Surganya Wisata Indonesia

19 Tempat Wisata di Madiun Jawa Timur Paling Populer

1

Tempat Wisata di Madiun – Jawa Timur memang memiliki berbagai wisata yang sangat menarik. Tidak terkecuali di Kota Madiun. Kota yang dikenal sebagai Kota Gadis yaitu singkatan dari Perdagangan, Pendidikan dan Industri ini terletak sekitar 169 km dari Kota Surabaya dan sekitar 114 km dari solo. Kota yang satu ini memiliki berbagai tempat wisata yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Jadi, anda jangan sampai lewatkan wisata Madiun saat anda bertandang ke kota yang satu ini.

Berbagai tempat wisata Madiun Jawa Timur ditawarkan, mulai dari wisata alam di Madiun hingga wisata lain seperti taman bermain dengan berbagai macam wahana yang menyenangkan. Karena beragamnya tempat wisata, membuat banyak wisatawan berkunjung ke Madiun yang sayang untung dilewatkan. Lantas, apa saja wisata yang ada di Kota Madiun ini? Untuk anda yang ingin tahu kira-kira tempat mana saja yang bisa anda kunjungi, anda langsung simak saja penjelasannya dari tempatwisataindonesia berikut ini :

Gunung Wilis

gunung-wilis
by instagram @yogi_penceng

Gunung Wilis menjadi salah satu tempat wisata di Madiun Jawa Timur yang sangat cocok bagi anda pendaki. Meskipun dikenal sebagai gunung yang tidak begitu tinggi, namun tetap saja menantang. Ada beberapa puncak dan jalur pendakian yang bisa anda pilih. Sebelum anda mendaki, sama seperti pada gunung lain, anda harus lapor ke petugas pos. Kemudian, pemandangan alam yang masih asri dan satwa liar akan anda jumpai saat pendakian. Nantinya para pendaki bisa menikmati keindahan alam Madiun sambil menyusuri trek yang telah disediakan. Perbukitan dan lembah pun menjadi trek utama dari pendakian ini.

Air Terjun Seweru

air-terjun-seweru
by instagram @bagas_bimbim

Selain gunung, ada pula wisata alam air terjun yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Seweru merupakan air terjun yang ada di lereng Gunung Wilis. Dengan ketinggian 400 mdpl dan juga kolam alami yang terbentuk di bawahnya menjadi daya tarik luar biasa bagi semua pengunjung. Selain nama seweru, tempat wisata Madiun terbaru yang satu ini juga dikenal sebagai kedung malam atau serondo. Untuk mencapai Air Terjun Seweru, anda harus menggunakan sepeda motor yang kemudian perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki melewati jalan setapak yang curam sejauh 1 km. Meskipun cukup jauh, tapi lelah terbayarkan dengan keindahan alam yang ada di sekitar air terjun.

Air Terjun Krecekan Denu

air-terjun-krecekan-denu
by instagram @atikazu

Selain seweru, Madiun juga masih memiliki beberapa air terjun lain. Misalnya saja Air Terjun Krecekan Danu. Lokasinya tidak begitu jauh dari wisata grape tepatnya di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare. Meskipun ketinggian dari air terjun kurang dari 20 meter, akan tetapi keindahan alam di sekitar air terjun yang berjarak 20 km dari pusat Kota Madiun ini mampu membat wisatawan terpana. Maka dari itu, kamera menjadi barang wajib yang harus anda bawa jika ingin ke wisata alam air terjun krecekan danu.

Kunjungi :  Lokasi, Sejarah dan Fasilitas di Kayangan Api Abadi Bojonegoro

Air Terjun Banyulawe Dong

air-terjun-banyulawe
by instagram www.mday.info

Ada pula Air Terjun Banyulawe Dong yang lokasinya ada di daerah hutan Desa Kepel, Kecamatan Kare. Berada di balik lereng Gunung Wilis, wisata Madiun ini menawarkan suasana yang sejuk dan tenang. Tempat ini sangat cocok untuk anda yang sedang mencari ketenangan dari hiruk pikuk kota. Dibuat pula beberapa fasilitas di sekitar wisata seperti warung yang menjajakan makanan sehingga para pengunjung tidak perlu lagi pusing mencari makanan.

Air Terjun Kucur

air-terjun-kucur
by travellersblitar.com

Air terjun lain yang bisa anda kunjungi ialah Air Terjun Kucur. Air terjun yang satu ini merupakan air terjun buatan untuk atasi masalah kekeringan di kala musim kemarau. Ada 4 tingkatan yang ada pada air terjun dengan ketinggian 15-20 meter untuk tingkat pertama dan sisanya hanya sekitar 2-3 meter saja. Air Terjun Kucur ada di Dusun Pucang Sawit, Desa Padas, Kecamatan Dagangan, Madiun. Anda bisa memasukkan air terjun ini sebagai salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi ketika di Madiun.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

33 Tempat Wisata di Gresik yang Memukau Pengunjung
Rekomendasi 13 Tempat Wisata di Lamongan yang Ramai Wisatawan
30 Tempat Wisata di Lumajang Populer dan Terkenal
31+ Tempat Wisata di Probolinggo yang Tak Akan Pernah Kamu Lupakan

Wisata Alam Grape

wisata-alam-grepe
by instagram @eva_karisma12

Apabila anda ingin mencari wisata keluarga di Madiun, Wisata Alam Grape bisa jadi pilihan. Ada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Madiun, tempat wisata di Madiun Jawa Timur ini memang sengaja didesain sedemikian rupa untuk mengajak pengunjung merasa nyaman. Suasana alam dan pedesaan sangatlah kental disini. Anda pun bisa melakukan berbagai hal menarik seperti bersepeda, hiking, berkemah atau panjat tebing. Berbagai wahana permainan pun disediakan di tempat ini sehingga cocok untuk wisata keluarga.

Waduk Bening Widas

waduk-bening-widas
by instagram @ratihmarta

Waduk Bening Widas bisa menjadi tempat wisata yang tepat saat anda ke Madiun. Terletak di Dusun Petung, Desa Pajajaran, Kecamatan Sadaran, waduk ini berada sekitar 40 km dari pusat kota. Disini, anda bisa temukan kios, kolam pancing, rumah makan, penginapan, dermaga, hingga taman bermain. Bendungan yang memikili air jernih ini memang telah menjadi daya tarik warga dan wisatawan datang kesini. Banyak orang datang ke waduk ini untuk berekreasi bersama teman maupun keluarga.

Waduk Kedungbrubus

waduk-kedung-brubus
by instagram @idhimasaurus

Ini adalah sebuah bendungan yang lokasinya ada di Kecamatan Pilangkenceng, Madiun yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro. Dibangun tahun 2008, waduk ini berfungsi sebagai saluran irigasi. Selain itu, Waduk Kedungbrubus juga dimanfaatkan sebagai lokasi pariwisata di Madiun. Kemudian, waduk ini pun menjadi tempat wisata yang banyak dikunjungi orang. Adanya warung makan di sekitar waduk membuat pengunjung dapat nikmati santapan sambil melihat keindahan waduk.

Kunjungi :  18 Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur Terhits

Situs Nglambangan

situs-nglambangan
by instagram @dhevidpradana

Situs Nglambangan menjadi situs bersejarah peninggalam Kerajaan Majapahit. Situs tersebut berada di Desa Nglambangan, Kecamatan Wungu. Anda bisa melihat beberapa benda bersejarah disini mulai dari artefak seperti watu dakon, lumbung, punden hingga tempat seperti Pura Lembangsari, sumur hingga sendang. Biasanya pada malam 1 suro akan diadakan upacara adat di situs Nglambangan. Anda bisa berwisata sambil mempelajari sejarah sekaligus jika datang ke wisata Madiun dan sekitarnya.

Taman Rekreasi Wisata Umbul

taman-rekreasi-wisata-umbul
by instagram @furrifa

Inilah Taman Wisata Umbuk peninggalan Belanda yang berada di Desa Glonggong, Kecamatan Dolopo. Jaraknya dari Kota Madiun hanya 20 km saja. Tempat wisata paling populer yang ada di Madiun ini memiliki berbagai macam wahana sepeti kora-kora, roaller coaster, kincir angin dan masih banyak lagi. Ada pula rumah makan, kolam renang, sumber air belerang, penanggarahan hingga kebun binatang mini. Banyaknya fasilitas yang ada tersebut membuat taman ini menjadi taman yang cukup difavoritkan oleh para wisatawan. Taman Umbul diapit oleh 2 jurang dan keindahan taman wisata ini pun tetap terjaga.

Monumen Kresek

museum-kresek
by instagram @@nanda.firsta

Selain taman wisata Umbul Madiun, Monumen Kresek menjadi tempat wisata lain di Madiun yang bisa anda kunjungi. Berada di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, taman yang satu ini jaraknya 8 km dari pusat kota. Suasana yang asri dan teduh membuat banyak orang memilih kegiatan berpiknik di kawasan ini. Adanya fasilitas seperti jogging track, musholla, tempat bermain anak, rumah makan hingga MCK membuat banyak pengunjung betah. Biasanya pada Hari Kebangkitan Nasional, upacara dilaksanakan di Monumen Kresek tersebut.

Makam dan Masjid Kuno Taman

makam-dan-masjid-kuno-taman
by blogspot.com

Ada juga sebuah cagar budaya bernama Makam dan Masjid Kuno Taman. Masjid Kuno Taman ini sendiri sudah ada sejak 1754 dan dipilih sebagai tempat makam Kanjeng Kyai Ageng Mohamad Kholifah, seorang kyai dari Banten. Keunikan dari masjid ini adalah bahan kayunya ditambah dengan tiang penyangga yang terbuat dari gelonggongan kayu besar. Berada di Jl. Asahan Madiun, anda bisa sekaligus belajar mengenai sejarah. Karena itulah, tempat wisata ini cukup direkomendasikan untuk semua wisatawan.

Industri Brem

industri-brem
by instagram @hasbiassidiqi

Salah satu cemilan khas dari Kota Madiun adalah brem. Karena itulah anda bisa kunjungi tempat produksi dari industri brem tersebut untuk lakukan wisata kuliner Madiun. Brem itu sendiri adalah makanan yang nantinya akan timbulkan sensasi dingin di mulut. Makanan ini  menjadi salah satu makanan yang wajib menjadi oleh-oleh saat seseorang pergi ke Madiun. Setelah datang ke tempat industrinya, anda jangan lupa untuk membeli brem ini sebagai oleh-oleh dibawa pulang.

Kunjungi :  Wisata Kota Lama Semarang, Wisata Sejarah "Miniatur Belanda"

Dumilah Waterpark

dumilah-waterpark
by dumilahwaterpark.files.wordpress.com

Jika anda ingin pergi ke tempat wisata Madiun dekat stasiun bersama keluarga, Dumilah Waterpark yang ada di pusat kota Madiun bisa jadi pilihan tepat. Para pengunjung nantinya akan dimanjakan dengan berbagai macam permainan air. Bukan hanya itu saja, fasilitas yang telah memadai pun menjadi hal lain yang dapat menarik banyak orang datang ke waterpark yang satu ini. Beberapa fasilitas seperti game zone, water zone, sampai pujasera pun ada. Untuk anda yang hobi memancing, tersedia juga tempat pemancingan di waterpark ini.

Taman Wisata Tirtonirmolo Waterpark

tirtonirmolo-waterpark
by panwis.com

Tirtoniemolo Waterpark bisa menjadi pilihan tempat wisata di Madiun dan sekitarnya selanjutnya. Beberapa fasilitas yang menarik bisa anda nikmati bersama dengan keluarga. Untuk fasilitas unggulannya sendiri, ada beberapa seperti kolam seluncur, kolam anak-anak, kolam laba-laba, kolam air mancur, kolam renang dewasa, taman air, ember tumpah dan lainnya. Maka dari itu, anda jangan sampai lewatkan untuk datang ke Tirtonirmolo Waterpark jika anda sedang berkunjung ke Kota Madiun.

Sun City and Theme Park

sun-city-and-theme-waterpark
by instagram @waterpark_suncitymadiun

Berada di Jl. S. Parman No. 8, Madiun, Sun City and Theme Park akan menyuguhkan berbagai wanaha bermain air dan juga darat yang menyenangkan. Satu area dengan Sun City Mall, tempat wisata ini bisa menjadi pilihan wisata keluarga Kota Madiun yang tepat untuk anda. Jadi, nantinya para pengunjung bisa bermain air yang dilengkapi dengan prosotan serta kolam dan juga bermain di wahana permainan darat yang cukup bervariasi. Jadi, selain bisa jalan-jalan di mall, anda dan keluarga bisa sekaligus berekreasi ke tempat wisata ini.

Dari ulasan di atas, itulah tempat wisata di Madiun yang anda kunjungi ketika bertandang ke kota dengan sebutan Kota Gadis ini. Ada tempat wisata alam yang membuat pikiran anda bisa fresh kembali seperti Gunung Wilis, air terjum hingga waduk. Jika anda ingin berwisata ke tempat yang tenang, maka wisata alam di Kota Madiun bisa jadi pilihan yang tepat. Sedangkan untuk anda yang ingin berwisata dengan keluarga, wisata seperti waterpark hingga tempat lain yang sediakan wahana menarik bisa anda coba. Wahana yang disediakan tentu saja akan sangat menarik para wisatawan. Jadi, anda pun bisa masukkan tempat wisata tersebut sebagai tempat wisata daerah Madiun Jawa Timur yang wajib anda kunjungi.

1 Comment
  1. Travedisi says

    Air Terjun Banyulawe Dong mempunyai pesona indah yang bikin para wisatawan bisa menghilangkan stres dan penat dalam aktifitas sehari-hari dengan indahnya pemandangan yang di sajikan di sna.
    thanks ya min buat infonya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */