Surganya Wisata Indonesia

33 Tempat Wisata di Lumajang Populer dan Terkenal

0
33 Tempat Wisata di Lumajang Populer dan Terkenal
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Lumajang – Berpetualang menjelajahi alam kadang menjadi salah satu jalan keluar ketika kita penat terhadap rutinitas sehari-hari. Alam memberikan kedamaian dengan panorama indahnya, memberikan ketenangan dengan kesejukan udara yang diberikannya. Selain itu menginjakkan kaki di tempat baru yang belum pernah kita kunjungi juga selalu menyenangkan, memberikan tantangan tersendiri. Indonesia memiliki banyak tempat nan eksotis, jadi tenang saja saat anda ingin melakukan petualangan untuk menghilangkan rasa penat.

Tinggal pilih saja salah satu daerah yang sudah tempatwisataindonesia.id bagikan. Kemudian tentukan tujuan destinasi yang keindahan, kedamaian, ketenangannya bisa anda dapatkan disana. Lumajang merupakan salah satu kota kecil yang siap untuk anda kunjungi. Sebuah kota di kaki gunung Semeru Jawa Timur ini menyimpan sejuta wisata untuk dijelajahi. Terdapat berbagai tempat wisata Lumajang dan sebagian besarnya adalah wisata alam. Keadaan geografis Lumajang yang dikelilingi berbagai gunung yaitu gunung Semeru yang ada di sebelah barat, pegunungan Tengger Bromo yang ada di sebelah utara, juga gunung Lamongan membuat wilayah ini kaya akan tempat-tempat eksotis. Belum lagi bagian selatan Lumajang yang dibatasi oleh Samudra Hindia membuat pesona wisata daerah ini semakin lengkap. Langsung saja kita absen satu-satu tempat wisata di Lumajang Jawa Timur ini.

Gunung Semeru

gunung-semeru
by instagram @yuniico_satya

Siapa yang tak tahu gunung Semeru, salah satu gunung terindah di Indonesia ini tentu sudah banyak terdengar dimana-mana. Apalagi setelah menjadi salah satu setting tempat film 5 cm yang banyak menyedot antusiasme pecinta film di Indonesia saat kemunculannya di layar kaca. Tempat wisata lumajang yang satu ini merupakan tempat yang wajib dikunjungi saat anda ke Lumajang. Tak harus sampai puncak karena keindahannya sudah bisa dinikmati dalam pendakian anda. Salah satu keindahan yang akan membuat terpesona ada di salah satu bukitnya yaitu titik adanya Ranu Kumbolo. Ya, danau yang juga sudah sangat terkenal kemana-mana itu. Untuk mendaki gunung semeru dari Lumajang bisa anda lakukan via Ranu Pane. Jangan lupa mentaati segala peraturan disini demi keamanan dan keselamatan jiwa ya.

Puncak B-29 Argosari Senduro

argosari-senduro
by instagram @nadynafifah

Gunung lainnya yang mengapit Lumajang adalah gunung Bromo. Gunung ini pun sudah dikenal dimana-mana. Namun bukan hanya untuk didaki saja, gunung Bromo pun bisa dinikmati keindahannya dari Puncak B-29 Argosari Senduro yang juga ada di Lumajang. Puncak B-29 yaitu ada pada ketnggian 2.900 mdpl yang artinya lebih tinggi dari gunung Bromo sendiri yang memiliki ketinggian 2.329 mdpl. Wisata Lumajang B29 ini masih dalam bagian Taman Nasional Bromo Tengger Semeru yaitu ada di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang. Pemandangan alami di lumajang yang satu ini sungguh spektakuler apalagi sesampainya di puncak wisata B29. Banyak yang mengatakan bahwa puncak bukit ini bagaikan negeri di atas awan. Pemandangan gunung Bromo beserta keindahan lainnya bisa dinikmati. Bukan hanya menenangkan jiwa namun juga akan membuat kita bersyukur atas seluruh ciptaan Tuhan yang menakjubkan.

Kunjungi :  Rekomendasi 33 Tempat Wisata di Jakarta untuk Keluarga

Gunung Lamongan

gunung-lamongan
by instagram @thoefendi

Gunung ketiga yang mengapit Lumajang adalah gunung Lamongan. Dari namanya bukan berarti gunung ini ada di Lamongan, namun justru ada di dua kabupaten yaitu Lumajang dan Probolinggo. Gunung ini ada pada ketinggian 1.651 mdpl. Tidak terlalu tinggi memang, namun tetap rekomended untuk anda yang gemar mendaki. Pun bisa menjadi alternatif wisata di Lumajang bagi anda pendaki pemula. Jika belum yakin mendaki Semeru maka gunung Lamongan bisa anda pilih saat ke Lumajang. Pemandangan yang diberikan puncak gunung ini tak kalah indah dengan gunung lainnya di Lumajang. Memandang alam dari ketinggian akan selalu memberikan hal berbeda yang menakjubkan.

Gunung Wayang

gunung-wayang
by Lumajangsatu.com

Jika dari puncak bukit B-29 Argosari Senduro kita bisa menikmati keindahan panorama gunung Bromo, maka dari puncak gunung atau bukit Wayang ini anda bisa menikmati indahnya panorama gunung Semeru. Hanya butuh waktu sekitar 20 menit untuk sampai di puncaknya. Namun pemandangan yang spektakuler akan menyambut anda di salah satu wisata alam Lumajang ini. Untuk lebih lama menikmati keindahan tersebut anda juga bisa mendirikan tenda menikmati malam disana. Gunung Wayang ini bersebelahan dengan gunung Sawur yang merupakan pos pengamatan gunung Semeru. Tepatnya ada di Desa Sumber Mujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang.

Goa Bima

goa-bima
by jawatimuran1.wordpress.com

Tentunya masih dengan wisata alam Lumajang. Lumajang Jawa Timur memang kaya akan wisata alamnya. Selain gunung atau bukit, ada juga beberapa goa yang ada di daerah satu ini. Anda yang menyukai petualangan dan tempat-tempat menarik tentu akan menikmati wisata alam apapun termasuk goa. Goa memberikan sensasinya sendiri. Batu, gelap, lembab, kadang terkesan angker, dan sebagainya membuat wisata goa menyenangkan. Goa bima adalah salah satu goa yang ada di Lumajang. Goa Bima masih alami dengan berbagai keindahannya karena belum banyak dijamah. Salah stau keunikan goa ini adalah adanya sebuah batu seperti bekas tempat untuk bertapa. Goa ini ada di Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

Ini Dia 16+ Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler
Rekomendasi 13 Tempat Wisata di Lamongan yang Ramai Wisatawan
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur

Goa Tetes

goa-tetes
by instagram @whiempy

Ada lagi goa yang bisa menjadi tempat wisata Lumajang Jawa Timur Yaitu goa tetes. Sedikit berbeda dengan Goa Bima, Goa Tetes ini lebih banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Goa Tetes memiliki pesonanya sendiri sehingga mampu menarik minat para wisatawan. Selain stalagtit dan stalakmit yang akan menyambut anda, anda juga akan menikmati pemandangan di sepanjang perjalanan menuju ke goa ini. Yang lebih unik lagi, seperti beberapa tempat wisata lainnya, goa ini memiliki mitosnya yaitu bisa menyatukan kembali perpecahan rumah tangga. Coba saja kunjungi Goa Tetes di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang jika saat ini hubungan anda dan pasangan tengah renggang.

Kunjungi :  Pantai Watu Karung Pacitan yang Cocok untuk Peselancar

Danau Segitiga

danau-segitiga
by instagram @monicca_xy

Tempat wisata di Lumajang yang satu ini merupakan salah satu wisata yang cukup terkenal. Merupakan sebuah tempat wisata yang menyuguhkan pesona 3 danau yang saling berdekatan yaitu Danau Pakis, Danau Bedali, dan Danau Klakah. Tentu sebuah pemandangan yang bisa dibilang langka saat memandang 3 danau berdekatan ini. Anda bisa bersantai menenangkan pikiran disini sambil menikmati panorama alam sekitar. Dari sini anda juga bisa menikmati panorama gunung Lamongan. Terbayang betapa indahnya perpaduan pemandangan danau dan gunung di wisata Lumajang Jatim ini bukan ? Belum lagi dengan udara sejuknya yang mampu menenangkan jiwa dan mengusir penat.

Pemandian Alam Selokambang

pemandian-alam-selokambang
by instagram @nick_oved_lay

Masih dengan wisata air, wisata alam Lumajang. Jika di Danau Segitiga anda bisa menikmati panorama indah yang disuguhkannya, maka lain lagi di pemandian alam Selokambang ini. Disini anda bisa merilekskan diri dengan berendam di kolam yang sangat sejuk. Selain itu jika anda mengajak keluarga maka ada kolam khusus untuk anak-anak. Jika anda tak puas hanya dengan berendam dan mandi di kolam maka anda bisa juga memecah penat dengan mengelilingi danau buatan menggunakan perahu atau bermain flying fox sambil berteriak bersama adrenalin yang terbakar. Bukan tempat wisata alam murni memang, namun masih sangat kental dengan pesona alam Lumajang yang disuguhkannya seperti tempat wisata alam Lumajang lainnya.

Air Terjun Manggisan

air-terjun-manggisan
by instagram @aryfalfaryzy

Salah satu yang khas dari daerah pegunungan atau dataran tinggi adalah air terjunnya. Air terjun Manggisan merupakan salah satu air terjun yang bisa anda temukan di Lumajang Jawa Timur. Air terjun dengan tinggi sekitar 55 m ini menawarkan pemandangan alam yang eksotis. Gemericik airnya bisa menciptakan ketenangan jiwa. Bagi anda yang suka berpetualang atau menelusuri alam maka destinasi wisata Lumajang yang satu ini akan sangat cocok untuk anda. Pasalnya untuk sampai di keindaham air terjun Manggisan anda terlebih dahulu harus berjalan kaki sekitar 1,5 jam dari tempat parkir. Setelah berjalan sekitar 1,5 jam maka keringat anda akan terbayar oleh indahnya air terjun ini. Bukan hanya itu, selama perjalanan anda juga akan disuguhkan pemandangan alam yang indah sehingga anda tak akan merasa bosan.

Air Terjun Watu Lapis

air-terjun-watu-lapis
by instagram @agustinross

Cukup banyak wisata air terjun di Lumajang. Air Terjun Watu Lapis merupakan air terjun di Lumajang yang ada di Dusun Tawonsongo, Kecamatan Pasrujambe. Sekitar 35 KM dari pusat kota Lumajang. Namun bagi anda yang ingin mengunjungi air terjun yang satu ini harus menggunakan kendaraan pribadi, pasalnya tidak atau belum ada angkutan umum menuju kesana. Memang wisata lumajang Jawa Timur yang satu ini masih tergolong baru. Namun juga merupakan tempat wisata yang sayang untuk dilewatkan karena selain keindahan curugnya, anda akan menemukan keunikan lainnya yaitu pemandangan perkebunan kopi yang luas.

Kunjungi :  26 Tempat Wisata Terbaru di Trenggalek dan Sekitarnya Rekomended

Air Terjun Kapas Biru

air-terjun-kapas-biru
by instagram @whiempy

Nama-nama air terjun di Lumajang memang sangat unik. Salah satunya yaitu wisata Lumajang Kapas Biru. Air terjun ini juga memiliki pesonanya sendiri salah satunya yaitu air terjun yang dihiasi oleh tebing-tebing batu. Sangat indah dipandang mata. Hanya duduk manis sambil menikmati snack atau bekal makanan disana juga sudah menyenangkan. Ditambah foto ria mengabadikan momen indah tentu semakin asik, apalagi bagi anda yang memang hoby fotografi.

Pantai Watu Godeg

pantai-watu-godeg
by instagram @andresuryarahman

Unik lagi nama tempat wisata di Lumajang ini. Seperti yang sudah disebutkan di awal bahwa Lumajang memang tempatnya wisata alam karena dikelilingi oleh berbagai gunung, ditambah Samudera Hindianya di batas selatan kota ini. Maka selain kaya akan wisata alam pegunungan atau dataran tinggi, terdapat pula wisata pantai di lumajang bagian selatannya. Salah satu pantai yang bisa anda kunjungi saat ke Lumajang adalah pantai Watu Godeg. Unik bukan namanya? Tentu juga memiliki keunikan atau kekhasan pesonanya. Pantai memang tempat dengan ketinggian paling rendah di atas permukaan laut. Walau begitu namun di pantai godeg ini anda akan disuguhi panorama perbukitan hijau yang khas. Sangat menarik bukan?

Pantai Tlepuk

pantai-lepuk
by instagram @triatma_red

Soal nama sudah tak usah ditanya lagi keunikannya. Jika pantai Watu Godeg khas dengan pemandangan perbukitannya, maka Pantai Tlepuk ini khas dengan rawa yang sangat menyenangkan untuk memancing. Tentunya selain panorama dan ombaknya yang menakjubkan. Berbagai kegiatan pantai asik untuk dilakukan disini. Jika mengunjungi Lumajang, jangan lupa untuk mengunjungi tempat wisata di Lumajang yang satu ini.

Tempat Wisata di Kabupaten Lumajang Jawa Timur Lainnya

  • Pantai Bambang : Desa Dago, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang
  • Candi dan Pura Mandara Giri : Kecamatan Sendoro, Lumajang
  • Kawasan Wonorejo Terpadu : Desa Wonorejo, Kecamatan Kedungjajang, Kabupaten Lumajang
  • Pantai Dampar : Dusun Dampar, Desa Bades, Kecamatan Pasirian, Lumajang
  • Pantai Tlepuk : Desa Gondoruso, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang
  • Kebun Teh Kertowono : Desa Wisata Gucialit, Kecamatan Gucialit, Lumajang
  • Situs Biting : Desa Kutorenon, Kecamatan Sukodono, Kabupaten Lumajang
  • Tubing Adventure : Dusun Tempoeran, Desa Senduro, Kecamatan Senduro, Lumajang
  • Air Terjun Coban Sewu : Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang
  • Ranu Regulo : Gunung Semeru
  • Ranu Pane : Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
  • Coban Pawon : Desa Wangkit, Kecamatan Gucialit, Kabupaten Lumajang
  • Ranu Lading : Desa Sumberwringin, Kecamatan Randuagung, Lumajang
  • Kolam Renang Veteran : Jalan Veteran, Lumajang
  • Agrowisata Lumajang : Desa Sukorejo, Kecamatan Pasrujambe, Kabupaten Lumajang

Itulah beberapa destinasi tempat wisata di Lumajang yang cocok untuk dipilih sebagai tujuan wisata melepas penat dari rutinitas yang tak jarang membuat bosan. Luangkan waktu sejenak untuk lepas dari rutinitas dan anda bisa berwisata alam di Lumajang. Jika anda mengunjungi Lumajang, bukan hanya wisata alamnya saja yang bisa anda nikmati. Anda yang ingin menikmati wisata lainnya juga bisa menemukannya disini karena ada berbagai macam wisata Lumajang yang siap menyambut anda.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */