20 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru yang Paling Bagus

0

Tempat Wisata di Banyumas Jateng – Jawa Tengah adalah provinsi dengan segudang potensi pariwisata, terutama potensi wisata alam dan wisata budayanya. Purwokerto adalah ibu kota kabupaten Banyumas di provinsi Jawa Tengah. Kota ini merupakan salah satu diantara 5 kota dan kabupaten yang terkenal dengan sebutan ‘Ngapak Island’ karena logat masyarakat setempat yang khas. Banyumas berada di kaki Gunung Slamet  dengan ketinggian puncak 3.400 meter diatas permukaan laut dan merupakan gunung merapi yang tergolong masih aktif. Oleh karena letak kota Banyumas yang dekat dengan Gunung Slamet, wisata Banyumas Purwokerto sangat terkenal dengan kekayaan alamnya. Ada banyak sekali objek wisata di Banyumas.Dengan kekayaan alamnya, Banyumas terkenal dengan kota seribu curug karena jumlah curugnya yang banyak. Daya tarik tempat  wisata di Banyumas memang potensi alamnya. Namun, objek wisata di Banyumas tidak hanya alam saja tapi juga unggul dalam hal budaya. Destinasi tempat wisata di Banyumas Purwokerto yang paling terkenal adalah Baturraden. Selain objek wisata Baturaden Banyumas, ada banyak lagi destinasi wisata Banyumas timur yang wajib kamu kunjungi saat berwisata ke Banyumas, diantaranya adalah sebagai berikut.

Lokawisata Baturraden

Destinasi wisata di Banyumas yang paling terkenal dan berkembang adalah kawasan Baturraden. Jaraknya kurang lebih hanya 14 km dari pusat kota Banyumas. Lokawisata Baturraden menawarkan kekayaan alam yang sangat indah untuk anda lihat.Jika cuaca sedang bagus maka pantai Cilacap dan Nusa Kambangan bisa terlihat dari atas Baturraden.Pemerintah Dinas Budaya dan Pariwisata Kabupaten Banyumas mengembangkan destinasi wisata alam Banyumas ini dengan berbagai macam wahana dan fasilitas untuk para pengunjung yang datang.Di Lokawisata Baturraden terdapat kolam renang, taman bermain, lembah sunyi, pemandangan gunung yang indah, sepeda air, hingga teater alam Baturraden. Udara di Baturraden sangat dingin sehingga anda bisa merasakan suasana Gunung Slamet diatas Baturraden.

Wana Wisata Baturraden

wana-wisata-baturraden
Instagram by @wanawisata

Kawasan wisata Baturraden Banyumas memang memliki banyak cabang atau lokasi wisata lainnya selain Lokawisata Baturraden.Salah satu diantaranya adalah Wana Wisata Baturraden.Saat mendengar kata “Wana” tentu ini identik dengan hutan.Tempat ini merupakan stabilisasi dari ekosistem yang ada juga merupakan hutan lindung sekaligus tempat rekreasi keluarga di kawasan hutan yang sangat asri.Lokasi ini juga memilki bumi perkemahan yang bisa menampung hingga 1000 tenda.Tak heran lokasi ini pernah digunakan sebagai lokasi jamboree nasional Indonesia.Selain berperan sebagai objek wisata alam di Banyumas dan juga sebagai cagar alam, Wana Wisata Baturraden juga menjadi hutan produksi dan sentral persemaian tanaman damar, mahoni, dan pinus.

Sumber Air Panas Pancuran Tiga

pancuran-tiga
Instagram by @evaluxor

Pncuran tiga atau Pancuran Telu untuk orang Jawa merupakan pancuran air belerang yang mengalr langsung dari Gunung Slamet. Lokasi atau spot wisata Banyumas sederhana yang satu ini sangat indah sekali, tak heran banyak orang yang berkunjung untuk sekedar menikmati hangatnya belerang. Karena ini merupakan belerang asli, tentu air yang mengalir sangat bermanfaat untuk terapi pengobatan sakit tulang atau penyakit kulit seperti kadas dan panu.Ini berjarak tidak jauh dengan Lokawisata Baturraden dan Wana Wisata Baturraden yakni hanya sekitar 2,5 km.

Kunjungi :  21 Tempat Wisata di Batam yang Wajib Dikunjungi

Sumber Air Panas Pancuran Tujuh

pancuran-tujuh
Instagram by @dito_jan

Sama seperti objek wisata sebelumnya, Pancuran Tujuh atau Pancuran Pitu juga pancuran air belerang dari Gunung Slamet. Bedanya adalah pancuran ini terdapat tujuh pancuran sedangkan pancuran teluhanya terdapat tiga pancuran besar. Salah satu fasilitas di objek wisata alam Banyumas ini adalah terdapat pancuran yang disalurkan khusus ke kamar mandi yang bisa dipesan untuk menikmati air belerang secara pribadi. Oleh karena manfaat dari air belerang untuk pengobatan berbagai penyakit, banyak orang yang datang untuk sekedar menikmati air belerang yang hangat atau memang berkunjung untuk tujuan terapi pengobatan.

Telaga Sunyi

telaga-sunyi
Instagram by @fadlihadian

Lokasi Telaga Sunyi terletak 3 kilometer jauhnya dengan pintu gerbang Wana Wisata Baturraden kearah timur.Untuk mencapai lokasi ini anda harus memaksa kendaraan anda untuk menanjak lebih tinggi hingga sampai ke kawasan hutan pinus dan hutan damar yang sangat asri.Anda kemudian harus melakukan tracking sendiri untuk masuk kedalam Telaga Sunyi.Telaga Sunyi ini berwarna biru laut yang sagat indah dilengkai dengan curug kecil yang menawan di tengah-tengah hutan damar yang sejuk. Untuk menikmat berbagai macam obyek wisata Banyumas di kawasan baturraden anda bsa menginap di hotal wisata niaga Banyumas yang terletak dekat dengan Baturraden. Hotel itu sangat berkualitas untuk anda para traveller yang ingin berkunjung ke Baturraden atau melakukan perjalanan wisata di Banyumas.

Curug Gede

curug-gede
Instagram by @rizky.hardy

Masyarakat Banyumas biasa menyebut air terjun dengan sebutan Curug.Bagi kalian yang gemar melakukan eksplorasi wisata alam, melihat air terjun berkali-kali pun pasti tidak akan membuat mata atau hati merasa bosan. Keindahan alam yang Tuhan berikan sungguh indah dan menyegarkan .Curug Gede merupakan air terjun yang berlokasi di desa Ketengger yakni 3 kilometer kearah selatan dari Lokawisata Baturraden. Curug gede meiliki ketinggian hingg 25 meter lho! Lokasi curug Gede juga sangat indah dan asri dengan suasana perhutanannya. Kamu bahkan bisa berkemah disekitar Curug Gede jika berminat untuk bermalam lebih lama di Curug Gede.

Curug Ceheng

curug-ceheng
Instagram by @rizky.hardy

Seperti yang sudah disinggung diatas, tempat wisata di banyumas dan sekitarnya terkenal dengan curugnya yang banyak dan indah. Walaupun kurang lebih pemandangan yang ditawarkan mirip dan sama, para traveller sejati tidak akan mengelak keindahan tersendiri dari setiap curug yang mereka kunjungi. Curug Ceheng terletak di ujung timur kota Banyumas yakni kecamatan Sumbang. Curug Ceheng memiliki telaga dibawah air terjun yang cukup luas namun terjunan airnya masih lebih besar curug Gede. Curug ceheng juga merupakan tempat rekreasi yang nyaman untuk keluarga karena spot dan luas lokasi curug Ceheng yang cukup luas untuk anda sekeluarga atau sekelompok.

Kunjungi :  9 Tempat Nongkrong Asik di Surabaya Harga Mahasiswa

Curug Cipendok

curug-cipendok
Instagram by @doniihermawan

Curug Cipendok kerap disebut-sebut sebagai curug tercantik yang ada Banyumas.Tidak semua wisata alam Banyumas yang terkenal di telinga masyarakat luar itu benar-benar persis berlokasi di Banyumas.Seperti contohnya Curug Cipendok, curug ini hanya merupakan tempat wisata di sekitar Banyumas. Curug Cipendok terletak sejauh 25 kilometer arah barat dari Banyumas, tepatnya di Cilongok. Curug Cipendok ini berketinggian hingga 92 meter dan dilengkapi dengan gutan lindung, hutan produksi, serta menara yang bisa digunakan bagi para pengunjung untk melihat pemandangan diatas kota Banyumas jika cuacanya memungkinkan. Curug ini memiliki lokasi yang penuh warna, dimana hutan lindungnya memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Anda bisa pulang dai curug Cipendok dengan oleh-oleh tahu Karangsari yang merupakan tahu khas kecamatan Cilongok.

Curug Jenggala

curug-jenggala
Instagram by @jogjajateng

Curug lagi? Ya tentu saa dong.Purwoerto terletak di Kabupaten Banyumas.Banyu yang berarti air dan Mas yang berarti kemakmuran, maka tidakh heran jika objek wsata di Banyumas dan sekitarnya memiliki keunggulan di wisata alam dan airnya yang melimpah.Curug Jengggala yang terletak di desa Ketengger Baturraden. Curug Jenggala ini sedang menjadi lokasi wisata Banyumas yang hits dan viral di masyarakat khususnya remaja karena eksistensinya di sosal media seperti Instagram. Salah satu yang paling mearik perhatian adalah didepan Curug Jenggala ini terdaat papan berbentuk hati dengan latar belakang 3 Curug yang berjejeran dengan cantik.Lokasi ini sangat bagus untuk dijadikan objek foto sehingga banyak yang tertarik. Namun akses menuju Curug Jenggala masih agak sulit dan berlumpur, maklum saja karena Curug Jenggala ini baru saja dijadikan objek wisata karena kesadaran masyarakat akan potensinya. HIngga saat ini Curug Jenggala masih dalam tahap perkembangan.

Museum Panglima Besar Jenderal Soedirman

Satu yang khas dari Banyumas adalah tempat ini merupakan tanah kelahiran Panglima Besar Jenderal Soedirman.Tempat wisata di Jawa Tengah Banyumas tentu harus mengapresiasi perjuangan beliau dan menjunjung tinggi perjuangan yang telah beliau lakukan untuk dijadikan pedoman baik generasi penerus bangsa di Jawa Tengah dan khususnya Banyumas. Museum ini terletak d bagian barat kota Banyumas yang berjarak 3 km dari pusat pemerintahan. Terdapat dua lantai didalam museum ini.Lantai pertama berisikan diorama, foto-foto erjuangan serta duplikat peninggalan Panglima Besar Jenderal Soedirman pada masa lalu.Lalu di lantai atas terdapat relief sejarah negara Indonesia dalam perang kemerdekaan 1945, serta relief perjuangan Panglima Besar Jenderal Soedirman dalam merebut kembali Yogyakarta.Para geerasi muda perlu mengunjungi museum ini untuk pengetahuan serta pendidikan.

Kunjungi :  Rumah Kamera Magelang, Wisata Sensasi "Galeri Seni"

Museum Wayang Sendhang Mas

Merupakan objek wisata budaya di Banyumas yang mengoleksi berbagai maca, jenis wayang, mulai dari wayang gagrag Banyumasan, wayang purwa, Gagrag Yogyakarta, Surakarta, dan benda-benda purbakala. Museum ini terletak di kawasan pusat pemerintahan Banyumas yang terletak 15km dari Banyumas. Museum wayang Sendhang mas ini merupakan tempat wisata Banyumas yang sekaligus wadah pelestaria budaya Banyumas melalui destinasi wisata Banyumas.

Museum Bank Rakyat Indonesia (BRI)

Merupakan satu-satunya museum perbankan di Banyumas. Didalamnya berisi pengetahuan tentang perbankan rakyat Indonesia hingga pelopor pendiri bank seagai solusi permasalahan rakyat Indonesia.Museum ini dibuka untuk umum kecuali Jumat dan Sabtu. Tidak ada biaya masuk, selama kita memberikan konfirmasi akan waktu kedatangan kedalam museum untuk masalah kebersihan. Didekat Museum Bank BRI  terdapat wisata kuliner Banyumas yaitu sentra penjualan mendoan dan gethuk goreng khas Banyumas. Banyak sekali penjual yang menjajakan makanan tersebut sehingga anda bisa merasakan sensasi makanan khas didaerah aslinya setelah mempelajari perbankan didalam museum.

Masjid Saka Tunggal

masjid-saka-tunggal
Instagram by @impulseleather

Masjid ini merupakan tempat peninggalan sejak zaman wali sanga. Masjid Saka Tunggal terletak di desa Cikakak, kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas. Wangon berjarak kurang lebih 30 km dariarah barat daya kota Banyumas. Objek wisata di Banyumas dan sekitarnya memang beraneka ragam.Salah satunya adalah destinasi wisata keagamaan seperti ini. Disekitar masjid ini terdapat makam Kyai Toelih yang merupaka tokoh penyebar islam dari Banyumas. Di lokasi masjid Saka Tunggal ini terdapat banyak sekali kera-kera jinak yang berkeliaran.Jadi anda bisa bercengkraman dengan kera yang jinak dan memberi mereka makan setelah berwisata religi didalam masjid Saka Tunggal yang hanya memiliki satu tiang didalamnya itu.

Goa Maria

goa-maria
Instagram by @fransenthir

Goa ini terletak di perbukitan hijau dengan suasana yang sejuk di desa Kaliiori kecamatan Kalibagor. Lokasi ini berjakar sekitar 14 km arah tmur dari Kota Banyumas.Lokasi wisata religi umat kristiani ini bermula dari aktifis kristiani Bayumas yang kemudian mendapat tanggapan dari pemerintah. Tempat ziarah ini kemudian mendapatkan banyak fasilitas baru seprt Kapel Ratu Surga, Jalan Salib, taman Rosario Hidup, dan yang terakhir dibangun adalah Rumah Retret Maria Imakulata yang berkapasitas hingga 150 orang. Saat ini Goa Maria Kali Ori menjadi tempat wisata di sekitar Banyumas yang menjadi tempat ziarah umat kristiani terlengkap di Indonesia.

curug-carang
Curug Carang Instagram by @explorebanyumas
jurug-kemukus
Jurug Kemukus Instagram by @explorebanyumas
wonoasri-seper
Wonoasri Seper Instagram by @explorebanyumas

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */