari tempat wisata di Pacitan Banyu Tibo adalah airnya yang merupakan perpaduan dari air tawar yang berasal dari air terjun dan juga air laut.

Pantai Watu Karung

pantai-watu-karung
by instagram @vianasaraswati

Tidak perlu jauh-jauh pergi ke Pantai Kuta di Bali atau Dessert Point di Lombok untuk menikmati ganasnya ombak lautan. Di Kabupaten Pacitan, tepatnya di Pantai Watu Karung para wisatawan bisa merasakan sensasi keganasan ombak khas Samudera Hindia. Para wisatawan juga bisa menyaksikan aksi para peselancar menaklukkan ganasnya ombak lautan. Pantai Watu Karung merupakan wisata Pacitan terbaik yang menyuguhkan keindahan pantai berpasir putih dipadu dengan keganasan ombak lautan biru yang sudah bertaraf internasional. Tercatat bahwa pada tahun 2009 objek wisata di Pacitan ini peselancar top dunia bernama Bruce Irons datang ke Pantai Watu Karung untuk menaklukkan keganasan ombaknya.

Pantai Klayar

pantai-klayar
by instagram @diephaphuw

Wisata Pantai Klayar Pacitan menjadi paling terkenal di kalangan wisatawan. Pantai Klayar yang terletak di Kecamatan Donorojo ini merupakan wisata Pacitan terbaru pantai yang menyuguhkan keindahan hamparan pasir putih dan juga gugusan karang yang unik. Ada sebuah gugusan karang yang bentuknya menyerupai Sphinx yang ada di Mesir. Selain itu, ada sebuah air mancur yang terbentuk secara alami dengan tinggi sekitar sepuluh meter. Ada juga sebuah seruling laut yang berada di tempat wisata Pacitan yang letaknya empat puluh kilometer dari jantung kota Pacitan.

Kunjungi :  Kisah Mistis di Balik Keindahan Lawang Sewu Semarang

Pantai Srau

pantai-srau
by instagram @wira.depe

Wisata di Pacitan yang tidak boleh terlewatkan adalah Pantai Srau. Walau Pantai Srau tidak seterkenal Pantai Klayar, para wisatawan bisa menemukan wisata Pacitan pantai srau ini melalui peta wisata Pacitan. Secara geografis, letak Pantai Srau berada di Desa, Candi, Kecamatan Pringkuku. Jaraknya dari jantung kota Pacitan sekitar dua puluh lima kilometer. Pantai Srau memiliki keunikan yang tidak akan ditemukan di wisata Pacitan Jawa Timur yang lain. Pantai Srau memiliki tiga jenis pantai yang berbeda. Pantai pertama memiliki pasir putih yang cantik khas pantai di pesisir selatan. Pantai kedua berupa pantai dengan pasir yang bertekstur lebih kasar dan bercampur dengan batu karang. Sedangkan, pantai ketiga terdiri dari gugusan karang yang bisa menjadi tempat duduk untuk menikmati indahnya matahari terbenam di sore hari.

Pantai Kunir

pantai-kunir
by instagtram @bariqalsalam

Pantai Kunir yang terletak di Desa Pager Kidul, Kecamatan Sudimoro adalah sebuah pantai yang memesona dengan keindahan pasir putih dan ombak yang relatif kecil. Sehingga, para wisatawan bisa bermain di laut Pantai Kunir tanpa perlu takut terseret ombak. Sayangnya, akses menuju Pantai Kunir masih susah karena medan yang terjal dan letaknya juga terpencil. Sehingga, suasana dari Pantai Kunir masih sepi pengunjung.

Pantai Taman

pantai-taman
by instagram @gmblmukio_

Pantai Taman yang terletak di Kabupaten Pacitan ini menjadi tempat yang cocok untuk memacu adrenalin. Pantai Taman tidak hanya menyuguhkan keganasan ombak yang bisa memacu adrenalin. Ada juga wahana flying fox sepanjang empat ratus lima puluh meter yang akan meluncur dari ketinggian tujuh puluh empat meter. Wahana flying fox ini akan membawa pengunjung untuk meluncur dari bukit dan mendarat di bibir pantai dengan aman karena wahana flying fox di Pantai Taman sudah dilengkapi pengaman yang berstandar.

Pantai Kali Uluh

pantai-kali-uluh
by instagram @achmadcholis

Pantai Kali Uluh menjadi destinasi wisata yang tepat bagi para wisatawan yang mencari tempat wisata yang tidak jauh dari jantung kota Pacitan. Pantai Kali Uluh bisa ditempuh selama tiga puluh menit dari jantung kota Pacitan dan letaknya di Desa Klesem, Kecamatan Kebon Agung. Meski pun Pantai Kali Uluh memiliki pasir putih yang berkilauan dengan indah saat diterpa sinar matahari, pasir di Pantai Kali Uluh memiliki bebatuan yang membuat pengunjung tidak nyaman jika berlarian di sepanjang bibir pantai.

Pantai Tawang

pantai-tawang
by instagram @nancyvenantiasari

Nama Pantai Tawang masih terdengar asing di telinga para wisatawan. Pantai Tawang memang tidak terlalu terkenal seperti Pantai Klayar atau Pantai Watu Kurung. Pantai Tawang yang berlokasi di Desa Katipugal, Kecamatan Kebon Agung bisa ditempuh dengan perjalanan sekitar dua puluh kilometer dari jantung kota Pacitan. Pantai Tawang memiliki pasir yang berwarna cokelat nyaris kehitaman dan suasananya masih sangat sepi. Sehingga, Pantai Tawang menjadi pantai yang cocok untuk tempat mengasingkan diri dan mencari inspirasi.

Kunjungi :  49 Rekomendasi Tempat Wisata di Bantul yang Paling Seru!

Pantai Buyutan

pantai-buyutan
by instagram @wahyuddinnr

Pantai Buyutan yang berlokasi di Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan memiliki keindahan yang luar biasa sempurna. Panta Buyutan memiliki pasir yang berwarna putih yang lembut dan berkilauan dengan cantik ketika tertimpa cahaya matahari. Selain itu, lautannya yang berwarna biru dengan gugusan karang besar di tengah. Pengunjung Panti Buyutan bisa bermain sepuasnya di bibir pantai mau pun di lautannya. Pantai Buyutan benar-benar menjadi objek fotografi yang sempurna.

Pantai Soge

pantai-soge
by instagram @nanungyogi

Pantai Soge menjadi destinasi wisata yang paling tepat untuk dikunjungi jika para wisatawan mencari tempat wisata yang mudah dijangkau. Pantai Soge adalah pantai di Kabupaten Pacitan yang paling mudah dijangkau karena letaknya di tepi jalan raya yang ada di Desa Sidomuyo, Kecamatan Ngadirojo. Pantai Soge memiliki pasir pantai yang berwarna putih dan lautan yang berwarna biru cerah. Namun, karena letaknya yang begitu strategis Pantai Soge selalu ramai oleh pengunjung terutama jika menjelang matahari terbenam di sore hari.

Goa Song

goa-song
by instagram @aan_whoan

Selain pantai, wisata Kota Pacitan juga menawarkan keindahan gua-gua yang bisa dijelajahi saat mengunjungi kota ini. Goa Song menjadi salah satu tempat wisata di Pacitan selain pantai yang menyuguhkan keindahan gua bernilai sejarah yang ada di Desa Mendolo Lor, Kecamatan Punung, Kabupaten Pacitan. Di dalam gua yang ditemukan pada tahun 1999 ini terdapat fosil manusia purba yang konon berusia sepuluh ribu tahun. Fosil manusia purba yang diprediksi adalah sosok pria berusia empat puluh tahun dinamai Mbah Sayem. Fosil Mbah Sayem ini ditemukan tengah menggenggam alat kerja berupa kapak batu. Di dalam gua ini juga ditemukan beberapa artifak bersejarah seperti alat-alat serpih dari batu.

Goa Luweng Jaran

Goa Luweng Jaran adalah salah satu objek wisata di Pacitan yang bisa ditemukan dengan mudah di peta wisata Pacitan. Gua ini memiliki panjang yang sangat fantastis yaitu sekitar empat puluh delapan kilometer. Hal yang menarik dari gua ini adalah stalagmit dan stalaktit yang terbentuk secara alami hingga membentuk ornamen yang indah pada permukaan dinding Goa Luweng Jaran.

Goa Tabuhan

goa-tabuhan
by instagram @kibcentre

Goa Tabuhan yang terletak di Kabupaten Pacitan adalah gua yang sangat unik. Tabuhan dalam bahasa Jawa diartikan sebagai bunyi-bunyian. Sehingga, Goa Tabuhan adalah gua yang bisa menghasilkan bunyi atau suara. Di dalam gua ini terdapat gugusan stalaktit yang bisa menciptakan harmoni yang merdu seperti gamelan. Menurut sejarah, dulunya Goa Tabuhan bernama Goa Tapan yang digunakan oleh orang-orang untuk bertapa mencari kesaktian.

Kunjungi :  Harga Paket Wisata dan Honeymoon di Pulau Umang

Pemandian Air Panas Banyu Anget

pemandian-air-panas-banyu-anget
by instagram @dewiayuasta

Kabupaten Pacitan tidak bisa dipisahkan dari tempat wisata air, seperti pemandian air panas Banyu Anget. Pemandian air panas Banyu Anget terletak di Desa Karangrejo, Kabupaten Arjosari, Kabupaten Pacitan. Akses untuk menuju objek wisata Pacitan selain pantai ini sangatlah mudah. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum ke arah utara dari Kabupaten Pacitan sejauh dua puluh kilometer. Pemandian air panas Banyu Anget tidak hanya menyuguhkan air panas yang mengandung belerang dari sumber mata air asli. Pemandangan di sekitar pemandian air panas Banyu Anget juga sangat indah karena dikelilingi oleh perbukitan yang ditumbuhi pohon-pohon nan hijau dan asri.

Monumen Jenderal Soedirman

monumen-jenderal-soedirman
by instagram @azzminad

Kabupaten Pacitan tidak hanya kaya dengan objek wisata yang menyuguhkan keindahan alam saja. Di Kabupaten Pacitan ada sebuah destinasi wisata yang sarat nilai sejarah yaitu Monumen Jenderal Soedirman. Monumen Jenderal Soedirman yang didirikan di Kabupaten Pacitan ini sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasa Jenderal Soedirman selama melakukan perang gerilya di Kabupaten Pacitan. Monumen Jenderal Soedirman ini dibangun pada era Orde Baru dan bisa dilihat dengan dekat setelah menaiki tujuh puluh anak tangga. Selain itu, ada juga bedek atau rumah dari bambu yang merupakan rumah tempat Jenderal Soedirman menyusun strategi perang gerilya dulu.

Bukit Pakiss

Tempat wisata di Pacitan modern seperti kafe atau mal. Namun, Kabupaten Pacitan menyuguhkan keindahan malam yang sempurna yang bisa disaksikan melalui Bukit Pakiss. Bukit Pakiss atau dikenal juga dengan Bukit Bintang adalah objek wisata yang bisa dikunjungi di Kabupaten Pacitan saat malam hari. Bukit Pakiss bisa ditempuh selama dua puluh menit ke sebelah utara Kabupaten Pacitan. Dari atas bukit ini pengunjung bisa melihat indahnya pemandangan malam kota Pacitan dengan lampu yang berkelap-kelip. Meski keindahan dari Bukit Pakiss bisa dinikmati kapan saja, tetapi disarankan untuk datang ke Bukit Pakiss saat malam bulan purnama. Dengan bulan purnama dan jutaan bintang yang bersinar cerah di atas langit malam yang gelap akan memberikan keindahan malam Kabupaten Pacitan yang sungguh sempurna. Sayangnya, objek wisata ini masih sangat sepi sehingga akan lebih baik jika mengunjungi Bukit Pakiss beramai-ramai.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */