26 Tempat Wisata Terkenal di Bangka Belitung yang Wajib Dikunjungi

0

Tempat Wisata di Bangka Belitung – Provinsi Bangka Belitung merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang terdiri dari dua pulau utama, yaitu Pulau Bangka dan Pulau Belitung. Bangka Belitung adalah sebuah wilayah kepulauan dengan 470 buah pulau, dimana hanya 50 pulau yang berpenghuni..

Kepulauan Bangka Belitung terkenal dengan daerah yang menghasilkan timah terbesar di Indonesia. Di samping itu, penduduk Bangka Belitung kebanyakan berasal dari masyarakat Indonesia etnis China. Oleh sebab itu saat anda mengitari tempat wisata di Pulau Bangka Belitung, anda akan banyak menjumpai kelenteng sebagai tempat ibadah mereka.

Keindahan kepulauan Bangka Belitung menyuguhkan pesona wisata bahari yang mampu menarik hati. Bagaimana tidak, karakterisitik pantai dihiasi dengan bebatuan granit unik serta permukaan pantai yang landai. Hal tersebutlah yang membuat objek wisata Bangka Belitung sangat dikenal oleh masyarakat luas.

Untuk lebih memperjelas lagi, pada artikel kali ini saya akan mengajak anda untuk mengelilingi tempat wisata terbaik di Bangka Belitung, diantaranya yaitu:

Pantai Parai Tenggiri

pantai-parai-tenggiri
by instagram @srisukmalestari

Pantai Parai Tenggiri hanya berjarak 40 km dari ibukota Provinsi Bangka Belitung, Pangkalpinang. Terletak di sebuah Desa Sinar Baru, Sungailiat, Bangka Belitung, Pantai Parai Tenggiri merupakan tempat wisata menarik di Bangka Belitung yang memiliki pesona menakjubkan. Karakteristik permukaan pantai yang landai diiringi ombak yang lembut, ditambah dengan hiasan batu granitnya yang khas dengan berbagai ukuran yang unik serta dalam jumlah yang banyak.

Panorama ini akan terasa lebih indah lagi tatkala anda naik di atas bebatuan granit tersebut, dimana anda dapat melihat dengan jelas keindahan laut China Selatan yang teduh. Saat anda mengunjungi tempat wisata Bangka Belitung ini, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan di sini, seperti parasailing, banana boat, sampai snorkel.

Kunjungi :  Cara Menuju Lokasi Wisata Kampung Baduy Kanekes Banten

Tak hanya berhenti disitu, fasilitas lainnya yang tersedia disini adalah tersedianya penyewaan perahu yang dilengkapi dengan alat pancing. Bagi anda yang hobi memancing, anda dapat menyalurkan hobi anda di sini sambil menikmati keindahan pantai. Di pantai ini juga tersedia wahana permainan air yang cocok anda gunakan bersama keluarga untuk menambah keseruan liburan anda.

Anda merasa betah dan ingin berlama-lama di sini, anda tak perlu khawatir. Di sekitar pantai tersedia hotel yang dapat anda gunakan untuk menginap dan menikmati keindahan pesona pantai pada malam hari.

Oleh karena Pantai Parai Tenggiri ini menyediakan beragai fasilitas, tak heran jika tempat wisata di Bangka Belitung yang wajib dikunjungi ini menjadi salah satu objek wisata kebanggaan Bangka Belitung yang tak pernah sepi dari wisatawan berbagai penjuru. Untuk dapat mengunjungi objek wisata ini, pengunjung akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 25.000,- per orang, yang mana tiket ini nantinya dapat ditukar dengan makanan dan minuman yang ada di restoran pinggir pantai.

Gunung Menumbing

gunung-menumbing
by instagram @dendieriyan

Gunung Menumbing merupakan salah satu objek wisata yang terletak di daerah Mentok pada arah barat laut kepulauan Bangka atau tepatnya di Desa Air Belo, mentok, Kab. Bangka Barat, Bangka Belitung. Gunung Manumbing memiliki ketinggian sekitar 355 meter di atas permukaan air laut.

Wisata Bangka Belitung Island ini sekaligus menjadi tempat bersejarah saat Bung Karno dan Bung Hatta diasingkan oleh Belanda pada tahun 1948-1949. Wisma tempat presiden dan wakil presiden RI pertama di asingkan tersebut masih terawat sampai sekarang.

Pergi berwisata ke pulau ini, selain dapat melihat pemandangan indah, anda juga dapat berbagai informasi mengenai nilai-nilai sejarah Bung Karno dan Bung Hatta.

Kunjungi :  Misteri, Rute dan Tiket Masuk Pantai Tambakrejo Blitar

Pulau Batu Berlayar

pulau-batu-berlayar
by instagram @wahyuardiansyahali

Pulau indah di Belitung ini berada berdekatan dengan pulau Lengkuas dan pulau Babi. Pulau ini menampilkan pesona pasir pantai dan batu granit yang besar. Pantai Batu Berlayar ini sangat cocok untuk snorkling karena menyuguhkan keindahan terumbu karang dan ikan-ikannya yang cantik.

Untuk dapat menuju pulau ini, anda tidak perlu khawatir karena telah tersedia sarana transportasi yang sama seperti tempat-tempat wisata lainnya di Bangka Belitung. Begitu banyak agen wisata Bangka Belitung murah yang menawarkan paket tour ke Pulau ini.

Bangka Botanical Garden

bangka-botanical-garden
by instagram @endyfenfen

Bangka Botanical Garden merupakan sebuah tempat wisata terkenal di Bangka Belingtung yang sangat menarik untuk dikunjungi. Tempat ini menjadi icon Agrowisata bangka Belitung. Hal ini dikarenakan tempat ini selain menyuguhkan panorama keindahannya dengan udara yang sejuk segar, di sini pengunjung dapat belajar tentang usaha pertanian, peternakan, serta perikanan terpadu secara organik.

Lokasi Bangka Botanical Garden bersebelahan dengan Pantai Pasir Padi. Bagi anda yang mengunjungi Pantai Pasir Padi dan sudah merasa puas, tak ada salahnya anda mampir sekalian ke tempat yang menyuguhkan ilmu pengetahuan ini. Tak heran jika tempat wisata di Provinsi Bangka Belitung ini sering menjadi tujuan berkunjungnya pemerintah maupun duta besar negara-negara lain.

Pantai Pasir Padi

pantai-pasir-padi
by instagram @whientz

Pantai Pasir Padi merupakan sebuah pantai yang terletak di ibukota Bangka Belitung, Pangkal Pinang. Pantai Pasir Padi merupakan sebuah objek wisata populer yang selalu ramai dikunjungi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pantai ini setidaknya paling sedikit dikunjungi oleh lebih dari 5.000 orang setiap harinya.

Seperti pantai-pantai pada umumnya, pantai ini mengalami pasang surut sepanjang kurang lebih 2 km dan uniknya di pantai ini terdapat karang-karang indah. Bagi anda pecinta hidangan kuliner seafood, di sekitar pantai ini terdapat tempat wisata kuliner di Bangka Belitung yang menghidangkan aneka masakan seafood yang cukup terkenal.

Kunjungi :  Eksotiknya 17 Tempat Wisata Pulau di Kepulauan Seribu

Di sini tersedia hotel berbintang dua. Pemandangan sunset yang indah dan gemerlap malam di sekitar pantai menjadi pemandangan tersendiri yang bisa anda dapatkan di sini.

Pantai Tanjung Tinggi

pantai-tanjung-tinggi
by instagram @bmctourbelitung

Bangka Belitung memang sudah tidak dapat diragukan lagi keindahan pantainya. Setiap pantai yang ada di sini selalu menampakan keindahannya dengan ciri masing-masing, seperti pada Pantai Tanjung Tinggi ini. Pantai ini sangat terkenal dengan keindahan pasir putih, pepohonan hijau, batu granit besar, dan gradasi air laut yang nampak begitu sempurna di pandang mata.

Selain wisata Bangka Belitung laskar pelangi, Pantai Tanjung Tinggi ini memang layak menjadi objek tempat wisata bagi anda yang merencanakan masa liburan bersama keluarga.Kegiatan yang dapat anda lakukan saat berlibur ke pantai ini adalah anda dapat berenang dan menikmati olahraga di sekitar pantai seperti jogging, jalan-jalan atau bermain voli pantai.

Pantai ini telah menyediakan berbagai fasilitas serta akomodasi yang tersedia bagi para pengunjung, seperti toilet, hotel-hotel berbintang, warung makan yang menyediakan berbagai aneka masakan.

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung yang berjarak sekitar 37 km dari kota Tanjung Padang ibukota Belitung. Karena pemandangan yang ada di sini sangat indah, pantai ini menjadi salah satu lokasi syuting film box officel “Laskar Pelangi”.

Itulah 6 wisata Bangka Belitung backpaker yang harus anda kunjungi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua dan menjawab rasa penasaran anda dalam memilih lokasi wisata yang tepat di Bangka Belitung yang siap untuk anda kunjungi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */