23 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!

0

Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur – Magetan yang belum begitu familiar ditelinga orang yang tinggal di luar Jawa Timur sebenarnya memiliki destinasi tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi ketika hari libur tiba atau di hari biasa untuk sekedar melepat penat dari rutinitas. Kotanya memang begitu kecil dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Yah, meskipun belum seramai di kota lain yang ada di Jawa Timur seperti Tuban, Jombang dan Bojonegoro. Namun kota ini memiliki daerah yang asri dan sejuk.

Dan berikut adalah daftar tempat wisata di Magetan Jawa Timur yang kami rekomendasikan untuk anda wisatawan domestik maupun mancanegara :

Telaga Sarangan Magetan

telaga-sarangan-magetan
by instagram @vitahariini

Wisata Sarangan Magetan Jawa Timur yang pertama ini berlokasikan di kaki Gunung Lawu. Seperti namanya, tempat wisata ini berwujud telaga dengan fasilitas yang ditawarkan yaitu speed boat. Anda bisa mengelilingi Telaga Sarangan dengan sensasi tersendiri. Jaraknya 16 Km dari Pusat Kota Magetan. Yah, tempat ini memang sudah begitu populer karena pemandangannya yang menakjubkan serta fasilitas yang mendukung. Dan buat anda pecinta kuliner, maka ada baiknya anda coba sate kelinci di sekitar Telaga Sarangan. Dijamin anda tidak akan kecewa kalau sudah berkunjung kesini.

Lokasi : Lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

Air Terjun Tirtasari Magetan

air-terjun-tirtasari-magetan
by instagram @kancil45

Air Terjun Tirtasari yang memiliki ketinggian -+ 50 meter ini merupakan primadona tempat wisata Magetan. Selain pemandangan sekitar yang indah, untuk menjangkau tempat ini juga terbilang mudah. Dan buat anda yang mau menelusuri kawasan Air Terjun Tirtasari bisa menaiki kuda warga setempat yang memang disediakan untuk wisatawan.

Tiket masuk ke wisata ini dipatok RP. 7.000 dan untuk menuju ke lokasi dari pemukiman terakhir anda bisa berjalan kaki atau menyewa ojek.

Lokasi : Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

Air Terjun Pundak Kiwo Magetan

air-terjun-pundak-kiwo-magetan
by instagram @ziyanafif

Terletak di sisi kiri Gunung Lawu menjadikan air terjun ini diberinama Pundak Kiwo. Air Terjun yang memiliki ketinggian -+ 45 meter ini dikelilingi oleh banyaknya pohon rimbang yang masih asri. Dan buat anda pecinta wisata alam, maka tempat ini kami rekomendasikan untuk anda jelajahi berikutnya.

Lokasi : Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

Kunjungi :  Kunjungi 29 Tempat Wisata di Medan yang Romantis

Telaga Wahyu Magetan

telaga-wahyu-magetan
by instagram @deneira_21

Kalau anda berkunjung ke Telaga Tirtasari, maka ada baiknya anda berkunjung pula ke Telaga Wahyu ini. Lokasinya cukup terjangkau yaitu hanya berjarak 2 KM. Telaga Wahyu yang masuk dalam kawasan wisata sarangan Magetan ini mempunyai sebutan lain yaitu Telaga Wurung Magetan. Selain pemandangan indah yang ditawarkan di telaga ini, disini anda juga bisa melakukan kegiatan lain seperti memancing dan berkemah.

Fasilitas yang disediakan di telaga ini cukup lengkap yaitu meliputi kamar mandi, warung makan, gazebo, serta becak air kalau anda mau berkeliling mengitari telaga.

Lokasi : Desa Ngerong, Kecamatan Plaosan, Kabupaten Magetan

Pemandian Dewi Sri

Tempat Wisata Magetan

Pemandian Dewi Sri atau biasa dikenal juga dengan Candi Simbatan, Sendang Beji ini merupakan pemandian kuno yang berluaskan 18 M2. Disini terdapat beberapa penemuan arkeologi seperti miniatur rumah ( sandung ) 7 buah, Palung batu 1 buah, fragmen arca 7 buah, sumur kuno 1 buah, fragmen yoni 1 buah, lumbung baru 4 buah dan fragmen kemuncak 1 buah. Jadi, buat anda yang memiliki minat mengenal sejarah lebih dalam maka wisata sejarah di tuban ini kami rekomendasikan untuk anda kenali lebih lanjut.

Lokasi : Desa Simbatan, Kecamatan Nguntoronadi, Kabupaten Magetan

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur
Ini Dia 16+ Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler
Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya

Bumi Perkemahan Mojosemi

bumi-perkemahan-mojosemi
by instagram @goparov

Kawasan yang satu ini ditujukan buat anda yang suka berkegiatan diluar ruangan atau biasa disebut kemah. Masuk dalam wilayah Perhutani Lawu Selatan, tempat ini juga menyajikan wahana bermain seperti flying fox dan spiderman.

Lokasi : 2 Km dari Telaga Sarangan

Cemoro Sewu Magetan

cemoro-sewu-magetan
by instagram @asasuke54

Memakan stroberi langsung mungkin sudah menjadi hal yang biasa yah. Namun beda dengan cemara sewu ini, disini menawarkan wisata memetik stroberi sendiri langsung dari pohonnya dengan biaya yang sangat terjangkau mulai dari 5.000 – 25.000. Tidak hanya memetik stroberi saja, namun di sekeliling lokasi juga terdapat pemandangan yang indah untuk anda nikmati ketika anda berwisata disini.

Lokasi : Ngancar, Plaosan,Magetan

Taman Ria Maospati Magetan

taman-ria-maospati-magetan
by instagram @lia_mahrdika

Kalau anda sedang melewati Magetan dan ingin mampir ke taman yang asri maka Taman Ria Maospati jawabannya. Taman yang mempunyai nama lain Taman Ria Kosala Tirta ini cocok untuk wisata bersama keluarga. Karena selain pemandangan yang  asri dan udara yang sejuk, ditempat ini juga menyediakan beberapa wahana permainan anak. Dan pada waktu-waktu tertentu, tempat ini setingkali digunakan untuk konser artis artis ternama di Indonesia.

Kunjungi :  Pancaran Cahaya Goa Jomblang Gunung Kidul

Lokasi : Desa Pandean, Kecamatan Maospati, Magetan.

Kolam Renang Banyu Biru Magetan

kolam-renang-banyu-biru-magetan
by instagram @awhan_

Kalau di Tuban memiliki Pemandian Bektiharjo maka di Magetan ada Kolam Renang Banyu Biru yang selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekannya. Bukan hanya menyajikan kolam renang saja, di tempat ini juga terdapat fasilitas lain sebagai pendukung seperti tempat olahraga, pemancingan, taman bermain anak-anak, pemutaran film, bahkan ada beberapa koleksi hewan. Jadi wisata Magetan Jawa Timur ini sangatlah cocok untuk wisata keluarga.

Lokasi : Jl. Raya Magetan – Maospati, No. 5 Tinap, Sukomoro, Magetan

Tiket : Rpp. 5.000

Buka : 06.00 – 17.00

Jalan Tembus Sarangan

jalan-tembus-sarangan
by instagram @hovershot.id

Jalan Tembus Sarangan atau yang biasa disebut dengan JT ini merupakan jalan lintas Karangayar dan Magetan. Banyaknya warung makan dan pemandangan alam yang begitu indah menjadikan jalan ini sebagai tempat wisata di Magetan yang ramai orang kunjungi. Selain sebagai tempat peristirahatan pengendara motor maupun mobil. Di tempat ini juga setiap harinya digunakan oleh muda mudi sebagai tongkrongan. Jadi, kalau anda melintasi Jalan Tembus Sarangan, maka ada baiknya anda berhenti sejenak untuk berwisata kuliner atau sekedar menikmati udara yang segar serta pemandangan yang indah.

Sungai Gandong Magetan

sungai-gandong-magetan
by instagram @sony_reynaldo

Buat warga disekitar Magetan mungkin Kali Gandong atau Sungai Gandong ini tidak asing di telinga. Sungai yang terletak di lereng Gunung Lawu ini lokasinya tidak begitu sulit, namun anda perlu berhati hati karena untuk sampai ke tujuan anda akan melewati jalan setapak. Yang menarik dari Sungai Gandong ini adalah airnya yang begitu jernih dan tenang untuk diselami. Dan bukan hanya itu saja, bebatuan sepanjang sungai menjadi objek yang ciamik untuk berfoto ria.

Pendakian Gunung Lawu

pendakian-gunung-lawu
by instagram @zulfidaa

Buat pecinta alam terutama pendaki Gunung, keindahan sunrise di Gunung Lawu mungkin sudah tidak diragukan lagi. Yah, Gunung yang berlokasikan di tengah-tengah antara Porvinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur ini memiliki puncak tertinggi yang menarik wisatawan untuk ditaklukkan.

Kunjungi :  85 Tempat Nongkrong 24 Jam di Jogja Dekat Malioboro

Untuk jalur pendakiannya sendiri, anda bisa melewati 2 jalur yaitu Cemorokandang di Tawangmangu atau Cemorosewu di Sarangan. Selain cerita mistis yang menyebar mengenai Gunung Lawu, ada hal unik yang akan anda temukan di puncak lawu nantinya. Yaitu adanya warung makan disana. Kebayang kan ya, bagaimana pedagangnya membawa perlengkapannya. Gila !!!

Candi Sadon Magetan

candi-sadon-magetan
by instagram @ayukrafiani

Candi Sadon ini juga dikenal dengan nama Candi Reog, karena didalamnya memang terdapat sebuah arca yang besar menyerupai Reog. Bukan hanya itu, disekitar Sadon juga terdapat beberapa peninggalan seperti di Dusun Mulyo yaitu Gelangan, batu berbentuk lembu dan rumah di -+ 100 m Candi Sadon dan masih banyak lagi.

Lokasi : Dusun Sadon Cepoko, Kecamatan Panekan, Magetan

Punden Clelek dan Sumber Clelek

Punden Clelek dan Sumber Clelek

Hmmm, ternyata banyak juga ya peninggalan sejarah yang ada di Magetan. Setelah Candi Sadon, kini masih ada lagi yaitu Punde Clelek yang berupa Cagar Budaya berjumlah tiga buah meliputi arca dan miniatur rumah. Sedangkan Sumber Clelek sendiri merupakan telaga kecil yang sudah terkenal sebagai tempat wisata di Magetan Jawa Timur dan menjadi objek wisata yang romantis untuk sepasang kekasih.

Alun-Alun Magetan

alun-alun-magetan
by instagram @ristyananurul

Buat anda yang sibuk dengan aktivitas harian, maka anda bisa pergi ke Alun-Alun Magetan ini sebagai spot menghilangkan stress. Selain tempatnya yang asri karena banyak tumbuh pohon yang begitu rindang, di tempat ini sekarang juga sudah terdapat beberapa fasilitas pendukung seperti pujasera, parkir serta taman bermain.

Pusat Oleh-Oleh di Jalan Sawo

jalan-sawo
by instagram @ana_azemaoleholeh

Berkeliling ke tempat wisata di Magetan Jawa Timur yang begitu menyimpan banyak destinasi wisata mungkin cukup melelahkan buat anda bukan ? Dan sebelum anda beranjak kembali ke kota tempat tinggal maka ada baiknya anda membeli oleh-oleh khas Magetan di Jalan Sawo.

Ada beberapa oleh-oleh khas Magetan yang kami rekomendasikan seperti emping mlinjo, kerupuk kulit, kue bole serta lempeng. Selain makanan, adapula kerajinan tangan khas dari Magetan yaitu batik tulis Sidomukti dan beragam benda yang terbuat dari kulit khas Magetan yang bisa dijadikan anda pilihan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */