Surganya Wisata Indonesia

42 Tempat Wisata di Kebumen yang Belum Banyak Diketahui

0
42 Tempat Wisata di Kebumen yang Belum Banyak Diketahui
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Kebumen Jawa Tengah – Jika Anda ingin berwisata di daerah Jawa Tengah, Anda tidak boleh melewatkan untuk singgah di kota Kebumen. Memangnya ada wisata apa saja di Kebumen? Jika Anda belum tahu, ada banyak loh destinasi wisata yang dapat Anda kunjungi di kabupaten Kebumen dan sekitarnya. Wisata Kebumen terbaru dan sangat beragam. Kebumen memiliki banyak pantai dengan pemandangan eksotis, Kebumen juga memiliki berbagai wisata alam yang menakjubkan, tidak ketinggalan wisata air mulai dari yang menenangkan dan merelaksasi tubuh sampai yang memacu adrenalin, serta bagi Anda yang ingin berwisata religi Anda juga dapat mengunjungi beberapa makam syekh di kabupaten ini.

Bagi para pemburu pantai, Kebumen merupakan salah satu surganya pantai. Berada di bagian selatan pulau jawa, Kebumen menyuguhkan keindahan laut selatan dengan pemandangan pantai yang eksotis khas pesisir selatan Jawa. Tempat wisata Kebumen keren satu ini benar-benar tidak boleh Anda lewatkan. Ada 9 wisata pantai Kebumen yang dapat Anda jelajahi, dimana saja? Berikut ulasannya.

Pantai Ayah

pantai-ayah
by instagram @febbyasrief

Pantai ayah merupakan pantai yang dikelilingi bukit. Terletak di sebelah selatan kota Kebumen dengan jarak sekitar 7 km dari goa Jatijajar. Pantai ini di daerah Kebumen memang bukan pantai yang memiliki pasir putih. Namun, keindahan pantai bukan hanya dari ada tidak nya pasir putih bukan? Menikmati keindahan pantai ayah dengan bukit hijau yang mengelilinginya juga dapat ada jadikan salah satu tujuan piknik yang mengasyikan. Apalagi Anda dapat menikmati berbagai kuliner seafood yang segar dan langsung dimasak di sekitar lokasi pantai pasti dapat menambah nikmatnya berlibur ke pantai yangterkenal di Kebumen ini.

Pantai Menganti

pantai-menganti
by instagram @nopitaah

Selanjutnya adalah wisata Kebumen pantai Menganti. Yah, pantai yang satu ini menjadi sangat populer dikalangan pecinta laut karena keindahannya. Daerah pantainya yang masih sangat sepi menjadi salah satu daya tarik untuk mengunjungi pantai ini. di hari-hari tertentu jika Anda beruntung Anda bahkan dapat menikmati keindahan pantai yang bersih serasa pantai milik pribadi. Menyenangkan bukan?

Pantai Suwuk

pantai-suwuk
by instagram @arif_cah

Pantai Suwuk merupakan tempat wisata di Kebumen dan sekitarnya yang menjadi Andalan. Maka tidak heran pantai ini menjadi salah satu pantai yang ramai dikunjungi baik wisatawan lokal maupun warga sekitar. Jika Anda bergerak dari kota Kebumen sejauh 50 km, Anda akan mendapati pantai yang berada di desa Suwuk kecamatan Puring ini. fasilitas wisata di pantai ini sudah terbilang cukup lengkap, ada berbagai wahana permainan yang ditawarkan, dilengapi dengan pesawat garuda boeing 737 milik maskapai penerbangan garuda yang kini menjadi salah satu tempat untuk wisata edukasi bagi anak-anak sembari menikmati penadangan pantai.

Kunjungi :  Asal Usul dan Tiket Masuk Waduk Gajah Mungkur

Pantai Karang Bolong

pantai-karang-bolong
by instagram @rizki_astri19

Pantai Karang Bolong merupakan pantai yang terletak tidak jauh dari pantai suwuk. Namun, walaupun ‘bertetangga’ pantai jarang bolong ini berlokasi di kecamatan yang berbeda dari pantai suwuk. Menawarkan keindahan pantai yang berbeda dari pantai suwuk, pantai Karang Bolong juga tidak boleh terlewat bagi Anda pecinta pantai. Di pantai ini terdapat banyak batu karang yang bolong atau berlubang yang digunakan oleh burung walet untuk bersarang sehingga pantai ini diberi nama pantai Karang Bolong. Dikelilingi dengan bukit menjulang dan pohon-pohon kelapa yang melambai tertiup angin menambah nyaman suasana pantai ini.

Pantai Petanahan

pantai-petanahan
by instagram @ariyanz_124

Pantai ini pernah menjadi Andalan wisata pantai di Kebumen sebelum banyak pantai yang ditemukan di sekitar nya sehingga pamor pantai ini berkurang. Namun jangan berpikir negatif terlebih dahulu, pantai yang terletak di kecamatan Petanahan ini tidak kalah eksotis loh. Pantai yang penuh legenda ini memiliki air yang jernih yang sayang jika Anda lewatkan.

Pantai Karang Agung

pantai-karang-agung
by instagram @ginanjar_subekti

Tidak ada pasir di objek wisata di Kebumen ini. pantai tidak selalu identik dengan hamparan pasir yang bertemu ombak di ujungnya. Pantai Karang Agung menawarkan pemandangan yang berbeda. dihiasi bebatuan yang bertemu langsung dengan ombak, pantai yang masih sepi dan belum banyak terjamah manusia ini sangat menarik untuk dikunjungi. Yang menambah daya tarik adalah adanya batu karang yang ikonik berdiri kokoh di tepi pantai ini. oleh warga, batu karang ini dikeramatkan dan dilindungi, sehingga kelestariannya terjaga.

Pantai Pecaron

pantai-pecaron
by instagram @temmy_dwim

Pantai ini tidak terlalu luas dibanding pantai-pantai lainnya di Kebumen. Namun, karena masih sepi dan tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke pantai ini, pantai Pecaron dapat Anda jadikan sebagai salah satu pantai untuk melarikan diri sejenak dari kebisingan kota. Suasananya yang sepi dan nyaman dapat menyegarkan pikiran Anda dan membuang hawa negatif karena polusi kota.

Pantai Pasir Kebumen

pantai-pasir-kebumen
by instagram @andreputraw

Salah satu tempat wisata di Kebumen Gombong ini memiliki cerita misteri tersendiri. Dikisahkan tempat ini merupakan gerbang menuju istana Nyi Roro Kidul yang menguasai laut selatan Jawa. Terlepas dari cerita misterinya, pantai ini memiliki daya tarik yaitu terdapatnya tempat pelelangan ikan. Jika Anda ingin mendapatkan ikan segar hasil tangkapan nelayan, Anda dapat mengunjungi pantai ini.

Pantai Lembupurwo

pantai-lembupurwo
by instagram @dedii.hermawan

Akses ke pantai Lembupurwo sudah sangat bagus dan nyaman. Anda dapat mengunjungi pantai dengan pasir hitam hingga kecoklatan ini dengan nyaman. Pemandangan yang disajikan pun unik sehingga menarik untuk Anda kunjungi di waktu libur Anda. para pemburu pantai harus mencoba mengunjungi pantai dengan perpaduan rawa dan pohon cemara ditepian pantai nya ini.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata Eksotik di Sleman yang Sayang Terlewatkan

Wisata alam Kebumen juga tidak kalah menarik untuk Anda kunjungi. Ada berbagai wisata alam yang siap membuat pikiran Anda tenang dan kembali refresh saat kembali bekerja nanti. Jadi tunggu apa lagi mari kita simak wisata alam apa saja yang ada di Kebumen.

Goa Jatijajar

goa-jatijajar
by instgram @rissky_andara

Obyek wisata Kebumen yang paling terkenal adalah goa Jatijajar. Goa ini merupakan goa yang sudah terbentuk ribuan tahun menghasilkan pemandangan bawah tanah yang luar biasa. Terletak di 21 km dari Gombong dan 42 km dari Kebumen, salah satu wisata Kebumen dan sekitarnya ini memeliki legenda yang menarik. Konon, dahulu goa ini digunakan oleh raden Kamndaka dalam certa lutung kasarung sebagai tempat bertapa. Goa eksotik ini sudah dibangun dengan sangat apik, sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat karena penerangan dan jalan di dalam goa telah dibuat sedemikian rupa agar wisatawan aman dan nyaman saat mengunjungi goa ini.

Goa Petruk

goa-petruk
by instagram @pesonabhineka

7 km dari goa Jatijajar, Anda akan menjumpai goa Petruk ini. goa ini memberikan pemandangan keindahan goa yang eksotis dengan stalaktit dan stalakmitnya yang ikonik. Suara tetesan air kapur yang terus menetes secara teratur memberikan irama menggema yang menenangkan. Terdapat beberapa relief kehidupan manusia dan tokoh pewayangan di goa ini. jika Anda berkunjung ke goa Jatijajar, tidak ada salahnya untuk mampir ke goa Petruk ini.

Goa Barat

goa-barat
by instagram @smartrip.id

Goa Barat merupakan wisata Kebumen yang baru dibuka untuk umum belum lama ini yaitu pada tahun 2012. Jika Anda pecinta susur gua, goa barat merupakan lokasi yang dapat Anda kunjungi. Di dalam goa ini terdapat air terjun yang ketinggiannya mencapai 32 meter dengan keindahan stalaktit dan stalakmit yag mengagumkan. Goa ini dibuka untuk wisatawan yang memiliki tujuan atau minat khusus seperti susur gua. Masuknya pun harus disertai dengan pemandu agar perjalanan Anda aman.

Bukit Pranji

bukit-pranji
by instagram @oes.jhun

Nah, untuk para mencari sunrise, Anda dapat mengunjungi bukit Pranji ini jika sedang berada di sekitar Kebumen. Banyak wisatawan yang sengaja mendirikan tenda di bukit ini untuk mendapatkan sunrise yang memukau. Anda juga bisa mendapatkan view yang memukau jika mendaki bukit ini.

Curug Kedondong

curug-kedondong
by instagram @candradwi01

Wisata Kebumen ini berada di desa gunungsari kecamatan karanggayam, Kebumen. Anda dapat menjangkaunya dengan mudah dari kota Kebumen. Hanya butuh waktu sekitar 45 menit dari kota Kebumen Anda sudah dapat menikmati keindahan curug atau air terjun yang memiliki ketinggian sekitar 23 meter ini.curug ini belum dikelola secara resmi dan masih jarang yang mengunjunginya. Namun karena belum terjamah dan lokasinya masih dipedalaman, keindahan curug ini masih sangat asli dan terjaga. Jangan sampai Anda lewatkan menjelajah ke curug ini jika sedang memiliki waktu luang.

Kunjungi :  19 Tempat Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan

Curug Sudimoro

curug-sudimoro
by instagram @hasyimikh

Air terjun yang memiliki empat tingkatan ini sayang jika tidak dikunjungi bagi Anda pecinta wisata alam. Curug yang berlokasi di desa Donorejo, Kenteng, kabupaten Kebumen ini menjadi salah satu tempat wisata di Kebumen jateng yang harus Anda kunjungi jika sedang singgah di kabupaten ini. suasana nya yang segar dijamin membuat Anda puas selama liburan.

Jembangan Wisata Air

jembangan-wisata-air
by instagram @ressa26

Wisata jembangan Kebumen merupakan wisata yang sedang populer dikalangan anak muda. Banyak spot-spot yang instagramable di Jembangan wisata alam Kebumen wisata ini terletak di desa jembangan, pocowarno, Kebumen. Kawasan wisata terpadu ini menyediakan berbagai wahana. Seperti perahu yang dapat Anda naiki untuk berkeliling telaga hijau nan asri, serta berbagai permainan anak yang memiliki harga tiket yang cukup terjangkau. Bagi Anda penggemar fotografi, Anda bisa singgah ke sini untuk sekedar berfoto dan memamerkannya di akun media sosial milik Anda.

Pemandian Air Panas Krakal

pemandian-air-panas-krakal
by instagram @adonkz_dunkz

Tempat wisata di Kebumen kota ini dapat dijadikan tempat merelaksasi baik tubuh dan pikiran Anda tentunya adalah pemandian air panas Krakal. Pemandian air panas alami ini berada di desa krakal, Alian, Kebumen. Destinasi wisata ini sudah cukup terkenal karena air panasnya yang terkenal alami dan menyajikn tempat VIP bagi Anda yang ingin menikmati mandi air panas dengan lebih nyaman. Pastikan Anda mampir kesini untuk merasakan nikmatnya berendam air panas alami tanpa harus jauh-jauh ke negeri Sakura.

Wisata Religi

Dalam peta wisata Kebumen terbaru, Anda juga dapat merasakan wisata religi. Jika Anda tertarik dengan wisata religi, Anda bisa berkunjung ke beberapa makam shekh dan para pemimpin islam pada masa terdahulu di daerah Kebumen. Beberapa makam yang dapat Anda kunjungi diantaranya makam Syeikh Abdul Awal, makam Anom Sida Karsa, makam Syekh Abdul kahfi Lemah Lanang, makam Tumenggung Kalapaking, makam R. A. Tan Peng Nio Kalapaking.

Sekian beberapa ulasan mengenai daftar tempat wisata di Kebumen yang belum banyak diketahui dan dapat Anda kunjungi jika sedang berlibur ke kota ini. Wisata Kebumen hits ini memiliki banyak daya tarik dan menyediakan berbagai wahana yang tentunya membuat liburan Anda lebih bervairasi dan menyenangkan. Selamat berwisata di Kebumen para petualang!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */