Pesona Keeksotikan Tanjung Kodok Lamongan Jatim

0

Tempat Wisata dan Hotel Tanjung Kodok Beach Resort

Hotel Tanjung Kodok Beach Resort
Instagram by @Resort

Tanjung Kodok Lamongan – Salah satu kabupaten di Jawa Timur yang nemiliki kekayaan wisata air adalah kabupaten Lamongan. Tidak diragukan lagi, Lamongan memiliki daya tarik wisatawan baik dari dalam maupun luar negeri. Kini, banyak rombongan-rombongan wisata yang mengarahkan perjalanannya ke Jawa Timur ini, selain kabupaten bandung dan DKI Jakarta, pantai Tanjung Kodok Lamongan.

Tempat wisata Tanjung Kodok Lamongan jatim adalah sebuah tempat wisata yang berada di perairan laut utara jawa. Ciri khas Tanjung Kodok ini adalah pada batu karang yang berbentuk menyerupai kodok di tempat paling ujung. Sekilas, memang batu ini terlihat seperti kodok yang tengah duduk dengan menghadap ke laut.

Hotel Tanjung Kodok
Instagram by @achawahid

Wisata Lamongan Tanjung Kodok Jawa Timur ini dahulu pernah sangat terkenal pada saat Indonesia berada di bawah pimpinan presiden Soeharto, lebih tepatnya pada sekitar tahun 1980. Tempat ini memiliki keunikan tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang menghabiskan waktu liburnya, berkunjung ke Tanjung Kodok. Selain batu karangnya yang menyerupai kodok, ada beberapa patung kecil yang memang diletakkan di atas bebatuan, yakni patung singa laut. Patung tersebut turut menambah kecantikan pantai ini. Jangan lupa untuk mampir ke tempat ini, setelah sebelumnya Anda berkunjung ke pantai kutang Lamongan. Tiket masuk Tanjung Kodok wbl cukup mahal, yaitu Rp. 100.000. Harga tersebut belum termasuk fasilitas wisata air yang disediakan.

Seperti batu malin kundang yang ada di sumatera, cerita Tanjung Kodok juga melegenda dan turun temurun hingga saat ini. Kisah tokoh pada zaman dahulu, konon menjadi asal mula Tanjung Kodok ini.

Legenda Tanjung Kodok

Hotel Tanjung Kodok Beach
Instagram by @achawahid

Diceritakan, pada masa lalu, ada pemuda tampan yang berasal dari daerah setempat yang menaruh hati pada seorang gadis di pulau seberang, yakni pulau bawean, pulau yang termashur sebagai pulau putri. Gadis tersebut merupakan putra seorang bangsawan terhormat, sedangkan pria yang berasal dari wilayah ini hanyalah seorang pria biasa penjual ikan yang bekerja sebagai nelayan.

Kunjungi :  Berwisata Keluarga di Pantai Kartini Jepara Jateng

Mereka berdua sering bertemu ketika keluarga si gadis pergi membeli ikan dan memanfaatkan saat-saat tersebut untuk saling memadu kasih. Namun, harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Ayah gadis tersebut marah besar disaat mengetahui putrinya berhubungan dengan seorang nelayan biasa.

Cinta memang membutakan. Berharap hubungan bisa berlanjut ke jenjang pernikahan, mereka berdua akhirnya menggunakan jalan lain, pemuda nelayan menghamili putri bangsawan tersebut. Mendengar berita yang tidak mengenakkan, ayah gadis sangat kecewa dan marah, akhirnya hubungan mereka bukannya direstui, namun, sang ayah juga murka kepada putrinya dengan mengutuknya menjadi seekor kodok.

Tanjung Kodok di Lamongan
Instagram by @tanakashinji0610

Waktu terus berjalan dan tiba si putri bangsawan untuk melahirkan. Betapa terkejutnya si pemuda bahwa kekasihnya melahirkan seekor kodok. Si pemuda murka dan hendak membunuh kekasihnya dengan mencekik. Bayi kodok yang mengetahui hal itupun tidak menerima dengan menggigit ayahnya dan mengutuknya pula menjadi seekor kodok. Pemuda yang berubah wujud menjadi kodok akhirnya meninggal dengan tubuhnya yang semakin mengeras seperti batu.

Si gadis pergi ke pulau bawean dengan ramuan yang bisa mengubah dirinya dan putranya kembali ke wujud semula sebagai manusia. Namun, ketika hendak kembali menyusul putranya, kapal yang dinaiki si putri tak kunjung datang, dan diapun meninggal dalam menanti kapal. Begitu pula dengan si anak kodok. Badannya teramat kurus kering menanti kedatangan sang ibu, hingga meninggal pula si anak kodok di dekat pusara ayahnya. Itulah kisah sejarah Tanjung Kodok di Lamongan yang menjadi cikal bakal atau asal usul Tanjung Kodok jatim.

Legenda Tanjung Kodok
Instagram by @malisamas

Namun, meski terkenal dengan kisahnya yang amat memilukan, seiring dengan berjalannya waktu dan pembangunan fasilitas di pantai ini, nama Tanjung Kodok mulai surut dan lebih populer dengan nama wisata bahari Lamongan (WBL). Namun, tempat wisata di Lamongan ini tetap ada, dengan pesona batu kodoknya.

Kunjungi :  Wisata Cantik Bukit Bintang Jogja Wonosari Malam Hari

Tidak hanya terkenal dengan wisata baharinya saja, Tanjung Kodok juga populer dengan keberadaan Tanjung Kodok Beach Resort (TKBR). Tanjung Kodok Beach Resort merupakan hotel sekelas bintang tiga (plus), satu-satunya di jawa yang berbatasan dan menghadap langsung ke perairan laut jawa. Tanjung Kodok resort merupakan penginapan paling dekat dengan wbl. Berlokasi di kecamatan paciran, kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Tepat berada di sebelah barat wisata bahari.

Hotel di Tanjung Kodok Lamongan ini mempunyai fasilitas yang sangat lengkap. Hal itu ditunjang pula oleh view di penginapan ini yang berada di tepi laut. Jadi, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Tanjung Kodok dari sudut lain, Anda bisa masuk dan memesan salah satu kamar di resort yang bergaya khas benua eropa ini.

Harga kamar Tanjung Kodok Beach Resort memang cukup menguras kantong. Tapi hal ini sebanding dengan pelayanan dan banyak hal yang akan Anda dapatkan. Meski hanya kelas bintang 3, namun keberadaan Beach Resort ini banyak dicari, mengingat lokasinya yang sangat strategis, yakni termasuk hotel dekat Tanjung Kodok Lamongan.

Hotel Tanjung Kodok Lamongan-min
Instagram by @sandidestian

Berikut ini Tanjung Kodok Beach Resort room type yang bisa Anda sewa. Setiap tipe kamar memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Tipe kamar tersebut diantaranya adalah paviliun 1 dan paviliun 2, junior suite, ekstr bed, dan yang terakhir adalah deluxe room. Sedangkan villa Tanjung Kodok yang dapat Anda sewa ada dua jenis, yaitu villa deluxe dan villa eksekutif.

Hotel Tanjung Kodok Lamongan Jawa Timur ini memiliki banyak spot atau sudut tempat yang bisa Anda gunakan untuk mengisi waktu setelah rasa penat mulai menghampiri seusai berwisata bahari. Tidak ada salahnya mencoba kegiaan-kegiatan tersebut sebagai selingan Anda di waktu istirahat.

Kunjungi :  25 Daftar Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Nganjuk Jawa Timur

Fasilitas Tanjung Kodok Beach Resort beserta uraian singkatnya adalah sebagai berikut :

  • Fitness and Sport Center (pusat kebugaran)

Tempat ini menyediakan berbagai varian alat olahraga fitness seperti pada tempat fitness pada umumnya. Anda yang ingin merasakan sensasi lain dari tempat fitness, Anda bisa mendatangi fitness center ini.

  • Games Room (ruang bermain)

Ruang bermain atau games room ini bukan wahana untuk anak-anak. Permainan yang ada di tempat ini adalah untuk orang dewasa. Anda bisa menikmati permainan catur dengan para tamu dan beberapa game lain yang bisa Anda mainkan.

  • Bilyard Room

Ruangan ini khusus untuk Anda pecinta bilyard. Atau bagi Anda yang belum pernah memainkan bilyard dan ingin mencoba, di sinilah tempat yang tepat bagi Anda.

  • Tennis & Volley Ball Court

Anda ingin berolahraga yang lebih banyak menghasilkan keringat? Tempat ini yang Anda cari. Anda bisa memainkan tenis meja, atau bermain dribble bola di lapangan mini ini. Selain bola voli, Anda juga dapat bermain basket.

Selain fasilitas olahraga di atas, masih banyak lagi fasilitas lain yang bisa Anda datangi untuk sekedar minum kopi, seperti coffe shop, dinning hall, dll. Untuk acara besar, Anda bisa menyewa ruang di resort ini. Ruang yang tersedia diantaranya kuda laut meeting room, hiu meeting room, samudra hall, dll. Untuk pemesanan, Anda bisa menghubungi no telp Tanjung Kodok Beach Resort di (0322) 666000.

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */