21 Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah Terbaik

0

Tempat Wisata di Blora Jawa Tengah – Blora merupakan sebuah daerah yang masuk dalam kawasan Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Timur. Kondisi geografis Blora termasuk dalam dataran rendah serta perbukitan di 20 – 280 MDPL. Blora memiliki kawasan hutan jati yang menjadikan kota ini dikenal sebagai pengexspor kayu jati terbesar yang ada di Indonesia.

Bukan hanya itu saja, tempat yang kebanyakan dihuni oleh suku samin ini rata-rata penduduknya berprofesikan sebagai petani. Namun, perekonomian terbesarnya terletak pada exspor kayu jati dengan kualitas terbaik.  Selain itu, kota ini juga menjadi penghasil migas terbesar di Pulau Jawa tepatnya di kawasan Cepu.

Luar biasa yah. Namun masih belum cukup sampai disitu saja. Kota yang terkenal akan budayanya ini juga memiliki destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dan berikut Tempat Wisata di Blora yang populer dikalangan wisatawan Indonesia :

Goa Terawang Todanan Blora

goa-terawang-todanan-blora
by instagram @pengeja.rindu

Goa Trawang ditelinga masyarakat Blora, Kudus, Demak, Pati, Ngawi, Bojonegoro, semarang dan sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi. Tempat wisata Blora yang menyatu dengan alam ini memiliki keindahan eksotik di mata wisatawan. Goa yang terbentuk dari endapan batu gamping 10 juta tahun silam ini sering kali dijadikan tempat penilitian oleh orang indonesia maupun mancanegara.

Dan dalam satu kawasan yang berluaskan 13 H ini, terdapat beberapa goa induk seperti Goa Suru, Goa Kidang dan Goa Manuk yang tidak kalah indahnya.

Lokasi : Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora

Waduk Bentolo Blora

waduk-bentolo-blora
by instagram @khresna1

Waduk yang berfungsi utama sebagai irigasi persawahan warga sekitar ini sekarang ramai dikunjungi oleh wisatawan sebagai obyek wisata di Blora. Lokasi berdekatan dengan Goa Terawangan dan Bumi Perkemahan Pancasona.

Lokasi : Desa Tinapan, Kecamatan Todonan, Kabupaten Blora

Waduk Tempuran Blora

waduk-tempuran-blora
by instagram @triadityaaa

Sama seperti Waduk Bentolo yang fungsi utamanya sebagai irigasi, tempat ini juga dijadikan sebagai wisata di Blora dan wahana pembinaan atlet-atlet internasional. Bukan hanya itu saja, Waduk Tempuran juga digunakan sebagai wahana budidaya ikan keramba bagi anda yang memiliki hobby memancing.

Untuk fasilitasnya, Waduk Tempuran kini memiliki beberapa warung makan lesehan yang menyajikan makanan khas Blora seperti menu ikan bakar. Jadi sembari mengisi perut, anda bisa menikmati pemandangan yang indah di sekitar Waduk Tempuran.

Kunjungi :  Pemandangan Unik Air Terjun Pantai Banyu Tibo Pacitan

Lokasi : Desa Tempuran, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora

Waduk Greneng Blora

waduk-greneng-blora
by instagram @ahmad_nulkharim

Wisata Blora ternyata memiliki beberapa Waduk yang bisa anda jelajahi seperti halnya waduk kedung ombo di Sragen. Selain Waduk Terawang dan Tempuran, ada satu lagi waduk yang tidak kalah menariknya yaitu Waduk Greneng. Wisata alam yang satu ini potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata di Blora. Selain pemandangannya yang indah, tempat ini juga masih terbilang alami dan cukup ramai ketika hari libur tiba. Banyak muda mudi menikmati waktu sore harinya disini.

Lokasi : Dukuh Greneng, Desa Tunjungan, Kecamatan Tunjungan, Kabupaten Blora

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

20 Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah Terpopuler
Rekomendasi 16 Tempat Wisata di Rembang Jawa Tengah
11 Tempat Wisata di Sragen Jawa Tengah yang Wajib Dikunjungi

Gunung Manggir Todanan Blora

gunung-manggir-todanan-blora
by instagram @dipe_outdoor

Gunung Manggir Blora yang berada di ketinggian 250 MDPL dan memiliki luas area 4 H ini merupakan wisata alam yang berlokasikan di perbukitan kapur. Selain pepohonan rimbang yang menjadikan tempat ini nampak indah, Gunung Manggir juga memiliki beberapa goa yang menarik untuk kita kunjungi.

Lokasi : Perbukitan Manggir, Desan Ngumbul, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora

Lokomotif Wisata Cepu

lokomotif-wisata-cepu

Peninggalan di zaman Belanda yaitu Lokomotif Kuno kini ramai diserbu warga. Loko buatan Jerman yang dulunya digunakan sebagai media transportasi mengangkut pohon jati ini sekarang dikelola oleh Perhutani KPH Cepu. Dan mahalnya biaya operasional menghidupkan kendaraan ini menjadi pemicu mahalnya tiket naik loko.

Water Splash Blora

water-splash-blora-1
by instagram @amangindra

Tempat wisata di Blora yang satu ini cocok untuk anda yang mau berekreasi bersama keluarga tercinta. Selaina wahana permainan anak, disini juga terdapat beberapa fasilitas pendukung edukasi seperti patung binatang, mainan anak, perpustakaan, dll.

Dan karena murah dan lengkapnya  Water Splash Blora ini, banyak wisatawan yang jauh-jauh dari Grobogan, Rembang, Pati, Bojonegoro dan sekitarnya datang kesini.

Lokasi : Tempelan, Kecamatan Blora Kota, Kabupaten Blora.

Kunjungi :  29 Daftar Tempat Wisata di Purwakarta Paling Diminati Wisatawan

Monumen Hutan Jati Alam Blora

monumen-hutan-jati-alam-blora

Selain wisata alam waduk dan gunungnya, Blora yang terkenal sebagai exsportir jati terbesar di Indonesia ini memiliki Monumen Hutan Jati Alam yang bisa anda kunjungi. Hutan Jati yang biasa orang panggil dengan Gubug Payung ini dikelola oleh Perhutani KPH Cepu. Adapun hal menarik yang akan anda temui disini yaitu terdapatnya pohon jati dengan umur ratusan juta dan ukuran lebih dari 80 cm.

Pemandian Sayuran Blora

Pemandian yang dibangun pada tahun 1900 ini dibagi menjadi dua kolam yang meliputi dewasa dan anak-anak. Selain berenang, disini anda juga bisa menikmati indahnya pemandangan alam disekitar lokasi yang masih terlihat asri dan berudara sejuk. Namun untuk saat ini, pemandian ini sudah tidak terawat dengan baik dan ditinggalkan oleh wisatan. Sayang yah, semoga pemerintah setempat segera memperbaiki dan mengambangkannya.

Lokasi : Desa Soko, Kecamatan Jepon, Kabupaten Blora

Agrowisata Temanjang Blora

Blora yang terkenal akan hutannya kini banyak dikembangkan menjadi tempat wisata yang menarik. Selain Monumen Hutan Jati, ada juga Agrowisata Temanjang yang ramai dikunjungi warga ketika hari libur tiba. Rimbunnya pohon dan sejuknya udara, menjadi pemicu datangnya wisatawan. Tidak hanya itu saja, di kawasan Temanjang ini setiap malam jumatnya seringkali diadakan upacara ritual.

Lokasi : Desa Tumanjang, Blora

Wisata Geologi Blora

Wisata Geologi merupakan wisata edukasi yang fokus dibidang ilmu perminyakan dan gas bumi. Dan mungkin anda baru mengenali wisata yang satu ini. Di Blora ini terdapat wisata geologi yang di kemukakan oleh BPM pada tahun 1890. Jumlah sumur yang ada disini terbilang banyak yaitu 648, dan 112 nya mampu menghasilkan minyak sejumlah 16.550.790 m2.

Selain pengeboran minyak terbesar di Kecamatan Cepu, warga sekitar juga seringkali melakukan pengeboran dengan skala kecil menggunakan tali dan timba. Dan buat anda yang belajar di Ilmu Geologi, wisata ini cukup menarik untuk anda kunjungi dan pelajari.

Taman Budaya dan Seni Tirtonadi

taman-budaya-dan-seni-tirtonadi
by instagram @pippoalfarizi

Taman Budaya dan Seni Tirtonadi merupakan tempat wisata di Blora yang masih ramai dikunjungi oleh semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua. Dan puncak keramaian wisata ini adalah ketika akhir pekan atau hari libur panjang tiba. Tempat yang dibangun pada tahun 1960 ini seringkali disebut sebagai Kebun Binatan Taman Tirtonadi Blora karena banyaknya koleksi hewan yang didatangkan akhir-akhir ini.

Kunjungi :  41 Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

Dan upaya menarik minat wisatawan, tempat ini menambah beberapa fasilitas seperti kios dalam taman, kolam renang anak dan sebagainya.

Lokasi : Jalan Sudarman Blora

Gunung Pencu Blora

gunung-pencu-blora
by instagram @andrian_d_arfian

Obyek wisata di Blora yang satu ini belum banyak dilirik oleh wisatan Indonesia. Yah meskipun begitu, pegunungan kapur yang satu ini tidak bisa dianggap remeh karena memiliki pemandangan yang asri dan menakjubkan seperti pada gunung lain pada umumnya. Dan uniknya, kalau anda menaiki gunung Pencu ini, anda dapat melihat Kabupaten Tuban Jawa Timur secara membentang. Menarik bukan ? Kalau anda  ang berdomisili di sekitar Blora, maka ada baiknya anda coba jelajahi gunung yang satu ini.

Lokasi : Kecamatan Bogorejo, Kabupaten Blora

Taman Seribu Lampu Cepu

Taman Seribu Lampu ini dibangun sebagai pemisah antara dua jalur yang berlawanan. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, taman ini dikembangkan oleh Pemkab Blora dan kini menjadi kian menarik. Yah, mungkin kalau anda melewati jalan ini pada siang hari akan nampak biasa saja. Namun ketika anda ke lokasi Taman Seribu Lampu pada malam hari maka anda akan melihat gemerlap lampu yang begitu indah. Belum lagi di sepanjang jalan tersebut terdapat banyak pedagang yang menyajikan wisata kuliner, hmmm yummy. Pasti seru !!

Lokasi : Jl. Raya RSU

Wisata Kuliner Blora

Tempat wisata di Blora mulai dari wisata alam, buatan, sejarah, edukasi semua sudah. Kini saatnya anda harus mencoba wisata kuliner di Blora yang tidak ditemukan di daerah lain.

  • Soto Blora
soto-blora
by instagram @chubbymoetz

Soto yang berasalkan dari solo ini kalau di Blora dikemas kembali dengan tambahan potongan-potongan singkong yang sudah di kukuk atau biasa orang menyebutnya dengan sebutan kletuk.

  • Dumbeg
dumbeg
by instagram @aldillaniken_anp

Makanan Khas Blora yang bisa ditemukan ketika acara sakral tiba seperti tasyakuran sedekah bumi atau sepasar manten.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */