Surganya Wisata Indonesia

22 Tempat Wisata Menarik di Jambi yang Terkenal

1
22 Tempat Wisata Menarik di Jambi yang Terkenal
Nilai Artikel Ini

Tempat wisata di Jambi – Jambi adalah salah satu kota di Indonesia yang menyediakan tempat wisata menarik. Jambi berada tepat dipesisir timur Pulau Sumatera. Untuk anda yang memutuskan untuk menghabiskan masa liburan anda bersama keluarga di Jambi, berikut akan kami paparkan 6 tempat wisata menarik di Jambi, diantaranya:

Tanggo Rajo

tanggo-rajo
by instagram @alfarabiehendri

Sebagai pembuka perkenalan tempat wisata di kota Jambi, yang pertama akan kami paparkan kepada anda adalah Tanggo Rajo. Tanggo rajo tidak jauh berbeda dengan taman Alun-Alun Kapuas atau Pantai Losari. Tempat ini menawarkan wisata kuliner Jambi di tepi perairan.

Tanggo Rajo selalu ramai dipadati pengunjung pada sore dan malam hari untuk menikmati berbagai menu masakan yang tersedia sambil menikmati keindahan pemandangan yang ada di sungai Batanghari yang merupakan sungai terpanjang di Sumatera.

Sambil melihat keindahan matahari terbenam bersama keluarga, anda dapat menyantap menu masakan yang tersedia di tempat ini atau bahkan hanya menikmati cemilan ringan. Di sini banyak terdapat warung tenda yang menjual beragam makanan berat sampai ringan,dan aneka minuman.

Pada akhir pekan, wisata alam Jambi ini sering digunakan untuk memancing. Tidak hanya itu saja, untuk lebih meramaikan tempat ini, Tanggo Rajo Jambi sering digunakan sebagai tempat untuk memeriahkan acara HUT Jambi dan acara Hari Besar Nasional lainnya.

Monas Jambi

monas-jambi
by instagram @rican_saputra_hassan

Tempat wisata di Jambi yang terkenal berikutnya adalah Monas Jambi. Monumen Nasional atau biasa disingkat dengan sebutan Monas ternyata tak hanya berada di Jakarta saja, tetapi Jambi juga memiliki replika monas yang indah. Tempatnya berada tepat di bundaran kompleks pemerintahan kota.

Monas Jambi menjadi tempat wisata yang mengasyikan bagi para pengunjung. Tempat ini menjadi salah satu tempat wisata terkenal di Jambi. Selain untuk menikmati keindahan bangunannya, para pengunjung yang datang biasanya ingin melihat secara langsung kemiripan monas Jambi dengan Monas di Jakarta. Dilihat sekilas, bentuknya memang hampir sama. Namun tetap saja ada perbedaan tersendiri yang dimiliki Monas Jambi.

Kunjungi :  Pesona Luar Biasa Pantai Gili Labak Sumenep Madura

Pada Monas Jambi di desain lebih kecil dari ukuran Monas Jakarta. Hal lain yang membedakannya adalah tersedianya empat buah jam dinding di setiap sisinya ditambah dengan hiasan empat buah ukiran yang dibentuk seperti angsa di bawahnya.

Taman Anggrek Sri Soedewi

taman-anggrek-sri-soedewi
by instagram @andinii__

Wisata Kota Jambi berikutnya adalah taman anggrek Sri Soedewi. Taman ini beralamatkan di jalan A. Yani tepatnya di depan kantor gubernur Jambi. Di tempat wisata ini, pengunjung dapat memperoleh informasi secara langsung tentang cara merawat tamanan anggrek yang baik sesuai dengan jenisnya.

Tempat wisata Jambi yang satu ini banyak didatangi para pengunjung dari berbagai tempat, baik penduduk asli Jambi maupun penduduk dari luar kota, terutama bagi pengunjung yang menyukai bunga.

Di taman anggrek Sri Soedewi ini anda akan menemukan 60 jenis bunga anggrek yang berbeda. Dengan lahan seluas 2,5 hektar, anda akan terkagum-kagum dibuat indahnya keanekaragaman jenis bunga anggrek. Untuk dapat memasuki taman anggrek ini, tarif yang kenakan untuk usia dewasa hanya sebesar Rp. 2.000,- saja dan untuk anak-anak senilai Rp. 1.500,- Harga yang cukup murah kan!

Rasanya belum lengkap apabila pengunjung belum mendapatkan bibit anggrek yang cantik ini. Akan tetapi, bagi anda yang mengunjungi tempat wisata di Jambi ini, anda tidak perlu khawatir lagi karena setiap pengunjung yang pulang dari sini akan mendapatkan bibit bunga anggrek secara gratis untuk anda tanam di rumah. Sehingga informasi yang anda dapat dari taman ini tentang perawatan anggrek bisa langsung anda praktekan di rumah.

Danau Sipin

danau-sipin
by instagram @guzwier

Danau Sipin adalah wisata Jambi terbaru dan biasanya warga sekitar menyebut Danau Sipin dengan julukan Solok Sipin. Kata “solok” dalam bahasa mereka berarti Danau. Letak lokasi Danau Sipin berada di simpang Baluran Kenali, Kecamatan Telanaipura.

Kunjungi :  9 Macam Oleh Oleh Khas Bali yang Unik Buat Pacar

Danau Sipin ini selain dijadikan sebagai objek wisata di Jambi juga dijadikan sebagai tempat penangkaran budidaya ikan air tawar, seperti ikan nila dan mujair. Para pengunjung yang datang akan melihat langsung pemandangan keramba yang berjajar rapi di tengah danau. Selain itu jala milik nelayan juga terpasang di situ.

Untuk dapat melihat aktifitas para nelayan secara langsung dalam membudidayakan ikan air tawar dengan keramba, anda dapat menyewa perahu yang tersedia untuk berkeliling di sepanjang danau tersebut. Tarif sewa perahu hanya Rp. 5.000,- dengan muatan 3 sampai 4 orang.

Setelah anda dan keluarga atau teman anda puas menyusuri sepanjang danau Sipin tersebut dan merasa lapar atau haus, anda bisa mampir di warung yang tela tersedia di sekitar danau. Aneka masakan ikan segar dijamin dapat memanjakan lidah anda ditambah dengan berbagai minuman segar yang dapat melepaskan rasa dahaga anda.

Taman Mini dan Taman Rimba Jambi

taman-rimba-jambi
by instagram @jejejelloo

Di Jambi terdapat kompleks yang merupakan tempat wisata terpadu yang berbagai macam sarana olahraga, taman rekreasi, serta wisata budaya. Secara umum, kompleks ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu Taman Mini dan Taman Rimba.

Taman mini yang ada di Jambi ini memiliki konsep yang hampir sama dengan taman mini yang ada di Jakarta, dimana menampilkan replika bangunan khas daerah. Bedanya yaitu pada taman mini di Jakarta menampilkan budaya seluruh daerah di Indonesia, sedangkan di sini hanya menampilkan budaya yang ada di setiap Kabupaten di Jambi.

Selain taman mini yang ada di Jambi, objek wisata Jambi lainnya yang menjadi andalan kota Jambi adalah Taman Rimba Jambi. Taman Rimba merupakan objek wisata berupa kebun binatang yang memperlihatkan beraneka ragam spesies binatang. Menariknya, di kebun binatang ini ada sangkar burung berbentuk lingkaran kaca raksasa yang berisi beragam jenis burung, seperti burung bangau, burung kasuri, dan masih banyak lagi.

Kunjungi :  Pesona Keindahan Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap

Di samping taman mini dan taman rimba yang memiliki lahan seluas 18 hektar, di sini juga tersedia stadion olahraga yang selalu ramai dikunjungi setiap akhir pekan. Alamat tempat wisata ini berada di jalan Sunaryo. Lokasinya hanya sekitar 500 meter dari Bandara Sultan Thaha Syaifuddin.

Pasar Keramik Sitimang

pasar-keramik-sitimang
by instagram @haiwiw

Bagi anda pecinta keramik dan suka mengoleksi berbagai motif keramik, rasanya sayang untuk melewatkan tempat wisata yang satu ini. Pasar keramik Sitimang berada di jalan Sisingamangaraja. Pasar ini telah lama menjual beragam jenis keramik di Jambi sejak tahun 1980an.

Berbagai bentuk dan ukuran keramik dapat anda temukan di sini untuk menambah koleksi di rumah. Jenis tersebut seperti guci, toples, peralatan makanan, maupun hiasan rumah. Keramik-keramik ini didatangkan langsung dari China dan motifnya sulit ditemukan di tempat penjualan keramik lainnya.

Itulah 6 tempat wisata di Jambi dan cukup populer di kalangan masyarakat luas. Bagi anda yang ingin berlibur ke kota Jambi, tak ada salahnya anda mengunjungi tempat-tempat di atas untuk merasakan sensasi keindahan tempat wisata yang tersedia di Jambi.

Dan selain itu, ada juga tempat wisata di merangin Jambi seperti Geopark by UNESCO, Danau Pauh, Jam Gento, Jam Betuk, Goa Tiangko dan masih banyak lagi. Wisata Jambi kerinci seperti Air Terjun Telun Berasap, Air Panas Semurup, Gunung Kerinci, Danau Kaco, Danau Kerinci dan lain-lain.

1 Comment
  1. Travedisi says

    Danau Sipin benar-benar membuat kita bernostalgia dengan film-film dulu, mantap min
    btw thanks buat infonya

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */