22 Tempat Wisata Terbaru di Jepara Jawa Tengah

0

Tempat wisata di Jepara Jawa Tengah – Siapa yang tidak kenal Jepara? Tempat yang terkenal dengan keindahan ukirannya ini sudah dikenal sampai ke pelosok Nusantara. Selain keindahan ukirannya, Jepara juga terkenal akan wisata Jepara yang sudah terdengar sampai ke penjuru Indonesia juga. Tempat wisata di Jepara terbaru sudah pasti Kepulauan Karimunjawa yang berada di Laut Jawa. Selain Karimunjwa, ada banyak tempat wisata Jepara yang harus Anda kunjungi jika sedang berlibur ke Jepara. Sedikit informasi, Kabupaten Jepara adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Laut Jawa di utara dan barat, Kabupaten Kudus dan Kabupaten Pati di tumor, dan Kabupaten Demak di selatan. Banyak sekali objek wisata Jepara yang menarik untuk dikunjungi. Mau tahu apa saja? Simak ulasannya berikut ini!

Kepulauan Karimunjawa

kepulauan-karimunjawa
by instagram @bertys_life

Objek wisata Karimunjawa Jepara adalah wisata yang paling terkenal di Jepara. Jika Jakarta punya Kepulauan Seribu, maka Jepara punya wisata Jepara Karimunjawa. Wisata ini sudah sangat terkenal hingga ke mancanegara, lho. Daya tarik wisata ini tentu saja keindahan pantai yang tersebar di beberapa pulau. Taman Nasional Karimunjawa berada 83 KM dari Kota Jepara. Untuk menuju ke Karimunjawa ada beberapa alternative bisa dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menggunakan paket wisata yang sudah banyak tersedia di agen perjalanan. Luas wisata Jepara yang satu ini sekitar 107.225 ha. Kepulauan Karimunjawa berfungsi sebagai cagar alam laut yang dilindungi. Karimunjawa adalah surge bawah laut dengan pemandangan berupa hutan hujan daratan rendah, algae, hutan pantai, hutan mangrove, terumbu karang dan padang lamun. Keindahan kehidupan bawah laut di Karimunjawa sudah sangat terkenal. karena memang objek wisata Jepara yang ini mempunyai keindahan kehidupan bawah laut yang eksotis dan sangat cantik.

Di Karimunjawa terdapat 90 jenis karang keras, 242 jenis ikan hias, dan 133 genera akuatik yang sangat menakjubkan. Beberapa biota laut disini adalah biota yang dilindungi, jadi Anda juga harus berhati-hati saat snorkeling dan diving disini sehingga tidak merusak biota laut tersebut. Selain snorkeling dan diving, masih ada permainan air yang menarik serta seru yang bisa Anda lakukan disini. Beberapa aktivitas tersebut adalah berenang, memancing, berjemur, atau menjelajahi Laut Jawa yang lebih jernih. Berbagai keunikan tradisi dan budaya dari penduduk lokal disana adalah salah satu objek wisata di Jepara yang dapat menambah wawasan budaya Anda. Disini terdapat banyak penginapan danjuga restoran sehingga Anda tidak perlu khawatir bila ingin berlama-lama di Karimunjawa. Wisata kuliner Jepara juga dapat Anda nikmati di Karimunjawa.

Kunjungi :  Bukit Langit Kebumen Landscape Alam yang Dapat Memanjakan Mata

Pantai Kartini

pantai-kartini
By instagram @rainybulan

Jika mendengar nama Jepara selain ukiran tentu kita juga akan teringat dengan pahlawan wanita kita yaitu Ibu Kartini. Wisata Jepara Pantai Kartini adalah tempat wisata di Jepara yang murah bagi keluarga. Selain wisata pantainya sendiri, disini juga terdapat berbagai wahana permainan yang mengasyikan seperti mandi bola, komidi putar, perahu arus, akuarium kura-kura dan dermaga yang bisa diteumkan di Pantai Kartini. Itulah mengapa pantai ini sanhat cocok untuk wisata keluarga. Lokasi Pantai Kartini mudah ditemukan karena berada di antara 2 wisata alam Jepara yaitu Karimunjawa dan Pantai Panjang. Masuk ke Pantai Kartini sangat murah yaitu cukup dengan Rp. 3.000 per orang. Saat akhir pekan tiket masuknya menjadi Rp. 5.000 per orang.Pantai dengan luas sekitar 3,5 ha ini juga dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan rematik. Konon katanya, air di Pantai Kartini ini dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Percaya atau tidak? Lebih baik Anda buktikan sendiri.

Museum RA Kartini

museum-ra-kartini
by instagram @devinacindy

Beralih ke wisata kota Jepara, jika Anda menyukai sejarah tentunya wajib datang ke Museum R.A Kartini. Beliau adalah sosok pahlawan yang memberikan perubahan yang sangat berarti bagi wanita di Indonesia. Karena jasa beliau yang sangat besar tersebut maka dibangunlah Museum R.A Kartini yang berada di sebelah utara Alun-Alun Kota Jepara. Museum ini mempunyai berbagai macam koleksi mulai dari foot-foto hingga benda bersejarah yang berhubungan dengan R.A Kartini dan juga sejarah bangsa Indonesia. tambahkan pengetahuan Anda mengenai jasa beliau dengan mengunjungi museum ini.

Pulau Panjang

pulau-panjang
by instagram @aabum

Kembali lagi ke wisata pantai di Jepara, tak jauh dari Pantai Kartini terdapat sebuah pantai yang juga sama terkenalnya seperti Pantai Kartini yaitu Pulau Panjang. Dinamakan seperti itu karena pantai ini mempunyai keunggulan berupa garis pantainya yang panjang. Disini air pantainya begitu jernih dan berwarna biru kehijauan dan terdapat terumbu karang yang dapat memanjakan Anda. Untuk menuju Pulau Panjang dan menikmati keindahan pantainya, Anda harus membayar tiket perahu wisata sebesar Rp. 12.000 dari dermaga Pantai Kartini yang akan mengantarkan Anda ke pulau ini yang jaraknya hanya 2,5 km dari Pantai Kartini. Pulau seluas 19 ha ini mempunyai laut dangkal di sekelilingnya. Pasir pantainya pun lembut dan berwarna putih. Karena airnya jernih dan tidak berarus, maka tempat ini cocok untuk dijadikan sebagai tempat berenang dan kano.

Pantai Bandengan

pantai-bandengan
by instagram @emakethole

Jepara memang mempunyai pantai-pantai yang indah. Selain Pantai Kartini dan Pulau Panjang, masih ada objek wisata pantai lainnya yaitu wisata Jepara Pantai Bandengan. Pantai ini juga bisa disebut dengan Pantai Tirto Samudro. Pantai ini cukup terkenal karena kerap dijadikan tuan rumah untuk festival parang layang tingkat nasional dan juga dijadikan sebagai area balap motor cross. Hanya berjarak 7 km saja dari pusat kota di utara Jepara, Anda bisa mengunjungi pantai ini dengan mudah. Pantai Bandengan adalah pantai pasir putih yang bersih. Disini Anda bisa berkemah dan bersepda santai juga. Airnya juga jernih sehingga akan membuat Anda semakin betah disini. Jika Anda berkunjung ke Pantai Bandengan pada sore hari, maka Anda akan mendapatkan pemandangan sunset yang indah dari tepi pantai.

Kunjungi :  Melirik Museum Trinil Ngawi yang Cukup Menarik

Pantai Teluk Awur

pantai-teluk-awur
by instagram @fita_rianingsih

Masih wisata pantai lagi, ada pantai di Jepara yang harus Anda kunjungi yaitu Pantai Teluk Awur. Pantai ini juga dekat dari pusat Kota Jepara yaitu hanya berjarak 5 km saja. Aktivitas paling populer yang bisa Anda lakukan disini adalah berenang dan bermai air di laut. Pantai Teluk Awur mempunyai daya tarik berupa pantai pasir putih dengan air yang jernih. Menariknya, disini Anda tidak perlu mengeluarkan biaya masuk karena untuk masuk ke pantai ini gratis.

Pantai Ombak Mati

pantai-ombak-mati
by instagram @diannovita_sr

Pantai yang terletak di Desa Bondo, Bangsri, Jepara ini memang sesuai dengan namanya yaitu pantai ini tidak memiliki ombak. Karena keunikannya itulah yang membuat pantai ini disebut dengan Pantai Ombak Mati. Meskipun begotu, pantai ini juga tak kalah menarik dengan pantai-pantai Jepara yang lain. Pantai Ombak Mati memiliki suasanga pantai yang tenang dan hening. Pantai ini sangat cocok untuk Anda yang tidak suka keramaian. Mengunjungi pantai ini untuk menghindari kebisingan kota adalah pilihan yang tepat.

Pantai Gua Manik

pantai-gua-manik
by instagram @modiffikation

Objek wisata di Jepara selanjutnyaa dalah Pantai Gua Manik. Pantai ini tidak terkenal karena kurangnya pengelolaan dan promosinya tidak gencar padahal pantai ini sangat cantik. Pantai Gua Manik berada di Desa Banyumanis, Kecamatan Donorejo, Jepara. Selain menggunakan kendaraan pribadi, Anda bisa menuju pantai ini dengan menggunakan bus tujuan Jepara. Setelah tiba di Terminal Jepara, maka Anda harus naik bus kearah Pati lalu turun di Sambung Oyot. Dari Sambung Oyot, Anda bisa menemukan ojek yang bersedia mengantar Anda ke Pantai Gua Manik yang merupakan salah satu pantai cantik di Jepara. Karena pantai ini baru dibuka maka belum begitu eksis seperti Pantai Kartini ataupun pantai lainnya. Namun disini masih sepi sehingga nyaman jika ingin bersantai di Pantai Gua Manik. Pantai ini dekat dengan wisata Jepara yang bersejarah yaitu Benteng Portugis. Mengejar sunrise dan sunset disini adalah salah satu kesenangan tersendiri.

Kunjungi :  Sensasi Mancing di Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul

Benteng Portugis

benteng-portugis
by instagram @nathanianaveena

Wisata sejarah lainnya di Jepara adalah Benteng Portugis. Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa Benteng Portugis berada tidak jauh dari Pantai Gua Manik. Benteng ini dijadikan sebagai cagar budaya oleh pemerintah Jepara. Benteng ini adalah bangunan yang bersejarah. Karena letaknya berada di pinggi laiut, maka pemandangan di sekitar benteng juga sangat indah yaitu bukit serta pantai yang membentang luas.

Pulau Mandalika

pulau-mandalika
by instagram @amruldejavu

Pulau Mandalika adalah wisata Jepara yang dijadikan sebagai tempat favorti untuk memancing. Disini terdapat beragam jenis ikan seperti ikan pari, kakap putih dan kerapu. Di Pulau Mandalika Anda bisa melihat tanaman endemik disini yaitu Nongko Celeng. Tanaman ini cukup unik karena buahnya tidak tumbuh dari daun melainkan dari bagian akar! Untuk dapat menuju ke Pulau Mandalkika, Anda harus menyebrang dengan menyewa perahu nelayan dan mengarungi laut sekitar 30 menit. Anda bisa menemukan tempat sewa perahu di sebelah utara laut Jepara yang berjarak 2 km dari Desa Ujung Watu. Di pulau ini terdapat pantai dengan batu karang yang sangat cantik. Disini juga terdapat wisata kuliner Jepara dengan menu andalan seafood.

Air Terjun Songgolangit

air-terjun-songgolangit
by instagram @yndha_three

Jepara juga mempunyai wisata air terjun, lho. Wisata Jepara Jawa Tengah selanjutnya adalah Air Terjun Songgolangit. Songgo langit dalam Bahasa Indonesia artinya adalah menyangga awan. Wisata alam yang satu ini dijamin akan membuat Anda merasa segar kembali dengan pemandangan sekitar yang berwarna hijau, derasnya aliran air terjun, dan segereombolan kupu-kupu yang berterbangan di sekitar air terjun. Tentunya pemandangan ini sangat indah dilihat. Air Terjun Songgolangit berada 30 km dari pusat Kota Jepara. Tepatnya di Desa Bucu, Kecamatan kembang, Kabupaten Jepara.

Goa Tritip

goa-tritip
by instagram @himawan_funanori

Goa Tritip adalah wisata Jepara yang terletak di Desa Ujungwatu, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Jepara. Goa ini adalah goa yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitar sehingga apabila Anda berkunjung kesini maka Anda akan menemui banyak sesajen yang bertebaran di sekitar goa. Pada zaman dahulu, Goa Tritip adalah tempat yang digunakan untuk bertapa dan pada malam jumat pasti ada sesajen di sekitar area goa. Tidak usah takut dengan suasana disini, yang penting Anda harus menjaga sopan santun dan kebersihan.

Demikian berbagai tempat wisata di Jepara dan sekitarnya yang bisa Anda kunjungi di jepara. Selamat berlibur!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */