Surganya Wisata Indonesia

6 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Eksotik Dipandang

1
6 Tempat Wisata Alam di Jogja yang Eksotik Dipandang
Nilai Artikel Ini

Tempat Wisata Alam di Jogja – Saatnya kembali ke Jogja. Tempat ini memang selalu istimewa. Istimewa kemajuan ekonominya, istimewa pula keindahan alamnya. Banyak sekali tempat wisata alam di Jogja yang dapat dijadikan kunjungan wisata saat liburan. Pengunjung dapat mengunjungi pegunungan, air terjun, dan alam lainnya yang masih terlihat asri.

Jogjakarta dengan keanekaragaman wisata alamnya siap memanjakan anda yang suka dengan alam yang asri. Ingin mengetahui wisata alam Jogja dan sekitarnya, mari lihat rangkumannya berikut ini.

Air Terjun Lepo

air-terjun-lepo
Instagram by @hendriseptiani

Cahaya matahari di sela-sela dedaunan menjadikan suasana air terjun Lepo tampak asri dan indah. Tempat wisata alam Jogja ini terletak di Pokoh 1, Dlingo, Bantul, Jogjakarta. Aliran air yang jernih dari pegunungan meleleh ke lembah kemudian membentuk air terjun ini menyisakan beberapa kolam dengan air yang sejuk dan alami.

Pengunjung yang sudah sampai ke tempat wisata alam di Bantul Jogja ini, biasanya tidak akan pernah tahan untuk tidak merasakan kesejukan air terjun ini. Ada 4 kolam renang yang disediakan di lokasi ini. Keberadaan kolam renang ini bertingkat-tingkat, jadi pengunjung dapat dengan mudah memilih kolam mana yang akan dipilih untuk menikmati indahnya air terjun Lepo.

Fasilitas seperti kamar mandi untuk berbilas, ruang pertemuan sampai penyewaan pelampung dan tikar ada di kawasan ini. Dengan demikian anda dapat menikmati keindahan alamnya dengan lebih leluasa dan menyenangkan. Bila anda sudah merasakan keroncongan karena keasikan berenang di kolam air yang jernih ini, anda bisa mencoba berbagai macam jajanan di sekitar kolam renang. Ada beberapa masakan sederhana yang siap disantap. Tempat wisata alam di Jogja terbaru ini masih sangat asri loh, sehingga akan menambah kenikmatan santap makan Anda.

Puncak Kosakara

puncak-kosakara
Instagram by @angga_manggo

Merasakan puncak sebuah pegunungan batuan krast di pinggir pantai akan memberikan pengalaman yang sangat menantang. Karena untuk menaklukan puncak tersebut anda harus mengeluarkan tenaga yang cukup lumayan. Bagi anda yang menginginkan keindahan panorama alam seperti puncak di bibir pantai, sebaiknya anda mengunjungi tempat wisata pemandangan alam di Jogja yang satu ini, tepatnya di Gunungkidul.

Kunjungi :  Sensasi Wahana Air Water Blaster Semarang yang Menakjubkan

Gunungkidul memang salah surganya tempat wisata alam di daerah Jogja. Tempat ini mempunyai salah satu puncak yang sangat eksotis dengan background pantai yang sering disebut dengan puncak Kosakara. Ketinggian puncak ini sekitar 50 meter dpl. Panasnya terik matahari di siang hari sepertinya tidak akan menyurutkan keinginan para wisatawan yang ingin mendapatkan keindahan alam yang menakjubkan ini.

Bagi anda yang tertarik mendatangi kawasan wisata alam ini, sebaiknya datang saat pagi hari atau sore hari sekalian. Karena, pada dua waktu ini, anda akan sangat terbantu karena tidak tenaga masih fit dan suasana puncak masih agak dingin.

Nah.. kalau anda menginginkan pemandangan sunset dan sunrise yang menakjubkan, anda bisa menyewa tenda camping di tempat ini. Tempat yang sangat direkomendasikan untuk berlibur bersama keluarga.

Kabun Teh Nglinggo

kabun-teh-nglinggo
Instagram by @damianusandrian

Ternyata tidak hanya Bogor yang terkenal dengan kawasan pegunungan tehnya, objek wisata alam Jogja juga mempunyai kawasan tersebut. Kebun teh Nglinggo juga mempunyai pesona alam hijau yang menghampar luas. Kawasan kebun teh ini terdapat di desa Nglinggo yang letaknya ada dipuncak bukit menoreh, Kulonprogo.

Area objek wisata di Jogja ini sudah terdapat beberapa spot untuk bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar seperti susunan bertingkat tanaman the yang menghijau, serta panorama perbukitan di sekilling tempat wisata ini.

Banyaknya pengunjung selalu pada masa liburan atau saat akhir pekan. Mereka merupakan penduduk lokal dan pengunjung dari lain daerah. Pemilihan kebun the sebagai tempat berlibur karena memiliki kesejukan serta keindahan alam yang dimiliki mampu menjadikan pengunjung lebih segar dan santai.

Bila anda mempunyai cukup tenaga, anda bisa mencoba mengunjungi puncak tertinggi dari kebun the ini. Di sana anda dapat melihat panorama alam menakjubkan dari ketinggian. Sangat cocok untuk melakukan hunting foto keadaan alam sekitarnya.

Kunjungi :  Explore 27 Tempat Wisata di Pekanbaru dan Sekitarnya

Air Terjun Sri Gethuk

air-terjun-sri-gethuk
Instagram by @ayodolan

Kalau membicarakan keindahan alam di Gunungkidul memang tidak ada habisnya. Karena potensi keindahan alam di Jogjakarta sebagian besarnya terdapat di kabupaten ini. Seperti wisata alam satu ini yaitu air terjun Sri Gethuk. Air terjun yang memiliki keindahan alam layaknya Grand Canyon Arizona ini menjadi tempat wisata alam di Jogja yang wajib dikunjungi.

Keunikan air terjun Sri Gethuk adalah tidak mengenal musim. Kapanpun anda berkunjung ke wisata ini, maka keindahan alamnya akan tetap sangat terasa dan indah. Jadi, jangan sampai dilewatkan ketika anda sendang berwisata ke Jogja.

Untuk mencapai lokasi ini, anda bisa menggunakan kendaraan. Ketika sudah mendekati kawasan wisata ini, anda akan disambut dengan hutan pohon minyak kayu putih. Sesampainya di area parkir, anda harus melanjutkan kembali dengan jalan kaki atau menyusuri sungai menggunakan perahu getek yang dipasangi drum di sekililingnya.

Dua opsi tersebut sama-sama mempunyai kelebihan masing-masing. Bila anda memilih untuk berjalan kaki, maka anda akan merasakan suasana persawahan yang sangat menyejukan. Jalan yang dilalui untuk menuju ke wisata air terjun tersebut didominasi oleh persawahan penduduk. Jika opsi ke dua yang dipilih yaitu menggunakan perahu getek, maka anda akan diuji coba adrenalin menyusuri derasnya sungai Oya dengan air jernih menghijau.

Sesampainya di air terjun Sri Gethuk anda akan disambut oleh gemericik air terjun yang sangat jelas terdengar. Bebatuan yang berada di bawah tumpahan air terjun ini membentuk seperti tangga pada rumah-rumah mewah. Dinginnya air terjun ini sering digunakan untuk mandi dan bermain-main oleh para pengunjung.

Gunung Api Purba

gunung-api-purba
Instagram by @rennys75

Tempat wisata alam di Jogja dan sekitarnya yang kami rekomendasikan adalah gunung api purba. Gunung Api Purba ini dulunya adalah gunung api aktif, tapi sekarang sudah diklaim sebagai salah satu gunung api yang sudah tidak aktif lagi. Gunung ini memiliki ketinggian sekitar 300 meter dengan luas 800 meter. Gunung ini terbuat dari bongkahan raksasa batu adesit yang menjulang tinggi. keberadaannya pun saat ini menjadi incaran para penikmat wisata alam.

Kunjungi :  Sensasi Mancing di Wisata Pantai Sadeng Gunung Kidul

Pemandangan yang sangat menarik para pengunjung yaitu matahari terbit dan terbenam. Dari kawasan puncak gunung ini sinar mentari terbit dan terbenam terlihat sangat menakjubkan dan menawan. Keindahannya sangat terasa sekali, karena dilihat langsung dari ketinggian sekitar 300 meter. Pemandangan malam harinya pun tak kalah indahnya. Ketika langit sedang cerah, anda dapat melihat gemerlap jutaan bintang di langit. Terasa benar-benar indah sekali.

Agar tidak ketinggalan merasakan keindahan alam tersebut, sebaiknya anda menginap di tempat ini menggunakan tenda-tenda kemah. Persiapkan acara camping anda di puncak ini agar liburan anda menjadi lebih menyenangkan.

Wisata Alam Kalibiru

wisata-alam-kalibiru
Instagram by @kasmilasarii

Untuk melengkapi paket wisata alam Jogja Anda, Kalibiru perlu dikunjungi. Wisata alam Kalibiru terdapat di daerah Kulonprogo. Tempat wisata ini terletak di kawasan perbukitan Menoreh dengan ketinggian 450 m dpl. Di kawasan yang didominasi oleh pepohonan khas perbukitan ini mampu memberikan pemandangan yang sangat indah dari ketinggian.

Untuk mendapatkan pemandangan terbaik, pengunjung disarankan menaiki tangga pohon yang sering disebut dengan fly over. Anda tidak perlu khawatir dengan ketinggian di fly over ini, karena bantuan keamanan terjaga dengan baik. Dari sini anda dapat melihat waduk Sermo dari atas bukit. Bila cuaca sedang cerah, riak putih ombak laut selatan dapat terlihat dengan cukup baik.

Demikian 6 tempat wisata alam di Jogja yang sangat menawan. Sekali lagi kami tegaskan bahwa anda akan sangat rugi bila mengunjungi Jogjakarta tapi melewatkan beberapa tempat wisata alam yang telah kami rangkum tersebut.

1 Comment
  1. sewa mobil jogja says

    sunset di parangtritis juga bisa untuk referensi wisata gan

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */