Rekomendasi 21 Tempat Wisata di Lamongan yang Ramai Wisatawan

0

Tempat Wisata di Lamongan – Mendengar kata Lamongan, mungkin hal pertama yang akan muncul adalah soto Lamongan. Memang soto khas daerah Lamongan ini cukup terkenal dan banyak yang menyukainya karena kelezatannya. Mungkin anda bisa menyantap soto khas ini tanpa harus langsung datang ke Kota Lamongan. Namun, jika anda ingin berwisata di Kota Lamongan, tentu saja hal utama yang harus anda lakukan adalah berkunjung ke kota yang satu ini. Saat ini, ada banyak wisata Lamongan yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk kunjungi salah satu kota di Jawa Timur ini. Jadi, bukan hanya makanannya saja yang diminati, tapi wisata yang ada di Lamongan pun mulai dilirik banyak wisatawan.

Ada beberapa daftar tempat wisata di lamongan mulai dari wisata alam hingga wisata kuliner. Berbagai macam tempat wisata dan kuliner membuat Lamongan masuk dalam daftar wisata kota di Jawa Timur yang jangan sampai dilewatkan sebagai tujuan liburan anda. Hal ini disebabkan adanya berbagai macam tempat wisata Lamongan yang bisa anda kunjungi disini. Bukan hanya itu saja, makanan khas Lamongan pun menjadi alasan lain mengapa anda harus singgah di kota ini. Oleh karena itu, anda sebaiknya berwisata sambil mencicipi kuliner khas yang ada di kota ini. Kemudian, apa dan dimana sajakah tempat wisata Kota Lamongan ini?

Wisata Bahari Lamongan

wisata-bahari-lamongan
by instagram @wahzhu21

Wisata pertama yang diulas oleh tempatwisataindonesia ini cukup populer di Lamongan bahkan seluruh indonesia. Wisata Bahaari Lamongan atau WBL biasa disebutnya. Tempat yang satu ini menjadi wisata yang sangat direkomendasikan untuk anda yang datang ke Lamongan khususnya bersama keluarga. Berada di wilayah Kecamatan Paciran, tempat wisata yang satu ini berada di sekitar pantai. Pemandangan pantai tentu saja akan menjadi pemandangan yang bisa anda nikmati disana.

wbl
by instagram @virginiagee_28

Dikelola oleh PT Bumi Lamongan Sejati dan yang memegang saham adalah Pemkab Lamongan dan juga PT Bunga Wangsa Sejati. Karena didukung oleh Pemerintah Kabupaten, tidak heran jika hanya dalam beberapa tahun, kini hadir berbagai macam wahana yang menarik seperti Istana Bawah Laut, Gua Insectarium, Istana Bajak Laut, Rumah Kaca, Anjungan Wali Songo, Tembak Ikan, Texas City, Waterbom, Space Shuttle, Paus Dangdut dan Wahana anak-anak lainnya. Banyaknya wahana menarik yang tersedia membuat para wisatawan akan semakin betah berada di Wisata Bahari Lamongan.

Awalnya, tempat ini dikenal dengan wisata Lamongan Tanjung Kodok. Kemudian, berubah namanya menjadi WBL dengan penambahan wisata yang makin banyak dan dan menarik untuk semua orang sehingga akan semakin menarik hati para wisatawan yang datang.

Kunjungi :  19 Tempat Wisata Menarik di Samarinda Kalimantan Timur

Goa Maharani Zoo

goa-maharani-zoo
by instagram @alletha_kirana

Di sekitar Wisata Bahari Lamongan, anda bisa temukan tempat lain yang tidak kalah menarik bernama Goa Maharani Zoo. Anda yang sedang berada di WBL tinggal melewati jembatan penghubung. Luas dari goa ini sekitar 2.500 meter persegi dengan kedalaman 25 meter. Di dalam goa, anda bisa lihat ada banyak sekali bebatuan yang sangat menawan. Tentu saja, keindahan batu yang ada dalam goa akan membuat anda berdecak kagum. Jika ingin datang ke area goa, anda harus datang jam 07.30 12.00 atau 13.00 – 17.00. Jadi, apabila anda datang melebihi jam yang telah ditentukan, maka lokasi wisata ini biasanya sudah ditutup.

Makam Sunan Drajat

makam-sunan-drajat
by instagram @casbune.countslete

Lamongan pun memiliki wisata religi yaitu Makam Sunan Drajat. Seperti yang kita tahu bahwa Sunan Drajat merupakan salah satu sunan yang menyebarkan agama islam di Pulau Jawa. Untuk anda yang ingin lakukan wisata Lamongan dan sekitarnya ini, anda bisa sampai ke lokasi selama 30 menit saja dari pusat kota. Agar tempat wisata makin menarik, pemerintah pun merenovasi bangunan di sekitar makam agar tetap kuat dan juga pembangunan sebuah masjid Sunan Drajat di area tersebut. Melakukan perjalanan ke Lamongan dan berwisata religi disana tentu akan menjadi ide yang sangat menarik untuk dicoba, bukan?

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

Ini Dia 16+ Tempat Wisata di Bojonegoro Jawa Timur Terpopuler
Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur
31+ Tempat Wisata di Probolinggo yang Tak Akan Pernah Kamu Lupakan

Waduk Gondang

waduk-gondang
by instagram @fadlizunan

Waduk Gondang kemudian menjadi tempat wisata daerah Lamongan lain yang bisa anda pilih. Waduk ini memang telah menjadi wisata andalan yang ada di Kota Lamongan. Banyak warga yang sering memanfaatkan waktu mereka dengan berekreasi di daerah ini. Untuk lokasinya sendiri, para pengunjung bisa sampai ke tempat wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Lokasinya ada di 19 km dari pusat kota sehingga tidak begitu jauh.

Monumen Van der Wijck

monumen-van-der-wijck
by instagram @casbune.countslete

Monumen Van der Wijck menjadi tempat wisata yang ada di Lamongan lainmya. Monumen ini dibangun sebagai pengingat adanya tragedi tenggelamnya Kapal Van der Wijck di tahun 1336 di perairan pesisir utara Jawa. Dalam ceritanya, kapal tersebut bisa dikatakan sebagai Titanic dari Indonesia yang dibuat oleh sabuah perusahaan Belanda. Kisah mengenai tenggelamnya kapal ini ditulis oleh Buya dengan sangat ciamik. Monumen yang cukup fenomenal ini pun sebaiknya masuk dalam daftar tempat wisata Lamongan yang jangan sampai anda lewatkan ketika anda di Kota Lamongan.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Majalengka Paling Hits

Makam Sunan Sendang Duwur

makam-sunan-sendang-duwur
by instagram @te9uh_a

Bukan hanya Makam Sunan Drajat saja, makam ulama lainnya yang dikenal sebagai Sunan Sendang Duwur pun ada di Lamongan. Sunan Sendang Duwur sendiri dikenal pernah memindahkan masjid yang kini dikenal dengan Masjid Sendang Duwur dalam waktu semalam. Arsitektur unik yang dimiliki oleh masjid merupakan perpaduan antara arsitektur Islam dan Hindu. Untuk anda yang ingin tahu bagaimana uniknya masjid ini, anda cukup datang ke Desa Sendang Duwur, Kecamatan Paciran, Lamongan.

Makam Dewi Serdadu

makam-dewi-sekardadu
by marwan sidarta

Di sekitar Waduk Gondang, ada sebuah makam tokoh sejarah Kota Lamongan. Inilah makam Dewi Serdadu. Makam ini sangatlah asri sebab dikelilingi oleh tumbuhan hijau. Jika anda ke tempat wisata di Lamongan ini, maka hawa sejuk akan anda rasakan.

Pantai Brondong

pantai-brondong
by instagram @moesafir_cinta

Pantai Brondong bisa menjadi destinasi wisata lain yang ada di Kota Lamongan. Pantai yang satu ini berada di pelabuhan Paciran, Lamongan. Tempat wisata daerah paciran Lamongan ini memiliki pemandangan yang sangat indah  dan bisa dinikmati oleh semua wisatawan. Jika anda ingin mencari ikan segar, tempat ini pun menyediakan beberapa kios penjual ikan segar hasil tangkapan nelayan.

Alun-Alun Kota Lamongan

alun-alun-lamongan
by instagram @afifaturrachmawati27

Kemudian, alun-alun Kota Lamongan juga bisa menjadi salah satu tempat wisata Lamongan yang menarik. Tempatnya yang direnovasi menjadi menarik membuat banyak warga Lamongan sering habiskan waktu akhir pekan mereka bersama teman atau keluarga di tempat yang satu ini. Tumbuhan rindang yang ada di sekitar alun-alun membuat suasana menjadi makin nyaman. Bukan hanya itu saja, deretan penjual makanan khas Lamongan pun membuat anda bisa wisata kuliner disini. Nasi pecel, tahu telor hingga makanan dan minuman lain bisa anda dapatkan di tempat ini. Anda tidak perlu keliling Kota Lamongan jika ingin menikmati banyak hidangan khas dari kota ini. Cukup datang ke alun-alunnya saja, maka anda bisa mencicipi berbagai makanan khas Lamongan yang anda inginkan.

Pemandian Air Panas Brumbun

pemandian-air-panas-brumbun-lamongan
by google

Masih di daerah Paciran, Lamongan ada sebuah pemandian air panas bernama Brumbun. Suasana nyaman yang ada di sekelilingnya pastinya akan membuat semua pengunjung makin betah berendam disini. Lokasinya yang jauh dari keramaian kota juga menjadi hal yang menarik bagi anda yang ingin mendapatkan ketenangan di salah satu tempat wisata di Lamongan Jawa Timur. Jadi, anda bisa berendam dan merilekskan pikiran serta otot tubuh dari semua hal yang mengganggu. Konon, pemandian air panas ini adalah tempat bertapa Sunan Drajat.

Kunjungi :  Menengok Wisata Alam Bleduk Kuwu Grobogan Jateng

Museum Sunan Drajat

museum-sunan-drajat
by instagram @yunisiswandiati

Museum Sunan Drajat ini dibangun di sekitar makam Sunan Drajat. Dalam museum ini, para pengunjung bisa mengetahui sejarah perkembangan Islam khususnya di Lamongan. Terdapat koleksi peninggalan seperti kitab dan barang lain yang dimiliki oleh Sunan Drajat. Untuk anda yang ingin tahu lebih banyak mengenai Sunan Drajat dan juga ajarannya, anda bisa langsung datang ke area makam Sunan Drajat dan kunjungi museumnya. Belajar mengenai tokoh Islam tentu akan membuat pengetahuan anda makin luas, bukan?

Stadion Surajaya Lamongan

stadion-surajaya-lamongan
by instagram @ligasuperindonesia

Para pecinta sepak bola tentu tahu jika Lamongan memiliki stadion sepak bola sendiri yang dikenal dengan sebutan Stadion Surajaya Lamongan. Di stadion inilah para pemain Persela berlatih untuk menjadi yang lebih baik. Saat ini, stadion pun menjadi salah satu tempat wisata di Lamongan yang banyak diminati, khususnya bagi mereka penggemar sepak bola atau mungkin para supporter setia Persela. Apabila anda datang ke Kota Lamongan, ada baiknya anda singgah sebentar ke tempat yang satu ini untuk melihat bagaimana kemegahan stadion kelas dunia.

Tempat Wisata di Lamongan Lainnya :

  • Waduk Prijetan : Dusun Jatenan, Desa Tenggerejo, Kecamatan Kedungpring, Lamongan
  • Goa dan Sendang Pucakwangi Babat : Desa Pucakwangi, Kecamatan Babat Kabupaten Lamongan
  • Candi Slumpang : Desa Siser, Kecamatan Laren, Lamongan
  • Situs Sendang Gede Ngimbang : Dusun Ngimbang, Desa Ngimbang, Kecamatan Ngimbang, Kabupaten Lamongan

Singkatnya, itulah 13 tempat wisata Lamongan yang bisa anda kunjungi ketika anda datang ke kota yang telah terkenal dengan sotonya tersebut. Ada berbagai macam tempat wisata yang dapat anda pilih. Bisa dikatakan pula jika tempat wisata yang ada di Lamongan cukuplah lengkap sehingga anda bisa wisata alam, wisata religi, wisata keluarga hingga wisata kuliner ada di kota ini. Anda cukup pilih tempat wisata mana saja yang ingin anda kunjungi.

Namun, semua tempat wisata yang disebutkan di atas sangatlah direkomendasikan sebab anda bisa melihat bagaimana sejarah Lamongan hingga sampai saat ini. Nantinya, setiap tempat wisata yang anda kunjungi akan berikan hal-hal berbeda yang nantinya akan menjadi memori petualangan anda ketika berada di kota ini. Maka dari itu, saat anda di Lamongan, anda bisa dapatkan berbagai macam pengalaman menarik saat berkunjung ke tempat wisata di Lamongan di atas.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */