Surganya Wisata Indonesia

31 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

0
31 Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Kudus Jawa Tengah – Kudus merupakan salah satu daerah terkecil yang masuk dalam kawasan Jawa Tengah. Kudus dilewati oleh jalur pantura yang menjadi jalan utama Jakarta dan Surabaya. Kota kudus dikenal juga dengan Kota Santri dan Kota Kretek ( Rokok ).  Selain itu, Kudus dulunya juga dikenal sebagai pusat perkembangan agama islam di tanah jawa. Ini bisa dilihat dari makam-makam para wali yang terdapat disini seperti Makam Sunan Kudus, Sunan Muria, Sunan Kedu dan masih banyak lagi.

Dan lain itu semua, kudus juga memiliki tempat wisata menarik yang bisa anda kunjungi ketika melewati pantura nantinya. Berikut adalah daftar tempat wisata di Kudus Jawa Tengah yang team tempatwisataindonesia.id ulas dan rekomendasikan untuk anda :

Wisata Colo Kudus

wisata-colo-kudus-1
by instagram @yuliadi_soepardan

Wisata Colo merupakan wisata di Kudus yang menyuguhkan wisata pemandangan alamnya yang begitu indah dan hijau. Udara disekitar lokasi pun masih begitu sejuk, jauh dari polusi udara. Selain pemandangan alam yang asri, di tempat ini juga terdapat taman, Air Terjun Montel, Kebun Kopi serta Makam Sunan Muria.

Untuk mencapai ke puncak pegunungan Muria dibutuhkan stamina yang fit. Namun kalau anda tidak memiliki tenaga yang cukup atau mempunyai penyakit tertentu yang menghalangi anda untuk mendaki, anda bisa menyewa ojek disekitar lokasi yang memang disediakan oleh warga untuk disewakan.

Lokasi : Pegunungan Muria, Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus

Air Terjun Montel di Kudus

air-terjun-montel
by instagram @mochammadbo

Air Terjun Montel memiliki ketinggian -+ 50 meter. Air Terjun yang masih masuk dalam kawasan Colo ini berlokasikan di sebelah utara Makam Sunan Muria. Jadi, kalau anda berziarah ke Makam Sunan Muria nantinya bisa sekalian menikmati keindahan alam yang satu ini.

Fasilitas yang disediakan disini sudah cukup memadai, diantaranya yaitu Mushola, Toilet, Parkir Luas, Warung Makan, dan kios yang menyediakan cinderamata .

Tiket : Rp. 5.000

Air Terjun Gonggomino Colo Kudus

air-terjun-gonggomino-colo-kudus
by instagram @adienkali

Wisata di Kudus ini ramai ketika akhir pekan tiba. Selain pemadangan alam yang begitu indah, tempat wisata di Kudus yang satu ini memang sudah familiar di telinga wisatawan terutama yang berdomisilikan di Kudus. Lokasi yang tidak jauh dengan Air Terjun Montel. Dan kalau anda mau menuju ke lokasi, anda harus berhati-hati karena untuk mencapai ke Air Terjun Gonggomino hanya ada satu jalan yaitu menyusuri sepanjang sungi Rejenu.

Kunjungi :  Golden Sunrise Terbaik di Bukit Sikunir Dieng Wonosobo

Lokasi : Desa Japan, Kecamatan Dawe Kudus

Air Terjun Goa Kudus

Selain Air Terjun Montel dan Air Terjun Gonggomino, di kawasan pegunungan Muria ternyata ada juga air terjun yang kian terkenal yaitu Air Terjun Goa. Ini terlihat dari ramainya pengunjung di tempat ini terutama ketika hari libur tiba. Air Terjun ini memiliki keunikan yaitu terdapatnya dua sumber air sekaligus yang menjadikan air terjun ini tidak kering meskipun musim kemarau tiba.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

11 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi
Ini Dia 13 Tempat Wisata Menarik di Grobogan Jawa Tengah
16 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik

Air Tiga Rasa Muria Kudus

Wisata Kudus

Wisata alam rejenu menyimpan banyak misteri yang sampai saat ini belum banyak terungkap keasliannya. Selain wisata religi ke makam Syeh Sadzali, di tempat ini juga terdapat air tiga rasa. Yang mana di dalam satu lokasi ketiga air itu memiliki ketajaman rasa yang berbeda-beda.

Konon menurut warga sekitar, air tiga rasa ini memiliki khasiat tersendiri seperti menambah rasa kepercayaan diri, ketenangan jiwa serta dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Dan selain itu, di tempat ini juga seringkali orang melakukan tirakat untuk mendapatkan mata air keempat. Yang “katanya” dulu ditutup oleh Syeh Sadzali karena mitosnya air tersebut dapat mengabulkan segala permintaan orang yang minum.

Makam Syeh Sadzali

makam-syeh-sadzali-rejenu
by instagram @agusrahmandika

Tempat wisata kudus yang berikutnya yaitu wisata religi ke makam Syeh Sadzali. Syeh Sadzali ini dulunya merupakan salah satu murid dari Sunan Muria. Beliau juga membantu Suan Muria dalam menyebarkan islam di Nusantara terutama Tanah Jawa. Jadi, kalau anda pergi ke wisata alam rejenu, ada baiknya sekalian berkunjung ke Makam Syeh Sadzali untuk berziarah.

Kunjungi :  9 Oleh Oleh Khas Padang Wajib Diburu Wisatawan

Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar

bumi-perkemahan-wana-wisata-kajar
by instagram @lovenacorsel

Bumi Perkemahan Wana Wisata Kajar yang masuk dalam tempat wisata di Kudus ini merupakan sebuah hutan pinus dengan ketinggian area 600 MDPL. Yah, kesejukan serta suasana yang mendukung untuk kegiatan outdoor menjadikan tempat ini digunakan sebagai Bumi Perkemahan dan Hiking.

Lokasi : Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus

Wahana Air Mulia Kudus

Tempat Wisata di Kudus

Kalau anda mau berekreasi bersama keluarga di daerah kudus, maka tempat ini rekomended dah. Wahana permainan air yang ada disini bisa bilang komplit. Mulai dari kolam arus, ember tumbah, serta kolam renang standard nasional. Dan bukan hanya itu saja, di wisata kota kudus ini juga terdapat kolam pancing untuk anda yang hobby memancing.

Lokasi : Desa Lau, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus

Tiket : Rp. 15.000

Buka : 08.00 – 17.00

Museum Kretek Kudus

museum-kretek-kudus
by instagram @rendy_adhietya

Museum Kretek di Kudus merupakan satu-satunya Museum Rokok yang ada di Indonesia. Selain sebagai simbol pesatnya perkembangan kretek di Tanah Jawa terutama Kota Kudus. Di Museum ini anda akan mengenal sejarah, proses produksi baik manual hingga modern.

Museum yang dibangun pada tanggal 3 Oktober 1986 ini memiliki lebih dari 1.195 koleksi sejarah yang tersimpan di museum ini. Diantaranya Bahan dan peralatan rokok kretek, Benda-benda promosi di masa lampau, dokumentasi pendiri Pabrik rokok Bal Tiga, dan masih banyak lagi.

Lokasi : Jalan Getas Pejaten No. 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus

Buka : Setiap hari | 07.30 – 16.00

Tiket :

  • Senin – Sabtu | RP. 1.500
  • Minggu / Tanggal Merah | Rp. 2.000

Menara Kudus dan Makam Sunan Kudus

menara-kudus-dan-makam-sunan-kudus
by instagram @endarferdi

Menara yang menjadi icon dari Kota Kudus ini biasa orang menyebutnya dengan Masjid Al-Mana dan Masjid Al-Aqsa. Masjid yang dulunya dibangun oleh Sunan Kudus pada tahun 1549 ini memiliki keunikan tersendiri. Selain bentuknya yang mirip dengan candi karena perpaduan Budaya Islam dan Hindu, bahan dari pembuatan menara ini pun menggunakan Batu Maqdis dari Palestina.

Kunjungi :  14 Tempat Ngopi Romantis di Jogja 24 Jam

Makam Sunan Kudus

Dan kalau anda berkunjung ke Masjid ini, maka di belakangnya terdapat peristirahatan terakhir dari Sunan Kudus yang selalu ramai dikunjungi setiap waktunya. Karena Sunan Kudus juga masuk dalam salah satu Wali Songo yang terkenal di Pulau Jawa karena dakwahnya dalam menyebarkan Islam di Nusantara.

Lokasi : Desa Kauman, Kecamatan Kota, Kabupaten Kudus

Museum Purbakala Patiayam

museum-purbakala-situs-patiayam
by instagram @elsavanny

Museum Purbakala Patiayam tidak berbeda jauh dengan museum Sangiran. Fosil yang ada disini juga terjaga dengan baik karena proses penimbunannya menggunakan abu halus dan dibentuk dengan sebaik mungkin. Dan koleksi di Museum Purbakala Patiayam ini terbilang lengkap. Mulai dari fosil manusia purba, fauna intervabrata, fauna vertebrata semuanya ada disini.

Lokasi : Dukuh Kancilan, Desa Terban, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus

Desa Wisata Rahtawu

desa-wisata-rahtawu
by instagram @tito_tomi

Tempat wisata di Kudus Jawa Tengah yang satu ini memikat banyak wisatawan karena keindahan alamnya. Berada diketinggian 1.627 MDPL memungkinkan kita untuk melihat wilayah Kudus, Pati, Grobogan bahkan Jepara secara gamblang.

air-terjun-kali-banteng
Lokasi: Air terjun kali Banteng, Rahtawu-Gebog. by instagram @alvienz_07

Dan tempat ini biasanya menjadi pilihan wisatawan setelah berziarah ke Makam Sunan Muria.

Tempat Wisata di Kudus Lainnya

curug-kedung-gender
Lokasi : Curug Kedung Gender, Ceglik Japan Muria Kudus by instagram @pray_ardiyan
gunung-muria
Gunung Muria terletak di Kudus Jawa Tengah, Indonesia. by instagram @mohammad_anton
air-terjun-watu-gompeng
Lokasi/location: desa kuwukan dawe kudus by instagram @nastahsa
  • Brown Canyon Kudus
  • Taman Oasis
  • Menara Pisang
  • Air Terjun Pengantin
  • The Peak View Kudus
  • Puncak 29 Kudus

Wisata Kuliner di Kudus

  • Kopi Jetak

Kopi Jetak

Kopi yang satu ini mungkin tidak asing buat anda pecinta kopi. Yang minuman khas dari Kudus ini diracik dengan cara yang berbeda dengan kopi lainnya. Penggorengan yang sampai menghitam serta penambahan air kopi menjadi ciri khas dari Kopi Jetak ini.

Lokasi : Desa Jetak, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Kudus

  • Lentog Tanjung

Wisata Kuliner di Kudus

Salah satu wisata kuliner di Kudus yang satu ini biasanya disajikan sebagai menu sarapan. Lentog Tanjung memiliki bahan utama yaitu lontong kecil hasil potongan, sayur nangka muda atau biasa orang jawa menyebunya sayur gori dan lodeh tahu. Kemudian untuk penyajiannya sendiri ditambahkan santan dan pelangkap lainnya seperti sate telur, bakwan, puyuh seta krupuk.

Lokasi : Desa Tanjung Karang, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */