Surganya Wisata Indonesia

41 Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi Wisatawan

0
41 Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi Wisatawan
Nilai Artikel Ini

Tempat wisata di Banten – Banten adalah sebuah provinsi di Tatar Pasundan yang terletak di wilayah paling barat Pulau Jawa, Indonesia. Dulunya provinsi ini pernah menjadi bagian dari wilayah di jawa Barat, akan tetapi kota ini mengalami pemekaran pada tahun 2000 dengan berlandaskan pada keputusan Undang-Undang nomor 23 tahun 2000. Pusat pemerintahannya berada di Kota Serang.

Banten merupakan sebuah Kota yang menyimpan banyak tempat wisata yang sangat mengagumkan, diantaranya wisata alam dan wisata buatan. Bagi anda yang ingin berlibur ke tempat wisata di Banten yang indah, berikut ini akan kami paparkan objek-objek wisata yang terletak di Banten sehingga dapat menjadi acuan untuk anda pilih tempat yang cocok sesuai keinginan anda.

Pantai Anyer

pantai-anyer
Instagram by @pantaianyer

Kota Banten terkenal dengan keindahan pantainya sebagai objek wisata yang sudah tidak diragukan lagi. Salah satunya tempat wisata di banten yang wajib dikunjungi adalah Pantai Anyer. Pantai Anyer terletak di Kabupaten Serang, Banten. Dinamakan Pantai Anyer karena lokasi pantai ini berada di sepanjang kecamatan Anyer. Pantai ini sangat populer dan ramai dikunjungi wisatawan yang datang dari berbagai penjuru.

Wisata serang banten ini dihiasi dengan keindahan pasir putih yang menarik dan terjaga kebersihannya, angin segar, dan keadaan ombak yang tenang, serta air yang jernih. Banyak aktifitas yang dapat anda lakukan saat berkunjung ke pantai ini, seperti bermain pasir putih, berenang, menyelam, berselancar, bermain voli di pinggir pantai, dan bermain air. Bagi anda yang belum berkeinginan untuk berbaur dengan air pantai, anda dapat duduk bersantai di pinggir pantai sambil menikmati pemandangan alam di sekitar pantai. Anda juga dapat menyantap hidangan makanan yang dijual di warung-warung sekitar pantai. Menu makanan ikan laut segar dapat anda dapatkan di sini.

Kunjungi :  Mbolang ke 16 Tempat Wisata di Demak dan Sekitarnya

Untuk anda yang ingin bermalam menikmati keindahan wisata alam Banten, anda dapat bermalam di hotel sekitar pantai Anyer yang telah tersedia.

Gunung Karang

gunung-karang
Instagram by @tatangkurnia41

Gunung Karang merupakan salah satu wisata Banten terbaik yang menampilkan kealamian dan keasrinnya. Di kawasan ini tanaman anggrek tumbuh dengan subur. Gunung ini menarik perhatian para pendaki yang tertarik untuk menaklukan puncak sumur tujuh.

Gunung Karang memiliki 2 jalur pendakian. Jalur pertama yaitu jalur Kaduengan yang membutuhkan waktu sekitar 4 – 5 jam untuk dapat sampai ke puncaknya. Jalur berikutnya yaitu Ciekek yang membutuhkan waktu sekitar 7-8 jam. Bagi anda yang takut ketinggian sebaiknya jangan mencoba naik ke gunung ini.

Gunung Krakatau

gunung-krakatau
Instagram by @gunungkrakatau

Gunung Krakatau adalah gunung berapi yang pernah meletus dengan dahsyat, dimana suara letusannya tidak hanya terdengar di Indonesia saja bahkan sampai terdengar Benua Australia. Akibat letusan gunung Krakatau, awan panas menyebar ke beberapa tempat di Eropa. Sedangkan letusan tersebut membentuk sebuah gunung baru yang disebut sebagai gunung anak Krakatau.

Seperti layaknya Gunung Karang, sekarang ini gunung Krakatau menjadi salah satu wisata banten yang terkenal, khususnya bagi para pecinta olahraga untuk menguji nyali yaitu mendaki gunung. Krakatau juga terkenal sebagai medan pendakian yang menantang. Kegiatan utama yang paling digandrungi wisatawan saat datang ke lokasi ini adalah mendaki gunung. Banyak sekali agen tur yang menawarkan paket mendaki, mulai dari paket 1 hari sampai paket 4 hari.

Air Terjun Gendang

air-terjun-gendang
Instagram by @nfahriyah

Air Terjun Gendang merupakan salah satu tempat wisata di banten selain pantai yang menampilkan keindahan pemandangan alam air terjun dan hutan yang masih asri di sekitarnya. Disebut air terjun gendang karena suara gemuruh air terjun ini mirip seperti suara gendang sehingga masyarakat sekitar mulai menamainya Curug Gendang.
Air terjun Gendang memiliki ketinggian sekitar 7 meter dan luas 10 meter dengan kedalaman kolam sekitar 13 meter. Konon katanya dikawasan air terjun ini menjadi sejarah bagi para pahlawan kita yang bersembunyi dari penjajah di saat peperangan.

Taman Nasional Ujung Kulon

taman-nasional-ujung-kulon
instagram by @explorebanten

Tempat wisata daerah Banten lainnya yang menarik adalah Taman Nasional Ujung Kulon. Taman Nasional Ujung Kulon tidak hanya mencakup wilayah daratan yang ada di pulau Jawa saja, melainkan juga termasuk beberapa pulau di sekitar ujung Barat pulau Jawa.

Kunjungi :  Asal Usul, Homestay dan Aktivitas Seru Pulau Tabuhan Banyuwangi

Saat anda berada di Taman Nasional Ujung Kulon ini, banyak kegiatan yang dapat anda lakukan seperti trekking, berkemah, dan melihat alam liar. Taman nasional ini selain digunakan sebagai objek wisata, ternyata juga digunakan sebagai tempat untuk melindungi badak.

Suasana yang disajikan tempat wisata di banten lama ini masih sangat alami. anda dapat melihat banyak binatang badak secara langsung dan juga beberapa binatang lainnya yang juga dilindungi.

Arung Jeram Sungai Ciberang

arung-jeram-sungai-ciberang
Instagram by @bagasbrian

Tempat wisata di Banten yang belum terjamah berikutnya yang sangat menantang nyali anda adalah arung Jeram. Arung Jeram terletak di sungai Ciberang, Banten. Keadaan sungai dan hutan sangat asri, alami, serta dihiasi dengan daun-daun yang menghijau. Saat anda menyusuri jalan di sepanjang perjalanan menuju lokasi Arung Jeram, anda akan merasa sangat terpukau melihat keindahan alam yang menyejukan pandangan mata. Kami sarankan saat anda akan menyusuri kawasan menuju lokasi arung jeram, ada baiknya persiapkan dulu fisik anda dan pastikan agar fisik anda benar-benar dalam keadaan prima karena anda akan menghadapi jalan yang terjal dan berliku.

Saat anda start berpetualangan mengarungi sungai Ciberang, anda pun juga akan disuguhkan dengan keadaan lingkungan sekitar Sungai Ciberang sangat alami. Akan tetapi, sebelum anda memesan paket arung jeram Sungai Ciberang, ada baiknya anda tanya terlebih dahulu tentang kondisi airnya, karena terkadang sungai Ciberang airnya kering.

Danau Tasikard

danau-tasikardi
Instagram by @cecepfathurohman

Setelah dari tadi kita membahas tentang aneka objek wisata alam, sekarang kita bealih ke objek wisata banten lama buatan. Danau Tasikardi berasal dari bahasa sunda yang berarti danau buatan. Danau Tasikardi terletak di kecamatan Kramatwatu yang merupakan salah satu peninggalan Sultan Banten. Luas lokasi ini sekitar 5 ha. Danau ini terletak di sebelah barat kota Serang, sekitar 6 km dari pusat Kota Banten.

Kunjungi :  41 Aneka Tempat Wisata di Blitar dan Alamatnya yang Lagi Hits

Danau Tasikardi dulunya digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga Sultan, dan sekarang danau ini telah menjadi objek wisata menarik di Banten yang dibuka untuk umum. Danau ini selain sebagai tempat wisata, ternyata berfungsi sebagai penampung air Sungai Cibanten dan untuk mengairi sawah.

Kegiatan yang dapat anda lakukan di sini adalah memancing, berkemah, main perahu air, dan menikmati suasana sejuk di sekitar danau.

Water World Citra Raya

water-world-citra-raya
Instagram by @nfahriyah

Water World Citra raya merupakan sebuah objek wisata buatan yang terkenal di Banten. Lokasinya berada di Perum Citra Raya, Jalan Citra Raya Boulevard Madigras, Citra Raya Cikupa Tangerang.

Water World Citra Raya ini memberikan suguhan hiburan menarik berupa aneka wahana permainan yang cocok digunakan untuk membahagiakan anak-anak, terutama saat masa libur sekolah. Anda akan sangat puas dan ikut merasakan kebahagiaan tersendiri saat melihat pesona bahagia terpancar dari wajah putra-putri kesayangan anda.

Itulah tadi 8 tempat wisata di Banten yang harus anda kunjungi. Semoga informasi tadi bermanfaat bagi kita semua.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */