Surganya Wisata Indonesia

35 Tempat Wisata di Karawang dan Sekitarnya

0
35 Tempat Wisata di Karawang dan Sekitarnya
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Karawang Jawa Barat – Banyak yang tidak menyangka jika sebenarnya Karawang merupakan salah satu destinasi kota wisata yang menarik untuk dikunjungi loh. Karawang sendiri merupakan sebuah kabupaten yang ada di privinsi jawa barat. Karawang terletak dibagian utara jawa barat sehingga berbatasan langsung dengan laut jawa. Mungkin Anda tak pernah terpikirkan untuk berlibur ke kabupaten ini, namun sebelum menilai ada baiknya untuk mengetahui tentang berbagai wisata Karawang yang ternyata seru juga untuk dikunjungi. Bosan dengan suasana kota yang penuh polusi, kemacetan, dan segala bentuk ketidak nyamanan kehidupan di kota yang padat penduduk? Akan sangat tepat untuk menghabiskan weekend atau hari libur singkat Anda dengan berkunjung ke Karawang untuk menikmati berbagai wisata mulai dari wisata pantai, wisata Curug, sampai dengan wisata kuliner yang akan memanjakan lidah Anda. penasaran kan sebenarnya ada wisata apa saja sih di kabupaten Karawang? Yuk simak bersama, jangan sampai terlewat loh.

Wisata Pantai Tanjung Baru Karawang

pantai-tanjung-baru
Photo by @immor_id

Tempat wisata Karawang diawali dengan pesona pantai tanjung baru yang berlokasi di semenanjung antara kabupaten Karawang dengan kabupaten subang. Pantai ini memiliki daya tarik yang mempesona para wisatawan yang datang berkunjung karena memiliki ombak yang tenang dan pasir yang putih sehingga akan sangat menyenangkan bermain-main di pantai. Capek bermain air, perut pasti akan terasa keroncongan. Jangan bingung karena ditepian pantai banyak rumah makan yang siap menyajikan makanan terbaik sesuai dengan selera Anda. Di sekitar pantai juga banyak tersedia hotel dengan fasilitas yang baik loh, jadi untuk Anda yang ingin bermalam tak perlu khawatir.

Wisata Pantai Samudera Baru Karawang

pantai-samudera-baru
Photo by @hp.novianti

Objek wisata Karawang pantai samudera baru ini memang tidak memiliki pasir putih, namun hal tersebut menjadikan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang datang berkunjung. Ombaknya yang tenang menjadikan pantai ini aman untuk Anda yang membawa anak Anda untuk bermain air di tepian pantai. Berlokasi di kecamatan pedes yang berjarak sekitar kurang lebih 30 km dari pusat kota Karawang, aksesnya cukup udah untuk di tempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Wisata Pantai Tanjung Pakis

pantai-tanjung-pakis
Photo by @rizkyandika09

Pantai ini menjadi tempat wisata di Karawang dan sekitarnya yang terkenal dan banyak di kunjungi wisatawan pada saat week end ataupun libur nasional. Pantai ini berlokasi di kecamatan pakisjaya, Karawang. Jika ditempuh dari pusat kota harus menempuh perjalanan sebanyak 70 km. wow lumayan jauh juga ya? Tapi semua kepenatan dalam melakukan perjalanan akan terbayarkan setelah sampai ke lokasi pantai tanhung pakis. Terdapat beberapa fasilitas penunjang yang membuat bermain di pantai menjadi mengasyikan sperti persewaan papan seluncuran dan juga pelampung balon besar. Tak usah repot membawa bekal sendiri yang membuat Anda menjadi sangat rempong, karena di tepian pantai banyak yang menjual aneka kuliner hasil laut yang sangat lezat tentunya.

Curug Bandung Karawang

curug-bandung
Photo by @fitrynhandayani

Curug yang satu ini menjadi Curug yang sangat populer dan bahkan banyak yang menyebutkan jika Curug ini merupakan wisata alam paradise Karawang. Apa sih yang membuat wisata ini begitu di agungkan oleh masyarakat setempat dan para wisatawan? Ya, Curug ini memiliki tujuh  buah air terjun yang menjulang tinggi dengan arus air yang cukup deras. Berada di bawah kaki gunung loji, Ke-eksotisan inilah yang menjadikan Curug ini menjadi salah satu destinasi wisata loji Karawang yang sangat populer dan wajib untuk didatangi untuk menikmati sensasi tujuh Curug dalam satu aliran sungai. Akses untuk menuju Curug ini tidaklah mudah. Anda harus berjalan kaki menyusuri hutan sejauh 3 km karena letaknya yang berada di dalam hutan. Namun perjalanan menuju ke lokasi wisata ini akan menjadi menyenangkan karena pemAndangan hutan eksotos sekaligus menambah pengalaman baru yang tak akan terlupakan. Lebih tepatnya lokasi dari Curug bandung ini beradadi desa mekarbuana, kecamatan tegalwaru, Karawang.

Wisata Curug Cigentis Karawang

curug-cigentis
Photo by @rahmawatyzahra

Curug cigentis menjadi wisata Karawang yang wajib untuk dikunjungi. Mengapa? Karena Curug yang memiliki tinggi 25 meter ini akan membuat Anda terkagum dengan keindahan pesona alam yang di berikan. Berada di ketinggian 1000 m dpl, tepatnya di bawah mata kaki gunung loji wisata Karawang  ini akan membawa Anda ke dalam suasana eksotis. Bagaimana tidak, karena Curug yang berada di tengah hutan ini memberikan pemAndangan alam yang sejuk, sepi, dan segar dengan pemAndangan hutan hijau sehingga berkunjung ke  Curug ini sekaligus untuk refresh pikiran jiwa dan raga. Jadi, pastikan Curug ini masuk ke dalam daftar wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Karawang ya. Masih berada di lokasi yang sama yaitu di desa mekarbuana, kecamatan tegalwaru, Karawang.

Wisata Curug Cikarapyak Karawang

curug-cikarapyak
Photo by @deniirfanm

Satu lagi wisata air terjun yang merupakan wisata alam Karawang yang wajib untuk Anda kunjungi. Curug ini memiliki arus yag sangat deras dan juga besar, sangat cocok dikunjungi untuk Anda yang mengaku sebagai traveler atau pecinta alam sejati. Akses untuk menuju ke Curug ini tidaklah mudah karena Anda harus menyusuri jalan setapak yang sangat kecil dan berbatu. Belum lagi harus melewati jurang dan menerobos semak-semak yang ada di dalam hutan. Namun perjalanan akan sebanding dengan apa yang akan di dapatkan. Wisata ini akan menambah pengalaman baru Anda menusuri hutan Karawang dengan panorama alam yang luar biasa indah. Sekali lagi, wisata ini hanya untuk orang-orang dengan fisik yang kuat dan merupakan pecinta alam sejati karena akan menjadi sangat berbahaya ketika Anda memaksakan perjalanan wisata dengan akses yang ekstem ini. Berlokasi di desa kutamaneuh, kecamatan tegalwaru, kira-kira 42 km dari pusat kota Karawang.

Wisata Danau Cipule Karawang

danu-cipule
Photo by @dien_tajuddin

Sebelum dijadikan sebuah tempat wisata di Karawang Barat, danau ini dulunya merupakan sebuah tempat pertambangan pasir. Namun kini aktifitas itu telah di hentikan dan danau ini di buka untuk umum menjadi sebuah tempat wisata. Danau ini sangat luas dan sangat dalam dengan air yang jernih berwarna kehijauan sehingga siapa saja yang melihat danau akan merasa adem. Danau ini sempat dijadikan lokasi untuk lomba dayung pada PORPROV X JABAR dan juga pernah dijadikan untuk lomba dayung tingkat ASEAN pada tahun 2006 di ajang YUNIOR ASEAN. Wah, ternyata danau yang satu ini populer juga ya. Berlokasi di desa walaha kecamatan ciampelkurang lebih Anda harus menempuh jarak 11 km dari pusat kota.

Wisata Sejarah Situs Candi Jiwa Karawang

candi-jiwa
Photo by @fanjigestafara

Situs candi ini merupakan peninggalan dari masa kejayaannya pada dahulu kala.situs ini berada di kompleks candi batujaya, yang merupakan kompleks dari sisa-sisa peninggalan candi yang bercorak budha. Candi ini merupakan wisata Karawang barat yang letak nya tersebar di dua kecamatan yaitu Berlokasi di kecamatan batujaya dan juga di kecaatan pakisjaya.

Situ Kamojing Karawang

situ-kamojing
Photo by @fanjigestafara

Situ kamojing merupakan sebuah daerah untuk resapan air yang kini dijadikan sebagai salah satu objek wisata Karawang yang ramai dikunjungi oleh banyak wisatawan. Situ kamojing berada di kawawasan hutan konsertvasi hijau yang sejuk menambah suasana di sekitar menjadi sangat sejuk dan menenangkan. Jangan salah, situ kamojing juga terkenal dan sering dijadikan tempat untuk shooting film dan FTV Indonesia loh. makin penasaran kan dengan keindahan nyata situ kamojing ini. jangan khawatirkan persoalan perut karena di sekitar situ kamojing ini terdapat rumah makan yang menyajikan berbgai macam makanan khas yang juga bisa dijadikan sebagai wisata kuliner Karawang yang maknyus. Sembari menikmati pemAndangan juga sambil menyantap makanan khas yang menjadikan suasana menyenangkan. Berlokasi di desa dawuan kecamatan cikampek, kurng lebih berada 22 km dari pusat kota.

Wisata Green Canyon Karawang

green-canyon
Photo by @mayamilaw

Lagi-lagi wisata Karawang yang satu ini menawarkan keindahan alam Karawang yang jarang ditemukan ditempat lain. Ya, green canyon ini menjadi wisata yang wajib Anda kunjungi. Masih belum banyak terjamah oleh banyak orang yang menjadikan green canyon Karawang ini masih sepi dan virgin. Akses menuju ke lokasi wisata ini juga terbilang cukup sulit karena harus ditempuh selama 1 jam dengan menyusuri tepian jurang dan bebatuan. Dan lagi-lagi wisata ini di khususkan untuk Anda yang merupakan pecinta alam sejati. Berlokasi di kampong tonjong roke, desa medalsari kecamatan pangkalan, Karawang, lokasi ini berbatasan langsung dengan kota bogor. Bagi Anda pecinta wisata yang menantang, masukan wisata ini ke dalam list liburan Anda.

Wisata Danau kalimati Karawang

Danau ini memiliki pesona alam yang menyejukkan pikiran dengan pesona danau yang memiliki air jernih dan luasannya cukup luas. Berada di pinggiran danau sambil bersantai menikmati suasana hembusan angin lembut sembari menyantap kuliner setempat akan menjadikan liburan Anda sebagai proses heling dan akan menjadikan Anda lebih fresh.

Wisata Aneka Kuliner Karawang

Sudah jauh-jauh sampai ke Karawang maka harus mencicipi aneka wisata kuliner yang akan memanjakan lidah Anda. kuliner Karawang terkenal sangat lezat, jadi hati-hati karena Anda pasti akan ketagihan jika menyantap berbagai hidangan yang disajikan pada wisata kuliner Karawang. Makanan khas yang disuguhkan dengan rasa yang lezat yaitu soto gempol, masakan ikan gabus pucung khas Karawang, tahu bumbu sari rasa, soto tangkar mang nean, kue gonjingatau kue pancong dan masih banyak lagi aneka masakan lezat khas yang bisa dengan mudah di cari di sepanjang jalan.

Desa Cimahi

desa-cimahi
Photo by @explorekarawang

Pasar Baru Karawang

pasar-baru-karawang
Photo by @explorekarawang

Dari sekian banyak wisata Karawang di atas, semuanya merupakan wisata alam yang sangatlah memukau dan wajib Anda kunjungi. Mencari suasana liburan yang baru akan menjadikan Anda memiliki pengalaman baru yang seru pastinya. Apakah hanya itu saja wisata yang ada di Karawang? Oh tentu tidak, masih banyak lagi wisata Karawang yang banyak tersebar di berbagai pelosok daerah yang ada di Karawang.

Beberapa diantaranya yang tidak sempat diberikan informasi secara mendetail adalah wisata Curug Cikoleangkak, wisata Curug Cipanundaan, wisata religi Vihara Shia Jin Ku Po, wisata Waterboom Kampong, wisata Curug Cigeuntis, wisata sejarah Monument Rawagede, wisata sejarah Monumen Kebulatan Tekad Rengasdengklok, wisata belanja Mall Karawang Central Plaza, wisata keluarga Waterboom Trauma Leisure Water Park, Wonderland Adventure Waterpark, wisata sentra kerajinan boneka Cikampek Karawang, wisata keluarga Bendungan Walahar. Banyaknya wisata yang ada di Karawang tersebut menjadikan tempat ini sebagai kabupaten yang memiliki destinasi wisata yang wajib Anda coba kunjungi untuk menambah pengalaman liburan yang berbeda dari biasanya. Semoga berbagai informasi mengenai wisata yang ada di Karawang ini dapat dijadikan sebuah referensi dalam menyusun planning liburan Anda. terimakasih sudah membaca artikel ini, selamat berlibur!

Kunjungi :  Backpaker ke 5 Pantai Baru di Bantul Jogjakarta

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */