Surganya Wisata Indonesia

33 Tempat Wisata Alam di Kulon Progo yang Membuatmu Terpana!

0

Tempat Wisata di Kulon Progo – Jogja memang punya pesonanya tersendiri. Setiap tempat menyuguhkan pemandangan yang berbeda namun semuanya indah. Sekarang mari kita mengulas wisata Kulon Progo. Tempat wisata di Kulon Progo ini lengkap, mulai dari wisata gunung sampai wisata pantai. Sekarang akses menuju Kulon Progo sudah bagus, transportasi sudah tersedia, dan hotel juga cukup lengkap. Kami rekomendasikan beberapa tempat wisata Kulon progo yang bisa membuatmu terpana.

Wisata Kalibiru

wisata-kalibiru
by instagram @monicabaruz

Wisata Kalibiru Kulon Progo ini memang merupakan wisata alam Kulon Progo yang sedang populer akhir-akhir ini. Tentu saja berkat foto viewpoint pohon pinus yang beredar di internet membuat wisata Kulon Progo yang satu ini dikujungi banyak orang.wisata alam Kalibiru Kulon Progo terletak di Kecamatan Kokap. Para warga sekitar paham dengan potensi alam Kalibiru sehingga mereka menjaga lokasi ekowisata ini dengan baik dan bersih. Kamu bisa menikmati udara segar khas hutan sambil menikmati pemandangan Kulon Progo dari viewpoint yang legendaris itu. Cukup dengan 3 ribu rupiash saja kamu bisa menikmati wisata Kulon Progo Kalibiru. Duduk di viewpoint sambil menunggu sunset adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan disini.

Waduk Sermo

waduk-sermo
by instagram @vitrikistiw

Saat kamu sedang aik duduk-duduk santai di viewpoint Kalibiru, kamu dapat melihat wisata di Kulon Progo yang tak jauh dari Kalibiru yaitu Waduk Sermo. Disini kamu bisa mengelilingi waduk dengan berkendara atau menyewa perahu sambil melihat hiajunya Bukit Menoreh yang merupakan latar menakjubkan di Waduk Sermo. Wisata Kulon Progo yang satu ini berada di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap. Sama seperti Kalibiru, harga tiket masuk Waduk Sermo sangat murah, yaitu 2 ribu rupiah perorang dan seribu rupiah per motor. Waduk Sermo adalah tempat favorit warga sekitar untuk memancing. Sekain sebagai irigasi, warga juga bisa memelihara ikan di keramba apung. Jumlah keramba di Waduk Sermo berkisar 100 keramba. Satu keramba menghasilkan 2,5 ton ikan air tawar tiap 4 bulan. Kamu dapat menikmati wisata kuliner ikan bakar yang ditangkap langsung di Waduk Sermo, jadi ikannya masih sangat segar. Selain ikan, kamu bisa membeli buah-bauahn yang dipetik dari desa sekitar yang merupakan penghasil buah manggis, durian, dan buah-buahan laiinya.

Gunung Ijo

gunung-ijo
by instagram @winahyuwibisono

Wisata Kulon Progo Gunung Ijo berada di perbatasan antara Provinsi DIY dan Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kulon Progo dan Purworejo. Tepatnya berada di Desa Plampang, Kecamatan Kokap, untuk daerah Kulon Progo, Yogyakarta dan di Desa Durensari, Kecamatan Bagelan, untuk daerah Purworejo, Jawa Tengah. Gunung Ijo mempunyai ketinggian 1.000 mdpl dan mrupakan puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh. Lokasi Gunung Ijo agak tersembunyi karena hal itu, menemukan Gunung Ijo agak sulit bagi para pengunjung. Tersedia 2 trek untuk menuju Gunung Ijo, trek yang pendek namun jalannya jelek dan trek panjang dengan konsidi jalan yang bagus. Apa yang bisa dilihat di Gunung Ijo? Kamu bisa melihat pemandangan di semua penjuru Yogyakarta. Mulai dari Perbukitan Menoreh, Waduk Sermo, Wates, Kota Jogja, pantai di daerah Parangtritis, pantai di daerah Bantul, Purworejo, bahkan Kebumen juga Nampak dari Gunung Ijo.

Kunjungi :  Sensasi Mancing di Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul

Puncak Suroloyo

puncak-suroloyo
by instagram @nikxkris

Wisata Kulon Progo Yogyakarta yang satu ini terletak di Perbukitan Menoreh. Di Puncak Suroloyo, kamu bisa camping dan menikmati matahari terbit dan hamparan awan yang keren. Kamu tak perlu mendaki gunung karena bisa mendapatkan pemandangan fantastis di Pucak Suroloyo. Dari viewpoint, kamu bisa melihat Gunung Merapi, Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Merbabu! Bahkan jika kamu sedang beruntung, kamu bisa melihatCandi Borobudur jika sedang tidak tertutup oleh kabut. Untuk sampai ke Puncak Suroloyo, kamu harus menaiki 290 anak tangga. Anggap saja sebagai olahraga guys!

Kebun Teh Nglinggo

kebun-teh-nglinggo
by instagram @arwantex

Wisata alam di Kulon Progo yang dapat kamu nikmati selanjutnya adalah Kebun Teh Nglinggo. Berfoto dengan pemandangan khas kebun the ala film My Heart serta hamparan hutan pinus sekaligus pemandangan bukit disekitarnya tentunya membuat fotomu mendapatkan banyak loves di Instagram! Kebun teh Nglinggo masih tergolong sebagai wisata Kulon Progo Jogja yang masih baru. Kunjungi Kebun Teh Nglinggo di Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh.

Puncak Gunung Lanang

puncak-gunung-lanang
by instagram @pedrosa_oscar

Puncak Gunung Lanang adalah salah satuobjek wisata Kulon Progo terbaru dimana kamu bisa melihat pemandangan hijau Jogja bagian paling barat. Kamu bisa melihat deburan ombak Samudra Hindia di sebelah selatan dari Puncak Gunung Lanang. Sama seperti wisata alam di Kulon Progo lainnya, untuk sampai ke Puncak Gunung Lananga, kamu harus menaiki banyak tangga. Memang melelahkan tapi sepadan dengan pemandangan yang didapat. Jika kamu memang tidak kuat sampai puncak juga tidak apa-apa. Ada 2 viewpoint sebelum puncak yang juga mempunyai pemandangan yang menakjubkan. Kunjungi Gunung Lanang yang berlokasi di Desa Jatimulyo. Untuk mencari lokasi ini, tanya saja dimana Kecamatan Girimulyo.

Waduk Mini Kleco

waduk-mini-kleco
by instagram @satifa_layla

Selain Waduk Sermo, ada juga Waduk Mini Kleco yang terletak di Dusun Ngesong, Desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo. Walaupun tidak sebesar Waduk Sermo, namun pemandangan di Waduk Mini Kleco ini sangat indah dan bisa melepas penatmu selama perjalanan menuju ke waduk ini. Waduk Mini Kleco cocok untuk kamu yang tidak suka keramaian karena memang belum banyak pengunjung, padahal pemandangan di sekita waduk sangat indah lho. Karena masih sepi, maka belum banyak warung di Waduk Mini Kleco. Sebaiknya kamu sudah bawa makanan jika ingin berkunjung kesini.

Kunjungi :  30 Tempat Wisata Alam di Salatiga dan Sekitarnya

Goa Kiskendo

goa-kiskendo
by instagram @imamsarno

Jika ingin melihat stalagtit dan stalagmit di Gunung Kidul, kamu bisa mengunjungi Goa Pindul. Namun jika infin melihat pemandangan alam yang sangat menawan tersebut di Kulon Progo, kamu dapat mengunjungi Goa Kiskendo. Objek wisata Kulon Progo ini berada di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo. Gugusan stalagtit dan stalagmite Goa Kiskendo dapat membuatmu berdecak kagum saking indahnya. Menurut mitos, Goa Kiskendo adalah tempat pertempuran antara Maesuro dan Lemusur melawan Sugriwo dan Subali. Kamu bisa melihat kisah ini di relief yang terdapat di dinding goa.

Kedung Pedut

kedung-pedut-1
by instagram @imanuel_yuda

Jika kamu melihat peta wisata Kulon Progo terbaru, maka kamu dapat menemukan Kedung pedut di peta tersebut. Wisata Kulon Progo air terjun ini masih relatif baru. Air tejun alami ini memliki tiga kedung yang bertingkat-tingkat. Airnya jernih dan biru yang sangat indah jika kamu berfoto underwater. Kedung Pedut beralamat di Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo.

Air Terjun Sidoharjo

air-terjun-perawan-sidoharjo
Photo by : @lauraalycebell

Air terjun ini juga dikenal sebagai air terjun perawan karena tingkat kejernihan air yang membiru dari kejauhan dan dingin. Diving akan sangat menyenagkan disini karena kamu bisa menemukan berbagai tanaman bunga beraneka macaM di dasar air terjun. Air Terjun Perawan Sidoharjo mempunyai ketinggian sekitar 75 m. Menemukan Air Terjun perawan Sidoharjo cukup sulit karena lokasinya memang tersembunyi dan belum banyak yang tahu. Tanyalah kepada warga sekitar air terjun ini di Desa Sidoharjo, yang berada di Kecamatan Samigaluh.

Air Terjun Grojogan Sewu

air-terjun-grojogan-sewu
by instagram @bendottetapsemangat

Namanya memang sama dengan air terjun yang berada di Kabupaten Karanganyar, Jawa tengah, namun Gorjogan Sewu yang satu ini terletak di Desa Beteng, Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogaykarta. Sama seperti Air Terjun Perawan Sidoharjo, Air Terjun Grojogan Sewu masih sepi pengunjung. Air terjun ini sama indahnya seperti Air Terjun Perawan Sidoharjo.

Pantai Glagah

pantai-glagah
by instagram @erlin_florean

Pantai Glagah adalahwisata pantai Kulon Progoyang paling terkenal. Dari Kota Jogja hanya butuh 1 jam untuk menuju Pantai Glagah. Laguna atau pemevah ombak adalah spot foto paling favorit di Pantai Glagah. Fasilitasnya sudah lengkap disini. Jangan lupa kunjungi kebun buah naga dan pertanian melon yang letaknya tak jauh dari Pantai Glagah.

Pantai Trisik

pantai-trisik
by instagram @khoirurijaluddin

Menikmati pantai di sore hari memang paling pas di Pantai Trisik yang mempunyai pemandangan yang mempesona. Kamu bisa mengunjungi konservasi penyu dan melihat bermacam jenis burung yang wara-wiri di langit pantai ini. Burungnya pun unik-unik, ada burung Layang-Layang Asia, Cerek Kernyut, Kedidi Leher Merah, Trinil Pantai, Trinil Semak, Trinil Rawa, dan masih banyak lagi.

Kunjungi :  Eksotisme dan Legenda Telaga Warna Dieng Wonosobo

Pantai Congot

pantai-congot
by instagram @zhulyh

Pemandangan sunset di Pantai Congot sangat-sangat indah dibandingkan dengan pantai lain di Kulon Progo. Terletak di Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, pantai ini mudah diingat karena letaknya berada di ujung barat Kabupaten Kulon Progo. Jalan menuju Pantai Congot cukup bagus, jadi tidak ada masalah untuk akses menuju pantai yang mempunyai deretan pohon kelapa yang ditanam dengan rapi di sekitar pantai.

Wildlife Rescue Center

Buat yang suka dengan binatang, pastikan kamu datang ke Wildlife Rescue Center. Tempat ini adalah sebuah tempat dimana beberapa satwa liar yang hampir punah ditampung dan diselamatkan. Dulunya tempat penampungan ini bernama Pusat Penyelamatan Satwa Jogjakarta (PPSJ). Koleksi hewan yang ditampung dan dirawat dengan baik oleh Wildlife Rescue Center ini kebanyakan adalah orangutan. Ada beberapa satwa liar yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Wildlife Rescue Center sangat cocok dikunjungi untuk study tour untuk anak sekolah. Disini sudah disedikan pelatihan outbond, fasilitas seminar, eco-wisata serta akomodasi.

Arung Jeram Sungai Progo

arung-jeram-sungai-progo
by instagram @jaluaji77

Untuk yang suka olahraga yang dapat memicu adrenalin diwajibkan untuk datang ke Arung Jeram Sungai Progo. Tempat ini adalah salah satu tempat favorit bagi penyuka arung jeram di Indonesia. Yang membuat Arung Jeram Sungai Progo disukai oleh banyak wisatawan adalah karena arung jeram ini menyesuaikan dengan pengalaman pengunjung. Ada rute untuk pemula, untuk lanjutan, hingga untuk profesional.

Puncak Widosari

puncak-widosari
by instagram @lialiyoel

Para anak muda seperti anak kuliahan menjadikan Puncak Widosari sebagai tempat terbaik untuk rekreasi dan camping. Di Puncak Widosari kamu akan disuguhkan dengan pemandangan berupa formasi puncak unik yang dikelilingi oleh perkebunan hijau di sekitarnya. Puncak Widosari berlokasi di Dusun Tritis, Desa Ngargosari, Kecamatan Samigaluh. Sebelum sampai ke Puncak Widosari, kamu akan melewati kebun teh mungil Tritis yang wajib mampir sebentar untuk berfoto!

Bendungan Ancol

bendungan-ancol
by instagram @bpahlevy

Tempat wisata di Kulon Progo yang terakhir adalah Bendungan Ancol. Bendungan yang berada di Dusun Pantog Wetan, Desa Banjaroya, Kecamatan Kalibawang dulunya adalah bendungan Vanderwick yang dibangun pada tahun 1994. Bendungan ini penuh dengan material batu Gunung Merapi. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat rafting dan foto pre-wedding.

curug-watu-jengger
Curug Watu Jengger, Madigono, Samigaluh, Kulonprogo, DI Yogyakarta. – Photo by : @filipusdeddy
bukit-kleco
Bukit Kleco, Samigaluh, Kulonprogo, DI Yogyakarta. – by instagram @rizkiesurya
curug-setawing
Curug Setawing, Girimulyo, Samigaluh, Kulonprogo, DI Yogyakarta. – by instagram @dendra.hp
bukit-sibu
Bukit Sibu, Tlogolelo, Hargomulyo, Kokap, Kulonprogo, DI Yogyakarta. – by instagram @zulham_ashari
hutan-mangrove-kulon-progo
Hutan Mangrove, Temon, Kulonprogo, DI Yogyakarta. – by instagram @gunawanjir
air-terjun-kembangsoka
Air Terjun Kembangsoka, Jatimulyo, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. – by instagram @abdulaji40
desa-boro
Deso Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo Regency, Special Region of Yogyakarta. – by instagram @wahyu_sbp

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */