Rekomended 57 Tempat Wisata di Kota Semarang dan Sekitarnya

0

Tempat Wisata di Kota Semarang – Semarang memiliki daya tarik yang kuat untuk dikunjungi para wisatawan. Status kota ini sebagai ibukota provinsi merupakan nilai plus yang dimilikinya. Namun terlepas dari hal tersebut, Semarang memang kaya akan destinasi wisata yang menarik mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, hingga wisata buatannya. Berbagai ragam wisata tersaji disana lengkap dengan berbagai fasilitasnya. Tak heran jika Semarang memiliki ragam wisata yang lengkap, faktor lainnya yang mendukung hal tersebut adalah karena topografi wilayahnya yang lengkap, memiliki garis pantai hingga wilayah perbukitan. Perpaduan kota bersejarah, statusnya sebagai ibukota provinsi, kekayaan budaya juga kekaya alamnya membuat kota ini sayang untuk dilewatkan oleh anda yang gemar bertualang atau berwisata.

Berikut ini berbagai Tempat Wisata di Kota Semarang dan Sekitarnya dari tempatwisataindonesia yang bisa menjadi destinasi wisata anda saat mengunjungi Semarang.

Masjid Agung Jawa Tengah

masjid-agung-jawa-tengah
by instagram @nabellanataningrat

Setiap kota di alun-alunnya memang memiliki masjid agung, namun berbeda dengan Semarang karena merupakan Ibukota Provnsi Jawa Tengah. Masjid inipun menyimpan keistimewaan tersendiri salah satunya yaitu memiliki Museum Perkembangan Islam Jawa Tengah di Tower Asmaul Husna yang terletak di lantai 2 dan 3. Kemudian masih di Tower Asmaul Husna tepatnya di lantai 18 ada resto dengan view terbaik di Koa Semarang. Selain itu masih satu kompleks Masjid Agung Jawa Tengah terdapat Hotel Graha Agung yaitu ada di sisi utara. Jadi selain untuk beribadah, Masjid Agung Jawa Tengah memang didukung oleh berbagai fasilitas untuk wisata. Dengan luas lebih dari 7.500 meter persegi, masjid ini bisa menampung sekitar 16.000 jamaah. Jika berwisata ke Semarang maka sempatkan waktu untuk mampir di destinasi wisata kota Semarang yang satu ini. Tak lengkap perjalanan wisata di Semarang jika belum mengunjungi salah satu ikon kota Semarang yang satu ini.

Lawang Sewu

lawang-sewu
by instagram @kriwul27

Satu lagi ikon kota Semarang, apalagi kalau bukan Lawang Sewu. Lawang Sewu merupakan salah satu objek wisata Semarang bandungan yang sudah terkenal kemana-mana. Tempat wisata ini merupakan salah satu gedung bersejarah di Kota Semarang yang dibangun pada tahun 1904 oleh Belanda. Gedung ini dulunya merupakan gedung yang berfungsi sebagai kantor perusahaan kereta api Belanda. Kemudian setelah kemerdekaan dipakai sebagai kantor Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI) atau sekarang kita mengenalnya dengan PT Kereta Api Indonesia. Kemudian masih ada lagi sejarah penggunaan gedung ini setelahnya. Seperti namanya ‘Lawang Sewu’ yang memiliki arti pintu seribu, bangunan ini unik dengan banyak pintu dan jendelanya walaupun jumlahnya tak sampai seribu. Mengunjungi gedung bersejarah yang satu ini selain menambah wawasan juga bisa anda jadikan kesempatan untuk mengambil foto yang menarik. Foto-foto yang diambil di gedung ini sudah banyak terbukti bagus hasilnya, terlepas dari bakat si tukang foto gedung ini memang memiliki view yang unik dari arsitektunya yang khas. Menariknya gedung ini ditambah oleh suasana mistisnya. Anda yang suka uji adrenalin bisa mencoba mengelilingi berbagai sudut gedung ini. Hanya bermodalkan 10.000 rupiah anda sudah bisa menikmati berbagai sensasi di dalam obyek wisata di semarang yang satu ini.

Pagoda Buddhagaya Watugong

pagoda-buddhagaya-watugong
by instagram @jilvien

Vihara Buddhagaya Watugong juga merupakan salah satu tempat ibadah di Semarang yang juga dijadikan sebagai destinasi objek wisata kota Semarang. Vihara ini meman baru diresmikan pada tahun 2006 lalu namun sudah banyak menarik minat pa wisatawan. Selain bangunannya yang unik, bagus, dan beragam, vihara ini juga telah dinyatakan sebagai pagoda tertinggi di Indonesia oleh MURI. Tempat wisata di Semarang ini merupakan kompleks yang luas dan berisi banyak bangunan. Yang paling terkenal di vihara ini adalah Pagoda Avalokitesvara atau biasanya disebut juga dengan Pagoda Metakaruna. Nama ini memiliki arti pagoda cita dan kasih sayang. Menurut sejarahnya pagoda ini didirikan untuk menghormati Dewi Kwan Sie Im Po Sat yang oleh orang Budha dipercaya sebagai dewi kasih sayang. Buka hanya pagoda-pagodanya yang menarik yang membuat wisata daerah semarang ini patut untuk dikunjungi. Di komplek vihara ini anda juga akan menemukan cotege jadi tak perlu bingung mencari tempat menginap jika anda berniat untuk bermalam di kota Semarang. Mengunjungi tempat ini anda akan melihat sebuah kompleks vihara yang tertata rapi dengan suasana lingkungan yang asri.

Kunjungi :  Cantiknya Festival Lampion Monumen Jogja Kembali Malam Hari

Sam Poo Kong

sam-poo-kong
by instagram @andisuja

Klenteng Sam Poo Kong juga bisa menjadi destinasi wisata Kota Semarang yang menarik untuk dikunjungi, apalagi bagi anda yang memang menyukai wisata gedung atau bangunan. Klenteng ini memiliki beberapa anjungan dengan bangunan pemujaan utama yaitu Klenteng Besar dan gua Sam Po Kong, Klenteng Tho Tee Kong, Kyai Jangkar, Kyai Cundrik Bumi serta mbah Kyai Tumpeng. Menurut sejarah, tempat ini merupakan pendaratan dan tempat singgah pertama Zheng He atau Cheng Ho, yang merupakan Laksamana yang memeluk agama Islam. Sejarah ini tentu sangat menarik wisatawan khususnya wisatawan muslim. Berbagai keunikan yang dimilikinya membuat tempat wisata ini memiliki banyak pengunjung dengan berbagai latar belakang. Selain wisatawan China atau Tionghoa, muslim, juga menarik bagi wisatawan asing.

Candi Gedong Songo

candi-gedong-songo
by instagram @anan_adhe

Jika anda mencari destinasi wisata Ungaran Semarang maka Candi Gedong Songo merupakan salah satunya. Letak candi ini ada di lereng Gunung Ungaran yaitu pada ketinggian sekitar 1.200 mdpl. Maka selain candi megah yang bisa anda saksikan, pemandangan alam disana pun akan memanjakan mata. Terdapat hutan pinus, mata air yang mengandung belerang, dan berbagai keindahan alam lainnya. Kompleks candi ini dibangun pada abad ke-9 Masehi. Namanya gedong songo memiliki arti sembilan gedung, yaitu gedong yang berarti gedung dan songo yang berarti sembilan. Lokasi ini memiliki 9 candi dan tersebar di lereng Gunung Ungaran ini. Kompleks candi ini sayang untuk dilewatkan apalagi bagi anda yang memang suka wisata sejarah.

Umbul Sidomukti

umbul-sidomukti
by instagram @bendottetapsemangat

Beralih ke wisata alam Semarang. Ada wisata Umbul Sidomukti Semarang yang merupakan salah satu wisata pegunungan di Semarang. Tentu panorama alamnya eksotis akan memanjakan mata anda. Selain itu yang menjadi daya tarik tempat ini adalah empat buah kolam bertingkat dengan air yang jernih, ada bisa memilih kedalamannya sesuai keinginan. Disana anda pun bisa menikmati flying fox, marine brige, rapelin, dan berbagai wahana lainnya. Tempat wisata ini ada di lereng Gunung Ungaran pada ketinggian 1.200 mdpl tentu terbayang bagaimana sejuknya dan indahnya suasana disana. Berbagai fasilitas pun ada disana sehingga semakin memudahkan kegiatan wisata anda.

Pantai Maron

pantai-maron
by instagram @imronsuny

Semarang memang memiliki wisata alam yang lengkap dari wisata pegunungan juga pantainya. Pantai Maron merupakan salah satu destinasi wisata di Semarang yang menawarkan keindahan panorama pantainya. Pantai ini banyak dikunjungi oleh para wisatawan khususnya pada akhir pekan. Maka jika anda ingin menikmati pantai dengan lebih khikmat bisa dipilih hari selain akhir pekan. Menenangkan diri di pantai memang menjadi pilihan sebagian orang dan pantai Maron merupakan salah satu pilihan yang tepat jika kebetulan kota yang anda kunjungi adalah Semarang. Keunikan lain yang dimiliki pantai ini adalah cerita-cerita asal nama yang disimpannya. Entah mana yang benar namun ada cerita yang menyebutkan bahwa nama pantai ini berasal dari warna merah maron khas baret penerbad karena konon pantai ini masih milik penerbangan TNI Angkatan darat (Penerbad). Cerita lain menyebutkan bahwa nama maron merupakan singkatan dari Marina Kulon. Coba saja kunjungi pantai ini, coba dengar mana cerita yang sampai ke telinga anda.

Kunjungi :  Destinasi dan Jalan Menuju Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

Pantai Marina

pantai-marina
by instagram @afandiputra

Selanjutnya ada Pantai Marina. Pantai ini juga merupakan salah satu pantai eksotis di Semarang. Jika anda mengunjungi tempat wisata Semarang ini pada musim hujan maka di sisi utara agak ke timur anda akan melihat air laut disini berwarna kecoklatan. Hal tersebut karena pada sisi timur pantai ini merupakan tempat bermuaranya sungai banjir kanal barat. Pantai Marina tergolong pantai kecil dan letaknya ada di sekitar kawasan perumahan. Namun pemandangannya tak akan mengecewakan anda termasuk pemandangan matahari tenggelamnya. Anda yang suka mengejar pemandangan matahari tenggelam maka bisa memilih pantai yang satu ini jika mengunjungi Semarang. Menilik sisi sejarahnya maka katanya pantai ini dibuat dari reklamasi daratan. Sebelum reklamasi daratan tersebut pantai ini dulunya merupakan hutan bakau dan tambah. Reklamasi dilakukan menghasilkan bangunan perumahan, pertokoan, dan perkantoran, kemudian di sisi lainnya menjadi tempat wisata Sematang ini yaitu Pantai Marina.

Pantai Tirang

pantai-tirang
by instagram @setiaandika

Masih wisata alam Semarang pantai. Pantai Tirang juga tak kalah menyedot minat para wisatawan yang datang ke Semarang. Jika anda mengunjungi pantai Maron maka bisa sekalian mampir ke Pantai Tirang karena pantai ini bersebelahan langsung dengan Pantai Maron. Mengunjungi pantai ini anda bisa melihat aktivitas para nelayan membudidayakan rumput laut. Mengajak anak ke pantai ini juga menjadi pilihan yang tepat karena anda bisa mengajaknya wisata alam sekaligus mengenalkannya pada berbagai kegiatan nelayan khususnya dalam budidaya rumput laut. Disana kita juga bisa menjumpai pohon mangrove dan juga terumbu karang, juga sunset yang indah. Ombaknya tidak terlalu besar semakin mendukung kegiatan wisata apalagi wisata keluarga. Akan anda temui berbagai sisi keeksotisan dari pantai ini, bisa juga dipilih sebagai destinasi tempat wisata sekitar semarang romantis bersama pasangan.

Air Terjun Kali Pancur

air-terjun-kali-pancur
by instagram @_jerse_adji_h_

Semarang juga memiliki wisata air terjun. Salah satu air terjun yang bisa anda nikmati keindahannya di Semarang adalah air terjun Kali Pancur. Bisa dibilang air terjun Kali Pancur merupakan wisata di Semarang berupa air terjun yang paling terkenal. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 150 meter, keindahannya dilengkapi dengan bebatuan alam dengan pepohonanhijau yang segar dipandang mata. Untuk menikmati keindahan air terjun ini anda harus sedikit berjuang meniti anak tangga yang jumlahnya sekitar 900. Maka jangan lupa siapkan fisik jika memilih tempat wisata di Semarang yang satu ini. Lokasi wisata ini selain menjadi favorit para wisatawan juga menjadi favorit para pecinta alam yang senang panjat tebing. Aktivitas panjat tebing mungkin bisa anda temui disana. Atau anda hoby dengan kegiatan ini? Maka cobalah panjat tebing disana dan rasakan sensasinya.

Kunjungi :  Keindahan Tiada Tara di Curug Sawer Tasikmalaya

Kampoeng Wisata Taman Lele

kampoeng-wisata-taman-lele
by instagram @r.winda

Bagi anda yang mencari tempat wisata kota semarang maka anda bisa mengunjungi Kampoeng Wisata Taman Lele. Tempat wisata di Semarang yang satu ini cocok untuk tempat menghabiskan liburan bersama keluarga. Memiliki luas 2 hektar dengan berbagai fasilitasnya semakin menunjang kegiatan wisata bersama keluarga. Berbagai fasilitas yanga da disana diantaranta adalah kolam renang, danau buatan, taman bermain anak, kebun binatang kecil, penginapan, gazebo, tempat pertunjukan, dan lain sebagainya. dengan tiket masuk 2.000 rupiah pada hari biasa dan 3.500 di akhir pekan maka anda bisa memboyong keluarga besar tanpa takut kekurangan budget.

Taman Rekreasi Wonderia

Ada lagi objek wisata Kabupaten Semarang yang bisa anda masukan dalam list anda yaitu taman rekreasi Wonderia. Taman ini termasuk dalam objek wisata di Semarang favorit dengan berbagai fasilitas dan berbagai permainan yang tersedia. Disana ada berbagai permainan seperti Merry Go Round, Super Rally. Kiddy Boat, Typhoon Coaster, Boom Boom Car, Spae Gyro, dan sebagainya. Arena permainan ini tentu akan disukai oleh anak-anak dengan permainan-permainannya yang mengasyikan. Untuk anda yang uji nyali juga tersedia Ghost House atau rumah hantu. Menemani anak tak akan bosan karena anda pun bisa ikut menikmati berbagai permainannya. Masih banyak lagi permainan seru lainnya yang ditawarkan oleh Wonderia. Semakin nyaman dengan lingkungan wisata yang rindang dan sejuk, juga keamanan yang terjamin. Lagi-lagi anda tak perlu khawatir memboyong keluarga besar karena untuk masuk ke tempat ini anda hanya perlu merogoh krocek sebesar 5.000 per orang.

Simpang Lima

simpang-lima
by instagram @maya.sebtiana

Nah, yang satu ini juga tak boleh anda lewatkan jika mengunjungi kota Semarang. Simpang Lima juga menjadi ikon kota Semarang dan banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Merupakan salah satu spot foto yang bisa anda ambil saat mengunjungi Semarang. Bisa juga menjadi destinasi tempat wisata daerah semarang malam hari. Selain itu Simpang Lima juga terkenal memiliki pusat belanja yang paling lengkap di Semarang. Disekitar Simpang Lima terdapat berbagai pusat perbelanjaan besar seperti Plaza Simpang Lima, Ramayana, juga Matahari Mall. Jika kesana saat hari libur maka anda bisa menjumpai pusat jualan rakyat dengan aneka ragam barang yang dijual, murah dan bagus tentunya. Semakin lengkap dengan berbagai wisata kuliner Semarang yang tersaji disana. Mengunjungi Simpang Lima akan semakin melengkapi perjalanan wisata anda di Semarang.

Pasar Johar Semarang

Selain di Simpang Lima, wisata belanja Semarang bisa juga anda nikmati di Pasar Johar Semarang. Disana tersedia beraneka macam produk juga tepat untuk anda jadikan destinasi wisata belanja untuk oleh-oleh keluarga dan kerabat di rumah. Pasar ini merupakan pasar dua lantai dan menjadi salah satu pusat ekonomi warga Semarang. Anda akan mendapat berbagai barang berkualitas dengan harga murah asalkan pandai dalam menawar. Pasalnya tak jarang harga dipasang tinggi.

Itulah beberapa pilihan destinasi wisata Semarang yang bisa anda kunjungi mulai dari wisata gedung dan wisata sejarah, wisata alam, wisata buatan dan rekreasi, juga wisata belanja dan wisata kuliner. Semuanya lengkap bisa anda nikmati di Ibukota Provinsi Jawa Tengah ini. Mulai persiapkan perjalanan wisata ke Semarang dan pilih berbagai objek wisatanya. rental mobil jogja

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */