41 Tempat Wisata di Madura Terbaru yang Wajib Dikunjungi

0

Tempat Wisata di Madura Jawa Timur – Dalam dua tahun terakhir, salah satu daerah di Indonesia yaitu Madura cukup menyita perhatian. Bukan hanya karena memiliki potensi kuat terhadap wisatanya, tetapi juga karena mereka meminta untuk dijadikan provinsi sendiri pada pemerintah. Wisata Madura terbaru memang masih banyak yang belum mengenalnya. Wisata di Madura dijamin akan membuat para wisatawan terkesima dan mengerti mengapa daerah yang satu ini minta membuat provinsi sendiri. Sebab tempat wisata di Madura yang dekat dengan Surabaya sangatlah banyak dan meliputi berbagai unsur. Dari mulai wisata pantai di Madura hingga wisata religi Madura serta lainnya. Nah, kira-kira apa saja tempat wisata terkenal di Madura yang menjadi potensi dan daya tarik bagi wisatawan? Berikut ulasannya.

Masjid Agung Sumenep

masjid-agung-sumenep
Instragram

Seperti yang sudah disebutkan, potensi wisata religi Madura termasuk daya tarik untuk parawisata. Berdirinya Masjid Agung Sumenep dengan desain menarik dan berbeda dapat Anda datangi dan masuk dalam jajaran tempat wisata Madura yang wajib diunjungi. Yang paling membuat tempat ini memukau ialah desain bangunannya yang jelas menggambarkan unsur sejarah. Dominasi warna kuning dan putih dijamin membuat Anda ingin berfoto di sekitar masjid ini.

Vihara Avalokitesvara

vihara-avalokitesvara
Instagram by @exploremadura

Wisata religi Madura yang dapat dikunjungi ialah Vihaara Avalokitesvara yang letaknya di Pamekasan. Ini menjadi salah sat tempat ibadah umat Buddha di Madura dan menjadi bukti keragaman Indonesia dan toleransi beragama di Indonesia.

Kota Tua Kalianget

kota-tua-kalianget
Instagram by @fnfikr

Selanjutnya yang menjadi wisata Pulau Madura ialah Kota Tua Kalianget yang berlokasi di daerah Sumenep bagian Timur. Sama seperti Masjid Agung Sumenep, tempat wisata Kota Tua Kalianget juga kental dengan unsur sejarah. Dari segi desain bangunannya yang merupakan desain ala Belanda gedung ini sudah sangat terlihat tua dan memiliki aura berbeda. Anda wajib datang untuk sekadar berfoto dan akan sangat berkesan tentunya.

Museum Keraton Sumenep

museum-keraton-sumenep
Instagram by @wecaresumenep

Lokasi dari tempat wisata yang satu ini berada di pusat kota tepatnya ada di belakang kawasan Keraton Sumenep. Museum Keraton Sumenep juga menjadi salah satu tempat wisata di daerah Madura yang memiliki unsur sejarah beserta nilainya. Anda dapat menemui berbagai benda bukti kehidupan zaman dahulu seperti keramik milik Dinasti Ming atau naskah-naskah kuno. Wisata Sumenep Madura ini juga terkenal dengan adanya sebuah Al-Quran dengan ukuran besar dan ditulis dengan tangan.

Karapan Sapi

karapan-sapi
Instagram by @amriubed

Salah satu yang paling menarik dan selalu berhasil menyita wisatawan dunia ialah wisata karapan sapi di mana digelar secara rutin. Setiap tahun sapi-sapi dilombakan bersama sang Joki dan kegiatan ini sangat seru untuk disaksikan. Bahkan ketika membicarakan mengenai wisata di Madura kegiatan ini akan direkomendasikan banyak orang sebagai kegiatan yang wajib dimasukan dalam agenda.

Kunjungi :  Lihat Keunikan dari Pantai Kutang Lamongan Jawa Timur

Monumen Sampang

monumen-sampang
Instagram by @arie_ahonk

Berjalan ke Kabupaten Sampang, Madura, Anda dapat menemukan sebuah monumen yang merupakan tanda bahwa kawasan ini ialah titik nol dari kabupaten tersebut. Monumen Sampang berwarna kuning dengan bahan dasar logam yang menjualng tinggi. Di kawasan yang satu ini terdapat taman dan area bermain untuk anak-anak. Monumen Sampang dapat Anda jadikan sebagai wisata Sampang Madura sederhana tapi mengasyikan.

Tirta Sumekar Indah

Ingin bermain air bersama keluarga saat berkunjung ke tempat wisata di Madura dan sekitarnya? Kunjungi saja Tirta Sumekar Indah yang menjadi area berenang dengan ukuran yang lumayan besar. Tiket masuk ke tempat wisata terkenal di Madura ini juga sangat terjangkau. Anda dapat bermain air sambil merasakan cuaca Madura yang cerah. Tidak hanya kolam renang, di Tirta Sumekar Indah terdapat juga ruangan futsal yang dapat disewa serta berbagai kegiatan seperti perlombaan untuk anak-anak setiap akhir pekan.

Sentra Batik

Batik Madura sangat populer dan menjadi salah satu jenis batik yang indah. Anda ingin membeli buah tangan atau menambah koleksi batik dapat berkunjung ke Sentra Batik Madura yang berada di Kabupaten Bangkalan. Untuk mencapai tempat wisata di Bangkalan Madura ini, Anda dapat menaiki kendaraan dari pusat kota Bangkalan dengan jarak sekita 40-50KM. Anda juga dapat berkunjung ke toko oleh-oleh yang tersebar sebagai wisata Madura Bangkalan dan berbelanja.

Jembatan Suramadu

jembatan-suramadu
Instagram by @gitagiews

Mengisi agenda wisata di malam hari saat berkunjung ke Madura, tampaknya sangat lengkap bila memasukan jadwal bewisata ke Jembatan Suramadu. Wisata Pulau Madura yang satu ini akan memberikan pemandangan berkesan di malam hari. Jembatan yang menghubungan Surabaya dan Madura tersebut tidak pernah sepi didatangi oleh wisatawan atau juga warga Madura sendiri. Lampu-lampu yang menyala merupakan daya tarik. Selain itu terdapat beberapa destinasi wisata Madura dekat Suramadu yang juga dapat Anda kunjungi sekaligus.

Mercusuar Sembilangan

mercusuar-sembilangan
Instagram by @ini_ronaldolear

Wisata lainnya yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengunjungi Mercusuar Sambilangan. Tempat wisata di Madura Bangkalan yang satu ini memiliki mercusuar yang dibangun sejak zaman Belanda. Letaknya di Desa Sembilangan. Naiklah ke lantai teratas untuk melihat pemandangan menakjubkan dengan mata telanjang yaitu Pulau Madura.

Api Abadi

api-abadi
Instagram by @dndian

Ingin melihat yang yang menakjubkan lainnya? Kunjungi Desa Larangan Tokol untuk melihat adanya Api Abadi atau Api Tak Pernah Padam. Api ini muncul akibat galian dari bawah tanah sehingga pada pada spot ini, api tidak dapat padam. Ini menjadi fenomenal alam alami atau termasuk api murni bumi.Tempat ini cukup terkenal dan tidak pernah sepi oleh wisatawan yang penasaran dan menjadi bagian tempat wisata di Madura Pamekasan yang sayang bila dilewatkan.

Kunjungi :  Kisah Mistis di Balik Keindahan Lawang Sewu Semarang

Wisata Pantai

Madura merupakan daerah yang kaya akan wisata pantainya. Sangat banyak pantai yang dapat Anda kunjungi saat ke sini. Wisata pantai di Madura tidak akan mengecewakan karena beragam pantai dengan kelebihan masing-masing ditawarkan. Ini dia wisata pantai yang dapat Anda pilih ketika berwisata ke Madura:

Pantai Slopeng

pantai-slopeng
Instagram by @exploremadura

Pantai Slopeng tidak pernah sepi khususnya di kala hari libur. Pantai yang berada di Kota Sumenep ini menjadi salah satu pantai andalan dari Madura. Pasirnya yang putih dan airnya yang jernih menyajikan pemandangan yang indah dan tidak akan terlupa. Keberadaan deretan pohon hijau di tepi pantai menambah pesona pada Pantai Slopeng.

Pantai Siring Kemuning

pantai-siring-kemuning
Instagram by @nadiaristyani

Pantai Siring Kemuning yang menjadi objek wisata populer ini dapat dipilih untuk menikmati matahari terbenam. Sebab ombaknya yang lebih tenang dan dataran pasir yang lebih datar akan membuat pemandangan senja memukau. Pantai Siring Kemuning terletak di Kecamatan Tanjung Bumi. Anda juga dapat mencoba aneka hidangan khas Madura yang dijual di kawasan pantai ini dan melakukan wisata kuliner Madura bersama orang terdekat.

Pantai Sembilangan

pantai-sembilangan
Instagram by @bloggermadura

Selain karenaa terkenal dengan mercusuarnya, Pantai Sembilangan juga terkenal dengan pemandangan eksotis saat matahari terbenam atau saat senja. Wisata Madura Bangkalan ini memang tidak seramai wisata pantai lainnya, dan tidak banyak yang berenang atau bermain air di pantai ini, namun keberadaan mercusuar berhasil menyita perhatian wisatawan.

Gili Labak

gili-labak
Instagram by @perdanasinggih

Wisata pantai di Madura yang sayang bila dilewatkan ialah Gili Labak. Mungkin sekilas Anda akan teringat dengan wisata pantai Bali dan Lombok. Gili Labak ialah pantai yaang sangat mempesona dengan pasir putih bersih didampingi air laut biru yang jernih. Anda akan terngiang dan betah saat pertama kali mengunjungi pantai ini. Berbeda dengan pantai lainnya, untuk dapat datang ke sini Anda harus mneyeberang terkebih dahulu dari Kalianget ke Telango. Dari telango, Anda harus menyeberang lagi menggunakan kapal yang lebih kecil.

Pantai Lombang

pantai-lombang
Instagram by @vitrimahendra

Pantai Lombang menjadi pantai selanjutnya yang merupakan tempat wisata di Madura Sumenep favorit warga sekitar. Pantai ini cukup bersih dan ombaknya tidak begitu ganas. Bermain pasir atau berenang dapat Anda lakukan di sini.

Pantai Rongkang

pantai-rongkang
Instagram by @abde_kiddrock35

Pantai Rongkang ialah wisata Madura dekat Suramadu sehingga di panta ini Anda dapat melihat jembatan Suramadu. Berbeda dengan pantai lainnya, bebatuan besar berdiri kokoh di beberapa bagian pantai. Pantai Rongkang merupakan area yang pas untu menikmati pemandangan malam hari di Madura.

Kunjungi :  85 Tempat Nongkrong 24 Jam di Jogja Dekat Malioboro

Pantai Nepa

pantai-nepa
Instagram by @sherlyanadw

Pantai Nepa memang cenderung menjadi pantai yang sedikit gersang. Tetapi pantai ini sangat pas untuk dikunjungi sebagai area bermain bersama keluarga. Anda juga akan sangat terpesona dengan pemandangaan saat subuh dan senja di pantai ini.

Pantai Jumiang

pantai-jumiang
Instagram by @jakaabdillahannafrahman

Melihat pemandangan pantai dari tebing-tebing yang ada di sekitar pantai ini akan membuat diri lebih relaks. Ya, Pantai Jumiang termasuk pantai yang berada di dataran tinggi.

Kepulauan Kangean

kepulauan-kangean
Instagram by @kangeannet

Satu lagi yang sayang sekali bila dilewatkan ialah wisata Madura ke Kepualauan Kangean. Kepulauan ini memiliki 60 pulau dan dibatasi laut Bali, laut Jawa, serta Ujung Timur Selat Madura. Anda dapat melihat hutan bawah laut dan menyaksikan berbagai penghuni laut dengan snorkling atau juga diving di sini.

Wisata Air Terjun

Selain wisata pantainya, wisata air terjun juga dapat Anda masukan dalam agenda perjalanan saat berlibur di Madura. Ada dua air terjun yanng ada di Madura yaitu:

Air Terjun Toroan

air-terjun-toroan
Instagram by @vreedieah

Air Terjun Toroan menjadi salah satu tempat wisata yang tidak sepi dikunjungi baik oleh warga sekitar atau juga wisatawan. Air terjun yang satu ini mengalirkan air yang langsung terjun atau jatuh ke pantai. Tempat ini berada di Kecamatan Ketapang.

Air Terjun Kokop

Air terjun ini termasuk dalam tempat wisata di Bangkalan Madura dengan akses yang cukup sulit. Tetapi pemandangan yang disajikan dari air terjun ini tidak akan mengecewakan. Air Terjun Kokop berlokasi di Desa Durjan.

Gua Blaban

Satu tempat wisata alam di Madura yang dapat Anda kunjungi ialah Gua Blaban. Gua ini ditemukan oleh pertama kali oleh warga sekitar secara tidak sengaja. Seiring waktu berjalan, gua ini dibuka untuk umum dan dijadikan tempat wisata.

Gunung Jaddih

gunung-jaddih
Instagram by @exploremadura

 

aroesbaya
Aroesbaya Madura Instagram by @exploremadura

 

bakbimah
Air Terjun Bakbimah Madura Instagram by @exploremadura

 

pulau-sapeke
Sentra Budidaya ikan -Pulau Sapeken ,Kep.Kangean Instagram by @exploremadura

 

asta-gumok
Instagram by @exploremadura

 

Terakhir ialah Gunung Jaddih. Tepat ini merupakan kawasan tambang batu kapur yang tergolong sebagai tempat wisata baru. Gunung Jaddih tidak pernah sepi saat hari libur. Walau hanya kawasan tambang, tempat ini tetap memiliki pesona alam yang mempesona.

Itu dia sederet tempat wisata menari dan memiliki potensi besar dalam wisata Madura terkenal yang dapat dijadikan referensi saat berlibur di sana. Jangan lupa untuk wisata kuliner Madura seperti mencicipi hidangan khas berupa Sate Madura dan Soto Madura.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */