6 Tempat Wisata Menarik di Bengkulu yang Wajib Dikunjungi

0

Tempat Wisata di Bengkulu – Bengkulu adalah sebuah kota yang sekaligus menjadi ibukota provinsi Bengkulu, Indonesia. Provinsi ini terletak di pesisir barat Pulau Sumatera dan langsung berhadapan dengan Samudra Hindia.

Bengkulu juga menjadi salah satu kota bersejarah pahlawan kita dalam memperebutkan kemerdekaan Indonesia. Di kota ini dulu dijadikan sebagai tempat pembuangan sejumlah aktivis perjuangan kemerdekaan seperti Bung Karno yang diasingkan dari tahun 1938-1941. Di tempat ini pula Bung Karno (presiden pertama negara Indonesia) berkenalan dengan ibu Fatmawati yang kemudian menjadi istrinya.

Seperti kota-kota besar lainnya, Bengkulu tak mau ketinggalan dalam hal tempat wisata. Tempat ini juga memiliki banyak destinasi wisata Bengkulu yang siap untuk dikunjungi para wisatawan. Penasaran kan ?

Pada artikel kali ini kita akan jalan-jalan ke tempat wisata di Bengkulu yang wajib dikunjungi, apa saja ? berikut ulasannya :

Pantai Tapak Paderi

pantai-tapak-paderi
by instagram @sansanwow

Wisata kota Bengkulu yang pertama adalah Pantai Tapak Paderi. Bengkulu juga merupakan kota yang terkenal dengan keindahan pantainya yang sangat luar biasa, seperti Pantai Tapak Paderi ini. Pantai ini terhubung dengan Pantai Panjang dan Pantai Jakat yang berada di Bengkulu juga.

Pantai ini awal mulanya adalah sebuah pusat pelabuhan laut pertama di Bengkulu sekaligus sebagai penunjang transportasi laut pada masa pemerintahan Inggris di Bengkulu yang hanya berjarak sekitar 100 meter dari wisata Bengkulu Benteng Marlborough.

Pantai Tapak Panjang ini memiliki garis pantai yang panjang dan mempesona. Keindahan alam yang dapat anda temukan di pantai ini adalah sunset yang begitu mempesona. Dari bagian atas Tapak Paderi akan terlihat dengan jelas keindahan laut Bengkulu. Anda dapat pula melakukakan kegiatan berjalan kaki di sekitar pantai untuk menikmati keindahan pantai atau duduk santai bersama keluarga sambil makan jagung bakar di pinggir pantai.

Kunjungi :  Sensasi Wahana Air Water Blaster Semarang yang Menakjubkan

Karena keindahan inilah yang membuat pantai ini menjadi tempat wisata di Bengkulu yang terkenal dan selalu ramai dikunjungi para wisatawan dari berbagai penjuru.

Pantai Panjang

pantai-panjang
by instagram @ferlandoherdian61

Tempat wisata Bengkulu berikutnya adalah Pantai Panjang. Disebut Pantai Panjang karena pantai ini memiliki garis panjang sejauh 7 kilometer. Pantai Panjang terletak di kawasan strategis pariwisata Bengkulu, dimana tempat ini lengkap dengan fasilitas publik dan akomodasi. Dari pusat kota, anda hanya perlu waktu sekitar 15 menit untuk sampai di pantai ini.

Wisata Bengkulu Pantai Panjang ini menyediakan berbagai fasilitas bagi para pengunjung, seperti restoran, café, pusat perbelanjaan, arena bermain anak-anak, hingga kegiatan olahraga. Tak heran jika di pantai ini selalu ramai pengunjung dan menjadi tempat populer.

Keindahan lainnya yang menjadi daya tarik pantai ini adalah di sepanjang bibir pantai ditanam pohon cemara dan pohon pinus yang tumbuh menghijau. Pasir putih yang halus terasa nyaman saat anda berjalan menyusuri pinggir pantai ini. Berolah raga di objek wisata di Bengkulu ini sangat menyenangkan karena di sepanjang pantai terdapat jogging trek.

Pulau Tikus

pulau-tikus
by instagram @wisatapulautikus_3putra

Pulau Tikus merupakan bagian dari tempat wisata di Bengkulu Kota yang berupa sebuah pulau kecil dengan memiliki luas lahan sekitar 1,5 hektar. Sebuah pulau yang ada di Bengkulu ini di kelilingi oleh terumbu karang yang luas, dimana terumbu karang ini secara alami berfungsi sebagai penahan abrasi akibat ombak yang besar.

Pulau ini letaknya 10 kilometer dari arah barat kota Bengkulu. Pulau Tikus adalah sebuah pulau yang berhubungan langsung dengan Samudra Hindia. Untuk dapat pergi ke pulau ini, anda dapat menyewa kapal nelayan di pantai Jakat dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Jika dengan menggunakan alat transportasi boat, anda hanya akan memerlukan waktu sekitar 40 menit dari pelabuhan Baai. Pulau ini dulunya terkenal sebagai tempat kapal-kapal berlabuh dari hantaman badai ombak laut Samudra Hindia.

Kunjungi :  19 Tempat Wisata Menarik di Samarinda Kalimantan Timur

Wisata Bengkulu Pulau Tikus ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Dengan suguhan panorama yang indah, air laut yang jernih, dan ketinggalan pengunjung dapat melakukan kegiatan snorkel untuk melihat pesona terumbu karang dengan hiasan ikan-ikan laut dengan berbagai warna yang akan membuat suasana liburan anda lebih berkesan.

Bukit Kaba

bukit-kaba
by instagram @eviser_meilansyah

Bukit Kaba adalah sebuah tempat wisata di Bengkulu yang letaknya di Desa Sumber Urip, kecamatan Selupuh Urip, Kecamatan Selupuh Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Bukit Kaba merupakan sebuah gunung aktif tipe A yang pernah meletus pada tahun 1600 sampai sekarang. Gunung ini memiliki ketinggian hingga 1.952 meter dari permukaan air laut.

Gunung Laba atau yang lebih akrab disapa masyarakat di daerah sini Bukit Laba ini memiliki 8 kawah, akan tetapi 5 diantaranya tertutup vegetasi. Tempat wisata yang satu ini menyuguhkan panorama keindahan alam yang menghijau. Untuk dapat mencapai puncak Bukit Laba, anda harus dapat mencapai 307 anak tangga. Sehingga kami himbau agar anda membawa bekal minuman dan siapkan stamina sebelum menaiki anak tangga ini karena akan sedikit melelahkan.

Di puncak ini, anda dapat menyaksikan keindahan jajaran Bukit Barisan yang berjajar rapi serta keindahan sunset yang menjadi hal memikat yang dapatanda rasakan di Bukit ini. Jika ingin sedikit berlama menyaksikan keindahan panoramanya, anda dapat melakukan camping untuk menyaksikan gemerlap lampu kota Curup di malam hari. Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp. 2.500,- untuk setiap orang.

Danau Mas Harun Bastari

danau-mas-harun-bastari
by instagram @achika_rurie_jjr

Tempat wisata di Bengkul selanjutnya adalah Danau Mas Harun Bastari. Danau ini terletak di Kecamatan Selupu Rejang, Kabupaten Rejang Lebong. Jaraknya sekitar 17 kilometer dari pusat Kota Curup dan berada di pinggir jalan raya antara Curup – Lubuk Linggau. Lokasinya yang dekat dengan Bukit Kaba membuat daerah ini juga menjadi salah satu tempat wisata menarik di Bengkulu yang sayang jika terlewatkan.

Kunjungi :  Taman Kyai Langgeng, Wisata Keluarga Populer di Magelang

Tempat wisata ini sangat cocok sebagai tempat untuk berlibur bersama keluarga. Di tempat ini menyediakan berbagai fasilitas permainan bagi anak-anak hingga dewasa. Perahu-perahu sampai sepeda air terdapat di Danau Mas Harun Bastari ini. anda dapat berkeliling bersama keluarga tercinta sambil menikmati keindahan danau. Selain itu ada juga permainan komedi putar dan kursi ayunan yang umumnya sangat disukai anak-anak. Kawasan ini memiliki lahan seluas 36 hektar sehingga bukit sekitar dimanfaatkan untuk menanam sayur-mayur segar. Sungguh pemandangan yang menakjubkan!

Rumah Pengasingan Bung Karno di Bengkulu

rumah-pengasingan-bung-karno-di-bengkulu
by instagram @andysuhandi

Ir. Soekarno atau yang mendapat sebutan Bapak Proklamator mendiami rumah ini pada tahun 1938 – 1942. Di Bengkulu bung Karno bertemu dengan istrinya Ibu Fatmawati (sang penjahit bendera Merah Putih yang dikibarkan pada tanggal 17 Agustus 1945).

Untuk mengenang tempat bersejarah ini, pemerintah setempat menjadikan tempat ini sebagai objek wisata yang menyimpan benda-benda bersejarah peninggalan bung Karno. Di sini anda dapat mengetahui strategi perjuangan yang dilakukan Bung Karno selama di pengasingan. Ada sepeda ontel kesayang beliau, buku koleksi, hingga surat cinta Bung Karno untuk Ibu Fatmawati.

Awalnya rumah ini milik pengusaha Tionghoa bernama Tang Eng Cian yang disewa Belanda untuk menempatkan bung Karno di rumah tersebut selama di asingkan di Bengkulu. Untuk memasuki kawasan ini, anda harus membayar Rp. 2.500,- per orang.

Itulah 6 tempat wisata Bengkulu. Tertarik untuk mencoba tempat-tempat wisata strategis di Bengkulu? Rasakan sensasi pesona tempat-tempat wisata di atas dengan menikmati masa liburan anda bersama keluarga.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */