19 Tempat Wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan

0

Tempat Wisata di Banjarmasin – Kota Banjarmasin adalah ibu kota provinsi Kalimantan Selatan, Indonesia dan termasuk kota terbesar serta penduduk terpadat di Pulau Kalimantan. Kota ini juga merupakan salah satu kota besar di Indonesia. Kota Banjarmasin mendapat julukan sebagai kota Seribu Sungai. Benar saja, kota ini dibelah oleh banyak sekali sungai, seperti contohnya sungai Martapura, Barito, sungai Sipandai, sungai Keramat, sungai Sigaling, sungai Pangeran, sungai Jagabaya, dan masih banyak lagi yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu.

Karena memiliki luas wilayah yang cukup besar serta dengan jumlah penduduk yang padat, kota Banjarmasin mulai dikenal masyarakat luas. Apalagi ditambah dengan ciri khas kota Banjarmasin yang memiliki Pasar Terapung, dimana pasar terapung ini merupakan pasar tradisional yang sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu dan masih tetap dipertahankan sampai saat sekarang ini.

Tetapi, apakah Banjarmasin hanya memiliki pasar terapung? Tentu saja tidak.

Pada artikel kali ini akan kami paparkan beberapa tempat wisata terkenal di Banjarmasin. Berikut ulasannya:

Pantai Joras

pantai-joras
by instagram @saidah_09

Sebagai pembukaan, kita akan menuju tempat wisata di Banjarmasin dan Bajarbaru pertama yaitu pantai Joras. Pantai Joras terletak di Kec. Jorong, Kab. Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Kegiatan yang dapat anda lakukan saat berada di pantai ini yaitu bersantai sambil menikmati hamparan pasir pantai yang cukup luas atau anda dapat melihat keindahan pantai Joras dari ketinggian menara mercusuar.

Akan tetapi anda harus berhati-hati karena karena di menara mercusuar tidak dilengkapi pelindung atau pengaman tubuh yang memadai. Untuk anda yang tidak berani dengan ketinggian sebaiknya jangan coba-coba karena bisa mengancam keselamatan anda. Untuk biaya masuk ke objek wisata di banjarmasin ini, anda akan dikenakan tarif senilai Rp. 8.000,- per orang. Dan ini belum termasuk biaya parkir sebesar Rp. 5.000,- per mobil dan Rp. 3.000,- untuk tiap motor.

Kunjungi :  Sejarah dan Lokasi Wisata Pantai Baron di Yogyakarta

Pulau Birah-Birahan

pulau-birah-birahan
by instagram @ssz1279p

Pulau Birah-Birahan merupakan wisata alam Banjarmasin terkenal dengan keindahan panorama pantai. Di pantai ini anda akan disuguhkan 3 keindahan sekaligus. Apa saja itu? Ke 3 zona tersebut yaitu zona pantai tebing batu, zona pantai penuh ganggang, dan zona terumbu karang. Pada zona pantai penuh ganggang, tempat ini tidak cocok untuk berenang karena di pantai ini terdapat banyak tanaman air serta ikan kecil, ikan pari, serta anak hiu. Oleh sebab itu, zona ini sangat cocok digunakan untuk kegiatan memancing.

Pada zona terumbu karang, anda dapat melakukan kegiatan snorkeling. Akan tetapi, untuk melakukan kegiatan di wisata banjarmasin pantai ini anda harus membawa peralatan sendiri ya, karena di sini belum tersedia jasa sewa peralatan.

Untuk dapat sampai di tempat wisata Banjarmasin Kalsel ini pertama-tama anda harus mengunjungi Dermaga Kenyamukan. Selanjutnya lanjutkan perjalanan anda dengan menyewa perahu nelayan. Tarif sewa antara Rp. 500.000,- sampai dengan Rp. 800.000,- per perahu dengan muatan sekitar 25 orang. Bagi anda yang datang hanya ber-4 atau ber 5 saja, anda tak perlu menyewa perahu. Anda dapat berangkat bersama wisatawan lainnya, tentunya dengan tarif yang lebih murah. Total waktu yang akan anda tempuh dari Dermaga Kenyamukan sampai ke Pulau Birah-Birahan, Kab. Kotabaru adalah sekitar 8 jam perjalanan.

Saat anda menyeberangi lautan menuju pulau Birah-Birahan, jika beruntung anda akan menjumpai lumba-lumba yang berenang di alam bebas.

Pulau Siram Riam

Pulau Siram Riam yang ada di Banjarmasin menyuguhkan keindahan panorama sebuah danau yang dijadikan sebagai Tempat Pembangkit Tenaga Air (PLTA) untuk mencukupi kebutuhan listrik se-Kecamatan Aranio.

Keadaaan tempat wisata di banjarmasin yang menarik ini menjadi tujuan destinasi wisatawan. Jika ingin menuju ke Pulau Siram Riam, dari pusat kota Banjarmasin, anda bisa menempuh jalan menuju Banjarbaru sekitar 45 menit. Kemudian ikuti saja papan petunjuk arah menuju ke Riam Kanan. Belum berhenti sampai di situ, anda harus melanjutkan perjalanan menuju ke Kecamatan Karang Intan, Aranio sampai mentok habis jalannya (waktunya sekitar 45 menit). Sampailah anda di pulau ini.

Kunjungi :  Keindahan Pantai Ayah Kebumen yang Selalu Ramai Pengunjung

Pemandangan yang disuguhkan di pulau Siram Riam yaitu adanya banyak kelotok atau perahu yang dapat anda sewa untuk mengelilingi danau yang ada di sini. Berbagai tempat dapat anda kunjungi, seperti Pulau Pinus, Pulau Batu, hingga Pulau Sirang. Dengan menempuh perjalanan sekitar 30 menit, anda dapat mengunjungi tempat-tempat indah tersebut. Untuk harga sewa klotok di patok seharga Rp. 300.000,- sampai Rp. 400.000,- per klotoknya. Besar kecilnya klotok tergantung dari cara anda menawarnya.

Taman Siring Sungai Martapura

taman-siring-sungai-martapura
by instagram @mseptianmaulana

Kalau ke 3 tempat di atas merupakan tempat wisata alam di Banjarmasin, kali ini kita akan menjelajah tempat wisata buatan yang diberi nama Taman Siring Sungai Martapura. Tempat ini berada di jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten Tendean.

Taman ini selalu ramai dikunjungi masyarakat setempat sebagai tempat bersantai terutama pada sore hari. Di wisata Banjarmasin Martapura ini juga disediakan tempat memancing bagi anda penggemar mancing mania. Untuk anda yang ingin menikmati keindahan kota, anda dapat duduk di bangku yang telah tersedia di sini sambil menikmati wisata kuliner yang telah tersedia di area ini.

Pada hari minggu, ada pemandangan seru yang dapat anda saksikan langsung, yang mana tempat wisata di banjarmasin kota ini dijadikan sebagai tempat anak-anak muda berbakat yang berlatih skateboard dan BMX. Tak jarang pula tempat ini dijadikan sebagai tempat lomba bagi pecinta skateboard dan BMX.

Rafting Bambu Sungai Amandit

rafting-bambu-sungai-amandit
by instagram @bowosatria

Rafting Bambu Sungai Amandit merupakan sebuah objek wisata yang masuk dalam kawasan wisata Laksodo, tepatnya sungai Amandit, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Kalimantan Selatan. Bagi anda yang sedang berkunjung ke Kalimantan Selatan dan mencari paket wisata banjarmasin unik yang memberikan tantangan, tak ada salahnya anda mencoba tempat yang satu ini.

Kunjungi :  Pesona Keindahan Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap

Bagi anda yang ingin datang ke lokasi ini, anda harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 6 jam dari pusat kota Banjarmasin. Anda bisa melakukan perjalanan dengan menggunakan mobil pribadi atau bus. Rasanya memang cukup jauh ya, tapi rasa lelah anda akan terbayar saat telah sampai di sini.

Rafting yang ada di sini berbeda dengan rafting di daerah pada umumnya, karena terbuat dari bambu. Perjalanan rafting akan berakhir di Desa Tahuni, Kab. Hulu Sungai Selatan. Sepanjang menyusuri perjalanan dengan rafting bambu, anda akan mendapat berbagai rintangan mulai dari arus yang deras hingga batu besar. menegangkan bukan! Tapi anda tak perlu khawatir, walaupun terbuat dari bahan dasar bambu yang dirakit, perahu rakit ini terjamin keamanannya.

Untuk mencoba perjalanan menyusuri sungai dengan bambu rakit di objek wisata ini, wisatawan dikenakan biaya sekitar Rp. 250.000,- untuk sekali perjalanan yang menegangkan dan seru ini.

Itulah tadi 5 tempat wisata di Banjarmasin Kalimantan Selatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita dalam menambah pengetahuan serta informasi yang lebih luas lagi. Selamat berlibur dan dapatkan masa liburan terbaik anda di tempat wisata Banjarmasin.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */