Surganya Wisata Indonesia

49 Rekomendasi Tempat Wisata di Bantul yang Paling Seru!

0
49 Rekomendasi Tempat Wisata di Bantul yang Paling Seru!
Nilai Artikel Ini

Tempat wisata di Bantul – Berbicara mengenai dunia wisata di tanah Nusantara memang tidak akan ada habisnya. Pasalnya, tanah Indonesia ini memiliki berjuta objek wisata yang tentu sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika melakukan trip, baik trip backpacker sendiri, bersama sahabat, keluarga, atau pergi bulan madu dengan pasangan. Salah satu kota yang dikenal akan kekayaan objek wisatanya adalah Yogyakarta. Di Yogyakarta, selain memang begitu kaya dan kental akan unsur budayanya juga terdapat banyak potensi wisata yang sangat mempesona, misalnya di salah satu kabupatennya yakni di kabupaten Bantul. Wisata Bantul merupakan destinasi yang paling banyak dikunjungi wisatawan yang singgah ke Yogyakarta. Penasaran ada apa saja, sih, di kabupaten Bantul ini? Yuk, simak list dari tempatwisataindonesia.id mengenai 14 tempat wisata di Bantul yang paling oke.

Pantai Parangtritis

pantai-parangtritis
by instagram @inne_juvaena

Pantai Parangtritis merupakan sebuah pantai yang paling populer di Yogyakarta. Destinasi Wisata di Bantul yang satu ini memang memiliki keindahan panorama pantai yang sangat mengagumkan. Berlokasi di Kecamataan Kretek desa Parangtritis, pantai Parangtritis ini seakan memiliki magnet tersendiri untuk menarik wisatawan berkunjung kesini. Di pantai Parangtritis, pengunjung bisa menikmati berbagai aktivitas liburan seru, seperti berenang, surfing, menikmati sunset, dan olahraga paralayang juga tersedia disini.

Gumuk Pasir Parangkusumo

gumuk-pasir-parangkusumo
by instagram @gumukpasir

Tak jauh dari kawasan Pantai Parangtritis, ada sebuah destinasi menarik dan unik yakni Gumuk Pasir. Berada di daerah Bantul, pengunjung akan merasakan sensasi seakan sedang berada di padang pasir. Yup, tempat wisata satu ini merupakan sebuah gundukan pasir yang terbentuk akibat aktivitas gunung Merapi di Yogyakarta. Gundukan pasir di Gumuk Pasir Parangkusumo ini bahkan ternyata satu-satunya di Asia Tenggara. Jadi untuk anda yang ingin merasakan berada di padang pasir, tak perlu jauh-jauh pergi ke timur tengah atau Afrika, karena tempat wisata Bantul juga punya tempat yang serupa dan tak kalah keindahannya.  

Goa Cerme Bantul

goa-cerme-bantul
by instagram @dindandando

Untuk yang gemar berwisata alam, destinasi wisata selanjutnya yang sangat direkomendasikan untuk anda kunjungi adalah Goa Cerme – yang merupakan sebuah Goa yang begitu indah dengan panjang 1.3 kilo meter. Keunikan utama yang ada di Goa Cerme ini adalah adanya sebuah air terjun cantik di bawah tanah. Fenomena unik ini menjadikan Goa Cerme semakin indah, berpadu dengan ornament alami gua yang sangat mempesona. Tak heran, Goa Cerme menjadi salah satu wisata alam Bantul yang paling digemari para pelancong yang suka dengan olahraga alam yang menantang.

Kebun Buah Mangunan

kebun-buah-mangunan
by instagram @bahaum09

Ingin mencoba wisata alam plus wisata kuliner Bantul? Kebun Buah Mangunan jawabannya. Tetapi, wisata di Bantul yang satu ini tak hanya memiliki pemandangan kebun buah semata, namun pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan Gunung Sewu berpadu dengan sungai Oyo dan hamparan hutan hijau nan asri yang sangat mengagumkan. Apalagi ketika sore hari menjelang, pemandangan asri tersebut akan semakin dipercantik dengan lembayung senja dan matahari terbenam yang sangat epic. Untuk anda yang tertarik berkunjung ke obyek wisata Bantul Kebun Buah Mangunan ini, disarankan untuk datang pada saat musim panen raya dimana anda juga bisa pulang membawa aneka buah hasil panen kebun buah Mangunan seperti jeruk, manga, durian, dan lain-lain.

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

Sensasi Wahana Air Water Blaster Semarang yang Menakjubkan
Rute dan Lokasi Wisata Alam Hutan Tinjomoyo Semarang
Brown Canyon Semarang, View Terbaik Bagi Pecinta Fotografi
Kunjungi :  Wisata Mistis di Air Terjun Sedudo Nganjuk Jawa Timur

 

Hutan Pinus Mangunan

hutan-pinus-mangunan
by instagram @krispinanggra

Masih berada di kawasan Mangunan, Bantul, ada lagi nih satu objek wisata paling oke yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berlibur. Adalah hutan pinus Mangunan, sebuah hutan pinus yang eksotis yang cocok untuk menjadi destinasi wisata bersama keluarga. Sebagai salah satu wisata daerah BantulHutan Pinus Mangunan ini juga terdapat camping ground dan outbond area yang seru dan menantang.

Puncak Becici Dlingo Bantul

puncak-becici-dlingo-bantul
by instagram @qordhowix

Berlokasi di Kecamantan Dlingo kabupaten Bantul, puncak Becici ini merupakan sebuah bukit yang cocok untuk anda yang suka dengan pemandangan alam yang hijau. Sebagai wisata alam Bantul, Puncak Becici ini menyuguhkan pemandangan hamparan sawah hijau yang berpadu dengan hijaunya hutan pinus di sekitarnya. Berada di obyek wisata Bantul satu ini, pengunjung juga bisa menikmati fasilitas rumah pohonnya yang unik dan cocok untuk menjadi objek berfoto eksis ala kekinian.

Bukit Watu Lumbung Parangtritis

bukit-watu-lumbung-parangtritis
by instagram @@gunawanjir

Masih berbicara mengenai tempat wisata di Bantul alami ala pegunungan, ada satu lagi nih tempat wisata daerah Bantul diy yang tak kalah cantiknya yakni Bukit Watu Lumbung. Tempat wisata Bukit Watu Lumbung merupakan sebuah kawasan hutan jati yang disulap menjadi sebuah tempat wisata yang cozy dan mempesona. Di tengah keindahan hutan jati, dibangun sebuah rumah pohon dan pondok-pondok kayu yang sederhana ala vintage. Tempat satu ini tentu juga sangat pas untuk dijadikan objek berfoto, misalnya untuk pre wedding, atau hunting foto landscape. Satu hal yang unik dari Bukit Watu Lumbung, disni pengunjung bisa mendapatkan merchandise menarik dengan melakukan tantangan kecil seperti menanam pohon, membantu memasak, membaca buku, dan lain-lain. Seru bukan?

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Timur Lainnya : 

16 Tempat Wisata di Magetan Jawa Timur Ngehitz !!
20 Tempat Wisata Terpopuler di Tuban Jawa Timur
Rekomendasi 18 Tempat Wisata di Jombang dan Sekitarnya
Kunjungi :  Spot Foto Kekinian di Pantai Ketawang Purworejo

Pantai Pandansari Bantul

pantai-pandansari-bantul
by instagram @diantybro

Pantai Pandansari merupakan tempat wisata Bantul berupa sebuah pantai eksotis dengan pasir cokelat khasnya. Namun daya tarik pantai Pandansari satu ini ternyata bukan terletak di pantainya lho, melainkan pada sebuah bangunan mercusuar yang ada di pantai tersebut. Untuk wisata Bantul info saja nih, mercusuar di pantai Pandansari ini menjadi daya tarik tersendiri karena bentuknya yang unik dan cocok untuk objek latar berfoto. Dengan menaiki mercusuar hingga ke puncaknya, pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan hutan hijau yang rimbun, hamparan pantai Pandansari yang mempesona, dan ada pula pemandangan kebun buah naga. Disini pengunjung bisa sekaligus berkunjung ke kebun buah naga dan memetik langsung buah naga disana untuk dijadikan buah tangan khas pantai Pandansari. Jika anda ingin berwisata pantai, kawasan pantai Pandansari ini juga berlokasi tak jauh dari objek wisata pantai Bantul yang lain seperti pantai Kuwaru, Pantai Goa Cemara, dan Pantai Samas yang tentunya menjadikan wisata pantai anda semakin lengkap.

 

Air Terjun Ledok Pokoh

air-terjun-ledok-pokoh
by instagram @naratamasurya

wisata alam Bantul lainnya adalah air terjun Ledok Pokoh, atau biasa dikenal dengan nama air terjung Lepo. Di sini, pengunjung bisa menikmati pemandangan air terjun yang unik, mirip dengan Erawan Falls yang ada di Thailand. Air Terjun Ledok Pokoh merupakan sebuah air terjun yang menghubungkan empat kolam alami. Kedalaman kolam Lepo ini berbeda-beda, dari mulai setinggi lutut hingga kolam paling dalam mencapai kedalaman 2 meter. Kolam ini banyak menjadi tempat berenang para pengunjung yang datang. Apalagi dengan warna airnya yang kehijauan dan deburan air terjun yang menyegarkan terlihat sangat menggona untuk menceburkan diri ke dalamnya. Selain itu, tebing di sekitar air terjun juga tertata rapi nan alami yang semakin mempercantik pemandangan air terjun Ledok Pokoh.

Pantai Kuwaru Bantul

pantai-kuwaru
by instagram @mariaagusta9

Banyaknya potensi wisata pantai wisata daerah Bantul memang kian memunculkan wisata Bantul baru seperti salah satunya pantai Kuwaru. Pantai satu ini memang tergolong pantai yang baru dikembangkan, namun pantai ini sudah memiliki fasilitas wisata yang cukup lengkap, seperti kolam renang, kamar mandi yang bersih, pusat oleh-oleh, hingga fasilitas permainan ATV yang bisa disewa untuk berkeliling menikmati suasana sejuk pantai Kuwaru. Pantai yang masih tergolong baru ini memiliki pemandangan pesisir yang sangat mempesona. Keunikan pantai Kuwaru tak hanya terletak pada pemandangan pantainya saja, namun juga terdapat deretan pohon cemara yang begitu fresh dan semakin mempercantik kawasan Pantai Kuwaru.

Kolam Air Panas Parang Wedang

air-panas-parang-wedang
by instagram @uslim_abdulhalim

Obyek wisata Bantul yang satu ini merupakan sebuah tempat pemandiang air panas yang unik, dimana lokasinya bukan berada di kawasan pegunungan melainkan sangat dekat dengan kawasan pantai di Parangtritis. Untuk itulah bagi pengunjung yang ingin mencoba berenang di air panas, tak perlu jauh-jauh pergi ke pegunungan karena di kawasan dataran rendah yakni di Parang Wedang juga dapat ditemui. Wisata pemandian air panas ini tak hanya bisa membuat lebih fresh, namun juga baik untuk kesehatan.

Masjid Kotagede

masjid-kotagede
by instagram @feriereza

Tak hanya punya banyak potensi wisata alamnya, wisata di Bantul juga memiliki destinasi wisata sejarah sekaligus wisata religi yang unik yakni Masjid Kotagede Yogyakarta. Masjid Kotagede merupakan sebuah masjid yang sudah sangat tua tepatnya menjadi peninggalan sejarah dari kerajaan Mataram yang dibangun pada tahun 1640 an. Selain menjadi tempat beribadah umat muslim, di masjid Kotagede satu ini juga terdapat banyak koleksi benda sejarah yang sudah tua, seperti sebuah bedug yang usianya ratusan tahun, dan benda bersejarah lainnya yang tentu bisa memberikan edukasi sejarah tersendiri bagi pengunjung yang datang.

Goa Selarong

goa-selarong
by instagram @mattamoe

Bantul memang kaya akan objek wisata religi dan wisata sejarahnya, salah satunya adalah Goa Selarong. Tempat wisata ini menurut sejarahnya merupakan tempat yang dulunya sering menjadi tempat bersemedi Pangeran Diponegoro. Selain itu, kawasan Goa Selarong juga pernah menjadi tempat bersembunyi dan markas pada saat terjadi perang gerilya. Selain kental akan unsur sejarahnya, di Goa Selarong juga terdapat sebuah kawasan bumi perkemahan yang cocok dihabiskan untuk camping bersama keluarga, atau camping bersama sahabat dan kerabat. Keindahan arsitektur alami Goa Selarong yang berpadu dengan kawasan hutan hijau, menjadikan panorama sekitar Goa Selarong begitu epic dan cocok untuk dijadikan objek berfoto.

Makam Imogiri

makam-imogiri
by instagram @mas_sandi

Ada lagi objek wisata sejarah di Bantul yang cocok untuk menjadi destinasi family trip, yakni kawasan Makam Imogiri. Kawasan wisata makam Imogiri ini menjadi tempat yang dianggap keramat oleh masyarakat sekitarnya, dimana di dalam kawasan tersebut terdapat makam-makam para raja dari kerajaan Mataram. Pemakaman Imogiri ini dibangun pada tahun 1632 oleh Sulthan Mataram III. Berada di lokasi perbukitan, menjadikan salah satu tempat wisata Bantul  ini juga memiliki panorama alam yang begitu elok.

Itulah beberapa rekomendasi tempat wisata di Bantul Yogyakarta. Bagi anda yang bingung menentukan destinasi liburan di salah satu wisata Bantul, tak perlu repot pergi jauh-jauh ke luar negeri selama di tanah sendiri saja masih banyak destinasi liburan yang belum terjamah. Di kabupaten Bantul saja misalnya, banyaknya destinasi wisata yang dapat ditemui tentu akan membuat waktu liburan anda semakin seru dan menyenangkan. Jangan lupa untuk menghabiskan wisata Bantul diy bersama orang-orang tersayang agar momen liburan menjadi momen bahagia yang tak terlupakan. Selamat liburan!

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */