Surganya Wisata Indonesia

Pemandangan Syahdu Sungai Maron Pacitan Jawa Timur

0

Jalan Menuju Wisata Sungai Maron Pacitan Jawa Timur

Jalan Menuju Wisata Sungai Maron Pacitan Jawa Timur
Instagram by @panggulraya

Sungai Maron Pacitan – Berbicara mengenai tempat wisata Pacitan memang tidak pernah habis. Selalu ada tempat baru yang bisa dijelajahi bila Anda berada di sana. Memang, kota kecil di Jawa Timur yang berbatasan dengan Jawa Tengah ini selalu memberikan pesona yang indah bagi yang ingin menghabiskan waktu liburan, atau hanya sekedar mengisi waktu luang bersama teman – teman dan keluarga. Selain pantai dan goa yang biasa menjadi destinasi wisata di Pacitan, masih ada satu objek wisata yang tidak kalah indah dari pantai – pantai yang terkenal dan memiliki pamor seperti Pantai Teleng Ria, Pantai Buyutan, dan Pantai Soge. Objek wisata tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Sungai Maron Pacitan.

Sungai Maron Pacitan Jawa Timur ini sangatlah indah dan mempesona. Di sini Anda akan disuguhkan pemandangan yang indah dan syahdu, dimana Anda bisa menyusuri sungai ini dengan ditemani pohon kelapa yang berjajar di kanan kiri sungai. Air sungainyapun seakan berwarna hijau karena pantulan warna pepohonan yang begitu menyejukkan. Bahkan, karena keindahannya, sungai ini mendapat julukan Green Canyon nya Pacitan sebab suasana hijau yang sungguh menawan. Ada juga yang menyebut tempat ini seperti Sungai Amazon nya Indonesia, karena ketika Anda menikmati Sungai Maron ini, rasa adrenalin dan jiwa petualang Anda seakan tertantang untuk bisa menjelajahi sungai ini hingga tuntas.

Lokasi Sungai Maron Pacitan

Untuk mencari lokasi wisata yang satu ini tidak terlalu sulit, alamat Sungai Maron Pacitan sendiri tepatnya berada di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku, Pacitan Jawa Timur. Memang cukup jauh dari pusat Kota Pacitan, jaraknya sendiri sekitar 40 km dari Alun – Alun Pacitan. Diperlukan waktu sekitar 1 jam dan bisa ditempuh melalui jalur darat. Jika Anda dari Solo, jaraknya sendiri sekitar 100 km, dan perlu waktu kurang lebih 3 jam untuk sampai di sana. Sebaiknya Anda kesana menggunakan kendaraan pribadi saja karena kendaraan umum masih belum bisa menjangkau tepi Sungai Maron.

Kunjungi :  Cerita Legenda, Villa dan Hotel di Jalan Ciung Wanara Bandung

Jalan Menuju Sungai Maron Pacitan

Jalan Menuju Sungai Maron Pacitan
Instagram by @jatim.repost

Meskipun jaraknya cukup jauh, Anda tidak perlu khawatir tentang jalan menuju Sungai Maron Pacitan. Jalan menuju kesana bisa dibilang cukup mudah untuk Anda cari. Jalan termudah untuk menuju kesana adalah menggunakan rute yang sama dengan Goa Gong. Ketika Anda sudah sampai disana, Anda tinggal melanjutkan perjalanan ke selatan sekitar 15 km, atau kurang lebih membutuhkan waktu 30 menit untuk sampai di tepi sungai.
Perlu Anda ketahui, medan perjalanan untuk menuju Sungai Maron di Pacitan tidaklah begitu mulus. Anda perlu berhati – hati dengan kondisi jalan yang tidak rata, khususnya jalan yang mendekati lokasi parkir. Pastikan Anda tetap fokus mengemudikan kendaraan Anda, khususnya Anda yang menggunakan kendaraan roda dua. Sebab, selain jalan yang tidak rata, jalanan yang menuju Sungai Maron ini cukup berbatu dan licin karena genangan air dan lumut.

HTM Sungai Maron Pacitan

HTM Sungai Maron Pacitan
Instagram by @miaaauuuww

Untuk menikmati wisata di Sungai Maron, Anda tidak perlu khawatir akan dompet Anda karena biaya yang harus dikeluarkan tidaklah terlalu banyak. Untuk tiket masuk sendiri hanya 2.000 rupiah per orang, tentu tidak akan menguras kantong Anda. Harga tersebut sangat murah sekali mengingat pemandangan yang disuguhkan sungai ini sangat mempesona, Anda dijamin tidak akan bosan dan akan semakin penasaran untuk ingin menelusuri sepanjang sungai ini.

Wisata Sungai Maron Pacitan Indonesia

Wisata Sungai Maron Pacitan Indonesia
Instagram by @dianrika

Bila Anda hanya menikmati sungai Maron dari tepi sungai rasanya tidak akan lengkap. Anda disarankan untuk susur Sungai Maron Pacitan jika ingin menikmati keindahan tempat ini secara menyeluruh. Karena memang cara terbaik untuk menikmati keindahan tempat ini adalah dengan menyewa perahu yang banyak disediakan oleh warga sekitar. Banyak sekali warga sekitar yang menyediakan fasilitas yang dibutuhkan wisatawan seperti toilet umum, warung makan, parkir, dan persewaan alat dukung lainnya.

Kunjungi :  Lokasi Jalan Menuju Sunset Pantai Ngandong Gunung Kidul

Sedangkan untuk biaya sewa perahu Sungai Maron Pacitan ini sendiri sebenarnya tergantung dengan kondisi perahu tersebut. Harga sewa perahu itu sendiri sekitar 100.000 hingga 150.000, dan bisa menampung 5 – 6 orang. Dan jika Anda ingin menggunakan perahu yang memiliki sandaran, maka Anda perlu mengeluarkan biaya tambahan 5.000 rupiah. Biaya tersebut sudah termasuk dengan juru kemudi perahu yang juga bertugas sebagai pemandu yang akan mengantarkan Anda untuk menyusuri sungai yang memiliki panjang 4,5 km ini. Durasi perjalanan dalam susur sungai ini kurang lebih akan memakan waktu selama 45 menit.

Karena aliran sungai ini cukup menantang, sering ada berbagai festival atau lomba yang memikat banyak wisatawan. Sejak tahun 2012, di sungai ini setiap tahunnya ada lomba dayung 300 m yang diikuti peserta dari berbagai daerah. Acara ini sangat ramai dan menjadikan Sungai Maron semakin ramai dan semarak.

Dengan biaya Sungai Maron Pacitan yang relatif terjangkau, tempat ini sangat cocok untuk liburan seru Anda. Namun selama bermain di sini, Anda harus berhati – hati, karena sungai jernih yang mempesona ini memiliki kedalaman yang mencapai 20 m. Bagi Anda yang tidak bisa berenang, tetaplah berhati – hati, meskipun Anda sudah memakai pelampung, namun sungai ini memiliki arus yang cukup deras. Sungai ini sendiri bermuara di Pantai Ngiroboyo, dan ketika Anda sudah sampai di pantai, Anda bisa melakukan kegiatan – kegiatan yang menarik dan seru seperti surfing atau water tubing. Bagaimana, seru bukan? Semakin Anda ingin mencari tahu info mengenai sungai ini, Anda akan semakin penasaran karena pesona tempat ini tidak ada habisnya.

Memancing di Sungai Maron

Memancing di Sungai Maron
Instagram by @__stunning_world

Selain susur sungai, tempat ini juga merupakan spot terbaik bagi Anda yang hobi memancing. Setiap hari banyak sekali orang yang mancing di Sungai Maron Pacitan ini karena banyak sekali jenis ikan yang berada di sungai ini. Ada banyak ikan seperti ikan sidat, ikan nila, ikan bawal, dan masih banyak lagi karena sungai ini merupakan pertemuan dari air laut dan air tawar. Jadi, ketika Anda memancing ke sini, Anda tidak akan sendirian karena banyak orang yang memancing, dan Anda tidak akan kecewa karena Anda tidak akan melupakan pengalaman ini.

Kunjungi :  Pesona Sunrise Pantai Goa Cina Malang Selatan

Berbagai keindahan yang eksotis nan mempesona di Sungai Maron Pacitan ini sangatlah cocok untuk Anda jadikan opsi sebagai tujuan Anda untuk jalan – jalan ke Sungai Maron Pacitan. Terlebih lagi bagi Anda yang memang sengaja datang ke Pacitan, lokasi ini wajib Anda datangi dan jangan Anda lewatkan jika Anda memang tidak ingin menyesal. Karena belum lengkap rasanya jika Anda datang ke Pacitan dan belum menikmati Green Canyon nya Indonesia ini. Bahkan, para artis ibukota saja rela jauh – jauh datang kemari untuk menikmati indahnya dalam menjelajahi sungai ini. Jadi, pastikan tempat ini ada di dalam daftar tempat wisata Anda ya, dan selamat berlibur !

Leave A Reply

Your email address will not be published.

/* */