Pusat Rekreasi Kesenian Taman Budaya Raden Saleh Semarang

0

Taman Budaya Raden Saleh Semarang – Guys! Indonesia emang kaya akan budayanya tuh. Hal ini terlihat nyata di kota-kota besar Indonesia, termasuk Kota Semarang, Guys! Jika Jakarta punya Taman Ismail Marzuki serta Yogyakarta memiliki Taman Budaya Yogyakarta. Nah kali ini tempatwisataindonesia.id bakalan ngajak kalian ngulas taman budaya yang ada di Semarang, Taman Budaya Raden Saleh Semarang. Taman Budaya Raden Saleh Semarang merupakan salah satu asset potensial yang dimiliki oleh Kota Semarang. Wisata yang terletak di pusat kota ini berada di jalan Sriwijaya No. 29 Semarang dan memiliki luas kurang lebih 89.926 m2. Posisinya emang strategis ya, Guys! Taman Budaya Raden Saleh banyak ditumbuhi pepohonan tua nan rindang loh. Jadi asyik aja jika duduk di bawah pohonnya sambil menikmati pemandangan seputar taman. Taman ini menjadi sarana rekreasi menarik bagi para wisatawan. Wisatawan yang berdatangan pasti suka aja beteduh tuh di bawah pohon yang rindang sambil merenung galau. Hehe..

taman-raden-saleh-semarang
by instagram @anindhitapradani

Menurut sumber yang tempatwisataindonesia.id dapatkan sih, dulu taman budaya ini adalah sebuah kebun binatang. Cuman sekarang udah pindah dan kemudian diubahlah tempat ini menjadi taman budaya yang sekarang ramai di datangi para wisatawan. Karena hal tersebut, sebagian besar lokasi taman masih berkontur tanah dan pohon, Guys!

Alamat Taman Budaya Raden Saleh

Oke, tanpa basa-basi mari kita mengulas lebih lanjut. Ketika wisatawan memasuki taman budaya ini, maka para wisatawan akan disambut oleh patung Raden Saleh yang sedang menggenggam erat kerisnya. Keren ya, Guys! Kemudian ada juga coretan-coretan di tembok yang berupa seni mural dan juga graffiti. Wah kesannya makin memperkental aura seni yang ada di taman budaya, ya. Pasti kalian tertarik untuk berkunjung kesana.

Kunjungi :  Rute Menuju Lokasi Kebun Teh Nglinggo Kulon Progo
taman-budaya-raden-saleh
by instagram @raadnoorfattah

Nggak hanya itu aja sih Guys! Banyak value yang disampaikan dari coretan seni tersebut, semisal indahnya kebersamaan dalam kedamaian  hingga pesan untuk lebih mencintai keberagamaan yang ada di Semarang.

Nah, mengelilingi taman budaya Raden Saleh nih, Guys! Di seberang para wisatawan akan melihat gedung kesenian Ki Narto Sabdo, yaitu gedung dimana memiliki ornament yang khas dengan Kota Semarang dan biasanya digunakan sebagai tempat pementasan. Untuk di depan pintu gedung pertunjukan terdapat patung, nah si Ki Narto Sabdo itu. siapa beliau? Beliau seorang maestro wayang Jawa tengah, dan di bawah patung Ki Narto Sabdo, terdapat prasasti yang bertuliskan “lewat tembang hidupku untukmu negeriku.”

Dari informasi yang tempatwisataindonesia dapatkan dari salah seorang petugas tiket di taman budaya ini, pementasan biasanya digelar pada setiap satnite, dimana pementasannya berupa seni wayang orang, pembacaan puisi ataupun pementasan teater yang dibawakan oleh Teater Lingkar.

by instagram @kembanghippie
by instagram @kembanghippie

Lebih lanjut lagi, disebelah gedung Ki Narto Sabdo ada sederet galeri seni yanag menjual pernak-pernik  hasil kesenian senimaan Semarang. Para wisatawan dapat mendatanginya untuk membeli oleh-oleh buat keluarga, sahabat atau yang terkasih. Berbagai lukisan juga dipajang nan indah di galeri. Nilai estetikanya nggak ternilai tuh, Guys! Nggak hanya lukisan aja yang dipajang, geleri pun memiliki pelayanan jasa lukis ditempat loh. Nah kalian yang berkunjung bersama yang terkasih bisa membuat lukisan sebagai kenangan untuk diri kalian kok. Pasti menyenangkan.

Kunjungi Tempat Wisata di Semarang Lainnya : 

Museum Ronggowarsito di Semarang, Tempat Rekreasi Sekaligus Edukasi
Candi Gedong Songo Semarang, Wisata Alam dengan View Eksotik
Sensasi Wahana Air Water Blaster Semarang yang Menakjubkan”

Di bagian lain juga terdapat dua buah puri atau ruangan kamar yang biasa digunakan sebagai tempat berlatih teater dan menari. Kalian yang ingin mencoba bisa kok ikutan latihan bersama di puri. Di seberang, terlihat gedung dari pengelola Taman Budaya Raden Saleh, Guys!

Kunjungi :  24 Tempat Wisata di Brebes Jawa Tengah dan Sekitarnya

You might also like More from author

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */