Yuk Jelajah 13 Tempat Wisata Menarik di Ciamis Jawa Barat

0

Tempat Wisata di Ciamis Jawa Barat – Selayang pandang mengenai Kabupaten Ciamis, kabupaten ini merupakan salah satu kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat. Kabupaten Ciamis berada di posisi paling timur sehingga Ciamis berbatasan dengan Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah untuk perbatasan sebelah timur. Ibukota Kabupaten Ciamis adalah Kota Ciamis. Kabupaten Ciamis adalah salah satu wilayah yang cukup sering mengalami pemekaran.

Pada tahun 2002, Kecamatan Banjar berubah menjadi Kota Banjar secara resmi. Banjar berubah menjadi kota otonom yang berdiri sendiri. Pada tahun 2012, daerah Pangandaran pun juga turut dimekarkan sehingga berubah menjadi Kabupaten Pangandaran. Walaupun pada akhirnya kabupaten yang memiliki 30 kecamatan ini tidak mempunyai wisata pantai, namun Kabupaten Ciamis tetap memiliki beberapa wisata unggulan seperti Green Canyon yang sudah sangat terkenal hingga penjuru Indonesia. selain Green Canyon, masih banyak lagi wisata Ciamis dan sekitarnya yang keren dan pastinya patut kamu kunjungi.

Green Canyon Ciamis

Green Canyon Ciamis
Instagram by @rf_footwearstore

Yang pertama adalah wisata Ciamis Green Canyon. Nama asli dari tempat wisata ini adalah Cukang Taneuh. Green Canyon adalah agenda wajib kalau kamu mampir ke Ciamis atau Pangandaran. Green Canyon berada di Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran. Walaupun masuk dalam kawasan Pangandaran, namun Green Canyon juga masuk dalam daftra tempat wusata Ciamis. Wisata ini paling digemari di kawasan Ciamis dan Pangandaran karena wisata ini menantang dan menguji adrenalin kita. Dinamakan Green Canyon karena tempat wisata ini mirip dengan Grand Canyon di Amerika. Itulah kenapa Cukang Taneuh dinamakan Green Canyon oleh warga sekitar. Tempat wisata yang satu ini menawarkan wisatawan untuk bermain air di sungai yang berwarna hijau toska jenih. Di kanan kiri sungai diapit oleh tebing batu yang menjulang dengan tingginya. Anda bisa berenang, berperahu, bahkan body rafting disini. Cobalah untuk berenang melawan arus Sungai Cijulang buat kamu yang bisa berenang atau loncat dari ketinggian 6-7 meter di atas permukaan sungai. Sungai in tentunya aman untuk beraktivitas.

Mega Wisata Indonesia Icakan

Mega Wisata Indonesia Icakan
Instagram by @megawisataicakan

Objek wisata di Ciamis yang memadukan konsep pemandangan alam yang indah nan menawan dan kawasan yang hijau adalah Mega Wisata Indonesia Icakan. Wisata Icakan Ciamis merupakan taman-taman yang cantik dan waterboom yang menjadik daya tarik bagi pengunjung. Icakan adalah tempat wisata mewah di Ciamis. Fasilitas di tempat wisata ini lengkap dan terawatt dengan baik seperti area parkir yang luas, toilet yang bersih, tempat ibadah, tempat makan dan berbagai fasilitas pelengkap lainnya yang semakin hari semakin ditingkatkan oleh pihak pengelola agar wisatawan semakin nyaman dan tentunya tidak akan kecewa jika berkunjung kesini.

Kunjungi :  Curug Cigamea Bogor, Wisata Air Terjun yang Eksotik

Mega Wisata Indonesia Icakan dibangun diatas lahan seluas 35 ha berdiri megah tak jauh dari pusat Kota Ciamis yaitu sekitar 7 km dari pusat kota. Disebut sebagai taman rekreasi yang paling besar dan megah di Jawa Barat, Icakan berada di Jalan Baregebr – Jalatrang, Dusun Cikacang, Desa Sukamulya, yang berada di Kec. Baregbeg. Walaupun tempat wisata ini adalah wisata mewah dan megah, namun ternyata tiket masuknya sangat terjangkau yaitu tidak sampai 10 ribu rupiah. Namun kalau kamu ingin menikmati setiap wahana yang ada maka akan dikenakan biaya terpisah yang harganya bervariasi. Beberapa wahana yang mengasyikan disini adalah flying fox, waterboom, cinema 3D & 4D, sepeda air dan masih banyak lagi.

Situ Lengkong Panjalu

Situ Lengkong Panjalu
Instagram by @senmanurfadilla

Situ Lengkong Panjalu adalah tempat wisata di Ciamis dan Tasikmalaya yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke Ciamis. Wisata Ciamis yang satu ini adalah wisata alam serta wisata religi. Tempat ini juga menggabungkan antara rekreasi dan wisata budaya. Situ Lengkong Panjalu adalah sebuah danau dengan luas 59,96 ha. Uniknya, terdapat pulau di tengah-tengah danau dengan luas kurang lebih 9,25 ha bernama Nusa Gede.

Di Nusa Gede terdapat hutan lindung dan peninggalan purbakala. Kamu bisa menulusir sejarah dari Kerajaan Panjalu di tempat wisata ini. Kono katanya, pusat pemerintahan Kerajaan Panjalu berawal dari Nusa Gede yang juga berfungsi sebagai benteng pertahanan. Disini terdapat makam penyebar agama Islam seperti Mbah Panjalu dan Hariang Kencana. Terdapat 308 pohon yang terdiri dari 30 jenis di hutan ini. Pada saat-saat tertentu akan diadakan upacara adat bernama Nyangku, upacara ini merupakan saat dimana benda-benda pusaka akan dibersihkan dengan melalui upacara adat. Datang dan nikmatilah keindahan alam Situ Lengkong Panjalu di yang ada di Kecamatan Panjalu ini.

Masjid Agung Ciamis

Masjid Agung Ciamis
Instagram by @gumgumilar03

Kalau kamu ingin merasakan wisata religi maka jangan lupa untuk berkunjung ke tempat wisata Ciamis yang terletak di pusat Kota Ciamis yaitu Masjid Agung Ciamis.Didirikan pada tahun 1882, sampai sekarang Masjid Agung Ciamis masih berdiri dengan kokoh. Berbagai macam acara dan kegiatan agama Isalm dilaksanakan disini. Yang membedakan Masjid Agung Ciamis dengan Masjid Agung lainnya adalah disini terdapat ciri khas masjid yang terdapat pada bagian utara dan selatan masjid yaitu sebuah kolam air yang digunakan untuk mengambil air wudhu. Wisata di Ciamis yang satu inimempunyai perpustakaan bawah tanah. Sehingga jika kamu sedang menunggu waktu solat tiba maka kamu bisa mampir ke perpustakaan bawah tanah untuk membaca buku-buku seputar Islam dan berbagai buku mengenai ilmu pengetahuan umum lainnya.

Kunjungi :  Rekomended 57 Tempat Wisata di Kota Semarang dan Sekitarnya

Desa Wisata Jelat

Desa Wisata Jelat adalah tempat wisata di Ciamis Bandung dengan penduduk yang sangat ramah dan siap membantu pengunjung yang datang. Karena itulah pengunjung merasa nyaman dengan keramahan dari penduduk Desa Jelat. Bercocok tanam, berkuebun serta budidaya di kolam ikan merupakan pekerjaan utama penduduk di Desa Jelat. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan hijau khas pedesaan yang baik untuk melepas rasa lelah dan memberikan para paengunjung kesempatan untuk melihat suasana kehidupan pedesaan.

Objek wisata Ciamis ini memperkenankan kamu untuk merasakan, mengikuti dan belajar menanam padi bahkan ikut memanen padi dan ikan seperti panen lele, panen nila, atau panen gurameh. Kamu juga bia belajar beternak atau memberi makan ayam dan mengambil telur. Kamu tidak diwajibkan untuk ikut kegiatan di Desa Jelat, kamu boleh sekedar melihat-lihat dan ikut merasakan keceriaan penduduk. Disini sudah disediakan Saung sebagai tempat untuk beristirahat dan menginap. penduduk Desa Jelat menyulap saung dengan kasur, bantal, dan kelambu menjadi tempat untuk menginap ataupun sekedar berisitirahat. Tempat istirahatnya pun nyaman dan bersih. Di Desa Wisat Jelat juga sudah disediakan tempat yang bisa kamu gunakan untuk camping.

Kampung Adat Kuta Ciamis

Kampung Adat Kuta Ciamis
Instagram by @kkn_kampungadatkuta

Tempat wisata di Ciamis Pangandaran ini terletak di Desa Karangpaningal, Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Kampung Adat Kuta Ciamis adalah sebuah dusun adat yang masih bertahan hingga sekarang. Kampung adat ini masih memegan teguh kerifan lokal dan para penduduknya pun juga memegah budaya pamali atau pantangan. Bagi mereka, menghindari pantangan berarti menjaga keseimbangan alam dan tatanan hidup bermasyarakat di kamoung ini. Salah satu pantangan yang paling menonjol disini adalah tidak merusak pohon aren dan mata air agar kelangsungan hidup mereka terjaga.

Wisata Sungai Citumang

Wisata Sungai Citumang
Instagram by @ekfitri

Wisata Sungai Citumang adalah wisata Ciamis Jawa Barat yang merupakan sebuah sungai yang mengalir dengan airnya yang bening kebiruan membelah hutan jati. Pemandangan di tepi sungai sangat eksotis dengan ornament batu-batu padas dengan relung. Di batu-batu ini dihiasi relief alam dan aliran sungai yang menembus ke dalam goa. Untuk kamu yang mencari tempat yang bisa melepaskan penat, maka tempat ini sangat cocok. Suasana sunagi yang hening dengan angina yang sepoi-sepoi akan membuatmu merasa nyaman. Pepehonan yang rindang dan suara satwa liar di kejauhan. Wisata Sungai Citumah berlokaso di Desa Bojong, Kecamatan Parigi Ciamis yang tak jauh dari pusat kota karena bisa ditempuh kurang dari 3 jam.

Kunjungi :  Eksotisme Pulau Tersembunyi di Karimunjawa Jepara

Gunung Galunggung

Gunung Galunggung
Instagram by @amazingwestjava

Gunung Galunggung adalah tempat wisata di Tasikmalaya dan Ciamis. Gunung ini cukup fenomenal dan merupakan salah satu gunung berapi yang lokasinya masih masuk Dallam daerah Ciamis dan Tasikmalaya. Gunung ini terkenal akan sejarah ledakannya yang cukup dahsyat. Pesona alam Gunung Galunggung tentunya sangat indah khas pegunungan. Udaranya pun juga sangat sejuk. Selain pemandangan alam khas gunung, disini juga terdapat kawah yang terbentuk secara alami dan seolah-seolah membentuk menyerupai danai dengan air yang berwarna biru kehijauan yang pastinya membuat para pendaki merasa segar. Di area pegunungan ini kamu bisa berenang merasakan kesegaran air Gunung Galunggung dan juga mencoba sensasi berendam di air panas.

Curug Tujuh Cibolang

Curug Tujuh Cibolang
Instagram by @aldint_wiraguna

Di Dusun Nanggela, Desa Sandingtaman, Kecamatan Panjalu, Kabupaten Ciamis terdapat sebuah air terjun bernama Curug Cibolang. Namun wisata Ciamis terbaru ini juga mempunyai nama lain yaitu Curug Tujuh Cibolang. Hal ini tak lain karena terdapat 7 air terjun yang saling berdekatan. Berjarak 35 kilometer dari pusat Kota Ciamis ke arah utara, Curug Tujuh Cibolang sangat terkenal di Ciamis akan pemandangan dan kesegaran airnya. Kamu harus kesini jika ingin mendapatkan suasana yang tenang ala pegunungan yang sejuk. Tujuh air terjun disini mempunyai nama yaituCurug Satu, Curug Dua, Curug Tiga, Curug Cileutik, Curug Cimantaja, Curug Cibuluh, dan Curug Cibolang.

Ciung Wanara

Ciung Wanara
Instagram by @wildanjanshory

Ciung Wanara adalah wisata bersejarah di Ciamis. Terbentuknya daerah Ciamis tentu saja tidak leas dari sejarah Kerajaan Galuh yang merupakan cikal bakal dari daerah Ciamis. Tentunya kamu tidak perlu heran lagi jika di Kabupaten Ciamis banyak ditemukan situs peninggalan dari zaman Kerajaan Galuh. Salah satu situs peninggalan yang wajib kamu kunjungi adalah Situs Karangmulyan atau disebut juga dengan Ciung Wanara. Ciung Wanara adalah wisata Ciamis jabar yang merupakan situs arkeologi dan juga purbakala yang terletak di Desa Karangmulyan. Jika ingin menuju ke Ciung Wanara, silahkan tanyakan ke orang Ciamis tentang keberadaan Desa Karangmulyan.

Tempat wisata Ciamis yang merupakan peninggalan Kerajaan Galuh ini bercorak Hindu-Budha. Ciung Wanara sangat mudah untuk dijangkau karena letaknya berada di jalan nasional Ciamis-Banjar-Pangandaran. Kawasan wisata seluas 25 hektar yang berjarak sekitar 7 kilometer dari Kota Banjar ke arah selatan ini mempunyai Gong Perdamaian yang sangat terkenal. banyak orang yang berfoto di depan Gong Perdamaian. Selain menambah pengetahun, kamu juga bisa menambah stok foto karena pemandangan disini sangat indah.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */