Surganya Wisata Indonesia

24 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah

0
24 Tempat Wisata Terlengkap di Banjarnegara Jawa Tengah
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata di Banjarnegara – Banjarnegara, sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang menyimpan begitu banyak keindahan alam dataran tingginya. Bagi anda travelling khususnya pecinta dataran tinggi maka Banjarnegara merupakan tempat yang sayang untuk dilewatkan. Jika anda pernah atau tau tentang dataran tinggi dieng, maka itulah salah satu kekayaan alam Banjarnegara yang sudah terkenal kemana-mana. Ya, dataran tinggi dieng secara administratif juga masuk dalam wilayah Kabupaten Banjarnegara. Destinasi wisata eksotis ini masuk ke dua kabupaten yaitu Wonosobo untuk Dieng Wetan dan Banjarnegara untuk Dieng Kulon. Bukan hanya dataran tinggi dieng saja yang disuguhkan oleh Banjarnegara, namun masih banyak berbagai destinasi wisata Banjarnegara lainnya yang tak kalah eksotis. Berikut ini tempat wisata di Banjarnegara dengan berbagai pesonanya :

Curug Pitu Banjarnegara

curug-pitu
by instagram @galang_ardhika

Ke daerah dataran tinggi belum lengkap jika belum menemukan curugnya. Namun tenang saja karena cukup banyak curug di Kabupaten Banjarnegara. Salah satu tempat wisata di Banjarnegara yang berupa curug adalah Curug Pitu yang berada di Desa Sigaluh, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara. Seperti namanya, yang dalam bahasa Indonesia artinya air terjun tujuh, curug ini memiliki tujuh tingkatkan. Anda bisa melewati tingkatan curugnya dengan menggunakan tangga yang sudah disediakan. Bagi anda penyuka wisata curug tentu tempat ini akan menarik dengan keindahan yang disimpannya.

Curug Mrawu Banjarnegara

curug-mrawu-banjarnegara
by instagram @mel_ikha

Kalau curug yang satu ini sangat cocok untuk anda yang menyukai tracking sebelum sampai ke wisata utama. Ya, untuk mencapai curug Mrawu anda terlebih dahulu harus berjalan kaki melewati jalan setapak. Dalam perjalanan anda akan disuguhi pemandangan persawahan dan hutan yang tentu memanjakan mata. Menikmati pemandangan selama perjalanan akan membuat lelah tak terasa. Objek wisata di Banjarnegara Jawa tengah yang satu ini jauh dari pemukiman, tentu terbayang betapa syahdunya suasana disana. Hadiah untuk perjuangan anda mencapai tempat wisata ini yaitu disana bukan hanya curug Mrawu saja yang menanti namun ada pula mata air Giritirta dan curug Genting yang juga memiliki pesonanya sendiri. Ketiga objek wisata ini ada di Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Purbalingga.

Curug Pundung Sewu Banjarnegara

Objek Wisata Banjarnegara

Curug Pundung Sewu yang masuk dalam kawasan wisata di Banjarnegara ini masih terlihat alami dan belum tersentuh perkembangan yang berarti. Kalau anda berkunjung ke Banjarnegara, ada baiknya anda coba untuk jelajahi wisata alam yang satu ini.

Lokasi : Desa Petir, Kecamatan Purwonegoro, Kabupaten Banjarnegara

Curug Sikopel Banjarnegara

curug-sikopel-banjarnegara
by instagram @subchanafifanugrah

Tempat wisata tak jarang menyimpan mitos yang kadang entah darimana mulanya namun tetap menjadi daya tarik yang membuat tempat tersebut semakin sayang untuk dilewatkan, karena seringkali membuat para wisatawan penasaran pada kebenaran mitos tersebut. Salah satu wisata alam Banjarnegara Jawa Tengah dengan mitos yang ada didalamnya adalah curug Sikopel Banjarnegara. Mitosnya jika mandi di curug atau air terjun yang satu ini dapat membuat kita awet muda. Mitos ini tentu sangat menarik. Namun keindahan curug Sikopel juga tak kalah menarik. Berada di Desa Babadan, Kecamatan Pagetan, Kabupaten Banjarnegara. Curug dengan tinggi 70 meter ini tentu sayang untuk dilewatkan. Apalagi untuk anda yang ingin tetap awet muda.

Taman Rekreasi Marga Satwa Serulingmas

taman-rekreasi-marga-satwa-serulingmas
by instagram @wahyoetomo

Pilihan cocok wisata keluarga bersama anak-anak di Banjarnegara adalah wisata Banjarnegara Serulingmas. Sebuah taman rekreasi yang berisi berbagai satwa yang akan menambah pengetahuan anak-anak ini sudah terkenal sejak dulu. Jika mengunjungi Banjarnegara bersama anak maka Serulingmaslah pilihan utama yang sayang untuk dilewatkan. Serulingmas merupakan ikon tempat wisata di Banjarnegara dengan koleksi lengkap satwa dan pemandangan alamnya yang menarik, apalagi untuk anak-anak. Semakin menyenangkan dengan fasilitas lainnya seperti kolam renang, panggung terbuka dan makam KI Ageng Selomanik.

Kunjungi :  Wisata Keluarga di Jatim Park 2 Malang Jawa Timur

Lokasi : Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Kunjungi Tempat Wisata di Jawa Tengah Lainnya : 

25 Tempat Wisata di Temanggung Jawa Tengah Terpopuler
23 Tempat Wisata di Purbalingga Paling Terkenal
23 Tempat Wisata di Purwokerto yang Hits dan Ramai Dikunjungi

Waduk Mrica Banjarnegara

waduk-mrica
by instagram @eko_juliadi

Beralih dari kawasan Dieng. Dataran tinggi Dieng hanya satu dari sekian banyak wisata di banjarnegara jawa tengah. Masih banyak destinasi wisata di tempat lainnya. Waduk Mrica salah satunya. Di Waduk Mrica anda bisa menikmati hamparan permukaan air yang begitu luas. Kemudian jika anda ingin melihat danau buatan terbesar di Asia Tenggara, maka inilah danaunya. Waduk ini merupakan waduk yang membendung Sungai Serayu. Panorama alamnya tentu tak usah ditanya, anda bisa menikmati pesona alam disekitar waduk ini apalagi dengan berbagai fasilitas wisatanya. Wisata keluarga akan terasa nyaman di objek wisata Banjarnegara yang satu ini. Bisa dilakukan kegiatan menyenangkan seperti memancing, naik perahu, hingga main golf. Dan tahukah anda bahwa waduk ini merupakan salah satu pemasok listrik untuk Jawa dan Bali? Wah, kita yang mendapatkan pasokan listrik dari sini harus berterimakasih pada waduk Mrica ini.

Lokasi : Desa Karangjambe, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara

Surya Yudha Park Banjarnegara

surya-yudha-park
by instagram @ratnaamaharanii

Berfoto di depan maskot Singapura dan Amerika secara bersamaan tanpa aplikasi edit foto hanya bisa dilakukan di tempat yang satu ini. Surya Yudha Park memiliki patung Merlion dan patung Liberty yang berdiri bersebelahan. Belum memiliki kesempatan ke dua negara maju tersebut maka bisa terlebih dahulu mengunjungi Surya Yudha Park. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah taman rekreasi air yang paling lengkap di Banjarnegara. Tempat wisata di Banjarnegara ini mengusung konsep wisata terpadu dengan berbagai kelengkapan fasilitas seperti hotel berbintang, arena olahraga, rafting, juga wisata outbound. Merupakan salah satu alternatif wisata keluarga yang menarik.

Lokasi : Jl. Raya Karang Kobar KM. 1, Desa Rejasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara

Arum Jeram Sungai Serayu

rafting-sungai-serayu
by instagram @habilalam

Selain berkaitan dengan Tampo Mas, Waduk Mrica juga berkaitan dengan Sungai Serayu. Tentu Sungai Serayu sudah tak asing lagi di telinga masyarakat Banjarnegara. Apalagi dengan wisata raftingnya yang semakin berkembang. Terkenal kemana-mana menarik perhatian para wisatawan yang menyukai wisata air dan uji adrenalin. Terutama bagi anda yang menyukai tantangan, belum lengkap jika belum mencoba uji adrenalin di Sungai Serayu. Objek wisata Banjarnegara rafting Sungai Serayu begitu menarik karena sembari menikmati lika-liku Sungai Serayu anda juga disuguhi pemandangan alam nan eksotis.

Lokasi Desa : Desa Singamerta, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara

Wadas Tumpang Banjarnegara

wadas-tumpang
by instagram @wiwit_gie

Ke Banjarnegara selain menikmati wisata alam, kita juga bisa berwisata budaya. Masih banyak daerah di Indonesia yang masih kental dengan adat budayanya juga berbagai ritualnya meski sudah memasuki era modern. Berbagai kebiasaan adat istiadat tersebut memang menjadi kekayaan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Wadas Tumpang menjadi salah satu tempat wisata Banjarnegara yang menunjukkan kekentalan budaya tersebut. Dulu tempat ini terkenal sebagai tempat pertapaan masyarakat Banjarnegara dan sekitarnya. Dibuktikan dengan sesaji yang ada disana. Wadas Tumpang menjadi tempat yang digandrungi wisatawan pasalnya selain menarik dengan sisi mistisnya, tempat ini juga memiliki pemandangan indah dan udara sejuk khas dataran tinggi. Anda juga bisa melihat kandang macan alami dari akar pohon dan kera putih berseliweran. Gunung tumpukan dua batu yang diselimuti pohon beringin besar ratusan tahun ini sangat menarik untuk dikunjungi.

Lokasi : Desa Majalengka, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Anglir Mendung Banjarnegara

anglir-mendung
by instagram @eastheavencoffee

Anglir Mendung merupakan tempat wisata di Banjar yang memiliki udara sejuk karena dikelilingi oleh Hutan Lindung. Di tempat ini terapat fasilitas kolam renang dan taman untuk anak-anak bermain. Selain itu, kalau anda mau melakukan kegiatan diluar ruangan, lokasi isi cocok untuk bumi perkemahan dengan kapasitas 200 tenda.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata Eksotik di Sleman yang Sayang Terlewatkan

Wisata Dieng Banjarnegara

wisata-dieng-banjarnegara
by instagram @velocity_id

Kompleks wisata Dieng di telinga wisatawan Indonesia mungkin sudah tidak asing lagi. Banyak tempat wisata yang menarik untuk dikenal dan dikunjungi. Mulai dari peninggalan sejarah hingga wisata alamnya yang eksotif. Dan berikut adalah Wisata Dieng Banjarnegara yang kami rekomendasikan untuk anda :

Komplek Percandian Arjuna

candi-arjuna
by instagram @novemlawalata

Candi Arjuna merupakan salah satu candi di dataran tinggi dieng yang sangat terkenal. Setiap wisatawan yang datang ke Dieng tak akan melewatkan komplek percandian yang satu ini. Jika anda pernah melihat kawan kerabat atau siapapun berfoto ria di komplek candi di Dieng maka bisa dipastikan disinilah mereka berada, di salah satu destinasi wisata Banjarnegara. Dikatakan komplek karena memang ada banyak candi disini, bukan hanya Candi Arjuna saja namun ada Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra. Disini pula lah Dieng Culture Festival yang terkanal itu diselenggarakan. Udara sejuk dingin khas dieng dan pemandangan alamnya yang eksotis akan memanjakan jiwa anda.

N.B. : Dieng Culture Festival ini merupakan tradisi turun temurun pemotongan rambut gimbal.

Lokasi : Dataran Tinggi Dieng, Kabupaten Banjarnegara

Telaga Merdada Banjarnegara

telaga-merdada
by instagram @anto_o0

Berbagai wisata dieng Banjarnegara memang umumnya terbentuk karena aktivitas perut bumi, tak terkecuali telaga Merdada ini. Jika dilihat dari bentuknya, telaga yang satu ini nampak seperti kaldera bekas letusan gunung berapi yang tergenang air. Keistimewaan dari telaga Merdada selain keindahannya yaitu bahwa telaga ini merupakan telaga terluas di kawasan Dieng.

Lokasi : Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Sikidang Dieng Banjarnegara

by instagram @shofianipertiwi
by instagram @shofianipertiwi

Satu lagi objek wisata Dieng yang masuk dalam wilayah administratif Kabupaten Banjarnegera yaitu Kawah Sikidang yang juga tak kalah terkenal dengan objek wisata lainnya. Tempat wisata di Banjarnegara ini cukup mudah dijangkau. Sesampainya disana anda akan disambut oleh pesona alam nan hijau dan udara yang menyejukkan jiwa. Melihat aktivitas kawah secara langsung tentu akan menjadi pengalaman yang menarik. Kawah Sikidang ada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara.

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Candradimuka Dieng

kawah-candradimuka
by instagram @cipuyys

Ada cukup banyak kawah di dataran tinggi Dieng dan Kawah Candradimuka adalah salah satunya. Konon ceritanya disinilah Gatutkaca, salah satu tokoh pewayangan Jawa memperoleh kesaktiannya. Mendengar namannya saja sudah terbayang bagaimana gagahnya. Memang demikian, di wisata dieng Banjarnegara Kawah Candradimuka kita bisa melihat aktivitas perut bumi. Kawah ini sangat aktif seperti juga kawah-kawah lainnya di Dieng.

Lokasi : Desa Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Sumur Jalatunda Dieng

sumur-jalatunda
by instagram @hufit_sa_fitri

Namannya saja sudah terkesan sangar. Kawasan dataran tinggi Dieng memang dipercaya sebagai rumahnya para dewa, hawa mistis begitu terasa. Berbagai nama tempat wisata dieng Banjarnegara menyimpan kegagahannya sendiri. Sumur Jalatunda ini ada di desa Pekasiran Batur, Kabupaten Banjarnegara. Semacam sumur lebar dengan diameter hingga 90 meter serta kedalaman lebih dari 150 meter. Sumur ini terbentuk dari letusan kawah vulkanis yang terjadi beratus tahun yang lalu. Coba kunjungi sumur yang satu ini dan rasakan sensasinya.

Lokasi : Desa Wisata Pekasiran, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Kawah Sileri Dieng

Kawaah Sileri
Kawaah Sileri

Kondisi Kawah Sileri yang pernah meletuh beberapa kali di tahun 1944, 1964, 1984, 2003, dan 2009 tetap aman untuk dikunjungi sebagai tempat wisata di Dieng. Nama Sileri dari kawah ini diambil dari bahasa jawa “ leri “ yang berartikan air sisa cucian beras. Air kotor berwarna silver pada kawah ini menyerupai air cucian beras. Dan karena itulah kawah ini diberi nama Sileri.

Lokasi : Desa Kepakisan, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Candi Gatotkaca Dieng

candi-gatotkaca
by instagram @aziz_nc

Candi Gatotkaca berlokasikan di barat kompleks Candi Arjuna. Akomodasi yang ada di candi ini lumayan lengkap karena ada warung makan dan pedagang souvenir untuk oleh-oleh khas Dieng.

Kunjungi :  42 Tempat Wisata di Kebumen yang Belum Banyak Diketahui

Lokasi : Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Tiket : Rp. 10.000

Museum Kaliasa Dieng

museum-kaliasa
by instagram @ita_narulita

Tempat wisata di Dieng yang satu ini terbilang baru karena diresmikan pada 28 Juli 2008. Diberikan nama Kalisa karena merupakan tempat tinggal dari Dewa Syiwa. Museum ini memiliki koleksi berupa warisan arkeologis, artefak dan keterangan alam ( flora-fauna, geologi ) dan masih banyak lagi.

Lokasi : Dieng, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Gunung Lanang Banjarnegara

gunung-lanang
by instagram @zumrotunnisaa

Pemberian nama lanang ( laki-laki ) ini dikarenakan bentuk fisik dari gunung itu sendiri kalau dilihat dari jauh menyerupai alat kelamin dari kaum laki-laki. Dan menurut warga sekitar, gunung lanang ini merupakan pasangan dari gunung wadon ( perempuan ) yang biasa dikenal dengan gunung Tampomas. Gunung yang nampak unik ini cukup sakral karena digunakan sebagai tapa. Ini dilihat dari sesaji-sesaji yang banyak tertinggal di gunung ini. Jadi, kalau anda berkunjung ke gunung ini dianjurkan untuk berhati-hati dalam berkata ataupun bersikap supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

Lokasi : Desa Masaran, Kecamatan Bawang, Kabupaten Banjarnegara

Candi Bima Dieng

candi-bima
by instagram @neyneny

Obyek wisata di Banjarnegara ini pernah dipugar kembali karena kondinya yang memburuk pada tahun 2012. Pemugaran ini dilakukan sebagai wujud pelestarian supaya benda-benda peninggalan sejarah tinggal hancur atau rusak dimakan zaman. Dan untuk arsitekturnya, Candi Bima ini mirip dengan candi-candi di India. Dan terbilang unik karena berbeda dengan candi-candi populer lainnya yang ada di Dieng.

Lokasi : Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Candi Dwarawati Dieng

candi-dwarawati
Saat para Sulinggih memuja di Upacara Panca Walikrama Dan Wisuda Bumi. by @agus_udara

Meskipun tidak sepopuler Candi Arjuna dan Gatotkaca ataupun Candi Bima. Candi yang satu ini berukuran kecil dan lokasinya tersembunyi. Candi yang dulunya dibangun sebagai pemujaan terhadap dewa Syiwa ini sebenarnya memiliki teman seperti Candi Margasari, Candi Pandu dan Candi Parikesit. Namun untuk saat ini, hanya Candi Dwarawati yang kokoh berdiri. Bangunan candi lainnya sudah hancur.

Lokasi : Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara

Telaga Dringo

telaga-dringo
by instagram @bintarayudha

Kalau Telaga yang satu ini merupakan telaga yang tertinggi di dataran tinggi Dieng. Bisa dikatakan juga yang terindah. Jika anda sangat ingin melihat eksotisme Ranukumbolo di kaki Mahameru, maka bisa pula anda menikmatinya di wisata dieng Banjarnegara. Ya, banyak yang mengatakan bahwa Telaga Dringo ini merupakan Ranukumbolo-nya Jawa Tengah. Sedikit berjuang melakukan tracking sekitar 20 menit di medan tanah dan berbatu tentu bukan masalah jika di akhir perjalanan anda akan menikmati keindahan Telaga yang satu ini. Telaga ini juga cukup dekat dengan Kawah Candradimuka. Jadi anda bisa sekaligus mengunjungi dua objek wisata Banjarnegara ini.

Tampo Mas

lampo-mas
by instagram @arifin_susanto

Ke Waduk Mrica kurang lengkap jika tak ke Tampo Mas. Tempat wisata di Banjarnegara yang satu ini memiliki keterikatan cukup kuat dengan Waduk Mrica. Ya, Tampo Mas inilah yang menjadi salah satu pendukung adanya Waduk Mrica. Dulunya Tampo Mas ini merupakan gunung atau disebut dengan gunung Tampo Mas. Kemudian gunung ini dihancurkan seiring dengan dibangunnya Waduk Mrica. Namun justru reruntuhan bekas bukit inilah yang menarik minat wisatawan, khususnya mereka yang memburu spot untuk foto. Sisi menarik dari Tampo Mas adalah tekstur tebingnya. Selain itu waduk yang ada di tengah-tengah bukit batunya pun menjadi daya tarik tersendiri. Coba saja ke wisata Banjarnegara Jawa Tengah ini dan lihat bagaimana.

Benar-benar indah dan menakjubkan tempat wisata di Banjarnegara. Buat anda yang berdomisili di Jawa Tengah dan sekitarnya, silakan berkunjung ke destinasi wisata yang sudah kami ulas tadi. Semoga bermanfaat dan menjadi liburan yang menyenangkan untuk anda dan keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */