Surganya Wisata Indonesia

12 Tempat Wisata di Cimahi Jabar yang Harus Dikunjungi

0
12 Tempat Wisata di Cimahi Jabar yang Harus Dikunjungi
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Cimahi – Penghujung tahun adalah waktu yang tepat untuk berlibur bersama keluarga. Karena pada akhir tahun anak-anak sekolah dan kuliah sedang berada pada masa liburan untuk pergantian semester. Sedangkan, kaum pekerja mendapatkan kesempatan untuk libur dari Hari Natal sampai Tahun Baru atau mereka diperbolehkan mengambil cuti tahunan. Momen libur panjang dari Hari Natal sampai Tahun Baru adalah momen yang tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Kita bisa menghabiskan waktu bersama-sama sembari mengenang apa saja yang sudah kita lakukan selama setahun ini. Kita juga bisa bersama-sama merancang rencana dan resolusi apa yang harus dicapai di tahun depan. Dan, momentum itu akan sangat berkesan jika kita melakukannya di tempat yang berkesan seperti di tempat wisata Cimahi.

Kota Cimahi adalah salah satu kota yang berada di Provinsi Jawa Barat yang dulunya merupakan bagian dari Kabupaten Bandung. Namun, sejak tahun 1976 Cimahi memisahkan diri dari Kabupaten Bandung untuk membentuk daerah otonomi bernama Kabupaten Cimahi. Kemudian, pada tahun 2001 Kabupaten Cimahi berubah menjadi kota administratif Kota Cimahi yang terdiri atas tiga kecamatan dan 15 kelurahan. Meski pun Kota Cimahi memiliki wilayah yang sempit karena terdiri dari tiga kecamatan saja, wisata Cimahi memiliki pesona yang tidak tertandingi dibandingkan dengan kota-kota lain yang ada di Provinsi Jawa Barat. Wisata Cimahi terdiri dari berbagai jenis mulai dari wisata alam Cimahi, wisata kuliner Cimahi, wisata sejarah, wisata reliji dan wisata modern yang akan dijelaskan di bawah ini.

Ciwangun Indah Camp

Ciwangun Indah Camp
Instagram by @shotsofasia

Walau pun Cimahi merupakan sebuah kota administratif di Provinsi Jawa Barat, kota ini tetap memiliki tempat wisata di Cimahi yang menyuguhkan keindahan alam wisata Cimahi, sejuknya udara pedesaan dan suasana pedesaan yang asri. Kita bisa merasakan betapa tenangnya atmosfer pedesaan di objek wisata yang ada di Cimahi ini bernama Ciwangun Indah Camp. Ciwangun Indah Camp adalah sebuah desa wisata dengan luas 22 hektar yang berada di Kota Cimahi. Desa wisata ini diresmikan oleh Pemerintah Kota Cimahi pada 2006 dan memiliki daya tarik tersendiri di mata wisatawan yang ingin menikmati indahnya lokasi alam wisata Cimahi yang menyuguhkan kehidupan pedesaan di tengah kota modern. Ciwangun Indah Camp memiliki berbagai fasilitas yang memanjakan wisatawan seperti aliran sungai Situ Lembang yang mengalir di tengah desa. Di desa wisata Cimahi ini juga terdapat camping ground, area untuk outbond dan hutan pinus.

Kunjungi :  Buktikan Uniknya Air Terjun Toroan Sumenep Madura

Alam Wisata Cimahi

Alam Wisata Cimahi
Instagram by @alamwisatacimahi

Objek wisata Cimahi yang tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Kota Cimahi adalah alam wisata Cimahi. Alam wisata Cimahi alamat di Jalan Kolonel Masturi KM.14 No. 157, Kota Cimahi, Provinsi Jawa Barat ini merupakan perpaduan antara objek wisata alam sekaligus objek wisata kuliner yang sangat direkomendasikan untuk berlibur keluarga. Di alam wisata Cimahi atau yang kerap dikenal dengan AWC berada di lokasi yang strategis karena hanya empat kilometer dari pusat Kota Cimahi. Jika kita berasal dari arah Bandung, kita bisa melewati jalur yang sama dengan jalur yang menuju ke Lembang. Dari pusat Kota Cimahi menuju Alam Wisata Cimahi membutuhkan waktu 30 menit sampai 45 menit tergantung kepadatan arus lalu lintas di Kota Cimahi.

Di Alam Wisata Cimahi tiket masuk tidak dikenakan harga. Harga tiket masuk Alam Wisata Cimahi memang gratis tetapi jika kita ingin mencoba berbagai permainan yang ada maka akan dikenakan tarif tertentu. Harga tiket masuk Alam Wisata Cimahi untuk setiap permainannya sangat terjangkau. Seperti Alam Wisata Cimahi harga tiket untuk permainan ATV Rider yaitu Rp. 20.000,-, kereta mini sebesar Rp. 15.000,-, permainan panahan sebesar Rp. 15.000,- dan paintball sebesar Rp. 20.000,-.

Alam Wisata Cimahi juga menyediakan area untuk permainan outbond seperti flying fox dan hi-rope. Kita juga bisa memancing di kolam ikan yang ada di Alam Wisata Cimahi dengan tarif Rp. 10.000,-. Untuk berkeliling Alam Wisata Cimahi kita tidak perlu merasakan lelah karena berjalan kaki. Kita bisa menikmati indahnya pemandangan di Alam Wisata Cimahi dengan delman atau kereta kuda yang tersedia di Alam Wisata Cimahi. Tarif yang dipatok untuk menaiki delman adalah Rp. 5.000,-. Di Alam Wisata Cimahi kita juga bisa menikmati indahnya matahari terbenam sehingga objek wisata ini selalu ramai ketika hari sudah sore.

Selain itu, hal yang menarik wisatawan untuk berkunjung ke Alam Wisata Cimahi adalah keberagaman kuliner yang ada di objek wisata ini. Sudah lama Alam Wisata Cimahi terkenal dengan pesona wisata kulinernya. Dari hidangan Sunda sampai hidangan ala Barat tersedia semua di Alam Wisata Cimahi dengan harga jual yang tidak semahal makanan di tempat wisata.

Pasar Pemkot Cimahi

Pasar Pemkot Cimahi
Instagram by @senivebrianti

Berbelanja tidak boleh dilewatkan dalam agenda liburan akhir tahun kita di Kota Cimahi. Salah satu destinasi terbaik untuk berbelanja di Kota Cimahi adalah Pasar Pemkot Cimahi yang ada saat hari Minggu Pagi. Di Pasar Pemkot Cimahi kita akan menemukan berbagai makanan, jajanan pasar sampai suvenir khas Kota Cimahi yang dijual dengan harga murah.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Wisata Pantai Baron di Yogyakarta

Kampung Cireundeu

Kampung Cireundeu
Instagram by @itourismplanner

Tidak hanya wisata alam dan wisata kuliner saja yang disuguhkan oleh Kota Cimahi. Kota ini juga memiliki pesona wisata budaya dan sejarah yang berada di Kampung Cireundeu. Kampung Cireundeu yang berlokasi di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi ini memiliki konsep yang sama dengan Kampung Naga yang ada di Tasikmalaya dan Kampung Urug di Bogor. Adat istiadat dan kebudayaan dari nenek moyang masih dipegang teguh oleh para penduduk di Kampung Cireundeu. Hal yang menarik dari penduduk Kampung Cireundeu adalah makanan pokok yang mereka konsumsi sehari-hari bukanlah nasi, melainkan singkong. Di Kampung Cireundeu kita juga bisa menemukan berbagai artifak kebudayaan peninggalan nenek moyang yang masih dijaga dan dirawat oleh penduduk Kampung Cireundeu.

Curug Bugbrug

Curug Bugbrug
Instagram by @adhityaaa13

Kota Cimahi memang memiliki keindahan alam yang memanjakan mata para wisatawan, seperti halnya Curug Brugbug. Curug Brugbug merupakan sebuah curug atau air terjun yang bentuknya bertumpuk dan saling bertindihan sesuai arti kata “brugbug” yang dalam bahasa Sunda berarti bertumpang tindih. Air terjun yang berada pada ketinggian 1050 meter di atas permukaan laut merupakan tempat yang akan memberikan ketenangan jiwa dan raga. Hal ini dikarenakan suara dari derasnya air terjun Curug Bugbrug dan udara yang sejuk di objek wisata ini. Selain itu, di bawah air terjun Curug Bugbrug yang saling bertumpukan itu terdapat kolam dengan air yang jernih dan luas dengan kedalaman tiga meter yang bisa digunakan untuk berenang.

Taman Kartini Cimahi

Taman Kartini Cimahi
Instagram by @etet_teterekel

Kota identik dengan cuaca yang panas, sama halnya dengan Kota Cimahi. Oleh karena itu, untuk mendapatkan kesejukan di tengah hiruk-pikuk kota, kita bisa bertandang sebentar ke Taman Kartini. Taman Kartini yang ada di Kota Cimahi awalnya bernama Taman Wilhelmina pada era kolonial Belanda. Pepohonan yang rimbun di Taman Kartini membuat taman ini sangat tepat untuk “melarikan diri” dari realitas kehidupan kota yang keras.

Taman Wisata Paku Haji

Taman Wisata Paku Haji
Instagram by @hestyfauzia

Objek wisata berupa taman merupakan ciri khas dari objek wisata yang ada di Kota Cimahi. Selain Taman Kartini, di Kota Cimahi terdapat taman yang bernama Taman Wisata Paku Haji. Taman Wisata Paku Haji merupakan tempat yang cocok untuk kita yang ingin merasakan bagaimana serunya berkuda. Taman Wisata Paku Haji yang berlokasi di Jalan Haju Ghofur harus ditempuh dengan perjalanan yang panjang dan melelahkan. Tetapi ketika sudah mencapai Taman Wisata Paku Haji rasa lelah karena waktu perjalanan yang lama terbayar. Keindahan alam dari taman yang luasnya mencapai 10 hektar ini begitu memanjakan mata para wisatawan. Pacuan kuda menjadi fasilitas yang paling banyak diminati oleh para wisatawan di Taman Wisata Paku Haji. Selain itu, masih ada wahana outbond seperti ATV dan berbagai macam permainan halang rintang yang bisa dicoba ketika berada d Taman Wisata Paku Haji. Ada juga kebun binatang mini yang menarik di mata para wisatawan anak-anak di Taman Wisata Paku Haji.

Kunjungi :  7 Tempat Makan Enak di Bandung yang Enak dan Murah

Taman Strawberry All About Strawberry

Taman Strawberry All About Strawberry
Instagram by @ulungfikri

Provinsi Jawa Barat memang terkenal dengan produksi strawberry karena wilayahnya yang berada di daerah pegunungan. Salah satu kebun strawberry yang terkenal di Kota Cimahi adalah All About Strawberry yang berada di Jalan Cihaunjang KM.2, Kota Cimahi. Di kebun strawberry ini kita bisa menikmati sejuknya udara dan juga pemandangan yang didominasi oleh warna hijau dan merah dari pohon strawberry. Kita juga bisa berbelanja buah strawberry segar dan aneka olahan strawberry seperti jus, dodol, milkshake, kue dan lainnya di All About Strawberry.

Curug Cimahi

Curug Cimahi
Instagram by @amazingwestjava

Selain Curug Bugbrug, di Kota Cimahi juga terdapat curug atau air terjun lain yang bernama Curug Cimahi. Curug Cimahi mempunya ketinggian air terjun setinggi 85 meter. Air terjun Curug Cimahi dinobatkan sebagai air terjun tertinggi yang ada di Kota Cimahi. Di objek wisata Curug Cimahi yang berlokasi di Jalan Kolonel Masturi, Kertawangi, Kota Cimahi, pengunjung bisa menyaksikan pelangi yang sering muncul d air terjun Curug Cimahi. Selain itu, ada kepercayaan yang beredar di masyarakat Cimahi bahwa jika kita mandi di air terjun Curug Cimahi maka kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit kulit.

Taman Bunga Cihideung

Taman Bunga Cihideung
Instagram by @dwinuraenii

Taman Bunga Cihideung tidak boleh dilewatkan ketika kita berwisata ke Kota Cimahi. Taman Wisata Cihideung berada di Desa Cihideung, Kecataman Parangpong, Kota Cimahi. Taman yang berada sekitar 20 kilometer dari pusat kota Cimahi menyuguhkan keindahan bunga dengan aneka warna dan wangi yang semerbak. Bunga-bunga yang ada di Taman Bunga Cihideung terdiri dari dua jenis yaitu bunga hias dan bunga potong. Di sini pengunjung tidak hanya bisa menikmati keindahan taman bunga dan mengabadikannya dengan berfoto saja. Pengunjung berkesempatan belajar cara merangkai bunga hias menjadi buket bunga yang cantik dan membawanya pulang ke rumah. Bunga-bunga di Taman Bunga Cihideung merupakan pemasok bunga terbesar yang ada di Kota Cimahi, Bandung dan sekitarnya.

Demikian, penjelasan beberapa tempat wisata di Cimahi Jabar yang bisa menjadi referensi untuk mengisi libur akhir tahun kita. Selamat mengeksplorasi Kota Cimahi!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */