Surganya Wisata Indonesia

27 Tempat Wisata di Jakarta Barat Beserta Alamatnya

0

Tempat Wisata di Jakarta Barat – Jika bicara mengenai Jakarta, apalagi wilayah Jakarta Barat, sebagian wilayahnya merupakan pemukiman penduduk dan juga gedung perkantoran. Bisa dikatakan hampir cukup sulit menemukan tempat wisata di daerah ini. Namun, nyatanya selain mall, ada beberapa tempat wisata di Jakarta Barat yang jangan sampai anda lewatkan jika pergi ke daerah Jakarta. Mulai dari tempat bersejarah hingga tempat wisata kuliner Jakarta Barat bisa anda temukan. Apabila anda ke kawasan ini, ada baiknya anda mampir dan melihat tempat wisata yang tersedia. Untuk lebih jelasnya, berikut ulasan singkatnya.

Glodok Chinatown

glodok-chinatown
by instagram @darwinherren

Anda ingin merasakan sensasi seperti di China? Di Jakarta barat anda bisa dapatkan sensasi serasa pergi ke daerah Glodok. Daerah yang terkenal dengan Glodok Chinatown ini memang bisa menjadi tempat wisata Jakarta Barat yang jangan sampai terlewatkan. Chinatown versi Jakarta Barat yang satu ini pun tidak kalah menarik. Anda akan tetap dapatkan banyak bangunan yang memiliki arsitekstur khas China. Bukan hanya itu saja, suasananya pun sangat ke kental dengan nuansa China.

Disana anda bisa temukan pernak-pernik dan juga barang unik yang belum tentu akan anda dapatkan di tempat lainnya. Ada pula pertokoan yang menawarkan elektronik, obat tradisional China, aksesoris, alat jahit sampai dengan sayuran pun disediakan. Tentu saja, lengkapnya barang yang bisa dibawa pulang menjadi nilai plus tempat yang satu ini.

Hal yang unik lainnya dari kawasan Glodok Chinatown ialah masih adanya penghitungan dengan sempoa. Selain itu, lokasi wisata ini juga dikenal dengan wisata kuliner Jakarta Barat. Bagaimana tidak, anda bisa temukan banyak gerobak makanan menjajakan jualannya. Jenis makanan yang ditawarkan pun beragam dan bagi anda yang muslim, tidak ada salahnya apabila anda tanyakan apakah makanan tersebut mengandung daging babi atau tidak.

Jembatan Kota Intan

jembatan-kota-intan
by instagram @romeo.needjuliette

Selain tempat wisata di Jakarta Pusat, adapun tempat wisata Jakarta Barat yang bisa anda kunjungi yaitu Jembatan Kota Intan. Masih berada di kawasan Kota Tua, lokasi wisata ini bisa menjadi salah satu tempat menarik untuk dikunjungi di kawasan Jakarta Barat. Jadi, apabila anda bosan jalan-jalan ke mall, jembatan ini bisa menjadi sebuah lokasi wisata yang pas. Selain bisa mengenal sejarah, anda pun dapat memanfaatkannya sebagai tempat berfoto. Latar belakang yang unik tentunya akan membuat foto anda makin menarik. Jembatan yang terbuat dari kayu dan besi sangat cocok untuk anda yang ingin lakukan foto berlatar sejarah.

Jika bicara mengenai sejarahnya sendiri, Jembatan Kota Intan ini merupakan sebuah jembatan peninggalan dari Belanda. Jembatan yang sempat rusak di tahun 1629 dan kemudian diperbaiki lagi tersebut pada zamannya adalah jembatan yang memiliki fungsi sangat penting.

Kunjungi :  7 Tempat Makan Paling Enak di Jogja Harga Mahasiswa

Museum Bank Indonesia

museum-bank-indonesia
by instagram @museumbank_indonesia

Jika anda datang ke kawasan Jakarta, Museum Bank Indonesia adalah tempat wajib yang jangan sampai anda lewatkan. Sebagai salah satu tempat wisata di Jakarta Barat dan sekitarnya, museum yang satu ini menawarkan banyak hal menarik untuk semua pengunjung yang datang. Apabila museum biasanya berkesan kurang terawat dengan ruangan yang bisa dikatakan cukup horor, maka anda akan melihat sebuah museum yang sangat berbeda. Penataan yang sangat menarik, pencahayaan yang pas dan ruangan ber-AC yang disediakan akan membuat semua pengunjung nyaman.

Mengenai barang yang dipamerkan, semuanya berhubungan dengan sejarah keuangan Indonesia sebab anda bisa temukan uang logam, uang kertas, brankas, emas batangan ataupun benda lain yang beehubungan erat dengan sejarah keuangan Indonesia. Biaya masuk museum adalah gratis sehingga anda jangan sampai melewatkannya.

Museum Wayang

meseum-wayang
by instagram @fadli__18

Wisata Jakarta Barat selanjutnya masih berkutat dengan keberadaan museum di kawasan ini. Jadi, selain beberapa museum seperti yang telah disebutkan di atas, anda pun bisa kunjungi museum lain bernama Museum Wayang. Dari namanya, anda tentu telah mengetahui benda apa saja yang ada dalam museum ini, bukan? Ya, koleksi wayang dari beberapa daerah Indonesia akan dipajang lengkap dengan penjelasan yang bisa dibaca oleh para pengunjung. Bukan hanya dari dalam negeri saja, koleksi wayang di museum ini pun dilengkapi dengan wayang luar negeri. Sehingga anda tidak akan hanya bisa belajar pewayangan dari Indonesia saja tapi juga dari luar negeri. Berada di daerah Jl. Pintu Besar Utara no. 27, Museum Wayang memiliki jumlah koleksi hingga 6.000 wayang.

Museum Seni Rupa dan Keramik

museum-seni-rupa-dan-keramik
by instagram @made_arya_dedok

Untuk tempat wisata Jakarta Barat lainnya yaitu Museum Seni Rupa dan Keramik. Bagi anda para pecinta seni khususnya ialah seni rupa, anda jangan lupa untuk mampir ke museum yang satu ini. Anda bisa temukan berbagai jenis karya seni rupa dan juga keramik yang telah ada sejak tahun 1800an. Ada lebih dari 400 karya seni yang dipamerkan mulai dari sketsa, patung, totem kayu, batik lukis, lukisan dan lainnya. Mengenai koleksi keramik yang ada disini, anda bisa temukan keramik dalam negeri hingga keramik bersejarah luar negeri.

Kunjungi :  27 Tempat Nongkrong 24 Jam di Jakarta Selatan

Museum Tekstil

museum-tekstil
by instagram @ranomk

Apabila anda ingin melihat koleksi berbagai macam kain yang berasal dari berbagai penjuru Indonesia, tempat wisata di Jakarta Barat beserta alamatnya yang satu ini bisa anda kunjungi. Inilah Museum Tekstil yang ada di kawasan Jl. K. S. Tubun no. 4, Petamburan, Jakarta Barat. Awalnya, bangunan museum ini adalah sebuah rumah dari seorang berkebangsaan Perancis yang kemudian diserahkan ke Pemda Jakarta. Yang unik dari museum ini yaitu bangunannya yang sangat khas bangunan kolonial dengan pintu dan jendela lebar. Bukan hanya itu saja, lantai keramiknya pun memiliki motif yang sangat unik. Mengenai koleksi yang dimiliki, Museum Tekstil menjadi tempat berbagai jenis kain dari Indonesia. Kain batik, tenun, jumput, campuran bahkan baju kulit kayu bisa anda temukan di museum yang satu ini.

Toko Merah

toko-merah
by instagram @octavianiluansaritonga

Seperti namanya, Toko Merah ini merupakan sebuah deretan bangunan toko yang berwarna merah. Berada di kawasan Kota Tua, anda bisa menikmati keunikan dari bangunan khas kolonial yang satu ini. Dulunya, Toko Merah adalah tempat tinggal Gubernur Jenderal VOC yang kemudian di tahun 1851 dijadikan area pertokoan oleh seorang keturunan China. Wisata Jakarta Barat memiliki cukup banyak cerita seram yang beredar dalam masyarakat. Tapi, tidak ada salahnya apabila anda mencoba masuk ke dalam toko yang ternyata cukup unik.

Masjid An-Nawier

masjid-an-nawier
by instagram @armandhelmyasli

Tempat wisata Jakarta Barat religi pun bisa menjadi pilihan tepat bagi anda yang ingin rasakan liburan di kawasan Jakarta Barat. Inilah Masjid An-Nawier, sebuah masjid yang bisa anda kunjungi ketika anda ingin dapatkan wisata religi sekaligus wisata sejarah. Jika anda datang ke masjid yang satu ini, anda tentu saja akan temukan sebuah tempat bersejarah penyebaran agama islam. Memang, dulunya Masjid An-Nawier merupakan pusat penyebaran dari agama islam di kawasan tersebut.

Hal yang unik dari masjid ini yaitu adanya perpaduan arsitektur asing. Anda tidak akan temukan bangunan masjid yang khas dengan kubahnya disini. Tapi, justru inilah hal unik yang bisa anda nikmati saat anda berkunjung ke tempat wisata yang bisa menampung 2.000 orang lebih tersebut. Jadi, tidak heran apabila anda akan lihat jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi.

Gereja Sion

gereja-sion
by instagram @anneslylestari

Gereja Sion atau dikenal juga dengan Gereja Portugis merupakan sebuah bangunan gereja kuno yang telah ada sejak dahulu. Tidak heran jika arsitekturnya pun masih arsitektur lama yang kokoh dan juga megah. Gereja yang satu ini bisa menjadi pilihan obyek wisata yang ada di Jakarta Barat. Selain lakukan wisata religi, anda pun bisa melihat bagaimana indahnya bangunan gereja kuno tersebut. Sampai saat ini, gereja masih digunakan sebagai fungsi awalnya sebagai tempat ibadah. Hal ini sangat berbeda dengan banguanan yang ada di sekitar gereja yang telah beralih fungsi. Memiliki kapasitas 1.000 orang, Gereja Sion tentu saja bisa menjadi salah satu tempat wisata unik dan jangan sampai terlewatkan yang ada di daerah Jakarta Barat. Sekedar informasi, angka yang ada di atas pintu gereja menunjukkan umur dari Gereja Portugis tersebut.

Wisata Belanja di Jakarta Barat

  • Mall Daan Mogot : Daan Mogot KM.16, Jl. Tanah Lot, Kalideres, Kecamatan Kalideres, Kota Jakarta Barat
  • Mall Taman Palem : Jl. Kamal Raya, Cengkareng, Jakarta Barat
  • Plaza Cengkareng : Jalan Lingkar Luar Barat, RT.1/RW.2, Cengkareng Tim., Cengkareng, Cengkareng Timur, Jakarta Barat 11730
  • Mall Putri Indah : Jalan Puri Agung, Puri Indah, Kembangan Selatan, Kota Jakarta Bara
  • Lippo Mall Putri : Jalan Puri Indah Raya Blok U 1, Puri Indah CBD, Kembangan, Kota Jakarta Barat
  • Mall Taman Anggrek : Jalan Letjen. S. Parman Kav. 21, Kota Jakarta Barat
  • Central Park Jakarta : Jalan Letjen. S. Parman Kav.28, Tanjung Duren Selatan, Grogol Petamburan, Jakarta Bara
  • Mall Ciputra Jakarta : Jl. Arteri S. Parman, Grogol, Kota Jakarta Barat
  • Lindeteves Trade Center : Jl. Hayam Wuruk No. 127, Taman Sari, Mangga Besar, Kota Jakarta Barat
  • Slipi Jaya Plaza : Jl. Letjen S. Parman Kav. 17- 18 Jakarta Barat
  • PX Pavillion : Jl. Puri Indah Boulevard Blok U1, Puri Indah, Jakarta Barat
  • Lotte Mall Taman Surya : Jalan Satu Maret, Pegadungan, Kalideres, Kota Jakarta Barat
  • Glodok Plaza : Jl. Mangga Besar I, RT. 1 / RW. 6, Mangga Besar, Tamansari, Kota Jakarta Barat
  • Harco Glodok : Ruko Glodok Makmur No. 3-6, Jalan Hayam Wuruk, Glodok, Jakarta Barat
  • Lokasari Plaza : Jl. Mangga Besar Raya No. 81, RT 06 / RW 02, Tangki, Tamansari, Kota Jakarta Barat,
  • Pasar Slipi : Jalan Anggrek Garuda, Kemanggisan, Palmerah, Kota Jakarta Barat
Kunjungi :  Pesona Taman Wisata Bendungan Waduk Selorejo Malang

Jadi, itulah beberapa tempat wisata di Jakarta Barat yang sebaiknya jangna sampai anda lewatkan ketika bosan dengan rekreasi mall di kawasan Jakarta Barat. Selain bisa menikmati keindahan tempat wisata yang kebanyakan bersejarah, anda juga bisa sekaligus wisata kuliner Jakarta Barat di sekitar kawasan tempat wisata tersebut.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */