33 Tempat Wisata di Banda Aceh yang Terkenal

0

Tempat Wisata di Aceh – Kota Aceh dulunya disebut dengan nama Nangroe Aceh Darussalam pada tahun 2001 – 2009. Aceh terletak di ujung pulau Sumatera yang menjadi ibukota Provinsi Aceh. Aceh memiliki otonomi daerah yang diatur sendiri, berbeda dengan provinsi di Indonesia lainnya. Aceh menjadi pusat kegiatan budaya, sosial, ekonomi, dan politik.

Provinsi Aceh pernah terkena musibah tsunami pada tanggal 26 Desember 2004. Aktifitas jantung kota ini sempat terhenti saat itu. Namun, seiring dengan berjalannya waktu tempat inipun mulai membangkitkan semangat mereka kembali untuk mengembangkan kota mereka. Kehidupan ekonomi dan kehidupan masyarakat mulai pulih kembali. Kota ini juga kembali menata sektor pariwisata dengan baik. Alhasil, sekarang kota Aceh sangat maju dan menjadi salah satu kota yang menyuguhkan berbagai wisata menarik. Berikut pemaparan tempat wisata di Aceh yang terkenal;

Air Terjun Blang Kolam

air-terjun-blang-kolam
by instagram @mustafapape

Air Terjun Blang Kolam merupakan tempat wisata di Aceh Besar yang cukup populer. Letak lokasi berada di Desa Sidomulyo, Aceh Utara. Anda bisa menempuhnya hanya dalam jangka 30 menit dari Lhokseumawe. Air terjun ini tergolong unik karena terdapat 2 air terjun atau disebut air terjun kembar dengan ketinggian75 meter dan dikelilingi oleh sejumlah pohon yang rindang.

Kegiatan yang dapat anda lakukan disekitar objek wisata di Aceh ini adalah anda dapat bermain air di sekitar air terjun, berendam di kolam tampungan air terun, atau hanya sekedar duduk santai menikmati keindahan pemandangan dan gemuruh air terjun. Di Air Terjun Blang Kolam, anda dapat melakukan camping sambil menikmati keindahan alam. Untuk dapat memasuki kawasan ini hanya dikenai tarif senilai Rp. 5.000,- untuk setiap orang.

Pulau Rubiah

pulau-rubiah
by instagram @jayteaabdul

Pulau Rubiah merupakan salah satu tempat wisata di Aceh dan Aceh Besar yang menyuguhkan pemandangan fantastik. Pulau Rubiah berada di Sabang, tepatnya di sebelah barat laut Pulau Weh. Pulau ini menampilkan keindahan alam bawah laut. Bagi anda yang menyukai diving dan snorkeling, tempat ini layak untuk dikunungi, karena di wisata alam Aceh Besar ini terdapat sedikitnya 14 – 15 biota air laut yang dilindungi di Indonesia. Anda dapat melihat dan berinteraksi secara langsung dengan biota air laut yang ada di sini. Anda juga akan melihat indahnya ikan tropis dan terumbu karang yang berwarna warni. Sungguh measyikan bukan!

Kunjungi :  Explore 41 Tempat Wisata di Kuningan Rekomended

Kuala Merisi

kuala-merisi
by instagram @negaraku.indo

Kuala Merisi merupakan wisata Aceh Besar yang berada di desa Ketapang, kecamatan Krueng Sabee. Tempat ini menyuguhkan pemandangan indah berupa pantai yang memiliki suasana sepi dan tenang. Garis pantai yang panjang diiringi dengan serpihan ombak kecil, membuat tempat ini layak untuk dikunjungi.

Ketika anda berkunjung di pantai ini, kegiatan yang dapat anda lakukan adalah bermain air di tepi pantai atau melakukan olahraga di pinggir pantai sambil menikmati ombak, seperti volly pantai atau hanya sekedar duduk di atas hamparan tikar sambil menikmati udara segar yang menghembus dan melambai-lambaikan pohon-pohon di sekitarnya.

Bagi sebagian wisatawan yang mencintai kegiatan berselancar, dapat dilakukan di pantai Kuala Merisi ini karena keadaan ombaknya cocok untuk kegiatan tersebut.

Pantan Terong

pantan-terong
by instagram @ismael.madden

Pantan Terong merupakan sebuah wisata Aceh Tengah yang berupa sebuah bukit yang biasa digunakan untuk menikmati keindahan Kota Aceh Tengah dari atas bukit. Tempat wisata yang satu ini berada pada ketinggian sekitar 1.830 meter di atas permukaan air laut.

Jika anda berniat untuk datang ke tempat ini, kami himbau agar menggunakan jaket dan baju hangat. Hal ini dikarenakan anda akan merasakan udara yang sangat dingin saat berada pada ketinggian bukit ini. Dari atas bukit, anda dapat melihat pemandangan Danau Laut Tawar yang menyerupai kuali raksasa. Di samping itu, anda dapat menikmati sunrise dan sunset dengan pemandangan yang sangat menawan. Segera siapkan kamera anda untuk mengabdikan moment berharga ini.

Museum Tsunami

museum-tsunami
by instagram @reza_juniva97

Seperti kita tau bahwa pada tahun 2004 tsunami melanda kota Aceh yang telah memakan banyak korban dan menyisihkan duka yang mendalam bagi korban yang selamat. Untuk mengenang peristiwa bersejarah ini, pemerintah setempat membangun sebuah museum yang diberi nama Museum Tsunami. Museum ini dibuat pada tahun 2009 dan beralamat di jalan Sultan Iskandar Muda.

Kunjungi :  Wisata Bersejarah Pantai Lombang Sumenep Madura

Di wisata Aceh Jaya ini terdapat lorong panjang yang memperdengarkan suara gemuruh ombak serta kucuran air di sepanjang lorong yang akan mengingatkan pengunjung akan bencana besar yang melanda kota Aceh ini.

Banyak pengunjung yang datang ke lokasi ini untuk melihat secara langsung sisa-sisa barang yang tersisa akibat gelombang tsunami. Benda-benda tersebut dipajang di museum ini seperti sepeda dan perabotan lainnya milik koran. Selain itu, di sini juga memperlihatkan foto-foto korban yang meninggal serta dilengkapi dengan kesaksian korban yang selamat.

Pantai Iboih

pantai-iboih
by instagram @zwinta12

Aceh adalah salah satu kota yang dianugerahi keindahan pantainya. Pantai Iboih merupakan salah satu pantai yang dilirik wisatawan lokal maupun mancanagera. Pantai ini menyuguhkan pemandangan pasir yang terhampar memutih dan keadaan air laut yang jernih berwarna hijau toska atau biru cerah dengan suasana pantai yang tenang. Suasana yang demikian dapat menyempurnakan hari libur anda bersama keluarga tercinta.

Di pantai ini, anda dapat menikmati keindahan bawah laut tanpa harus berenang pada kedalaman tertentu. Anda juga dapat melakukan snorkeling dan diving. Saat anda snorkeling, anda akan dibuat terpesona dengan airnya yang bening dan segar. Bagi anda yang tidak ingin bermain air, anda dapat menghabiskan waktu liburan anda dengan duduk di bawah pohon nyiur yang begitu menyejukkan atau berjemur di bawah terik sinar matahari. Tapi ingat, saat anda duduk di bawah pohon kelapa, pastikan bahwa pohon tersebut tidak ada buah yang dapat membahayakan anda.

Masjid Raya Baiturrahman

masjid-raya-baiturrahman
by instagram @dorasra

Masjid Raya Baiturrahman merupakan bangunan masjid megah yang menjadi ikon kota Aceh. Masjid ini menjadi objek wisata religi yang ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kota. Keindahan serta kemegahan masjid ini tidak perlu diragukan lagi. Pengunjung akan terkagum saat melihat desain bangunan yang begitu sempurna ini.

Kunjungi :  9 Tempat Nongkrong Asik di Surabaya Harga Mahasiswa

Bagunan utama pada Masjid Raya Baiturrahman berwarna putih dengan kubah besar berwarna hitam yang dikelilingi oleh tujuh menara. Ditambah lagi dengan tersedianya kolam besar yang dihiasi pancuran air di bagian depan masjid yang membuat Masjid Raya Baiturrahman terkesan lebih megah.

Danau Laut Tawar

by instagram @zecroel_photo
by instagram @zecroel_photo

Danau Laut Tawar adalah sebuah tempat wisata Aceh yang menyuguhkan pemandangan alam berupa danau. Danau ini terletak di dataran tinggi Gayo, kabupaten Aceh Tengah. Di sebut danau tawar karena wilayah danau ini sangat luas, akan tetapi air danau tersebut merupakan jenis air tawar.

Suku yang mendiami daerah tersebut adalah Suku Gayo. Masyarakat setempat lebih menyebut danau ini dengan sebutan Danau Lut Tawar.

Itulah tadi 8 tempat wisata di Kota Aceh yang wajib dikunjungi. Berminat untuk mengunjungi salah satu wisata yang menakjubkan disana ? Jangan lupa, jelajahi juga wisata kuliner Aceh yang mengoda selera lidah anda.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */