11 Tempat Wisata di Jakarta Utara Selain Mall

0

Tempat Wisata di Jakarta Utara – Ibukota Indonesia, Jakarta, memang terkenal sebagai tempat wisata belanja yang lengkap. Mulai dari kebutuhan sehari-hari hingga barang-barang bermerk luar negeri yang cukup mahal harganya ada di kota metropolitan ini. Jakarta sekaligus menjadi tujuan wisata terfavorit, bukan hanya dari segi wisata belanja namun juga wisata lain seperti wisata sejarah, wisata budaya, wisata alam hingga wisata kuliner. Tempat wisatanya juga tersebar di hampir seluruh wilayah kota Jakarta, mulai dari Jakarta Pusat hingga Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Utara dan Jakarta Barat. Tempat wisata di Jakarta Utara juga termasuk beragam dan tidak hanya sekedar pusat perbelanjaan modern saja. Kita bisa menemukan mulai dari wisata sejarah hingga wisata kuliner di sini.

Mengingat statusnya sebagai kota metropolitan di mana semua kebutuhan pokok tersedia, maka kita tidak perlu bingung mencari tempat penginapan atau tempat makan di sekitar lokasi wisata. Sarana pra sarana pelengkap dapat dengan mudah kita temukan karena memang menjamur di sekitar tempat wisata. Selain untuk menambah wawasan serta melepas penat, sejumlah tempat wisata ini terutama cocok sebagai lokasi foto untuk mengabadikan momen. Hal ini terutama karena pemandangannya yang indah ataupun nilai sejarah yang ada pada lokasi tersebut. Kita bisa berwisata bersama seluruh anggota keluarga atau teman-teman ke Jakarta Utara.

Jakarta Utara sendiri merupakan salah satu bagian dari Jakarta yang secara langsung berbatasan dengan laut. Mengingat lokasi geografisnya, Jakarta Utara menyimpan begitu banyak lokasi wisata potensial yang bisa kita kunjungi. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut.

Jakarta Islamic Centre

Jakarta Islamic Centre
by instagram @soneva_ahmad

Wisata Jakarta Utara yang pertama adalah Jakarta Islamic Centre atau JIC. Tempat ini merupakan pusat pengembangan serta pembelajaran agama Islam. Letaknya ada di Jalan Kramat Raya serta merupakan salah satu kebanggaan bagi warga Jakarta mengingat ia telah menjadi salah satu tempat wisata ikonik di kota Jakarta.

Taman Impian Jaya Ancol

taman-impian-jaya-ancol
by instagram @ericfernandos

Berikutnya ada Taman Impian Jaya Ancol. Tempat wisata yang ada di Jakarta Utara satu ini berupa kawasan wisata terpadu yang nyaris selalu ramai oleh pengunjung. Di dalamnya terdapat aneka wahana permainan serta pantai, taman, Dunia Fantasi, Sea World hingga Gelanggang Samudra dan area bermain bowling. Tersedia pula aneka hotel sebagai tempat menginap di sekitar sini.

Taman Suaka Margasatwa Muara Angke

taman-suaka-margasatwa-muara-angke
by instagram @sumihbong

Ketiga ada Taman Suaka Margasatwa Muara Angke. Tempat ini adalah wilayah hutan baka yang ada di Perumahan Pantai Indah Kapuk. Taman ini juga dilindungi oleh pemerintah serta terdiri dari aneka pepohonan dan juga beragam jenis satwa. Terdapat pula jembatan kayu sepanjang delapan ratus meter yang akan membantu pengunjung dalam menelusuri tempat wisata. Fasilitas lain termasuk tempat penginapan di sekitar Taman Suaka Margasatwa ini.

Kunjungi :  Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Tanjung Lesung

Kampung Marunda

kampung-marunda
by instagram @yusufkuncoro_

Keempat, masih ada Kampung Marunda sebagai salah satu wisata Jakarta Utara. Kampung Marunda sendiri merupakan pemukiman nelayan yang menawarkan suasana tenang serta damai. Terdapat juga tambak berukuran besar dan telah menjadi mata pencaharian warga Kampung Marunda secara turun temurun. Kegiatan yang dapat dilakukan di sini di antaranya adalah memancing.

Pelabuhan Sunda Kelapa

pelabuhan-sunda-kelapa
by instagram @sekedarmampir

Wisata sejarah di Jakarta Utara salah satunya adalah kawasan pelabuhan Sunda Kelapa. Kita bisa menikmati keindahan dari masa lampau di pelabuhan yang dulunya sangat terkenal ini. Pelabuhan Sunda Kelapa juga menjadi awal dari terbentuknya Kota Jakarta. Bangunan peninggalan dari masa lalu juga masih bisa ditemukan di sini.
Wisata Jakarta Utara berikutnya yang bisa kita kunjungi adalah Museum Bahari. Letaknya masih berdekatan dengan Pelabuhan Sunda Kelapa. Koleksi di dalam Museum Bahari ini di antaranya adalah benda-benda yang masih terkait dengan nelayan serta dunia kelautan. Pada zaman penjajahan Belanda dulu, museum ini dijadikan gudang penyimpanan rempah-rempah oleh VOC.

Kampung Tugu

kampung-tugu
by instagram @jakartafoodtour

Tempat wisata di Jakarta Utara yang murah berikutnya adalah Kampung tugu yang ada di pinggiran Batavia, Jakarta Utara. Di sini kita bisa melihat makam dari orang-orang Komunitas Tugu. Kita juga bisa melihat adanya tempat tinggal dari pendeta Gereja Tugu serta Gereja Tugu itu sendiri yang masih aktif dalam menyediakan tempat ibadah.
Selanjutnya, masih ada lah Bahtera Jaya Ancol. Walaupun namanya terdengar mirip namun tempat ini berbeda dengan Taman Impian Jaya Ancol. Wisata Jakarta Utara Bahtera Jaya Ancol lebih sebagai tempat pembinaan serta pengembangan khusus olahraga air. Pengunjung juga bisa menikmati pantai dengan biaya yang murah. Bahtera Jaya Ancol juga sekaligus menjadi tuan rumah Festival Pesisir.

Lalu ada lagi Sentra Perikanan Muara Angke. Tempat wisata Jakarta Utara ini terutama cocok apabila kita termasuk penggemar wisata kuliner khusus hidangan laut. Pemandangan yang disajikan cukup menarik terutama bongkar muat dari para nelayan yang menepi di laut. Pengunjung juga bisa membeli aneka ikan segar dengan harga sangat murah.

Kampung Luar Batang

Terakhir ada Kampung Luar Batang. Tempat wisata Jakarta Utara yang satu ini terletak di belakang Museum Bahari. Kampung Luar Batang adalah peninggalan sejarah dari pemukiman paling tua di Jakarta. Daya tarik utama dari Kampung Luar Batang di antaranya adalah Masjid Luar Batang. Tempat ini terutama cocok untuk kita yang menggemari wisata religi, sejarah serta petualangan.

Kunjungi :  Backpaker ke Pantai Nepa Sampang Madura Jawa Timur

Beragamnya tempat wisata di Jakarta Utara selain mall ini tentu menjadi kelebihan tersendiri apabila kita hendak berwisata ke Kota Jakarta. Pesona ibukota Indonesia ini tak terbatas hanya pada gedung-gedung pencakar langitnya saja namun juga pelabuhan yang menjadi saksi bisu sejarah hingga aneka wahana permainan untuk seluruh anggota keluarga. Hal ini akan semakin menambah banyak pilihan yang bisa diambil saat kita tengah berwisata ke Jakarta. Kelebihan lain adalah dari lokasinya yang mudah untuk ditemukan serta kelengkapan sarana pra sarana yang ada di sekitar lokasi wisata. Yang tak boleh ketinggalan untuk dinikmati dari Jakarta Utara tentu adalah wisata kulinernya.

Wisata Kuliner Terbaik di Jakarta Utara

wisata-kuliner-jakarta-utara
by instagram @papaco_tomyam

Di samping semua wisata sejarah, budaya hingga alam di atas, masih terdapat wisata kuliner Jakarta Utara yang harus kita coba. Puas berkeliling kota, kita bisa menyempatkan diri untuk singgah di tempat-tempat makan berikut. Citarasa yang khas, suasana yang nyaman hingga harga yang bersahabat akan meninggalkan kesan tersendiri saat kita bersantap di sana. Mulai dari makanan khas Indonesia hingga masakan khas luar negeri dapat kita peroleh di restoran-restoran berikut.

Tempat wisata di Jakarta Utara untuk kita pecinta kuliner yang pertama adalah Pastis Kitchen & Bar. Restoran ini mengusup konsep homey serta berada di Ground Floor Aston Kuningan Suites, Jalan Setiabudi Utara. Tersedia lounge, alfresco dining backyard hingga wine bar. Kita bisa menemukan mulai dari makanan pembuka sampai dengan makanan penutup. Menu andalannya terutama adalah olahan daging.

Wisata kuliner Jakarta Utara berikutnya adalah Bandar Djakarta. Restoran ini memiliki spesialis makanan laut. Lokasi tepatnya ada di Jalan Lodan Timur nomor 7, Ancol. Menu andalannya adalah aneka olahan laut seperti kerapu, cumi hingga ikan bakar. Lokasinya berdekatan dengan pantai sehingga kita bisa menyantap hidangan sembari menikmati pemandangan pinggir laut.

Selanjutnya ada Stevan Meat Shop sebagai wisata kuliner Jakarta Utara yang lain. Tempat ini merupakan toko daging merangkap restoran steak. Alamatnya ada di Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Pengunjung bisa memilih sendiri daging yang hendak dimasak. Menu lain di samping daging yang bisa dipesan di antaranya adalah pasta.
Tempat wisata Jakarta Utara lain yang bisa kita coba sehubungan dengan kuliner ialah Pandan Bistro. Di sini kita bisa menemukan aneka kuliner mulai dari goreng, tumis, bakar hingga kuah. Menu andalannya adalah gulai kepala ikan yang terbuat dari ikan bawal putih ukuran besar.

Kunjungi :  Pesona Bukit Cumbri Wonogiri Jawa Tengah

Penyuka ramen tak boleh melewatkan Hakata Ikkousha, salah satu tempat menyantap ramen terfavorit yang ada di Jakarta Utara. Restoran ini juga merupakan franchise asli Jepang serta beralamat di Jl. Muara Karang Raya.
Wisata kuliner lain yang bisa dicoba selama berada di Jakarta Utara ialah Red Crystal Restaurant & Café. Alamatnya ada di Jl. Danau Sunter Selatan. Hidangan yang disajikan adalah hidangan Cina serta western. Menunya juga cukup lengkap, mulai dari ayam goreng hingga aneka seafood.

Jakarta memang menawarkan sejuta pesona. Kita bisa berlibur kemari bersama seluruh anggota keluarga atau bersama teman-teman dan menjelajah setiap sudut kota guna menikmati keindahan yang ditawarkannya. Mulai dari taman permainan modern, pelabuhan yang menjadi saksi sejarah hingga taman suaka margasatwa serta bangunan peninggalan sejarah. Wisata sejarah, budaya hingga kuliner lengkap tersedia di Jakarta, terutama Jakarta Utara. Akses menuju lokasi wisata Jakarta Utara juga terbilang mudah sehingga kita tidak akan kesulitan dalan mencapai objek wisata tertentu. Biaya yang harus dikeluarkan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut juga tergolong terjangkau serta sepadan dengan kepuasan yang akan didapat nantinya. Wisata ke Jakarta Utara tentu dapat dipertimbangkan untuk dimasukkan ke dalam bucket list liburan kita di akhir pekan nanti.

Daftar Tempat wisata di Jakarta Utara dan alamatnya juga tidak terbatas hanya pada wisata belanja di pusat perbelanjaan modern. Kita tetap bisa mengunjungi aneka spot wisata alam dan sejarah yang akan memperkaya wawasan kita serta membuat kita lebih memahami tentang sejarah masa lalu dari ibukota Indonesia ini. Puas mengelilingi kota, kita bisa beristirahat sejenak di berbagai tempat makan yang telah tersohor namanya di Jakarta Utara. Mulai dari makanan khas Indonesia sampai dengan aneka olahan daging khas luar negeri bisa kita dapatkan dengan rentang harga bervariasi di tempat-tempat makan tersebut.

Demikian adalah ulasan mengenai tempat-tempat wisata yang dapat kita kunjungi ketika berada di Kota Jakarta terutama Jakarta Utara. Ajak seluruh anggota keluarga atau teman-teman untuk berlibur bersama dan menikmati keindahan tiap sudut Jakarta Utara. Susun itinerary sebelum keberangkatan agar kita bisa mendata tempat mana saja yang akan didatangi beserta perkiraan biaya yang dibutuhkan. Buat liburan lebih berkesan dengan mengabadikan momen di tiap lokasi wisata yang dikunjungi, terutama lokasi wisata yang memang menawarkan keindahan alam tersendiri sehingga cocok sebagai foto, seperti pantai. Buat kenangan yang tak terlupakan selama berada di Jakarta Utara. Semoga uraian di atas dapat bermanfaat dan selamat berlibur bersama orang-ornag tersayang di akhir pekan ini.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */