35 Tempat Wisata di Gresik yang Memukau Pengunjung

0

Tempat Wisata di Gresik – Walaupun Malang dan Surabaya adalah destinasi yang paling sering dikunjungi untuk liburan ke Jawa Timur, namun wisata di Gresik juga tak kalah indahnya dengan wisata di Malang dan Surabaya. Gresik adalah sebuah daerah di Jawa Timur yang berbatasan dengan Lamongan disebelah barat, Surabaya dan Selat Madura di sebelah timur, Laut Jawa di sebelah utara, serta Sidoarjo dan Mojokerto di sebelah selatan. Tentunya anda pasti familiar dengan Semen Gresik, bukan? Kota ini adalah tempat berdirinya semen pertama di Indonesia. Gresik adalah salah satu penyangga Surabaya. Wisata Gresik Jatim cukup banyak dan potensial karena memang wisata Gresik mempunyai pemandangan yang indah. Wisata Gresik cukup lengkap, mulai dari wisata kota Gresik, wisata kuliner Gresik sampai wisata alam Gresik. Dijaman saat anda mengunjungi Gresik anda tidak akan kecewa dan tentunya akan merasa senang bila berlibur di Gresik. Berikut beberapa tempat wisata di Gresik yang tempatwisataindonesia ulas dan bisa anda kunjungi nantinya :

Pulau Bawean

pulau-bawean
by instagram @rhied13

Di Gresik terdapat beberapa pulau yang bisa anda kunjungi, salah satunya adalah Pulau Bawean. Pulau Bawean adalah pulau kecil yang berada di sisi utara Pulau Jawa. Di Pulau Bawean terdapat suaka margasatwa dan suka alam. Pulau Bawean adalah salah satu wisata bahari yang indah karena terdapat pantai yang mempesona dan masih perawan, sepi, serta bersih. Pantai di Pulau Bawean aman untuk berenang. Disini juga ada air terjun, pemandian air panas, bahkan ada danau yaitu Danau Kastoba. Jika anda cukup beruntung, anda bisa bertemu dengan Rusa Bawean. Saat air laut sedang surut, anda bisa mampir ke Gili Noko yang cantik yang tak jauh dari Pulau Bawean.

Gili Noko

gili-noko
by instagram @icank9

Jika Wisata Probolinggo punya Gili Ketapang, maka Gresik punya Gili Noko. Gili Noko adalah pulau kecil yang letaknya cukup dekat dengan Pulau Bawean, jaraknya hanya 2,3 km saja. Gili Noko dihuni oleh 700 kepala keluarga. Sama seperti Gili pada umunya, disini pantainya adalah pantai pasir putih. Sunset dan sunrise di Gili Noko tidak boleh dilewatkan begitu saja karena sangat istimewa. Jangan lupa untuk membeli hasil tangkapan laut dari penduduk setempat. Pesta ikan bakar dengan menikmati sunset di tepi pantai adalah pengalaman yang tak terlupakan. Untuk menuju ke Gili Noko, anda harus menyebrang menggunakan perahu selama 30 menit.

Pulau Noko

pulau-noko
by instagram @daya0o

Jika anda ingin snorkeling atau diving, maka tempat wisata di Gresik ini adalah pilihan yang tepat. Pulau Noko yang berpasir putih ini adalah pulau yang tak berpenghuni. Walaupun luasnya hanya 1 km, namun Pulau Noko sangat cantik karena dikelilingi oleh bunga karang aneka ikan hias. Karena Pulau Noko belum terurus dengan baik, sehingga tidak ada fasilitas apapun disini. Persiapkan sendiri peralatan snorkeling dan diving anda.

Kunjungi :  Pancaran Cahaya Goa Jomblang Gunung Kidul

Pulau Noko Selayar

pulau-noko-selayar
by instagram @faisulsaripi

Masih dekat dengan Pulau Bawean, Pulau Noko Selayar adalah pulau kecil dengan gugusan pasir putih panjang. Anda bisa menikmati keindahan alam bawah lautnya karena Pulau Noko Selayar memiliki bunga karang dan ikan hias yang beragam. Pulau Noko Selayar sebenarnya adalah gunung yang berada di tengah laut. Saat air laut sedang surut, anda bisa berjalan mengelilingi pulau ini.

Pantai Delegan

pantai-delegan
by instagram @magnum.photo

Mari kita beralih ke tempat wisata pantai di Gresik. Pantai Delegan adalah pantai yang paling terkenal di Gresik. Pantai pasir putih ini aman untuk berenang karena ombaknya tenang. Fasilitas di pantai ini masih sederhana. Saat hari kemerdekaan, disini sering diadakan lomba memancing dan lomba perahu.

Pantai Sukaoneng

pantai-sukaoneng
by wisataterindah.net

Kembali lagi ke Pulau Bawean, kita bisa mengunjungi pantai Sukaoneng yang memiliki air berwarna biru jernih. Untuk menikmati keindahan pantai ini, anda harus jalan kaki sejauh 200 meter.

Pantai Ria

pantai-ria
by instagram @nickamaraya

Nama pantai ini diambil dari rasa gembira ria saat nelayan mendapatkan hasil laut yang melimpah. Karena memang dulunya Pantai Ria adalah tempat para nelayan menangkap ikan dan juga pengolahan ikan serta rumput laut. Disini pantainya tidak berpasir putih namun mempunyai pemandangan bebatuan yang indah.

Pantai Kuburan Panjang

pantai-kuburan-panjang
by instagram @rikeverlita

Pantai ini unik karena terdapat kuburan panjang yang konon katanya adalah kuburan dari para pengawal Aji Saka. Karena itu kuburan ini dikeramatkan oleh masyarakat sekitar. Keunikan lainnya adalah terdapat 2 sisi pantai terpisah daratan di pantai ini. Satu sisi memiliki ombak yang tenang, sisi lainnya dengan ombak yang kencang. Pemandangan sunset dan sunrise disini juga bagus. Dan biasanya pantai Kuburan Panjang sering dikunjungi oleh remaja.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

17 Tempat Wisata di Madiun Jawa Timur Paling Populer
Rekomendasi 13 Tempat Wisata di Lamongan yang Ramai Wisatawan
30 Tempat Wisata di Lumajang Populer dan Terkenal
31+ Tempat Wisata di Probolinggo yang Tak Akan Pernah Kamu Lupakan

Pantai Mayangkara

pantai-mayangkara
by instagram @ipeyjava

Masih di wisata pantai Gresik, Pantai Mayangkara menawarkan panorama birunya laut. Disini ada penangkaran rusa yang bisa kamu kunjungi. Situs Zaenab, istri dari Sunan Giri adalah orang yang menemukan pantai ini menurut sejarah.

Air Terjun Laccar

air-terjun-laccar
by instagram @pantai-mayangkara

Pulau Bawean memang wisata yang lengkap, bahkan ada curug (air terjun) juga. Curug Laccar adalah wisata ekstrim yang cocok untuk anda yang memiliki jiwa petualang. Anda harus berjalan kaki sejauh 1 km, dengan menyusuri jalan setapak dan sungai berbatu. Namun rasa lelah anda akan terbayar dengan pemandangan alam dan kesegaran air dari Curug Laccar

Gunung Kapur Sekapuk

gunung-kapur-sekapuk
by instagram @shellashinoda

Salah satu wisata alam yang ada di Gresik adalah Gunung Kapur Sekapuk. Perbukitan kapur ini adalah bekas kegiatan penambangan oleh penduduk sekitar. Bukit ini mulai ditambang sejak tahun 1950. Karena luasnya bukit kapur ini, anda akan serasa berada di sebuah istana kapur. Anda seperti berada di film-film fantasi berkat panorama alam berupa goa dan pilar dari kapur di Gunung Kapur Sekapuk

Kunjungi :  Refreshing ke 6 Tempat Wisata Alam di Jakarta Paling Diminati

Gunung Surowiti

gunung-surowiti
by instagram @anas_achmad_

Tempat ini pernah menjadi petilasan pertapaan Sunan Kalijaga. Gunung Surowit dihuni oleh 200 kepala keluarga. Bukit terjal dengan ketinggian 260 mdpl ini menghadirkan suasana pedesaan yang sejuk dengan udara yang segar. Anda bisa meilhat hamparan hijaunya alam dan juga sawah.

Goa Gelang Agung

goa-gelang-agung
by instagram @anas_achmad_

Nama goa ini diambil dari bentuknya yang mirip dengan sebuah gelang besar. Disini anda akan melihat pemandangan stalagtit dan stalagmit di sepanjang 4 km dari gua ini. Goa gelang Agung mempunyai ruangan yang konon katanya pernah digunakan sebagai tempat bertapa dan tempat persembunyian.

Goa Langsih

goa-langsih
by instagram @cheppy_grizz

Goa Langsih adalah wisata Gresik yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Konon katanya Goa Langsih adalah tempat tinggal Raden Sahid atau Sunan Kalijaga. Karena banyaknya kejadian mistis yang tak masuk akal, maka goa ini disakralkan oleh masyarakat sekitar. Maka dari itu pengunjung harus menjaga kesopanan, kebersihan,dan ketertiban. Jangan melakukan hal yang aneh-aneh. Dan untuk wanita yang sedang haid tidak diperbolehkan masuk goa.

Danau Kastoba

danau-kastoba
by instagram @kelilingbawean

Danau Katoba yang terletak di Pulau Bawean ini terletak di puncak bukit. Maka dari itu anda harus menyusuri bukit dengan berjalan kaki sejauh 1 km. jalannya tidak bisa dilewati kendaraan. Danau Kastoba mempunyai air yang jernih dan segar. Cocok sekali untuk anda yang sudah bosan dengan hiruk pikuk kota karena pemandangan disini sangatlah alami.

Bukit Jamur

bukit-jamur
by instagram @roninooradam

Ingin mengunjungi tempat dimana anda serasa di dunia lain? Wisata Gresik Bukit Jamur jawabannya. Disini anda akan melihat pemandangan jamur yang besar-besar. Dulunya kawasan Bukit Jamur adalah bekas galian yang sudah tidak dipakai lagi. Karena adanya proses erosi akibat air hujan, terbentuklah gundukan-gundukan dari batu besar yang menyerupai jamur. Lokasi Bukit Jamur hanya berjarak sekitar 6 sampai 7 km dari Gunung Kapur Sekapuk.

Telaga Ngipik

telaga-ngipik
by instagram @tovic1001

Tempat wisata di Gresik yang dekat dari kota Gresik adalah Telaga Ngipik. Karena Gresik adalah kota industry, maka daerahnya panas dan sumpek. Kaburlah ke Telaga Ngipik untuk menghindari suasana panas dan sumpeknya Gresik. Berjarak hanya 1,5 km dari alun-alun Gresik, tempat ini sejuk dan udaranya segar. Telaga Ngipik cocok untuk kamu yang suka fotografi karena memang pemandangnnya indah. Telaga ini juga digunakan sebagai tempat latihan ski air.

Sendang Banyu Biru Lowayu

sendang-banyu-biru-lowayu
by instagram @alif_nh

Sumber mata air yang berwarna biru ini menyajikan fenomena alam yang unik. Warna biru dari mata air ini unik karena belum diketahui bagaimana bisa berwarna biru, padahal perairan disekitarnya tidak ada yang berwarna biru. Anda bisa mencium aroma belerang yang kuat saat mendekati mata airnya. Air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit.

Kunjungi :  Lokasi dan Tiket Masuk Pantai Tanjung Pasir Teluk Naga

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

makam-sunan-maulana-malik-ibrahim
by instagram @sitisoliqa

Sebenarnya makan Sunan Maulana Malik Ibrahim ini ada beberapa, salah duanya berada di Gresik dan Cirebon. Bagaimana bisa seseorang mempunyai 2 makam bahkan lebih? Mungkin karena Sunan Maulana Malik Ibrahim atau sering disebut dengan Sunan Gresik adalah salah satu dari beberapa orang yang berhasil menyebarkan agama Islam di daerah Jawa yang pertama saat masa Kerajaan Majapahit. Mungkin adanya beberapa makam beliau merupakan sebuah bukti dari pengaruh beliau yang menyebar luas di tanah Jawa.

Makam Sunan Giri Gresik

makam-sunan-giri-gersik
by instagram @yahya_vero_fc

Gresik memang tempat yang mempunyai wisata yang lengkap. Anda bisa juga melakukan wisata religi disini. Selain mengunjungi makam Sunan Gresik, anda bisa mengunjungi makam Sunan Giri Gresik yang berada di Desa Giri, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik. Untuk mencapai makam Sunan Giri Gresik ada 3 jalan yaitu dari arah Masjid Sunan Giri, dari arah makan Sunan Prapen, dan dari undakan tengah yang berada di gapura Candi Bentar dan melewati patung naga yang besar.

Kota Lama Gresik

kota-lama-gresik
by entegila.wordpress.com

Wisata di Kota Gresik juga mempunyai wisata bersejarah yaitu Kota Lama Gresik yang harus kamu kunjungi. Saat anda mengunjungi Kota Lama Gresik, anda akan serasa dilempar ke masa lalu yaitu di jaman Hindia Belanda sedang berkuasa. Arsitektur dari bangunan-bangunan di Kota Lama Gresik ini memang merupakan arsitektur klasik yang rapi ala Eropa. Kota Lama Gresik merupakan ikon wisata kota Gresik. Beberapa bangunan indah disini antara lain Masjid Jami, Garling, Pos Pelabuhan dan Gedung Parlemen. Jika Anda menyukai hal-hal yang berbau sejarah, maka berkunjung ke Kota Lama Gresik merupakan destinasi yang cocok karena anda juga bisa menambah wawasan sejarah Gresik.

Tempat Wisata di Gresik Jawa Timur Lainnya

  • Air Terjun Patar Selamat : Desa Patar Selamat, Kecamatan Sangkapura, Gresik
  • Tanjung Gaang : Dusun Somor-somor Tanjung Kima, Desa Kumalasa, Tanjung Gaang
  • Adenium : Ada di 3 lokasi – Kecamatan Kedamean, Kecamatan Driyorejo, Kecamatan Wringin Anom
  • Bukit Awan : Randu Agung Gresik, Kabupaten Gresik
  • Dalegan : Kecamatan Pancen, Gresik
  • Muara Bengawan Solo
  • Benteng Lodewijk Sedayu : Desa Mengare, Kecamatan Bungah, Kabupaten Gresik
  • Situs Gosari : Desa Gosari, Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik
  • Situs Kanjeng Sepuh Sidayu : Desa Kauman, Kecamatan Sidayu, Kabupaten Gresik
  • Petilasan Sunan Kalijaga
  • Makam Sunan Prapen : Jl. Sunan Prapen, Kebomas, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik
  • Makam Fatimah binti Maimun : Desa Leran, Kecamatan Manyar, Gresik

Itulah 33 tempat wisata Gresik dan sekitarnya. Saat anda berkunjung ke wisata Gresik jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan karena dengan kebersihan.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */