16 Tempat Wisata di Gorontalo yang Wajib Dikunjungi

0

Tempat Wisata di Gorontalo – Kota Gorontalo adalah ibu kota provinsi Gorontalo, Indonesia. Kota Gorontalo merupakan salah satu kota tertua di Sulawesi Selatan selain kota Makasar, Pare-Pare, dan Manado. Kota Gorontalo merupakan daerah dataran rendah dengan ketinggian 0 – 500 meter di atas permukaan laut.

Ternyata kota Gorontalo memiliki objek wisata yang sangat menarik. Bahkan belakangan ini dunia pariwisata semakin melirik kota Gorontalo sebagai tempat favorit, baik wisatawan domestik sampai pada wisatawan mancanegara, terutama dari negara Australia, Hongkong, Singapura, dan Malaysia.

Hal menarik yang ada pada tempat wisata di Provinsi Gorontalo adalah setiap tempat wisata membawa ciri khas nya masing-masing. Provinsi yang tergolong termuda di Indonesia ini memiliki banyak objek wisata yang layak untuk anda kunjungi. Anda penasaran?

Baiklah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tempat wisata terkenal di Gorontalo. Berikut pemaparannya:

Wisata Bahari Hiu Paus

wisata-bahari-hiu-paus
by instagram @albert_tanriawan

Salah satu fenomena langka yang hanya akan anda dapatkan di Gorontalo adalah munculnya Hiu Paus (while shark) yang letaknya di Desa Botubarani, Kecamatan Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolange, Gorontalo. Jaraknya kurang lebih 20 km dari pusat kota Gorontalo atau jika ditempuh dengan kendaraan membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Akhir-akhir ini tempat wisata menarik di Gorontalo ini terus ramai di datangi pengunjung, baik pengunjung domestik maupun pengunjung mancanegara. Bagaimana tidak, di sini pengunjung akan disuguhkan dengan pemandangan hiu paus yang hidup bebas di alamnya.

Uniknya, binatang air yang tergolong sangat besar ini bersifat jinak, bahkan terlihat sangat bersahabat dengan para nelayan dan para wisatawan. Bahkan anda dapat berenang bersama hiu paus jinak ini. Sungguh fantastik kan! Yah, itulah sensai yang dapat anda rasakan jika anda mengunjungi tempat wisata Gorontalo hiu Paus ini.

Kunjungi :  Pantai Balekambang Malang yang Tua nan Mempesona

Bagi anda yang pertama kali datang ke sini mungkin takut atau cemas dengan keberadaan hiu paus tersebut saat berenang, tetapi anda tak perlu khawatir karena di sini ada nelayan yang setia menjadi guide anda saat berenang. Anda dapat mengabadikan moment langka ini bersama ikan raksasa jinak.

Pantai Putih Leato

pantai-putih-leato
by instagram @10969affan

Tempat wisata di kota Gorontalo berikutnya yang layak anda kunjungi bersama keluarga adalah Pantai Putih Leato yang terletak di Gorontalo, tepatnya di Leato Utara, sekitar 12 km dari pusat kota Gorontalo.

Bagi anda yang menginginkan tempat wisata dengan keadaan tenang, pantai ini layak dikunjungi. Bagaimana tidak, pantai Putih Leato menghadirkan suasana pantai yang sangat indah dengan hamparan pasir putih meluas disertai dengan ombak yang tenang, serta suasana pantai yang sepi. Sangat cocok sebagai tempat relaxasi melepas rasa penat anda yang menumpuk. Objek wisata Gorontalo ini dapat pula bersantai bersama keluarga anda di sini atau bermain air di pinggir pantai bersama anak karena suasana ombak tenang tidak berbahaya bagi anak-anak.

Taman Laut Olele

taman-laut-olele
by instagram @mira_delima

Memang benar wisata alam Gorontalo memiliki keindahan yang tak dapat diragukan lagi. Seperti pada Taman Laut Olele ini yang menampilkan keindahan pantai serta pemandangan bawah lautnya yang tak jenuh dipandang mata. Bagi para penyelam, taman laut olele ini merupakan surga bawah laut.

Taman Laut Olele sangat digandrungi para wisatawan yang datang dari berbagai penjuru. Hal ini tentunya dengan alasan yang kuat, selain menampilkan keindahan pantai dan panorama bawah laut yang menyajikan keindahan terumbu karang yang dihiasi berbagai jenis ikan hias, pengunjung juga mudah menjangkau lokasi taman laut dengan peta wisata Gorontalo. Taman Laut Olele terletak di kawasan Bone Pesisir, Kabupaten Bone Bolange (Bonbol) yang hanya berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Gorontalo.

Kunjungi :  River Tubing di Sumber Maron Malang yang Murah Meriah

Teluk Tomini

teluk-tomini
by instagram @fayanisa

Wisata Gorontalo dekat bandara satu ini tak kalah seru adalah Teluk Tomini yang merupakan salah satu hamparan pulau-pulau yang menakjubkan. Letaknya dekat dengan Kota Gorontalo. Sebenarnya tempat ini bukan termasuk wilayah administratif provinsi Gorontalo, namun letaknya sangat dekat dengan pusat kota Gorontalo.

Untuk dapat sampai ke pulau ini, anda hanya perlu menyeberang menggunakan ferry dengan waktu tempuh sekitar 15 – 20 menit dari pusat kota. Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp. 89.000,- sampai Rp. 100.000,-. Teluk Tomini merupakan tempat wisata yang menyajikan keindahan bawah lautnya. Pesona terumbu karang dan ikan-ikan hias yang hidup bebas di alamnya membuat anda seperti berbaur menyatu bersama mereka saat anda menyelam di daerah ini. Patutlah kiranya jika para pengunjung kagum dibuatnya saat menyaksikan pesona obyek wisata Gorontalo teluk Tomini ini.

Kolam Renang Potanga

Setelah dari tadi mengupas tempat wisata alam, sekarang kita beralih ke tempat wisata selanjutnya yang merupakan hasil karya manusia yaitu Kolam Renang Potange. Kolam renang ini sangat cantik dan bersih. Tak heran setiap harinya selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah di Gorontalo, khususnya pada akhir pekan. Bagi anda yang penasaran dengan kesejukan air kolam yang ada di sini, anda dapat langsung pergi ke sini.

Tak perlu khawatir, jarak yang akan anda tempuh hanya memakan waktu sebentar, karena hanya berjarak sekitar 4 km dari pusat kota Gorontalo. Air kolam renang ini menyajikan air yang sejuk segaer karena aliran airnya langsung dari pegunungan sehingga memberikan kesan yang lebih menarik bagi pengunjung jika dibandingkan dengan kolam renang pada umumnya.

Kolam renang Potanga juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas menarik, seperti cottage, kolam renang, serta kolam mata air panas. Tempat wisata di Gorontalo yang wajib dikunjungi ini sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga anda.

Kunjungi :  Curug Benowo, Destinasi Membawa Effect Penyegaran Aroma Alami

Desa Suku Bajo

desa-suku-bajo
by instagram @afenerr

Desa yang dikenal dengan nama Desa Torosiaje merupakan sebuah perkampungan eksotis yang dihuni oleh suku Bajo. Desa ini terletak di Kecamatan Popayato, Kabupaten Pohuwato yang berjarak sekitar 7 jam ke arah barat dari kota Gorontalo.

Bagi anda yang ingin mencari suasana dan pengalaman baru, anda dapat melakukan perjalanan dengan berlibur ke Desa Suku Bajo. Masyarakat Suku Bajo terkenal sangat ramah. Selain itu anda dapat merasakan keindahan serta kekayaan laut yang dimiliki Teluk Tomini akan membuat anda betah berlama-lama di desa ini.

Untuk fasilitasnya, anda tak perlu khawatir karena dinas Pariwisata setempat telah menyediakan penginapan bagi anda yang ingin menjajal liburan di kampung Suku Bajo ini. Anda akan dikenakan biaya menginap sekitar Rp. 100.000,- permalam.

Bukit Layang Gorontalo

bukit-layang-gorontalo
by instagram @rl.ibrahim

Tempat wisata terakhir yang akan kami perkenalkan kepada anda adalah Bukit Layang Gorontalo. Bukit ini akan memperlihatkan kepada anda betapa indahnya kota Gorontalo dari ketinggian.

Bukit ini terletak di Kecamatan Hulonthalangi, Kelurahan Siendeng. Bukit ini memperlihatkan keindahan kota Gorontalo saat anda berada di atas puncak bukit. Lelah yang anda rasakan saat anda harus berjuang menaiki bukit ini, akan terbayar saat anda telah berada pada puncak bukit Layang Gorontalo ini.

Itulah tadi 7 tempat wisata di Gorontalo dan sekitarnya. Bagi anda yang berada di Gorontalo atau sedang merencanakan liburan ke Gorontalo, tak ada salahnya anda mencoba salah satunya juga yaitu tempat wisata di Gorontalo Pulau Cinta yang memiliki banyak keunikan pada setiap tempatnya.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */