Surganya Wisata Indonesia

5 Tempat Wisata Alam di Surabaya untuk Refreshing

0
5 Tempat Wisata Alam di Surabaya untuk Refreshing
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata Alam di Surabaya – Surabaya merupakan ibu kota terbesar ke dua di Indonesia setalah Jakarta. Kota ini memiliki fasilitas yang tak kalah modernnya dengan Jakarta. Dengan padatnya penduduk serta keramaian kota ternyata Surabaya masih menyimpan wisata alam yang sangat indah.

Memang terdengar sedikit menggelitik memang, di kawasan padat penduduk masih terdapat beberapa tempat wisata alam yang menawan. Banyak orang penasaran mungkin juga anda, tempat wisata alam seperti apa yang terdapat di kota Pahlawan ini. Untuk menjawab rasa penasaran tersebut, mari kita simak beberapa pilihan tempat wisata di Surabaya dan sekitarnya berikut.

Wisata Alam Mangrove

Wisata Alam Mangrove
Instagram by @siraj_ahmad23

Di tengah suasana perkotaan yang panas dan pengap, Surabaya masih menyisakan satu kawasan hutan yang tumbuh liar dekat pusat kota. Tempat wisata alam dekat Surabaya ini adalah Hutan Mangrove. Di hutan ini anda akan menemukan tumbuhan yang menghijau asri dengan ragam keindahan di dalamnya. Anda bisa menuju hutan Mangrove ini menggunakan motor ataupun mobil. Tapi anda harus berhati-hati karena ada jalan sempit belum diaspal di daerah pedesaan menuju hutan yang terdapat di Wonsorejo.

Apa saja yang dapat dinikmati di hutan Mangrove ini?

Selain keasrian dan nuansa hijau ternyata wisata alam Surabaya ini masih ada beberapa kelebihan yang dapat dinikmati oleh pengunjung. Anda akan mendengarkan suara burung khas hutan yang sangat memukau. Suara mereka saling bersahutan satu sama lain, sehingga membuat suasana hutan menjadi lebih kental dan menakjubkan. Ada sekitar 80 spesies burung yang ikut meramaikan kesunyian di dalam hutan Mangrove ini.

Selain burung, terdapat juga sekitar 50 spesies serangga yang dapat dijadikan media pembelajaran anak anda bersama keluarga lainnya. Untuk tumbuhan yang ada di hutan ini, terdapat sekitar 16 spesies tanaman. Sangat terasa sekali suasana alam liarnya di tempat ini.

Kunjungi :  Harga Tiket Masuk Wisata Alam Kalibiru Jogja

Bila anda penasaran dengan keadaan tengah hutan, sudah disediakan sebuah jembatan untuk menuju ke tengah hutan Mangrove ini. Anda akan mendapatkan pemandangan yang unik dan menarik untuk dieksplore lebih jauh. Jika keadaan ini belum terlalu memuaskan rasa penasaran anda, sebaiknya anda menyewa speed boat agar bebas mengitari indahnya hutan melalui air. Saat anda berkeliling, anda akan merasakan suasana alam asri dan mungkin anda akan merasa bila hutan seperti ini akan ditemui jauh dari perkotaan.

Taman Flora Bratang

Taman Flora Bratang
Instagram by @chiproet_putri

Tempat wisata alam Surabaya selanjutnya yaitu Taman Flora Bratang. Taman Flora Bratang mempunyai luas sekitar 2,5 hektare. Letaknya terdapat di dekat terminal bis kota Bratang. Dengan lokasi yang ramai akan lalu lintas kendaraan di sekitarnya, membuat taman ini menjadi paru-paru kebisingan kota Bratang.

Tempat wisata alam di sekitar Surabaya ini memang sangat asyik untuk dinikmati bersama keluarga. Pepohonan yang rindang membuat suasana asri dan menyegarkan begitu terasa. Taman ini juga sering dijadikan sebagai tempat santai dan belajar para siswa di sekitarnya. Fasilitas seperti wifi gratis sangat mengundang pelajar untuk berkumpul dan internetan gratis sambil menikmati semilirnya angin di taman ini.

Untuk menambah suasana menjadi lebih hidup, terdapat juga kolam ikan yang cukup besar di dalam taman ini. Ada juga beberapa fasilitas yang dapat dinikmati oleh pengunjung secara langsung, seperti arena bermain anak-anak, lokasi kuliner dengan keanekaragaman menu khasnya, kandang rusa, dan lain-lain.

Dengan adanya fasilitas-fasilitas tersebut diharapkan dapat menjadi daya tarik pengunjung untuk datang ke taman Flora Bratang ini. Lupakan sejenak kebisingan di terminal dengan mengunjungi keindahan tempat wisata alam yang ada di Surabaya ini.

Kebun Bibit Wonorejo

Kebun Bibit Wonorejo
Instagram by @herynikko

Tempat wisata alam di daerah Surabaya selanjutnya adalah Kebun bibit Wonorejo. Merupakan tempat persemaian bibit-bibit pohon untuk di tanam di kota Surabaya setelah siap tanam. Kebun ini mempunyai luas sekitar 6 hektare. Pemandangan di kebun ini terlihat menghijau dan asri. Ketika memasuki area ini anda bisa terlupa kalau anda masih berada di Surabaya. Suasana sejuk menghijau dengan kandungan oksigen menyegarkan sangat terasa sekali di tempat ini. Anda akan merasakan perbedaan yang jauh saat berada di dalam kota Surabaya. Sangat menarik untuk didekati dan dirasakan bagaimana suasana alamnya.

Kunjungi :  35 Tempat Wisata di Batang Jawa Tengah yang Mempesona

Ada beberapa hal menjadi pusat perhatian pengunjung di dalam kebun ini yaitu:

  • Danau

Danau ini membentang luas di dalam taman. Di sekitar danau ini dibangun dermaga-dermaga kecil sebagai tempat untuk menikmati indahnya danau yang terletak di tengah taman kebun bibit ini. Bila anda seorang fotograger, keberadaan dermaga ini sangat bermanfaat sekali, karena anda dapat mengabadikan keindahan alam di sekitar danau dengan lebih leluasa.

  • Kandang Rusa

Terdapat beberapa rusa yang sengaja dipelihara di dalam taman bibit Wonorejo. Terdapat lebih kurang 5 rusa yang hidup di kandang tersebut. Asyiknya pengunjung diperbolehkan memberi makan rusa-rusa tersebut, tapi dengan makanan yang telah ditentukan bukan sembarang makanan.

  • Wall Climbing

Wall climbing yang ada di taman ini dikhususkan untuk anak-anak yang ingin berlatih ketangkasan dan kekuatan tangan serta kaki. Ada sekitar 5 wall climbing yang dapat digunakan para pengunjung yang datang di taman ini.

  • Jogging Track

Bagi anda yang menyukai jogging saat car free day di pusat kota, coba sesekali kegiatan jogging tersebut dipindah ke taman ini. Karena di taman ini sudah disediakan jogging track mengelilingi luasnya danau. Alhasil, anda akan mendapatkan pemandangan indah serta udara sejuk saat di dalamnya.

  • Terapi Batu

Bila tubuh terasa pegal dan mudah lesu, bisa jadi ada sesuatu hal yang salah dalam tubuh. Untuk itu diperlukan olahraga ringan secara teratur dan konsisten. Salah satu olahraga yang menyenangkan yaitu jalan di atas lintasan terapi batu di taman bibit ini. Udaranya menyejukan tubuh karena terdapat banyak oksigen yang diproduksi dari tanaman-tanaman yang ada di sini.

  • Rumah Anggrek

Anda pecinta anggrek? Di kawasan taman ini terdapat rumah anggrek dengan aneka macam bunga yang sangat indah.

Kunjungi :  Rute Menuju Lokasi Pantai Ngrenehan Ngobaran Gunung Kidul

Taman Mangrove Gunung Anyar

Taman Mangrove Gunung Anyar
Instagram by @trikartikasari

Tempat wisata alam di Surabaya dan sekitarnya yang kami rekomendasikan adalah hutan mangrove. Taman mangrove ini memang masih terjaga keasriannya. Di dalamnya tumbuhan serta aliran air yang mengalir terlihat masih asli dan sedikit sekali campur tangan manusia. Tempat liburan yang sangat terjaga ini memang perlu dikunjungi, karena anda akan mendapatkan pemandangan alam yang masih murni. Untuk menikmati indahnya Mangrove di gunung Anyar, anda bisa menyewa perahu-perahu nelayan.

Terus dimana letaknya? Tempat wisata alam di dekat Surabaya ini terletak di kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. Perjalanan untuk mencapai lokasi ini tergolong mudah, karena akses jalan sudah memadai.

Taman Bungkul

Taman Bungkul
Instagram by @tamankota.sub

Taman Bungkul memiliki predikat taman terbaik se Asia. Keindahan desain taman yang terletak di Jalan Raya Darmo, Surabaya. Karena letaknya di kota, taman ini menjadi tujuan masyarakat Surabaya yang ingin bersantai bersama keluarga pada akhir pekan atau saat hari-hari libur.

Taman ini tidak hanya menawarkan keindahan suasana di dalamnya, tetapi juga memberikan beberapa fasilitas yang bisa dikatakan bisa memanjakan pengunjung yang hadir di sini. Bagaimana tidak, fasilitas yang diberikan tergolong sangat lengkap. Ada tempat bermain anak, tempat jogging, arena bermain skateboard, air mancur dan masih banyak lagi.

Demikian 5 daftar tempat wisata alam di Surabaya yang dapat dijadikan tujuan wisata yang bisa menjadi alternatif anda dan keluarga.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */