Surganya Wisata Indonesia

25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah Meriah

0
25 Tempat Wisata di Batu Malang yang Murah Meriah
1 (20%) 1 vote

Tempat Wisata di Batu Malang Jawa Timur – Sebagai negara yang kaya akan destinasi wisata, Indonesia tidak pernah habisnya menyimpat kejutan di semua bagianya. Wisata Batu Malang terbaru salah satunya, daerah ini menjadi daerah populer wisata. Para wisatawan lokal juga manca negara tidak berhenti mengunjungi Kota Batu Malang. Sebenarnya ada apa saja di daerah ini yang selalu berhasil memikat wisatawan? Apa saja tempat wisata di Batu Malang yang wajib dikunjungi? Ini dia tempat-tempat objek wisata di Batu Malang paling populer.

Alun-Alun Batu Malang

alun-alun-batu-malang
by instagram @rinaprivate2306

Di setiap kota di Indonesia memiliki lokasi utama yang dibuat pemerintah kota tersebut sebagai balai pertemuan warga kota. Tempat ini sering disebut ‘Alun-Alun’. Batu Malang juga memiliki Alun-Alun dan uniknya, selain ditata secara rapi dan terurus, serta luasanya yang cukup luas, Alun-Alun Batu Malang memiliki sebuah wahana yaitu bianglala. Sepertinya hanya dengan wisata Batu Anda dapat menemukan satu-satunya Alun-Alun kota yang memiliki wahana ini.

Jawa Timur Park

jawa-timur-park
by instagram @agnasta

Rasanya kurang bila wisata Malang Batu tanpa mengunjungi tempat yang satu ini. Ya, Jawa Timur Park menjadi salah satu tempat wisata kebanggaan Malang yang memang wjaib dikunjungi. Selain terdapat area taman bermain dengan aneka wahana menarik yang sayang bila dilewatkan, kolam renang dengan ukuran yang luas, tempat ini juga memiliki sebuah museum hewan dengan desain bangunan layaknya di film ‘Night at Museum’. Sambil mempelajari tentang hewan, Anda juga dapat berfoto-foto di sini.

Masjid Tibang

Dalam sebuah paket wisata Batu Malang biasanya memasukan Masjid Tibang sebagai bagian dari obejek wisata di Batu Malangkhususnya yang ingin wisata religi. Masjid Tibang memang dalam beberapa tahun terakhir menyita perhatian para wisatawan. Masjid ini menjadi bagian dalam sebuah pesantren bernama Pondok Pesantren Salafiah Bihaaru Bahri Asali Fadlaari Rahmah. Namanya memang sangat panjang dan menjadi salah satu keunikannya. Desain bangunannya juga unik di mana mencampurkan budaya China, Timur Tengah, dan Modern. Selain itu yang membuat masjid ini semakin populer karena mitos yang dibuat oleh warga sekitar.

Museum Angkut

museum-angkut
by instagram @shofienuzilha

Wisata di Batu Malang populer dan wajib dikunjungi berikutnya ialah Museum Angkut. Berbeda dengan museum kebanyakan yang menghadirkan benda-benda bersejarah, wisata Batu Malang Museum Angkut menghadirkan mobil-mobil antik dan juga ruangan-ruangan dengan tema kota-kota klasih di dunia. Wisata Kota Batu ini memang pas sebagai tempat wisata untuk berfoto-foto. Apa lagi kini memang sedang musimnya mengunggah foto dengan setting unik di media sosial. Maka dari itu museum ini juga tidak pernah sepi akan pengunjung khususnya pengunjung remaja dan dewasa muda.

Kunjungi :  Menaiki Gondola Tradisional di Pantai Timang Gunung Kidul

Eco Green Park

eco-green-park
by instagram @dedeedogawa

Ingin wisata yang berhubungan dengan alam tetapi dengan santai sambil membawa keluarga? Eco Green Park dapat Anda pilih. Wisata Batu Malang Jawa Timur ini memang sangat cocok sebagai area rekreasi keluarga khususnya untuk anak-anak. Wahana-wahana yang paling diincar wisatawan saat mengunjungi tempat ini di yaitu Jungle Adventure. Jungle Adventure ialah waha tempat wisata di Batu yang leboh cocok untuk anak-anak. Wahana ini membuat anak-anak menjadi lebih aktif dengan membantu mencari para pemburu di hutan dan menembaknya. Selain itu terdapat juiga wahana lainnya seperti Eco Science Center, Geology Science Center, Music Plaza, Dome Multimedia, dan lainnya. Ini memang menjadi objek wisata edukasi baagi anak-anak.

BNS (Batu Night Spectacular)

batu-night-spectacular
by instagram @aris_liputra

Saat malam hari, ada sebuah tempat wisata yang selalu penuh dikunjugi. Baik oleh warga Baatu sendiri, atau juga para wisatawan. Tempat ini namanya BNS atau Batu Niht Spectacular. Sesuai dengan namanya, BNS buka saat langit mulai gelap. Tempat wisata Batu Malang malam ini memang mempesona. Tredapat banyak lampion berbagai bentuk tersebar dia tempat ini dan memperindah suasana. Ada juga kawasan pasar malam yang menjual aneka berbagai macam kebutuhan. Kawasan penjualan makanan berbentuk food court juga tersedia dan menawarkan banyak menu masakan. Untuk tiket masuk tempat wisata di Batu Malang yang murah meriah ini dimulai dari Rp 20.000. Tiket tidak termasuk tiket wahana atau terpisah.

Museum D’Topeng

museum-dtopeng-kingdom
by instagram @litawdy

Berlokasi tidak jauh dari Museum Angkut, terdapat sebuah tempat wisata di Malang Batu yang unik. Sama-sama berbentuk museum, Museum D’Topeng menghadirkan berbagai jenis topeng yang ada di Indonesia. Di Indonesia sendiri topeng memang menjadi sebuah hasil karya seni yang berbeda-beda di setiap daerahnya. Selain dapat melihat aneka koleksi topeng, Anda juga dapat melihat aneka benda sebagai saksi hidup pada zaman pra-sejarah hingga zama Majapahit. Wisata Batu Malang Kota Batu Jawa Timur yang satu ini lebih sering memikat wisatawan mancanegara karena kesenian topeng Indonesia sudah dikenal oleh dunia.

Candi Singosari

candi-singosari
by instagram @mosesrahadian

Keluar dari daerah Batu, Anda dapat menemukan sebuah candi yang merupakan saksi dari adanya Kerajaan Singosari. Candi ini memang tidak sebsar candi-candi di daerah Jogjakarta, tetapi tetap terlihat mewah dan lebih baik dikunjungi. Tidak jauh dari Candi Singosari, terdapat juga sebuah kolam dengan sumber mata air yang sering disebut sebagai tempat pemandian Ken Dedes. Meksi bukan sebagai bagian dari tempat wisata Batu candi ini cukup populer di Malang.

Kunjungi :  49 Rekomendasi Tempat Wisata di Bantul yang Paling Seru!

Omah Kayu

omah-kayu
by instagram @aangananta

Wisata kota Batu Malang yang dapat dicoba ialah dengan mengunjungi Omah Kayu. Dari namanya saja Anda pasti sudah dapat membayangkan, apa bagian utama dari tempat wisata ini. Ya, sebuah rumah dengan bahan utama kayu yang dibangun di atas pohon. Dari teras Omah Kayu Anda dapat menikmati pemandangan Kota Batu yang memanjakan mata sambil merasakan suasana yang sejuk. Pemandangannya akan semakin eksotis saat malam hari, ketika lampu-lampu di Batu Malang mulai menyala. Naik ke atas Omah Kayu juga cukup membuat jantung berdebar sehingga Anda akan sangat berkesan saat mendatanginya.

Pantai Batu Bengkung

pantai-batu-bengkung
by instagram @khoirjavt

Kota Batu Malang juga memiliki sebuah pantai dengan pemandangan yang mempesona saat matahari terbit dan terbenam. Pantai ini bernama Batu Bengkung. Tempat ini memang tidak berada dalam lokasi wisata di Batu Malang melainkan di Kecamatan Gedangan. Tetapi tidak ada salahnya mampi sebentar untuk merasakan pantai di Malang. Panoramanya akan semakin membuat Anda yakin Indonesia kaya akan wisata alamnya. Sebenarnya Malang memang memiliki banyak pantai, jadi jangan lupa untuk mengunjungi pantai Malang yang tidak kalah indah dengan pantai di daerah lain.

Kusuma Agrowisata

kusuma-agrowisata
by instagram @arisetiyono

Malang juga terkenal akan hasil alamnya seperti buah apel, jeruk, dan lain-lain. Salah satu wisata alam Batu yang dapat Anda kunjungi untuk merasakan segarnya hasil alam tersebut ialah Kusuma Agrowisata. Wisata Batu Malang gratis ini memang sangat mengasyikan dan juga akan membuat Anda ketagihan. Anda dapat memetik sendiri buah-buahan di perkebunan Kusuma Agrowisata. Anda juga dapat belajar berkebun bersama keluarga.

Museum Malang Tempo Doeloe

museum-malang-tempo-doeloe
by instagram @yuk_cuss

Masih ada satu objek wisata di Batu Malang dengan bentuk museum yaitu Museum Malang tempo Doeloe. Memang museum ini terbilang masih baru, tetapi museum ini memiliki konsep unik dan menyimpan banyak benda bersejarah yang berhubungan dengan sejarah adanya Kota Malang.

Selecta Malang

selecta-malang
by instagram @shafiradwift

Selanjutnya sebagai tempat wisata keluarga sat di Batu Malang ialah Selecta. Tempat wisata ini memiliki banyak wahana mulai dari kolam renang dengan ukuran yang cukup luas, wahana flying fox, hingga wahana berkuda. Tempat selalu penuh wisatawan saat akhir pekan dan menjadi wisata di Batu Malang Jawa Timur yang selalu ramai. Khususnya oleh warga Batu Malang sendiri.

Wisata Kuliner Batu Malang

Selain berkunjung ke berbagai tempat wisata atau destinasi yang menarik dan populer, lengkapilah perjalanan dengan berwisata kuliner di kota ini. Ada banyak menu kuliner khas dan tempat makan yang tidak pernah sepi. Di antaranya:

Kunjungi :  Asal Usul dan Rute Menuju Pantai Papuma Jember Jawa Timur

Toko Oen

toko-oen
by instagram @yurikeapringga

Meski namanya memakai sebutan ‘toko’, tempat makan yang satu ini sebenarnya dapat dikatakan berbentuk restoran dengan desain zaman dulu. Bagaimana tidak zama dulu, Toko Oen sudah ada sejak tahun 1930 dan menawarkan aneka menu yang terbuat dari bahan alami tanpa pengawet. Menu yang paling banyak dicari pengunjung ialah aneka es krim dan steak lidah. Harganya juga masih terjangkau dan tidak begitu mahal.

Pos Ketan Legenda Batu

pos-ketan-legenda-batu
by instagram @diarysivika

Untuk wisata kuliner lainnya, Anda dapat mengunjungi tempat makan bernama Pos Ketan Legenda Batu. Tempat ini populer dengan menu berbahan dasar ketan yang dinilai pengunjung lezat dan pulen. Pos Ketan Legenda Batu telah berdiri sejak tahun 1967.

Depot Susu KUD Ganesha Batu

depot-susu-kud-ganesha-batu
by instagram @risanofitasari

Satu lagi yang wajib dimasukan dalam agenda wisata kuliner Batu Malang ialah Depot Susu KUD Ganesha Batu yang menawarkan aneka menu hasil olahan susu. Seperti yoghurt dengan berbagai tambahan toping. Susu murni di sini memang legendaris dan selalu dicari. Cita rasanya sangat lezat. Tidak heran bila tempat ini selalu penuh akan pengunjung.

Mampir Ke Destinasi Sekitar Batu

Sambil berwisata di Batu, Anda juga dapat mampir ke destinasi lainnya di Malang karena letaknya tidak begitu jauh untuk ditelusuri seperti ke sungai dan spot air terjun di antaranya Mata Air Sumber Sirah, Coban Nirwana, Teluk Bidadari, Banyu Anjlok, Sungai Amprong, Coban Tundo, dan lain-lain. Tempat wisata di Malang dan Batu ini menjadi spot favourit untuk mandi, berendam,dan olahraga air seperti rafting.

Berburu Buah Tangan Khas Malang

Terakhir, tentunya yang wajib didatangi ialah tempat perbelanjaan buah tangan yang tersebar di Malang. Setelah berpuas-puas ke tempat wisata di Batu Malang terbaru, maka singgahlah ke pusat perbelanjaan buah tangan atau oleh-oleh untuk belanja oleh-oleh khas Malang yaitu apel, keripik buah, keripik tempe, strudel khas Malang, dan lainnya. Anda dapat menelusuri Jalan Diponegoro, Batu, untuk menemukan toko yang menjual strudel khas Malang.

Itu dia deretan tempat wisata di Malang Batu dan harga tiket masuknya yang dapat dipilih dan dimasukan dalam agenda perjalanan Anda untuk menghabiskan waktu libur di Malang. Batu merupakan daerah di Malang yang memiliki potensi besar terhadap wisata. Keberadaan tempat penginapan di daerah ini juga tidaklah sedikit. Pemerintah Malang juga terus berupaya memajukan wisata Batu Malang serta terus menata kotanya. Semoga ulasan seputar Batu Malang ini dapat menjadi referensi Anda untuk menentukan destinasi wisata saat di Batu Malang. rental mobil jogja

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */