Mbolang ke 16 Tempat Wisata di Demak dan Sekitarnya

0

Tempat Wisata di Demak – Demak merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki keindahan alam yang tak kalah dengan kota lainnya. Ada beberapa wisata Demak kota wali yang bisa Anda kunjungi. Tempat-tempat wisata di kota Demak kini tekah semakin berkembang dan menjadi daya tarik tersendiri bagi beberap wisatawan. Anda bisa menemui berbagai macam tempat wisata baru di Demak, Jawa Tengah mulai dari wisata alam, wisata belanja hingga wisata kuliner. Jangkaun kota Demak pun semakin mudah, dengan perjalanan darat Anda sudah dapat mengelilingi beberapa destiasi wisata yang tersedia di Demak. Lalu, apa saja destinasi wisata di Demak? Berikut ulasannya.

Wisata Kuliner Kota Demak

bakso-balungan
Instagram by @intan_

Jika Anda berkujung ke suatu kota, belum lengkap rasanya jika belum menikmati makanan khas kota tersebut. Sama halnya jika Anda berkunjung ke kota Demak, belum lengkap rasanya jika belum mencicipi beberapa makanan khas kota Demak. Demak yang terkenal dengan berbagai tempat wisata religi, ternyata juga memiliki beberapa kuliner yang menggiurkan di beberapa tempat wisata Demak dan sekitarnya. Kuliner-kuliner yang tersajikan pun tentunya tidak akan membuat Anda menyesal untuk berkunjung kembali ke kota Demak.

Tempat wisata Demak baru bernuansa kuliner pertama adalah Swikee Godog. Makanan jens ini merupakan daging yang dimasak dengan kuah yang lezat. Jika Anda penasaran dengan sensai kenikmatan dari makanan ini, Anda dapat memburunya di sekilar jalan alun-alun Demak menuju Semarang. Selain itu, ada pula Kerang Godog dan Kerang Goreng. Makanan jenis ini merupakan kerang yang direbus atau digoreng. Selin nikmat, kuliner yang dengan mudah ditemukan di sekitar alun-alun ini memiliki harga yang sangat murah. Dengan hanay mengeluarkan uang 5 ribu, Anda sudah bisa menikmati seporsi kerang godog atau erang rebus.

Sepertinya makanan khas Demak adalah Swikee. Wisata Demak dan Kudus Jepara lainnya bernuansa kuliner adalah Swikee Entog. Makanan jenis ini merupakan campuran dari daging entog dan kuah Swikee. Jika Anda penasarn dengan makanan ini, Anda bisa menemukannya di Jalan Lingkar Wonosalam, Demak. Ada lagi masakan khas Demak yang menggiurkan sekali, Nasi Ndoreng. Makanan jenis ini sangat menggiurkan dan dijamin berhasil menggoyang lidah Anda. Makanan ini terdiri dari nasi, botok dan sayuran. Kebayangkan bagaimana sensasi rasa Nasi Ndoreng? Ada yang unik dari masakan ini yaitu ada pencampuran parutan bumbu kelapa denan sayur mayor. Masakan ini sejenis dengan urap, yaotu sayur yang dicampurkan dengan paruta kelapa. Nasi Ndoreng ini sangat cocok untuk santapan pagi Anda.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata Eksotik di Sleman yang Sayang Terlewatkan

Setelah Anda puas berkeliling ke setiap tempat wisata daerah Demak, mungkin Asem-Asem Demak menjadi pilihan terbaik untuk melepas lelah Anda. Dengan mengnjungi Jalan Raden Fatah No. 41, Anda sudah bisa menemukan Asem-Asem Demak yang menggoyang lidah.Dengan bahan dasar daging sapi, makanan khas Demak ini semakin terkenal. Yang paling terkenal adalah Asem-Asem Demak di Rumah Makan Rahayu.

Untuk suguhan minuman, Anda juga dapat menikmati Wedang Pekak yang merupakan minuman tradisional khas Demak. Jika Anda sedang beruntung saat mengunjungi beberapa wisata di Demak, Jawa Tengah maka Anda dapat menemukan Wedang Pekak ini. Wedang Pekak merupakan campuran dari serai, gula pasir, gula jawa, kayu manis dan juga jahe.

Wisata Religi Kota Demak

masjid-agung-demak
Instagram by @exploredemak

Demak merupakan sebuah kota yang sudah lama terkenal dnegan berbagai macam wisata religinya. Ada berbagai macam tempat wisata religi di Demak Jawa Tengah yang memiliki nuansa religi yang tak boleh Anda lewatkan. Ada beberapa masjid dan makam leluhur yang bisa Anda kunjungi sebagai wisata religi di kota Demak. Apa saja wisata religi yang erada di Demak?

Tempat wisata Demak, Jawa Tengah yang memiliki nuansa religi adalah Masjid Agung Demak. Siapa yang tak kenal dengan masjid peninggalan Wali Songo dan Sultan Fatah ini. Dengan usia yang sudah mencapai hambir dari setengah abda, membuat Masjid ini semakin unik. Jenis arsitek Masjid Agung Demak ini juga menjadi inspirasi di beberapa masjid hingga pelosok nusantara. Dengan tiga trap atap sebagai symbol islam, iman dan ihsan, Masjid Agung Demak semakin dikenal dengan keunikannya. Sudah tidak diragukan lag bahwa kota Demak sangat identic dengan Islam, Masjid Agung Demak lah yang menjadi salah satu penginggalan sejarah islam di Kota Demak. Telah dipercayai bahwa Masih ini merupakan sebagai tempat berkumpulnya para wali Allah SWT sebagai pusat perbincangan agama Islam. Dari jenis bangunannya pun, Masjid Agung Demak memiliki makna tersendiri. Jika 3 trap atap merupakan symbol Islam, iman dan ihsan maka jika dilihat lebih telit akan terlihat gambar seperti bulus. Bulus ii memiliki makna yaitu pada bagian kepala disimbolkan sebagai angkat satu, dan kakinya disimbolnya sebagai angkat empat. Lalu 1 badan bulus diibaratkan sebagai angka 1. Jadi, jika seluruhnya digabungkan akan mempunyai makna 1401 yang merupakan tahun Saka, tahun dimana masjis ini didirikan.

Jika Anda berjalan menuju utara Masjid Agung Demak, maka Anda akan menemukan wisata Demak bernuansa religious lainnya. Di sana terdapat Museum Masjid Agung Demak yang menyimpan berbagai macam benda peningggalan. Bedug, pintu asli pertama masjid Agung Demak, gentong dari Campa hingg serat-serat dan kitab yang ditylis oleh para wali tersimoan rapih di museum ini. Selain itu, dari tempat ini para pengunjung juga bisa melihat tempat wudhu yang memiliki pagar melingkar dan rantai. Dulunya, tempat wudhu berbentuk seperti sebuah kolam. Demi menjaga keasliannya, tempat tersebut diberi pagar dan rantai. Selain berbagai macam koleksi, Anda juga dapat melihat beberapa jenis peninggalan-peninglalan lainnya seperti kayu tiang tall ayng telah dibuat oleh Sunan Klijaga dan juga Kap Lampu peninggalan dari Paku Buwono.

Kunjungi :  Wisata Keluarga Pantai Alam Indah Tegal Yang Sangat Populer

Selain mengunjungi Masjid, Anda juga bisa mengunjungi makam=makam leluhur sebagai wisata religi. Sunan Kalijaga sebagai salah satu penyebar ajaran islan di tanah Jawa telah dimakamkan di dekat Masjid Agung Demak. Saat kerkunjung ke Masjid Agung Demak, ANda bisa langsung berziarah ke makam Suna Kalijaga. Namun, sebelum berkunjung Anda harus memperhatikan beberapa hal. Saat berziarah ke makam Sunan Kalijaga, Anda dilarang membawa benda pusaka karena kalau tidak benda pusaka tersebut akan hilang kesaktiannya.

Wisata Alam Kota Demak

pantai-morosari
Instagram by @exploredemak

Selain terkenal dengan wisata religinya, Kota Demak juga memiliki wisata alam yang tak kalah menariknya. Wisata Demak Jawa Tengah yang memiliki nuansa alam ini banyak diminati para wisatawan muda hingga tua. Jadi, tak heran jika wisata alam Demak telah memikatt banyak orang. Dengan keasrian dan keunikannya, wisat alam kota Demak cukup membuka peluang pariwisata yang baik bagi kota Demak sendiri. Lalu apa saja wisata Demak terbaru maupun yang sudah lama bernuansa alam?

Wisata alam pertama yang wajib dikunjungi yaitu wisata Demak Suyung. Daerah ini terkenal dengan sebuah wisata alam bernama Wisata Alam Hutan Mangrove Morosari Sayung Demak. Dengan menyempatkan waktu berjalan-jalan di sekitar rimbunnya hutan mangrove, Anda dapat sedikit menyegarkan pikiran. Selain itu, denga keindahannya hutan mangrove ini banyak diburu untuk dijadikan sebuah objek foto yang menarik dan taka kalah cantik. Dengan nuansanya yang asri, Anda juga dapat menikmati sunset di tengah-tengah Hutan Mangrove Morosari Sayung. Ditambah lagi dengan kehadiran bangau putih yang semakin mempercantik suasana hutan mangrove yang asik ini.

Setelah puas dengan keasrian hutan mangrove. Ternyata wisata air merupakan wisata di Demak Jawa Tengah yang sangatmenraik perhatian wisatawan. Pantai Morosari Demak merupakan salah satu tempat wisata Demak  yang masih tergolong sepi pengunjung. Pantai ini snagat cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka dengan keramaian. Pantai ini hanya membludak pada waktu-waktu tertentu, seperti musim liburan dan beberapa hari raya. Ternyata keramaian itu disebabkan karena diadakannya syawalan yang merupakan sebuah tradisi yang masih terjaga dengan baik. Beberapa orang menyebutnya sebagai loman. Selain itu, terkadang tersapat juga lomba perahu dayung dan ritual sedekah laut yang mengundang banyak warga maupun wisatawan untuk melihat langsung prosesi turun temurun ini.

Kunjungi :  Lokasi dan Sejarah Wisata Religi Masjid Agung Banten

Selain itu, Demak juga memiliki kekayaan alam lainnya, yaotu buah-buahan. Ternyata Demak memiliki argowisata seperti halnya Bogor yang juga tak akalh menariknya. Wisata Demak favorit keluarga ini mempunyai andalan jambu merah delima dan belimbing. Keuda buah ini telah menjadi buah khas Demak. Jika Anda ingin menikmati langsung jambu merah delima dan belimbing ala Demak, Anda dapat megunjungi Desa Betokan, Tempuran, Wonosari, Mranak, dan Sidomulyo.

Ingin mendapatkan foto pemandangan yang indah di Demak? Wisata DemakJawa Tengah menyediakan Brown Canyon Demak yang merupakan bekas area pertambangan. Siapa yang menyangka, area ini kini telah hampir mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Lokasi wisata yang berada di Desa Kobanbantur, Kecamatan Mranggen ini merupakan tempat wisata yang unik yang merupakan hasil bekas galian yang telah membentuk bukit yang sangat cantik.

Apakah Anda pecinta burung hantu? Kampung Wisata Tlogoweru menjadi tempat pilihan terbaik bagi pecinta burung hantu. Uniknya, masyarakat di desa ini ternyata memelihara banyak burung hantu untuk mengusir hama tikus di daerah pertanian. Yang uniknya lagi, burung hantu di desa ini hidup secara bebas dengan jumlah yang tidak sedikit. Jadi, bagi Anda yang masih penasaran dengan cara penangkaran burung hantu, Anda bisa langsung belajar di desa yang berada di kecamatan Guntur, Demak.

Demikianlah beberapa rekomendasi tempat wisata pantai di Demak yang mungkin bisa Anda kunjungi. Selain menambah pengalaman, dengan melakukan wisata ke daerah-daerah seluruh Indonesia akan membantu pertumbuhan ekonomi masyarakat secara tidak langsung dan pastinay ikut mempromosikan keindahan alam di Indonesia. Yang paling penting selalu ingat bahwa dimanapun kita berada kita harus menjaga lingkungan sekitar. Begitu pun saat berwisata, jangan sampai meninggalkan hal-hal yang tidak diinginkan di tempat wisata yang seharusnya dijaga dengan baik.

sayung
Pantai Sayung Instagram by @exploredemak
desa-babalan
Desa Babalan instagram by @exploredemak

Selalu menjaga keasrian dan kebersihan tempat wisata merupakan salah satu upaya untuk menjaga tempat-tempat wisata, khususnya Tempat Wisata di Demak. Seperti pepatah mengatakan, jika hentak menyelamatkan dunia maka setiap orang harus melestaikan lingkungan batin masyarakat dan bumi. Semoga informasi ini dapat membantu Anda. Selamat berkunjung ke kota Demak!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */