Jelajah 6 Tempat Wisata Alam di Semarang Jawa Tengah

0

Tempat Wisata Alam di Semarang – Semarang merupakan kota transit. Kota ini memiliki berbagai macam fasilitas publik yang cukup mumpuni. Sehingga banyak orang yang memilih Semarang sebagai jalur untuk menuju kota lainnya.

Nah.. bagi anda yang berkesempatan mengunjungi tempat wisata di Semarang, sebaiknya jangan terburu-buru untuk meninggalkanya. Sebab Semarang juga memiliki keindahan alam yang bisa dijadikan tempat wisata keluarga. Banyak orang menyukai Semarang sebagai salah satu tujuan wisata karena letaknya yang mudah dijangkau.

Wisata alam yang terdapat di kota ini cukup banyak, diantaranya pantai, pegunungan, air terjun, dan lain-lain. Pada pembahasan kali ini, kami sudah merangkum beberapa tempat wisata alam sekitar Semarang yang mempunyai panorama alam yang memadai. Berikut rangkumannya.

Umbul Sido Mukti

umbul-sido-mukti
Instagram by @exploresemarang

Umbul Sido Mukti merupakan tempat wisata alam Semarang yang berupa pegunungan. Wisata ini terletak di Desa Sidomukti, Bandungan, Semarang. Keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini sungguh menakjubkan. Nampak sekali pegunungan menghijau yang saling berdampingan satu sama lain.

Ada banyak fasilitas yang disiapkan untuk memberikan kenyamanan dan tantangan pada setiap pengunjung wisata alam Bandungan Semarang, Umbul Sido Mukti, seperti outbond training, kolam renang, pondok wisata, pondok lesehan, sampai meeting room.

Ada empat kolam renang yang dapat dijadikan sebagai tempat santai di atas bukit. Masing-masing memiliki kedalaman yang berbeda-beda. Dari kolam renang ini anda dapat melihat keindahan pegunungan dengan sangat indah sekali. Awan yang saling bergandengan diantara lembah-lembah pegunungan terlihat begitu jelas menambah keindahan wisata alam Semarang satu ini.

Selain itu terdapat juga beberapa tempat wisata alam di Bandungan Semarang yang menantang adrenalin para pengunjung. Wisata tersebut yaitu rapeling menuruni lembah sisi kolam renang, flying fox dengan lintasan 110 meter dengan jarak titik terendah sekitar 70 meter, marine bridge di lembah pegunungan.

Kunjungi :  39 Tempat Wisata di Garut Jawa Barat Paling Terkenal

Bila anda sanggup untuk mencoba olahraga uji adrenalin, langsung saja daftarkan diri anda. Dalam olahraga ini sudah ada tim ahli yang akan menjadi pembimbing para peserta olahraga. Dari faktor keamanan serta kesehatan peserta pun tetap diperiksa dan dijaga dengan baik.

Hutan Wisata Tinjomoyo

hutan-wisata-tinjomoyo
Instagram by @wisatasemarang

Lokasi hutan ini sangat dekat dari pusat kota Semarang. Tempatnya berjarak sekitar 6 km dari simpang lima Semarang. Hutan ini dulunya adalah kebun binatang di daerah Semarang. Tapi, akibat terjadi musibah dan jembatan putus maka kebun binatang tersebut dialihkan ke tempat lain. Dan sekarang hutannya dijadikan sebagai obyek wisata alam di Semarang. Kawasan hutan ini cukup luas yaitu sekitar 57,5 hektar.

Hutan yang didominasi oleh tanaman jati dan pinus ini, sering dijadikan sebagai area combat game, camping, outbond, wisata burung liar, flying fox dan kegiatan susur sungai. Sebagai tempat wisata alam Kota Semarang, tempat ini biasanya rame saat hari libur kerja atau saat akhir pekan.

Satu tempat yang sangat fenomenal di hutan wisata Tinjomoyo adalah jembatan Tinjomoyo. Banyak para fotografer yang senang hunting panorama hutan dari jembatan ini.

Bukit Rong View

bukit-rong-view
Instagram by @fajar_adel16

Melihat pemandangan alam dari ketinggian tentu sangat indah sekali. Pemandangan itu bisa anda dapatkan bila berkunjung ke bukit Rong view. Indahnya rawa pening dapat dilihat dari ketinggian bukit ini. Ditambah lagi dengan rententan gunung yang mengelilingi rawa pening ini.

Beberapa gunung yang dapat dilihat dari bukit ini adalah Telomoyo, Andong, dan Merbabu. Bila melihat agak ke timur sedikit, maka akan terlihat gunung Ungaran dan Kendalisodo. Sungguh sangat menakjubkan bukan. Gunung-gunung yang menjulang ke langit dapat dilihat dengan mata telanjang dari ketinggian bukti Rong View.

Tempat wisata ini cukup dekat dengan pusat Semarang, yaitu sekitar 4 km. Tepatnya terletak di desa Delik, Tlogo Tuntang, Semarang. Lokasi ini menjadi tempat wisata alam di Kabupaten Semarang yang wajib Anda kunjungi.

Kunjungi :  Destinasi dan Jalan Menuju Pantai Bangsring Underwater Banyuwangi

Curug Lawe dan Benowo

curug-benowo
Instagram by @shaanon1010

Mengunjungi tempat wisata air terjun tentu sangatlah menyenangkan. Apalagi dalam satu tempat anda dapat menemukan dua air terjun yang saling berdekatan. Tempat yang sangat bagus untuk refresh pikiran dan badan saat cuti atau libur kerja bersama keluarga. Wisata ini terletak di sebelah timur gunung Ungaran.

Tempat wisata alam di Ungaran Semarang yang dimaksud adalah dua air terjun, yaitu curug Lawe dan Benowo. Aliran keduanya seakan membentuk huruf Y karena saking dekatnya. Aliran airnya tetap memiliki debit yang besar meskipun pada saat musim kemarau. Ini yang membuat pengunjung suka, karena tidak perlu menunggu musim hujan untuk menikmati keindahan air terjun.

Berbagai tumbuhan hijau yang tumbuh di sekitar air terjun seakan mendapatkan sumber kehidupan yang selalu setia menemani mereka pada setiap musim. Keadaan air terjun yang masih alami serta airnya yang menyegarkan akan menjadikan pemandangan yang indah sepanjang anda berada di sana.

Selain keindahan curug ini, anda juga akan dihibur dengan perjalanan yang sangat menyegarkan. Sebab untuk mencapai wisata ini anda harus melewati perkebunan cengkeh. Aroma segar dari bau bunga cengkeh akan menambah perjalanan anda lebih berkesan.

Brown Canyon

brown-canyon
Instagram by @wisatasemarang

Ternyata di Semarang mempunyai canyon yang unik dan indah. Canyon ini terbentuk karena hasil tambang galian C yang sudah ditinggalkan. Setelah peninggalan galian tersebut, tersisalah beberapa spot tambang yang mirip Grand Canyon di Amerika Serikat. Canyon di Semarang diberi nama Brown Canyon.

Brown Canyon saat ini dimanfaatkan oleh penduduk setempat ataupun pengunjung dari luar sebagai salah satu tempat wisata alam. Lokasinya cukup dekat dengan stasiun TVRI Jawa Tengah, yaitu sekitar 2 km saja.

Kunjungi :  Alamat, Harga Tiket dan Wisata Horor Taman Nasional Alas Purwo

Sebelumnya tempat wisata alam di Semarang Jawa Tengah ini adalah perbukitan pasir, batu padas dan tanah uruk. Akibat penggalian untuk keperluan pembangunan, maka material yang di dalamnya habis. Kemudian menyisakan tebing kecil menjulang tinggi layaknya Canyon.

Rawa Pening

rawa-pening
Instagram by @johanjacob_oki

Selanjutnya, tempat wisata alam di Semarang dan sekitarnya yang direkomendasikan adalah rawa pening. Wisata alam danau Rawa Pening terlihat sangat eksotis. Dikelilingi gunung yang berjejer membuat danau ini mempunyai kharisma tersendiri. Luas danau ini sangat luas yaitu sekitar 2.670 hektar. Ketika anda sampai di danau ini, anda akan disuguhkan dengan keindahan alam yang memukau. Genangan air yang sangat luas ini banyak dimanfaatkan oleh para wisatawan untuk mengisi hari libur mereka sambil menikmati keindahan alam.

Kalau anda berkesempatan datang ke danau Rawa Pening, jangalah puas dengan menyusuri pinggirannya saja. Nikmatilah keindahan danaunya dengan menggunakan perahu yang telah disiapkan oleh penduduk setempat untuk disewakan. Biasanya mereka akan membantu anda menyusuri danau sambil menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan ini.

Danau ini mempunyai tampilan yang tetap elok dari pagi sampai sore hari. Sehingga banyak pengunjung yang ingin berlama-lama mengunjungi danau ini. Sesekali anda bisa mengikuti para nelayan menangkap ikan. Cara mereka menggunakan jaring dapat menambah keeksotisan pemandangan danau.

Bagi penggemar koleksi foto wisata alam, keindahan sunset dan sunrise dari danau Rawa Kuning jangan sampai anda lewatkan. Sinar matahari yang malu-malu muncul dan tersenyum ketika tenggelam akan memberikan pesona baru pada koleksi foto-foto wisata anda.

Demikian 6 tempat wisata alam di Semarang yang dapat dijadikan rujukan liburan. Sebenarnya masih banyak lagi wisata alam yang ada di sini. Semoga kedepannya dapat kami ulas kembali agar anda mendapatkan sumber referensi yang lebih banyak lagi.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */