Instagramable 23 Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah

0

Tempat Wisata di Grobogan Jawa Tengah – Membahas seputar tempat wisata di Jawa Tengah dan Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Dan pada kesempatan kali ini kami akan mengulas tempat wisata di Grobogan yang mungkin anda cari-cari selama ini. Grobogan merupakan wilayah yang masuk dalam kawasan Provinsi Jawa Tengah dan beribukotakan Purwodadi. Yah, Purwodadi memang lebih familiar di telinga masyarakat Jawa Tengah. Dan karena hal ini, banyak orang mengira Purwodadi adalah kabupaten yang berdiri sendiri.

Di Purwodadi terdapat wisata kuliner yang menarik perhatian seluruh indonesia yaitu Swike Kodok. Memang cukup kontroversial, namun buat anda yang menganggap kodok itu haram untuk dimakan maka jangan sekali-kali mencoba dan pesanlah swike dengan bahan yang lainnya seperti swike ayam.

Dari sektor pariwisata sendiri, Grobogan dan Purwodadi memiliki destinasi tempat wisata yang harus anda coba. Mulai dari wisata alam, buatan bahkan sampai religi lengkap disini. Dan berikut adalah daftar tempat wisata di Grobogan dan Purbolinggo yang kami rekomendasikan untuk anda :

Waduk Kedung Ombo

waduk-kedung-ombo
by instagram @jarfa

Waduk yang satu ini memang berada dilokasi 3 kabupaten seperti yang sudah kami ulas kemarin di artikel tempat wisata Sragen. Yah, waduk yang memiliki luas -+ 6,5 H ini memanglah mempunyai fungsi utama sebagai irigasi. Namun seiring berjalannya waktu, tempat ini semakin hari semakin ramai dikunjungi dan menjadi wisata yang potensial untuk di kembangkan pemerintahan Grobogan.

Bukan hanya melihat pemandangan semata, di tempat ini anda bisa merasakan ikan bakar tawar yang disediakan oleh warung disekitar lokasi. Dan bagi anda yang mau mengelilingi Waduk Kedung Ombo, disini juga menyediakan fasilitas kapal motor untuk anda gunakan.

Lokasi : Desa Rambat, Kecamatan Geyer, Kabupaten Grobogan

Obyek Wisata Bledug Kuwu Grobogan Jateng

obyek-wisata-bledug-kuwu-grobogan-jateng
by instagram @ardani_kiswando

Objek wisata yang menarik sekaligus unik ini menampilkan luapan lumpur yang berjarakkan setiap 2-3 menit. Ini bukan fenomena yang tanpa alasan yah, kalau ditinjau dari ilmu geologi yang pernah dilakukan di tempat ini, aktivitas seperti ini terjadi karena pelepasan gas yang berada di dalam teras bumi. Selain kandungan gas metana, letupan yang terjadi juga mengandung kandungan mineral serta garam. Dan oleh masyarakat di sekitar Bledug Kuwu dimanfaatkan ssebaik mungkin untuk memproduksi garam bleng dengan cara tradisional.

Kunjungi :  Keelokan 5 Pantai Terindah di Padang Sumatera Barat

Lokasi : Desa Kuwu, Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan

Wisata Api Abadi Mrapen Grobogan

wisata-api-abadi-mrapen
by instagram @ayuniken37

Kalau di Bojonegoro mempunyai fenomena alam Wisata Kayangan Api, maka di Grobogan terdapat juga Api Abadi Mrapen. Tempat wisata di Grobogan ini memang menarik karena fenomena alam yang menampilkan api nyala abadi meskipun diguyur oleh hujan sekalipun. Fenomena alam abadi ini terjadi karena adanya lubang di tanah yang mengeluarkan gas alam kemudian terbakar oleh api dan mengudara.

Bukan hanya itu saja, Api Abadi di lokasi ini juga memiliki sejarah yang patut untuk dikenalkan seperti digunakannya sebagai sumber api pada event PON, POR PRI tahun 1983, Pesta Olahraga Internasional Ganefo tahun 1963 dan masih banyak lagi. Dan adalagi yaitu, Api Mrapen setiap tahunnya digunakan sebagai sumber api disaat perayaan Waisyak.

Lokasi : Desa Manggarmas, Kecamatan Odong, Kabupaten Grobogan

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

20 Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah Terpopuler
Rekomendasi 16 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah
16 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik

Goa Macan dan Goa Lowo

goa-lawa-dan-goa-macan
by instagram @oliev28

Wisata di Grobogan yang masuk dalam kategori wisata alam yang berikutnya adalah Goa Macan dan Goa Lowo. Yah, di Grobogan memang terkenal akan pegunungan kapunya yang besar. Dan dari situ juga banyak terjadi pembentukan Goa secara alami seperti Goa Macan dan Goa Lowo ini. Lokasi dari kedua goa ini memang berdekatan. Dan penamaanya pun diambil dari penguhuni goa tersebut. Namun untuk saat ini, macan yang diceritakan sudah tidak ada dilokasi dan tinggal namanya saja.

Lokasi : Dusun Watu Song, Desa Sedayu, Kecamatan Sedayu, Kabupaten Grobogan.

Goa Urang Grobogan

goa-urang-grobogan
by instagram @bang8ros

Di Grobogan selain Goa Macan dan Goa Lowo ada juga Goa Urang. Urang dalam bahasa Indonesia berarti Udang. Dan menurut warga sekitar, tempat ini dulunya memang ditemukan banyak udang dan dari situlah penamaan diberikan.

Goa yang satu  ini memang belum banyak dijamah oleh wisatan karena akses menuju lokasinya bisa dibilang sulit. Namun, banyak peneliti dari luar daerah yang melakukan penelitian di Goa ini.

Lokasi : Dusun Guwo, Desa Kemadohbatur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobongan

Air Terjun Widuri Purwodadi

air-terjun-widuri-purwodadi
by instagram @ovikuvi

Air Terjun Widuri merupakan satu-satunya air terjun yang ada di Kabupaten Grobogan. Lokasinya yang tersembunyi menjadikan wisata Grobogan yang satu ini masih sepi akan pengunjung. Namun dilain itu, pemandangan alam yang ada di sekitar lokasi masih terbilang alami dan asri.

Kunjungi :  27 Tempat Wisata di Depok Lengkap Beserta Alamatnya

Menurut kepercayaan masyarakat sekitar. Air Terjuan Widuri ini dulunya digunakan sebagai tempat pertemuan Joko Tarub dan seorang bidadari yang bernama Nawang Wulan. Yah, seperti yang diceritakan juga di dalam cerita rakyat.

Lokasi : Desa Batur, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan.

Waduk Klambu

waduk-bendung-klambu
by instagram @gys.meihendra

Selain Waduk Kledung Ombo, di Grobogan terdapat juga Waduk Klambu. Waduk yang berfungsi sebagai irigasi ini membendung 2 aliran sungai yaitu Sungai Serang dan Lusi. Bukan hanya difungsikan untuk warga Grobogan saja, Waduk Klambu ini irigasinya juga sampai ke Kabupaten Pati dan Kudus. Karena keindahan alamnya, tempat wisata di Grobogan ini setiap harinya sering dikunjungi oleh wisatawan domesti terutama warga Grobogan dan sekitarnya.

Obyek Wisata Jatipohon

obyek-wisata-jatipohon
by instagram @dolangrobogan

Jatipohon merupakan daerah di Grobogan yang lokasinya terdapat di daerah pegunungan. Udara yang sejuk dan pemandangan yang asri seringkali memikat pengendara yang melewati Jalan Purwodadi – Pati untuk berhenti.

Bukan hanya pemandangan yang asri saja, dilokasi ini juga terdapat beberapa fasilitas yang bisa anda nikmati sebagai rest area seperti tempat pemancingan dan pondok makan lesehan, Taman, Kolam Renang dan Sumber Mata Air.

Lokasi : Jln. Purwodadi – Pati KM. 10, Desa Sumber Jatipohon, Grobogan

Tiket : Rp. 2.000

Waduk Cindelaras

Waduk Cindelaras merupakan wisata kebanggaan dari warga Toroh. Dulunya, di lokasi ini seringkali dijadikan sebagai tempat perkemahan atau sekedar tongkrongan untuk menikmati pemandangan bukit yang asri. Namun, untuk saat ini waduk Cindelaras yang dikelola oleh Perum Perhutani kurang mendapatkan perhatian dan mulai ditinggalkan wisatawan. Selain kurangnya pengembangan lokasi, akses menuju jalan ini juga kurang mendapatkan perhatian lebih.

Lokasi :  Desa Bandungrejo, Kecamatan Toroh, Kabupaten Grobogan

Lumpur Kesongo Grobogan

lumpur-kesongo-grobogan
by instagram @perumperhutani

Lumpur Kesongo merupakan obyek wisata di Grobogan yang cukup menarik karena disini anda bisa melihat ledakan-ledakan dari lahar dingin. Ada ritual unik yang bisa anda coba dengan diiringi juru kunci, titik yang dinamakan keraton ini nantinya bisa mengeluarkan lumpur apabila kita tuangkan susu cair. Dan hasil luapan ini dipercaya menggambarkan seberapa kuat dan besarnya keinginan pengunjuang.

Kunjungi :  Indahnya Wisata Baru Pantai Petanahan Kebumen yang Mempesona

Dan ada satu lagi keajaiban yang sering terjadi di Lumpur Songo ini yaitu bernama luapan kurdo. Luapan besar yang memakan korban puluhan burung yang bersarang disekitar kawasan. Dan burung yang menjadi korban itu tadi, oleh masyarakat sekitar biasanya dimanfaatkan sebagai lauk makan sehari-hari.

Lokasi : Kecamatan Gabusan, Kabupaten Grobogan

Sendang Coyo Grobogan

sendang-coyo-grobogan
by instagram @rahadian_kr

Tempat wisata di Grobogan yang berikutnya adalah Sendang Coyo. Sendang yang satu ini menjadi kebanggaan bagi warga Grobogan. Sendang yang airnya tidak habis meskipun musim kemarau tiba ini dulunya diyakini sebagai peninggalan dari Sunan Kalijaga. Yang mana airnya bersumber dari tancapan tongkat Sunan Kalijogo semasa dia menyebarkan Islam di tanah Jawa.

Dan selain itu, adapun kepercayaan masyarakat sekitar. Bahwa kalau kita mandi di malam 1 Suro di Sendang Cayo ini, maka dipercaya dapat membuat kita awet muda.

Lokasi : Desa Mlowokarangtalun, Kecamatan Pulokulon, Kabupaten Grobogan.

Wisata Kuliner di Purwodadi Grobogan

  • Swike Kodok
swike-kodok
by instagram @makandipati

Bagi wisatawan dari daerah Demak dan Semarang mungkin Swike kodok tidak asing lagi. Yah, Swike Kodok memang terkenal di daerah utara Jawa Tengah terutama di Purwodadi Grobogan. Swike sendiri memiliki berbagai macam varian seperti goreng tepung, swike kuah, rambak swike dan pepes.

  • Nasi Jagung dan Sambel Gereh

Nasi Jagung dan Sambel Gereh

Wilayah penghasil jagung yang besar menjadikan Purwodadi ini memanfaatkan jagung sebagai kebutuhan premier pengganti dari nasi. Sudah ada sejak zaman dahulu, makanan ini menjadi khas dari Purwodadi. Dan buat anda yang mau mencoba membuat secara sendiri maka ketahuilah bahwa pembuatannya tidak menggunakan jagung biasa tetapi menggunakan jagung pipil ( jagung yang sudah tua )

  • Sayur Becek

Wisata Kuliner di grobogan

Kalau anda sampai di Grobogan, maka tidak sulit untuk mencari sayur becek ini. Hampir di setiap warung pinggir jalan menjual makanan yang satu ini. Sayur yang berbahan utama iga sapi ini mempunyai rasa dan kenikmatan tiada duanya. Jadi, kalau anda di Purwodadi Grobogan, maka ada baiknya anda mencicipi wisata kuliner yang satu ini.

Tempat Wisata di Grobogan Lainnya

jembatan-ledok
Lokasi : dsn Ledok, kel Wirosari, kec Wirosari by instagram @al_afghani18
sedayu-grobogan
Lokasi : ds Sedayu, kec Grobogan by instagram @intanf.fi3a
waduk-nglangon
Lokasi : Waduk Nglangon, kec Kradenan by instagram @indraxgun
tugu-lasi-mrisi-tanggungharjo
Lokasi: Tugu Lasi, ds Mrisi, kec Tanggungharjo bby instagram @akahito_k
jembatan-desa-truwolo-grobogan
Lokasi : ds Truwolu, kec Ngaringan by instagram @ajeng_nurvitria
danau-resto
Lokasi : Danau Resto Purwodadi by instagram @ditaanggita26
kedung-kempul
Lokasi : Kedung Kempul, ds Sedayu, kec Grobogan by instagram @endhii_ens
air-terjun-gulingan
Lokasi : Air Terjun Gulingan, dsn Sandi, ds Sedayu, kec Grobogan by instagram @nawang_sila
air-terjun-kinasih
Lokasi : ds Karangasem, kec Wirosari by instagram @mazberow
kalibiru
Lokasi:Kalibiru / Teleng, ds Pandanharum, kec Gabus by instagram @ridhabib818

Itu dia 23 wisata di grobogan dan wisata purwodadi yang bisa anda jadikan referensi ketika liburan tiba. Jangan lupa jaga kebersihan dan diri anda ketika berwisata.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */