38 Tempat Wisata di Bandung yang Hits dan Instagramable

0

Tempat Wisata di Bandung – Kota Bandung merupakan ibu kota dari Provinsi Jawa Barat sekaligus kota metropolitan terbesar di Provinsi Jawa Barat. Kota yang menjadi destinasi pariwisata dan pendidikan ini merupakan kota dengan penduduk terbesar ketiga setelah Jakarta dan Surabaya. Kota Bandung memiliki sejarah panjang. Dulunya kota ini disebut dengan Paris van Java atau kota Paris yang ada di Jawa karena keindahan alamnya. Kota Bandung kerap juga disebut kota kembang karena banyak bunga-bunga dan pepohonan yang menambah keindahan panorama alam Kota Bandung.

tempat-wisata-di-bandung
Photo by: @minantyrochantha

Selain itu, kota Bandung terkenal juga karena banyaknya mall dan FO atau factory outlet yang menjadi tempat belanja favorit di Bandung. Di era sekarang, Kota Bandung semakin terkenal karena tingkah kocak dari walikotanya yaitu Ridwan Kamil di beragam akun sosial medianya. Kota dengan tata infrastruktur terbaik ini pada tahun 2007 dinobatkan sebagai pilot project kota terekreatif di Asia oleh British Council. Oleh karena itu, tidak heran jika destinasi tempat wisata di Bandung dan sekitarnya semakin menjamur dari mulai tempat wisata alam di Bandung, tempat wisata anak di Bandung, tempat wisata kuliner di Bandung sampai tempat wisata romantis di Bandung. Dan, berikut adalah beberapa tempat wisata di Bandung yang wajib Anda kunjungi jika berkunjung ke kota kembang ini.

The Lodge Maribaya Lembang

the-lodge-maribaya-lembang
by instagram @endah_kimy2

Kawasan Lembang, Bandung merupakan salah satu kawasan tempat wisata Bandung yang menyuguhkan keindahan alam serta kesejukan udara. Kawasan Lembang terkenal ketika dijadikan tempat untuk syuting film Petualang Sherina pada tahun 2000. Dan, The Lodge Maribaya merupakan tempat wisata di Bandung Lembang yang terkenal karena keindahan alam terbukanya yang sangat sejuk dan eksotis. Oleh karena itu, The Lodge Maribaya Bandung menjadi salah satu spot fotografi terfavorit di Kota Bandung. Di wisata Bandung yang satu ini ada beragam wahana unik dan seru yang tidak akan Anda jumpai di tempat lain seperti sky tree, mountain swing dan zip bike. Wahana sky tree merupakah wahana yang wajib dikunjungi di The Lodge Maribaya Lembang, karena sangat instagrammable. Bentuknya tidak jauh berbeda dengan rumah pohon yang ada di Kalibiru, Lembang. Bila ingin ke atas rumah pohon tersebut, Anda akan dipakaikan alat pengaman untuk menaiki anak tangga menuju rumah pohon yang menjadi tempat paling fotogenik untuk berfoto. Sedangkan, mountain swing merupakan wahana ayunan yang membuat Anda seolah-olah sedang berayun pada ketinggian. Sedangkan, di wahana zip bike Anda akan menaiki sepeda yang di pasang dengan kabel di atas ketinggian untuk melewati lembah dengan pemandangan yang sangat indah. Tidak hanya tiga wahana itu saja yang bisa Anda nikmati di The Lodge Maribaya Lembang, tempat ini juga menyediakan lahan yang bisa dijadikan tempat untuk camping dan outbond.

Kunjungi :  Kebun Binatang Mangkang Semarang, Taman Margasatwa Yang Asyik

Upside Down World Bandung

upside-down-world-bandung
by instagram @rendyysanjayaa

Kota Bandung memiliki banyak tempat yang menjadi spot fotografi fotogenik dan terbaik, salah satunya Upside Down World Bandung. Tempat ini mengusung konsep berupa sebuah rumah dengan keadaan terbalik. Rumah ini terdiri dari beberapa bagian seperti ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan, ruang tidur sampai kamar mandi. Furnitur yang ada di dalam rumah terbalik ini pun mengusung kearifan lokal Bandung seperti musik dan juga mural. Dengan keadaannya yang serba terbalik Upside Down World Bandung menjadi tempat wisata yang menarik di Bandung yang wajib Anda kunjung ketika bertandang di kota Bandung. Namun, Upside Down World Bandung merupakan tempat wisata di Bandung Jawa Barat yang bisa Anda akses dengan merogoh kocek cukup dalam yaitu seratus ribu Rupiah untuk orang dewasa.

Sanghyang Heuleut

sanghyang-heuleut
by instagram @likeretno

Sanghwang Heuleut merupakan tempat wisata alam di Bandung yang belum terjamah oleh banyak orang. Sehingga, tempat wisata ini masih begitu asri, tidak banyak orang dan juga polusi. Sanghyang Heuluet berada di Kecamatan Rajamanda Kulon, Cipatat, Bandung Barat. Sebenarnya tempat wisata ini adalah sebuah danau yang dikelilingi perbukitan batu. Perbukitan batu inilah yang membuat Sanghyang Heuleut tidak begitu terkenal seperti tempat wisata yang menarik di Bandung dan sekitarnya yang lain. Di Sanghyang Heuleut Anda bisa berenang di danau yang segar, melakukan kemah atau sekadar mengabadikan keindahan alamnya dengan berfoto. Namun, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan ketika mengunjung Sanghyang Heuleut seperti jangan datang ketika musim hujan karena jalan yang licin dan danau yang pasti akan meluap. Selain itu, karena belum terjamah oleh banyak manusia, objek wisata Sanghyang Heuleut belum memiliki fasilitas yang memadai seperti toilet umum dan warung. Meski begitu sekali Anda datang ke Sanghyang Heuleut, Anda tidak akan menyesal karena pemandangan alamnya yang sangat memesona.

Tebing Keraton

tebing-keraton-1
by instagram @rinamstf

Tebing Keraton merupakan objek wisata di Bandung yang pemandangan indah dan sejuk dari atas tebing. Objek wisata ini merupakan objek wisata Bandung murah karena Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar sebelas ribu Rupiah untuk menikmati keindahan alamnya. Objek wisata Tebing Keraton akan menyuguhkan Anda pemandangan cantik dari kota Bandung, terutama jika Anda datang sebelum jam 6. Ketika Anda datang ke tempat wisata di Bandung yang romantis ini, Anda akan disuguhkan pemandangan kota Bandung yang masih berselimut kabut tebal. Anda juga bisa menyaksikan proses matahari terbit dari bukit sebelah timur dan mengabadikannya dengan kamera.

Kunjungi :  26 Tempat Wisata di Klaten dan Sekitarnya Paling Populer

Farm House Lembang

farm-house-lembang
by instagram @winchriz

Anda pernah menonton film The Hobbit? Kalau iya, Anda pasti sudah familier dengan desa kurcaci. Farm House Lembang merupakan objek wisata Bandung yang mengusung konsep desa kurcaci seperti di film The Hobbit. Di tempat bisa merasakan suasana kehidupan bangsa Eropa. Anda juga bisa merasakan bagaimana memakai kostum tradisional orang Eropa karena ada penyewaan pakaian-pakaian bergaya Eropa di Farm House Lembang ini. Selain desa kurcaci, Farm House Lembang juga menyuguhkan peternakan dan perkebunan dengan konsep Eropa. Singkatnya, jika Anda berkunjung ke Farm House Lembang Anda bisa merasakan atmosfer Eropa di Kota Bandung. Sehingga tidak heran jika Farm House Lembang merupakan objek tempat wisata anak di Bandung yang menyuguhkan spot foto terbaik untuk Anda. Anda tidak perlu khawatir dengan uang masuk karena Farm House Lembang merupakan wisata Bandung murah meriah yang bisa Anda akses dengan tiket masuk seharga dua puluh ribu Rupiah.

Sendang Geulis Kahuripan

sendang-geulis-kahuripan
by instagram @andi_agusti

Kota Bandung memang gudangnya destinasi wisata yang menyuguhkan keindahan alam, salah satunya adalah Sendang Geulis Kahuripan. Sendang Geulis Kahuripan adalah tempat wisata alam di Bandung yang menyuguhkan kesejukan dari mata air pegunungan yang asli, sejuk dan jernih. Belum lagi letaknya di pedesaan yang menambah kesempurnaan dari Sendang Geulis Kahuripan. Ada nama lain untuk Sendang Geulis Kahuripan yaitu Talaga Cikahuripan Padalarang. Objek wisata ini berada di Ganjarsari, yang ada di Kecamatan Cikalong Wetan, Kab. Bandung Barat. Selain itu, Sendang Geulis Kahuripan juga menyuguhkan fasilitas wisata yang lengkap mulai dari warung, toilet umum, lahan parkir yang luas, masjid, tempat berganti pakaian dan saung untuk beristirahat.

Pasar Cibaduyut

pasar-cibaduyut
by instagram @okezonecom

Tidak lengkap rasanya mengunjungi Bandung tanpa berkunjung ke wisata belanja Bandung yang terkenal yaitu Pasar Cibaduyut. Pasar Cibaduyut merupakan sentra bagi sepatu dan tas yang terbuat dari kulit. Kualitas dari tas dan sepatu kulit khas Cibaduyut yang tahan lama membuat Pasar Cibaduyut menjadi destinasi wisata belanja yang wajib dikunjungi ketika melancong ke Bandung. Anda juga bisa memesan tas dan sepatu kulit dari Cibaduyut dengan desain yang Anda inginkan. Setidaknya proses pembuatan tas dan kulit pesanan berkisar satu sampai dua pekan, tergantung pada tingkat kerumitan desain yang Anda minta.

Cihampelas Walk

cihampelas-walk
by instagram @arsyad.yahya

Jika Anda tidak sengaja transit ke Stasiun Bandung, tidak ada salahnya meluangkan sejenak waktu Anda mengunjungi tempat wisata dekat Stasiun Bandung seperti Cihampelas Walk. Ciwalk adalah nama lain dari Cihampelas Walk yang merupakan wisata belanja modern khas Kota Bandung. Di Cihampelas Walk Anda bisa menemukan dengan mudah factory outlet yang menjual beraneka ragam item fashion seperti tas, sepatu, baju, kaos dan tas. Jangan lupa pula untuk mengisi perut di Cihampelas Walk karena di sini ada banyak kuliner khas Bandung yang wajib Anda coba.

Kunjungi :  43 Tempat Wisata Baru di Kabupaten Tulungagung Jawa Timur

Pasar Kaget Gasibu atau Pasar Kaget Monju

pasar-kaget-gasibu
by instagram @nyidsy

Gedung Sate merupakan salah satu ikon dari Kota Bandung yang bersejarah. Tidak hanya memiliki nilai sejarah saja, di depan Gedung Sate sering ada pasar kaget atau pasar yang diadakan secara dadakan. Di pasar ini terdapat banyak barang yang dijual mulai dari pakaian, perabotan rumah tangga sampai beraneka ragam kuliner khas Bandung yang bisa dibeli dengan harga yang murah. Namun, karena sering menimbulkan kemacetan Pasar Kaget Gasibu di relokasi ke kawasan Monumen Juang sehingga namanya menjadi Pasar Kaget Monju.

Trans Studio Bandung

trans-studio-bandung
by instagram @h37vibass

Rasanya tidak adil jika membahas objek wisata di Bandung tetapi melewatkan tempat ini. Trans Studio Bandung atau TSB merupakan taman bermain indoor yang ada di Bandung. Anda bisa mengajak keluarga Anda berkunjung di sini tanpa harus khawatir sengatan panas sinar matahari atau guyuran hujan. Layaknya taman bermain, Trans Studio Bandung menyuguhkan berbagai wahana dari yang menghibur sampai yang memacu adrenalin. Wahana-wahana permainan yang ada di Trans Studio Bandung antara lain bianglala, roller coaster, balap mobil, giant swing dan masih banyak lagi. Hal yang membedakan Trans Studio Bandung dengan taman bermain yang lain adalah adanya science center dan Trans Broadcast Museum yang menjadi sarana untuk menambah pengetahuan dan tidak akan Anda temukan di taman bermain mana pun. Anda bisa mengakses Trans Studio Bandung dari Stasiun Kiaracondong dengan angkutan kota atau taksi sejauh satu kilometer.

Dago

dago
by instagram @lazuardimanalu

Dago adalah kawasan tempat wisata hits di Bandung modern terfavorit yang bisa Anda kunjungi bersama dengan Cihampelas Walk atau Ciwalk. Di Dago Anda bisa menemukan banyak factory outlet yang bisa menjadi tempat berbelanja. Selain itu, di Dago juga menyediakan banyak hotel dan penginapan yang bisa menjadi tempat menginap Anda saat mengunjungi Bandung.

taman-lansia
by instagram @ari__andrian
glamping-lake-side-patenggang-ciwidey-jawabarat
Glamping Lake Side Patenggang Ciwidey Jawa Barat – by instagram @giripa
dusun-bambu
Dusun Bambu can be reached through Jalan Kolonel Masturi KM 11, 10 kilometers from Terminal Ledeng, Setiabudi. – by instagram @sholmad
situ-cileunca
Situ Cileunca, Pangalengan, Bandung – by instagram @harunarrr
curug-bugbrug
Curug Bugbrug lensed by @khaerudinm
kawah-putih
photo by @bangkitbangkiit taken at Kawah Putih — Ciwidey
goa-pawon
photo today by @anisyarma taken at Goa Pawon
@bayuch4ndra_, at Sadu Soreang Bandung.
@bayuch4ndra_, at Sadu Soreang Bandung.
Pine forest lembang - Bandung : @mochammadbo
Pine forest lembang – Bandung : @mochammadbo

Objek-objek wisata di Kota Bandung yang sudah disebutkan di atas hanyalah sebagain kecil dari tempat wisata yang ada di Bandung. Masih banyak lagi objek wisata di Bandung yang menyuguhkan pengalaman berwisata yang mengasyikkan dan tidak terlupakan. Tinggal bagaimana Anda mengeksplorasi Kota Bandung untuk menemukan objek wisata menarik yang memberikan kesan mendalam ketika berkunjung ke Kota Bandung. Selamat mengeksplorasi Kota Bandung!

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */