Daftar 23 Tempat Wisata Baru di Kendal Jawa Tengah

0

Tempat Wisata di Kendal Jawa Tengah – Kendal merupakan salah satu wilayah di Indonesia yang berada di Jawa Tengah. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah wisatawan cukup banyak, termasuk pada salah satu daerah di Jawa Tengah tersebut. Wisata Kendal yang sangat beragam mulai dari pantai hingga berbagai tempat wisata lainnya membuat Kendal menjadi salah satu kota yang banyak dikunjungi wisatawan. Tak hanya dikenal sebagai salah satu kota yang memiliki segudang wisata saja, Kendal juga termasuk kedalam salah satu kota metropolitan. Kota yang cukup besar bahkan masuk kedalam urutan ke empat kota besar Indonesia.

Bagi Anda yang sedang merencanakan liburan, mengunjungi kota santri atau kota Kendal ini merupakan pilihan yang tepat. Ada banyak tempat wisata menarik yang bisa Anda kunjungi. Mulai dari wisata alam, tempat wisata kuliner di Kendal, hingga beberapa tempat yang memiliki nilai-nilai sejarah cukup tinggi. Bagi Anda yang ingin mengunjungi Kendal, berikut ini adalah beberapa tempat wisata Kendal Jateng yang wajib Anda kunjungi.

Pantai Ngebum

pantai-ngebum
by instagram @purwadi_suryamiyoso

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara kepulauan. Sehingga menjadikan hampir seluruh wilayah atau kota di Indonesia memiliki segudang wisata alam berupa pantai atau laut dengan pemandangan yang indah. Beberapa diantaranya terdapat di Kendal. Wisata pantai Kendal yang pertama yang wajib Anda kunjungi yaitu Pantai Ngebum. Pantai Ngebum yaitu pantai yang terdapat di Desa Mororejo, tepatnya di kecamatan Kaliwungu, Kendal Jawa Tengah. Pantai berpasir coklat ini memiliki pemandangan yang cukup indah. Tak sedikit orang yang menghabiskan liburan di pantai ini. Di pantai ini, Anda tidak hanya bisa bermain di sekitar pantai atau menikmati suasana romantis sunset saja. Anda bisa bermain atau berenang di air dengan nyaman. Namun, pastikan pada air yang tidak terlalu dalam.

The Sea Pantai Cahaya

the-sea-pantai-cahaya
by instagram @amellyaanoor

The Sea Pantai Cahaya merupakan salah satu wisata pantai Kendal yang paling terkenal. Pantai ini bisa menjadi rekomendasi untuk Anda yang ingin mengunjungi tempat-tempat menarik bersama dengan keluarga Anda. Pasalnya, pantai yang berada di daerah Sendang Sikucing ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap bak di taman bermain air. Dengan adanya kolam waterpark, taman rekreasi pantai untuk bermain anak-anak hingga pentas hiburan hewan lumba-lumbad dan berbagai macam wahana menarik lainnya. Di pantai ini, Anda juga bisa melihat sunrise dan juga sunset dengan baik. Pantai ini juga termasuk kedalam pantai yang unik dengan adanya kebun binatang dan hutan wanawisata disekitarnya. Sehingga Anda sudah bisa mengunjungi beberapa tempat yang penuh dengan nilai edukasi dan tempat terbaik untuk berlibur.

Kunjungi :  Pantai Tirang Semarang, Pantai yang Asik Untuk Mancing

Pantai Sendang Sikucing

pantai-sendang-sikucing
by instagram @amier_ceemengz

Wisata pantai Kendal yang memiliki letak tak jauh dari Pantai Cahaya yaitu Pantai Sendang Sikucing yang berada di Kecamatan Rowosari. Pantai ini menjadi kawasan wisata unggulan kota Kendal. Sehingga tak sedikit wisatawan yang mengunjungi tempat wisata ini. Lokasinya yang mudah dijangkau yaitu berada di sebelah pantai Cahaya menjadikan tempat ini banyak dikunjungi oleh wisatawan baik untuk melihat pemandangan lautnya yang indah maupun untuk menyaksikan sunset.

Pantai Jomblom

Kendal memang dikenal sebagai kota yang memiliki wisata pantai yang cukup banyak. Tempat wisata di kota Kendal  Jawa Tengah yang berupa pantai selanjutnya yaitu pantai Jomblom. Bagi Anda yang ingin mengunjungi pantai ini, Anda bisa mengunjunginya di Desa Margorejo, tepatnya di kecamatan Cepiring. Pantai Jomblom memiliki pemandangan yang cukup berbeda dengan pantai-pantai Kendal lainnya. Disini, Anda bisa melihat hijaunya pohon bakau yang berfungsi untuk menangkal abrasi pantai akibat dari terjangan ombak berjajar di pinggir pantai. Tak sedikit wisatawan yang datang ke pantai berpasir hitam ini hanya untuk melihat sunset dan juga memancing ikan dipinggir laut.

Selain memiliki banyak wisata pantai, tempat wisata baru di Kendal yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan yaitu wisata air terjun. Berikut ini adalah wisata air terjun di Kendal yang bisa Anda temui di beberapa daerah.

Curug Sewu

curug-sewu
by instagram @wibisonoo96

Curug Sewu merupakan tempat wisata air di Kendal yang memiliki pemandangan indah. Curug ini memiliki ketinggian mencapai 80 meter. Curug Sewu yang berarti air terjun seribu ini tak hanya terdapat satu curug besar saja. Di sekitar air terjun yang besar terdapat beberapa air terjun dengan ukuran yang cukup kecil yang menjadi satu. Curug yang berada di kecamatan Patean ini cukup unik, karena merupakan salah satu wisata air terjun yang memiliki debit air cukup besar. Bahkan curug ini dinobatkan sebagai curug yang memiliki debit terbesar se Jawa Tengah. Di curug ini, Anda tidak hanya dapat melihat pemandangan air terjun saja, Anda juga bisa mengunjungi kebun binatang mini yang terdapat disekitar tempat wisata.

Curug Semawur

curug-semawur
by instagram @sadamsearch

Curug Semawur merupakan tempat wisata Kendal berupa air terjun yang memiliki ketinggian 1.300 mdpl. Tempat wisata ini berada di desa Blumah, Kecamatan Plantungan. Tempat wisata ini cukup menarik, karena Anda bisa melihat pemandangan dari 8 tingkat air terjun yang menyatu dengan indah. Potensi dari curug Semawur ini cukup bagus, namun karena lokasinya yang cukup tersembunyi, menjadikan curug ini kurang populer. Sehingga wisatawan yang mengunjungi curug ini sebagian besar merupakan wisatawan local saja.

Kunjungi :  Pesona Sunrise Pantai Goa Cina Malang Selatan

Curug Glawe

curug-glawe
by instagram @sonnihermawan24

Tempat wisata Kendal yang berupa air terjun lainnya yaitu Curug Glawe. Wisata Kendal air terjun yang berada di desa Cening, Singorojo, Kendal ini merupakan salah satu curug yang banyak digemari oleh wisatawan. Curug ini memiliki ketinggain 20 meter dengan 2 tingkat sehingga Anda bisa melihat pemandangan air terjun yang berundak-undak. Curug yang memiliki kedalaman sekitar 1,5 meter ini membuat Anda bisa berenang dengan bebas untuk merasakan segarnya curug Glawe ini.

Curug Panglebur Gongso

curug-panglebur-gongso
by instagram @xiaomadefa

Kendal memiliki wisata yang cukup beragam apalagi wisata yang berupa air terjun. Wisata Kendal berupa air terjun yang banyak didatangi wisatawan lainnya yaitu Curug Penglebur Gongso yang memiliki ketinggian mencapai 50 meter. Curug ini berada di lokasi parbatasan dengan Semarang tepatnya di kaki gunung Ungaran. Lokasi dari curug ini juga tak begitu jauh dengan Candi Gedongsogo. Bagi Anda yang ingin menikmati sejuknya air terjun ini, Anda bisa berenang di kolam pemandian yang ada di bawah air terjun ini.

Selain memiliki wisata pantai dan wisata air terjun, Kendal juga memiliki wisata alam lainnya yang wajib Anda jelajahi seperti berikut ini;

Perkebunan Teh

Bagi Anda yang ingin sejenak menghilangkan penat yang ada pada diri Anda, Anda wajib mengunjungi wisata Kendal yang satu ini. Wisata alam yang menyajikan asrinya pemandangan dan sejuknya udara ini yaitu wisata kebun teh Medini. Suasananya yang sunyi membuat Anda akan terlupa dengan hiruk pikuk kota yang cukup semrawut. Kebun teh yang berada di ketinggian 1.500 mdpl ini berada di kaki gunung ungaran di desa Ngesrep Balong, kecamatan Limbangan. Hijaunya pemandangan dan udaranya yang masih asri membuat tak sedikit wisatawan yang ingin terlena dengan kehidupan desa berbondong-bondong mendatangi kebun teh ini.

Bukit Seloarjuno

bukit-seloarjuno
by instagram @evaa2303

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Kendal memiliki tempat wisata yang cukup menarik yaitu bukit Selo. Bukit yang menjulang tinggi ini berada di desa Kedungboto, Kecamatan Limbangan. Bukit ini dikelilingi dengan pemandangan hijau dan berada diketinggian yang cukup pas sehingga Anda bisa melihat indahnya kota Kendal dengan baik dari bukit ini.

Desa Wisata Kartika Beach

desa-wisata-kartika-beach
by instagram @2621nopi

Tempat wisata di Kendal Pulau Tiba yang populer lainnya yaitu Desa Wisata Kartika Beach. Konsep desa wisata yang usung oleh desa Kartika Jaya Kecamatan Patebon ini memiliki konsep yang unik. Dengan mengusung konsep wisata laut, desa ini menawarkan panorama alam yang berbeda yaitu dengan adanya kawasan mangrove dan pantai yang indah. Selain itu, tak sedikit orang yang berkunjung ke desa ini untuk menikmati berbagai sajian kuliner dengan sajian berupa ikan khas Kendal.

Kunjungi :  6 Tempat Makan Enak dan Murah di Semarang yang Romantis

Agrowisata Ngebruk Patean

Bagi Anda yang berlibur bersama dengan keluarga dan anak-anak Anda, mengunjungi tempat wisata di Kendal yang memiliki nilai edukasi tinggi sangatlah penting. Selain bisa menambah wawasan, juga bisa menambah pengalaman. Salah satu tempat wisata di Kendal yang memiliki nilai edukasi yaitu agrowisata Ngebruk Patean. Wisata ini merupakan wisata alam berupa perkebunan yang memiliki berbagai macam tanaman berkualitas unggul. Di perkebunan ini, terdapat berbagai macam tanaman baik buah-buahan hingga sayuran. Anda bisa melihat dan mempelajari mengenai cara menanam berbagai macam buah-buahan yang banuak dibudidayakan di agrowisata ini. Mulai dari kelengkeng, buah naga, durian montong hingga sirkaya dan melon bahkan jagung dengan kualitas terbaik.

Desa Wisata Sembrani

desa-wisata-sembrani
by instagram @tirzaalvina1303

Bagi Anda yang ingin menikmati wisata ala cowboy, Anda bisa mengunjungi salah satu tempat wisata Kendal Boja yaitu Desa Wisata Sembrani yan berad di desa Leban kecamatan Boja. Di kawasan wisata ini, Anda bisa merasakan pengalaman menunggangi kuda bahkan bertani. Karena desa ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti stable, kebun durian, persawahan dan beberapa fasilitas lainnya. Sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda dan keluarga Anda. Mengunjungi desa wisata ini, Anda tidak perlu bingung untuk mencari tempat tinggal. Karena di kawasan wisata ini terdapat homestay yang memungkinkan Anda menginap ditempat tersebut dengan keluarga Anda.

Kampung Djowo Sekatul

kampung-djowo-sekatul
by instagram @yugatasuciani

Tempat wisata di Kendal yang memiliki konsep wisata unik dan menarik lainnya yaitu desa Wisata Kampoeng Djowo Sekatul. Kawasan wisata yang berada di desa Mergosari, Kecamatan Limbangan ini menyuguhkan pemandangan yang tidak biasa dengan adanya suasana ala pedesaan yang bisa membawa Anda merasakan tinggal dan hidup di pedesaan. Kawasan wisata ini ditujukan untuk Anda orang kota yang ingin merasakan suasana hidup di desa. Di tempat ini, Anda bisa menikmati berbagai macam fasilitas seperti outbond hingga perkemahan. Selain itu, bagi Anda yang ingin menginap di penginapan yang bernuansa pedesaan, kawasan wisata ini memiliki rumah dnegan konsep tradisional dengan budaya Jawa yang sangat kental sehingga sangat cocok untuk dikunjungi oleh Anda yang ingin merasakan berlibur di beberapa Wisata Kendal dengan suasana yang berbeda.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */