Surganya Wisata Indonesia

Pesona Keindahan Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap

0
Pesona Keindahan Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap
Nilai Artikel Ini

Teluk Penyu Cilacap – Cilacap memang memiliki pantai – pantai yang menawan. Maklum saja karena kota yang satu ini berada di tepi Samudera Hindia, atau yang biasa disebut juga dengan Samudera Indonesia. Pantai yang satu ini sangat indah dan eksotis sekali dan di dekatnya terdapat Benteng Pendem. Yap, tepat sekali pantai ini adalah Pantai Teluk Penyu, yang berada di Cilacap bagian selatan, dan berdekatan dengan Pulau Nusakambangan. Oleh karena itu, objek yang satu ini hukumnya wajib bila Anda sedang wisata di Cilacap.

Lokasi, Tiket Masuk dan Sejarah Pantai Teluk Penyu Cilacap Jateng

Pantai yang satu ini memang memiliki pasir berwarna coklat, akan tetapi pemandangan di pantai ini sangat indah. Jika Anda tidak percaya, Anda bisa melihat gambar Pantai Teluk Penyu Cilacap Jawa Tengah di internet atau media sosial. Banyak sekali wisatawan yang tertarik dan terpesona sehingga mereka pun beramai – ramai mengunjungi tempat ini.

Lokasi Pantai Teluk Penyu Cilacap

Jika Anda bertanya – tanya tentang letak Pantai Teluk Penyu dimana, Anda tidak perlu merasa bingung karena lokasinya tidak terlalu sulit untuk ditemukan. Pantai ini lokasinya tidak jauh dari Benteng Pendem bila Anda pernah mendengarnya. Pantai ini juga masih berada di Cilacap bagian selatan yang berbatasan dengan Pulau Nusakambangan. Jarak pantai yang satu ini dengan pusat kota Cilacap hanya sekitar 2 km ke arah timur.

Pantai Teluk Penyu Cilacap
Instagram by @puspasaridwi

Untuk menuju ke Pantai Cilacap Teluk Penyu ini Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau kendaraan umum. Untuk tiba disini, jalan yang harus Anda lalui terbilang mulus. Mungkin karena lokasinya yang masih berada di dalam kota ya. Silahkan Anda hendak menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat, semuanya bisa mengakses pantai yang satu ini. Atau bila Anda memilih untuk menggunakan kendaraan umum, Anda bisa turun di Terminal Cilacap dan kemudian berganti dengan bus mini atau angkutan kota yang menuju ke pantai ini. Perjalanannya sendiri akan memakan waktu sekitar 10 – 15 menit tergantung padatnya arus lalu lintas.

Kunjungi :  Misteri, Sunset dan Rute Menuju Pantai Greweng Gunung Kidul

Bisa dibilang pantai ini juga cukup terkenal bagi penduduk di Cilacap dan kota – kota sekitarnya. Jadi kemungkinan pantai ini akan selalu dipenuhi oleh wisatawan karena lokasinya yang mudah terjangkau, dan dekat dengan pusat pemerintahan.

Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu

Tiket Masuk Pantai Teluk Penyu
Instagram by @dwiezshapoetry96

Untuk harga tiket masuk Pantai Teluk Penyu Cilacap sendiri bisa dibilang tidak terlalu mahal. Anda tidak perlu khawatir akan hal yang satu ini. Cukup 5.000 rupiah per orang Anda sudah bisa masuk ke kawasan wisata pantai ini dan diperbolehkan menikmati semua fasilitas yang ada. Cocok sekali untuk liburan Anda bersama teman – teman atau keluarga. Jadi, jangan lupa tempat ini wajib Anda masukkan ke dalam daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi ya.

Dengan harganya yang cukup terjangkau, fasilitas Pantai Teluk Penyu di Cilacap ini cukup lengkap. Terdapat berbagai fasilitas yang bisa Anda nikmati disana seperti toilet umum, sarana ibadah, gazebo, water sport, dan masih banyak lagi. Selain itu, tempat parkir di pantai ini juga terbilang luas. Anda tidak perlu khawatir lagi bagaimana Anda akan memarkirkan kendaraan Anda karena pengelola sudah menyiapkan dengan baik. Di samping fasilitas itu, di pantai ini juga terdapat mercusuar yang semakin membuat pantai ini lebih menarik bagi wisatawan.

Menyeberang ke Nusakambangan

Menyeberang ke Nusakambangan
Instagram by @sikilham

Jika Anda merasa pantai ini biasa – biasa saja, sepertinya Anda perlu mencoba untuk menyeberang ke Pulau Nusakambangan. Disana Anda akan bisa menikmati sesuatu keindahan yang berbeda. Pulau yang satu ini juga tidak hanya terdapat lembaga pemasayarakatan seperti yang ramai diberitakan, akan tetapi dibalik itu pula, terdapat keindahan alam yang sangat indah. Oleh karena itu, tidak ada salahnya bila Anda ingin menikmati Pantai Teluk Penyu Nusakambangan ini dengan cara yang berbeda.

Kunjungi :  Buktikan Uniknya Air Terjun Toroan Sumenep Madura

Untuk menuju Pulau Nusakambangan, Anda harus menyeberang dengan menggunakan perahu nelayan yang banyak tersedia di tepi pantai. Perahu tersebut disewakan oleh warga – warga sekitar yang memang sehari – hari memiliki profesi sebagai nelayan. Untuk menggunakan jasanya, Anda akan dikenakan tarif sebesar 10.000 rupiah saja untuk hari kerja. Sedangkan untuk hari libur atau akhir pekan, biayanya menjadi sebesar 20.000 rupiah.

Sejarah Pantai Teluk Penyu

Sejarah Pantai Teluk Penyu
Instagram by @sam_sulis

Pantai yang satu ini rupanya juga memiliki cerita menarik. Terdapat keunikan sendiri terkait asal usul Pantai Teluk Penyu Cilacap Jateng, khususnya tentang asal nama pantai ini muncul. Dahulu, masyarakat percaya bahwa bahwa pantai ini merupakan rumah yang nyaman bagi para penyu. Dahulu juga banyak sekali penyu yang berkembang biak dan bertelur disini. Akan tetapi, seiring dengan kemajuan Cilacap, penyu ini memilih untuk bermigrasi di kawasan yang lain seperti di Bali atau Lombok.

Cilacap yang semakin lama menjadi kawasan industri ini sering dikunjungi dan dilewati oleh berbagai kapal seperti kapal angkut milik Pertamina atau Semen Holcim yang sering lalu lalang melewati kawasan ini. Sebab itulah, pantai ini sudah tidak nyaman dan aman lagi bagi para penyu. Akan tetapi, keberadaan tentang penyu tersebut masih menjadi mitos Pantai Teluk Penyu.

Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap

Wisata Pantai Teluk Penyu Cilacap
Instagram by @niningtri

Di pantai ini, Anda bisa berwisata menikmati keindahan pantai selatan yang mempesona. Oleh karena itu, Anda wajib untuk mengambil foto Pantai Teluk Penyu Cilacap Indonesia. Momen – momen indah Anda dalam bermain di pantai ini juga perlu Anda abadikan untuk menjadi sebuah kenangan liburan yang tidak terlupakan.

Di Pantai Teluk Penyu ini, Anda juga bisa bermain air laut atau ombak laut. Akan tetapi, Anda perlu berhati – hati, jangan sampai Anda terbawa arus. Jika Anda belum dapat berenang, ada baiknya bila Anda cukup bermain di sekitar tepi pantai atau hanya sekedar bermain pasir. Selain itu, bagi Anda yang ingin memancing, pantai ini juga termasuk dalam spot terbaik bagi Anda. Banyak sekali orang – orang dan warga sekitar yang datang untuk mencari ikan di pantai ini. Biasanya setiap sore banyak sekali orang yang datang berbondong – bondong untuk memancing. Spot favorit para mancing mania ini berada dekat jembatan yang berada di tengah pantai ini. Jembatan tersebut panjang sekali dan banyak orang memancing disana.

Kunjungi :  18 Tempat Wisata di Sidoarjo Jawa Timur Terhits

Selain untuk memancing, jembatan tersebut juga termasuk spot favorit wisatawan untuk berfoto. Mereka mengambil gambar Pantai Teluk Penyu 2016 ini karena disana pemandangannya langsung menghadap ke laut. Dan ketika sore hari juga, disini Anda bisa menyaksikan keindahan matahari terbenam yang seakan hilang di tengah samudera. Oleh karena itu, sore hari adalah waktu dimana pantai ini banyak dipadati oleh para wisatawan.

Bagaimana menurut Anda? Pantai yang satu ini menarik bukan? Jadi, pastikan ketika Anda ke Cilacap, sempatkan waktu Anda untuk mengunjungi objek wisata yang satu ini. Selalu nikmati saat – saat bersama keluarga, dan selamat berlibur ya !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */